Sepekan jelang upacara pembukaan Asian Para Games 2018, INAPGOC semakin mematangkan persiapan. Gladi resik upacara pembukaan telah digelar pada Kamis (27/9) lalu.

Pada kesempatan tersebut, pihak INAPGOC membeberkan berbagai persiapan, tema, hingga pesan yang akan diangkat pada upacara pembukaan nanti.

Pihak penyelenggara menjanjikan bahwa upacara pembukaan Para Games 2018 kali ini akan penuh makna dan tak kalah megah dengan pembukaan Asian Games 2018.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Upacara Pembukaan Asian Para Games Sajikan Teatrikal Kebudayaan Indonesia

Upacara Pembukaan Asian Para Games akan digelar pada 6 Oktober 2018 mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Semakin mendekatnya gelaran tersebut tak ayal membuat Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) semakin giat mematangkan persiapan. Salah satunya adalah menggelar gladi resik upacara pembukaan Asian Para Games 2018 pada Kamis (27/9) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Persiapan Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 3 Finansialku

[Baca Juga: Perolehan Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018]

 

Pada kesempatan tersebut, Raja Sapta Oktohari selaku Ketua INAPGOC membuka informasi terkait pembukaan Asian Para Games 2018. Salah satunya adalah tema dan konsep pagelaran upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

Pada pembukaan nanti, INAPGOC menjanjikan pembukaan yang berbeda bila dibandingkan dengan pembukaan Asian Games lalu.

“Bila pembukaan Asian Games mengangkat nilai ekstravaganza, kami (INAPGOC) akan mengusung nilai yang menjunjung nilai humanisme dan aksi-aksi kemanusiaan.”

 

Pada upacara pembukaan Asian Para Games 2018 nanti, nilai-nilai tersebut akan dibalut dengan aksi teatrikal yang dilakukan oleh lebih dari 1500 penampil.

Seluruh elemen masyarakat dilibatkan dalam aksi teatrikal tersebut, mulai dari pelajar, mahasiswa hingga sanggar tari yang tersebar di seluruh Indonesia.

INAPGOC juga ikut melibatkan teman-teman difabel pada upacara pembukaan tersebut.

Hal ini sejalan dengan tema umum upacara pembukaan yang menampilkan berbagai keragaman budaya dan tradisi masyarakat Indonesia yang toleran dan saling memahami.

“Melalui upacara pembukaan kali ini, kami ingin menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang remah terhadap teman-teman difabel.”

 

Ketika ditanya lebih lanjut soal keterlibatan teman-teman difabel, Sapto enggan membeberkan seluruh detail keterlibatan mereka.

“Mereka (teman-teman difabel) akan dilibatkan dalam setiap segmen upacara pembukaan. Kurang lebih setiap segmen akan melibatkan 40 orang teman-teman difabel.”

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Persiapan Upacara Pembukaan Asian Games Sudah Matang

Dalam kurun waktu yang cukup singkat, INAPGOC optimis bahwa persiapan untuk upacara pembukaan Asian Games sudah matang, mulai dari konsep hingga kebutuhan-kebutuhan saat upacara pembukaan berlangsung.

Bila pada pembukaan Asian Games kala itu kita disajikan dengan penampilan teatrikal berlatar belakang pegunungan. Pada upacara pembukaan Asian Para Games latar belakang yang digunakan adalah laut Indonesia.

Hal ini sekaligus digunakan untuk menunjukkan kekayaan alam di Indonesia pada mata dunia. Selain kekayaan alam, laut juga merepresentasikan kekuatan masyarakat Indonesia.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sapto menjelaskan bahwa pihaknya telah memastikan gelaran nanti akan berjalan sesuai rencana. Selain itu, ia memastikan acara ini juga akan ramah dan nyaman untuk para teman-teman difabel yang ingin menyaksikan lansung di venue.

“Kami telah bekerja sama dengan pihak dinas sosial untuk mengajak teman-teman difabel hadir untuk acara pembukaan. Mereka semua yang mendapat undangan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati upacara pembukaan.”

 

Lebih lanjut, INAPGOC juga telah menyediakan 500 kursi roda di area tribun SUGBK.

Untuk antisipasi kejadian yang tidak diharapkan seperti hujan, INAPGOC telah menyediakan mobil untuk mengangkut para pengguna kursi roda.

Persiapan Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 2 Finansialku

[Baca Juga: Bonus Medali Asian Games 2018 Cair, Peraih Medali jadi Miliuner Dadakan]

 

Sementara dari penjualan tiket, INAPGOC mengaku bahwa tiket untuk upacara pembukaan Asian Para Games 2018 telah terjual lebih dari setengah total tiket yang disediakan.

“Per hari Kamis, saya mendapat laporan bahwa tiket telah terjual kurang lebih sepuluh ribu lembar dari dua puluh ribu tiket yang telah kami jual.”

 

Tiket upacara pembukaan Asian Para Games dapat dibeli melalui situs asianparagames2018.loket.com. Tiket upacara pembukaan dibagi menjadi empat kategori, yakni platinum senilai Rp2,5 juta, gold Rp1,5 juta, silver Rp750.000, dan bronze Rp500.000.

Sapto berpesan pada masyarakat untuk turut serta meramaikan gelaran Asian Para Games kali ini baik dari upacara pembukaan hingga pertandingan yang dimulai dari tanggal 6 Oktober hingga 13 Oktober mendatang.

“Mari kita semua turut serta dalam meriahkan dan menyukseskan gelaran Para Games kali ini sekaligus menunjukkan bahwa kita merupakan negara yang ramah untuk teman-teman difabel.”

 

Ayo berikan dukungan kita kepada para teman-teman difabel yang berjuang mengharumkan nama Indonesia pada gelaran Asian Para Games 2018 dengan datang langsung di venue atau melalui medium lainnya!

 

Sumber Referensi:

  • Annisa Nurfadila Putri.27 September 2018.  Tiket Upacara Pembukaan Asian Para Games Terjual 40 Persen. Olahraga.kompas.com – https://goo.gl/HsrgTW

 

Sumber Gambar:

  • Asian Para Games 2018 – https://goo.gl/AAz4u3
  • Asian Para Games 2018 2 – https://goo.gl/4tPVaK
  • Asian Para Games 2018 3 – https://goo.gl/sryFrS