Mendapatkan medali emas tak sekadar bicara soal prestasi, cita-cita, dan harga diri. Tapi terdapat bonus yang menggiurkan di baliknya.

Setiap atlet pasti akan berjuang mati-matian dalam meraih medali. Bonus yang dijanjikan adalah salah satu faktor yang memompa semangat para atlet.

Asian Games 2018 telah usai, bonus para peraih medali telah dicairkan. Lantas berapa besaran bonus yang didapatkan?

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku and News

 

Bonus Cair Sebelum Keringat Atlet Kering

Sebelum Asian Games dimulai, saat itu pemerintah telah menjanjikan bonus yang akan didapat oleh para peraih medali pada Asian Games. Peraih medali ini tak sebatas pada para atlet saja. Melainkan juga pelatih dan asisten pelatih.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Imam Nahrowi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga:

“Bonus ini akan diberikan kepada atlet maupun pelatih dan asisten pelatihnya.”

 

Bahkan Joko Widodo telah menginstruksikan agar bonus yang dijanjikan tersebut diberikan kepada atlet sebelum keringat atlet tersebut kering. Hal ini dimaksudkan bonus harus segera dicairkan tanpa penundaan.

Bonus Peraih Medali Asian Games 2018 Cair 3 Finansialku

[Baca Juga: Pundi-pundi di Balik Medali Emas Asian Games]

 

Masalah itu sebelumnya sering menimpa para atlet berprestasi. Sudah memberikan yang terbaik namun bonus yang dijanjikan datang telat atau bahkan menjadi janji manis belaka.

Indonesia pada keikutsertaannya di Asian Games 2018 kali ini telah menampilkan performanya yang terbaik. Para atlet berhasil menjawab target yang diberikan oleh pemerintah, bahkan melebihinya.

Pemerintah sebenarnya hanya menargetkan Indonesia masuk 10 besar dan mendapatkan 16 medali emas. Namun nyatanya target tersebut dilampaui. Indonesia mampu mengumpulkan 31 medali emas dan bertengger pada peringkat empat.

Secara keseluruhan Indonesia mengumpulkan 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Pencak silat menjadi cabor penyumbang medali terbanyak dengan 14 medali emas dan 1 medali perunggu.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Jokowi Tepati Janjinya

Raihan prestasi tersebut langsung direspon dengan cepat oleh pemerintah. Sesuai dengan janjinya, Jokowi memberikan bonus tersebut sebelum keringat atlet kering.

Presiden Indonesia ketujuh tersebut memberikan bonus sebelum Asian Games 2018 ditutup.

Bertempat di Istana Negara, Jokowi sendiri yang memberikan bonus tersebut kepada para atlet peraih medali pada Minggu (2/9/2018) lalu.

Bonus tersebut diberikan secara simbolik kepada beberapa perwakilan atlet peraih medali. Untuk medali emas, bonus tersebut diberikan kepada Eko Yuli Irawan (angkat besi), Puspa Arum Sari (silat), Aries Susanti Rahayu (panjat dinding) sebagai perwakilan.

Bonus Peraih Medali Asian Games 2018 Cair 1 Finansialku

[Baca Juga: Perolehan Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018]

 

Sementara perwakilan medali perak adalah Sri Wahyuni (angkat besi) dan Aspar Jaelolo (panjat tebing).

Dan peraih medali perunggu diwakili oleh Nining Purwaningsih (sepeda downhill), Amri Rusdana (pencak silat), dan Bunga Nyimas (skateboard).

Bonus tersebut diberikan secara simbolik melalui buku tabungan untuk masing-masing atlet, pelatih dan asisten pelatih. Bonus tersebut langsung ditransferkan dan bahkan tanpa dipotong pajak. Pemerintah yang menanggung pajak tersebut.

 

Besaran Bonus yang Diberikan pada Peraih Medali

Setelah berjuang secara mati-matian melalui latihan intens dan persaingan yang ketat selama kompetensi, jerih payah tersebut akhirnya terbayarkan oleh apresiasi pemerintah.

Pemerintah memberikan bonus langsung kepada seluruh atlet yang meraih medali sebelum Asian Games 2018 ditutup. Ini merupakan sebuah sejarah karena baru kali ini pemerintah membayarkan bonus tersebut sebelum sebuah kompetisi resmi ditutup.

Hal ini menunjukkan betapa serius dan bangganya pemerintah atas seluruh usaha atlet, pelatih dan asisten pelatih dalam memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Lantas berapa bonus yang diberikan pada putra-putri yang mengharumkan nama Indonesia ini?

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Besaran bonus yang didapat oleh para atlet perorangan atau ganda peraih medali emas adalah Rp1,5 miliar. Sementara sang pelatih mendapat Rp450 juta dan asisten pelatih sebesar Rp300 juta.

Bila peraih medali emas berasal dari cabor kelompok, maka masing-masing atlet mendapat bonus sebesar Rp750 juta. Sedangkan sang pelatih mendapat bonus Rp600 juta dan asisten pelatih mendapat Rp375 juta.

Bagi para atlet perorangan atau ganda yang mendapatkan medali perak, mereka mendapat bonus sebesar Rp500 juta. Untuk pelatih dan asisten pelatihnya akan mendapat Rp150 juta dan Rp100 juta.

Sementara untuk atlet beregu yang mendapatkan medali perak diberi bonus sebesar Rp300 juta perorang. Bonus Rp200 juta dan Rp125 juta diberikan kepada pelatih dan asisten pelatih cabor beregu.

Peraih medali perunggu mendapatkan bonus Rp250 juta bagi yang bertanding secara perorangan dan ganda. Pelatih dan asisten pelatihnya masing-masing mendapat bonus sebesar Rp75 juta dan Rp50 juta.

Sedangkan para atlet beregu yang mendapat perunggu diberi bonus Rp150 juta per orang. Bagi para pelatih dan asisten pelatih mendapat bonus Rp100 juta dan Rp62,5 juta.

Bonus-bonus tersebut barulah bonus yang berasal dari pemerintah pusat. Bonusnya bisa saja bertambah. Hal ini dikarenakan gubernur, bupati hingga persatuan cabang olahraga juga kerap kali ikut memberi bonus.

 

Usaha Tidak Pernah Mengkhianati Hasil

Bonus berlimpah yang didapat atlet bukanlah sebuah usaha instan secara tiba-tiba. Mereka telah mendedikasikan hidupnya untuk berjuang dan terus berusaha pada bidang tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya janganlah kita menghakimi capaian mereka. Berikan dukungan dan apresiasi atas usaha mereka berjuang mati-matian untuk mengejar ambisi mereka.

Mari terus dukung para atlet ketika berjuang demi Indonesia dalam kompetisi lainnya. Jangan sampai kita hanya mengelu-elukan mereka yang berhasil di Asian Games 2018 lalu mencampakkannya ketika mereka gagal. Terus dukung atlet Indonesia dalam mengarumkan nama Indonesia!

 

Apakah Anda merasa artikel ini informatif? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang mengetahui kabar terbaru dan kisah sukses para atlet Indonesia.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 2 September 2018. Bonus Cair, Juara Asian Games Pamer Rekening Rp1,5 Miliar. Viva.com – https://goo.gl/gbThfb
  • Redaksi. 1 September 2018. Besarnya Bonus Asian Games Dari Pemerintah Untuk Para Atlet, Pelatih, Dan Asisten Pelatih. Mojok.co – https://goo.gl/KBgbaW

 

Sumber Gambar:

  • Bonus Peraih Medali Asian Games 2018 – https://goo.gl/4ihJ2p
  • Bonus Peraih Medali Asian Games 2018 2 – https://goo.gl/JbcYt9
  • Bonus Peraih Medali Asian Games 2018 3 – https://goo.gl/KZw7FQ