Wujudkan niat usahamu di tahun 2020 dengan usaha franchise modal 5 jutaan!

Jangan ragu untuk merintis bisnis karena modal yang terlalu besar. Kini kamu dapat mencoba bisnis waralaba atau franchise yang sedang tren. Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, lho!

Mau tahu daftar usaha franchise modal dari 5 jutaan? Finansialku akan membahas selengkapnya di sini untuk kamu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Usaha Franchise dengan Segala Kemudahannya

Usaha franchise biasanya sudah memiliki aspek-aspek mendasar yang akan mendukung jalannya bisnis. Mulai dari konsep, menu, alat, pemasok bahan baku, pemilihan lokasi, hingga pelatihan staf.

Semua telah diatur secara sistematis sehingga usaha franchise dapat dimulai dengan lebih cepat dan mudah. Kamu juga tak perlu repot memperkenalkan merek franchise kepada masyarakat umum karena biasanya produk franchise sudah dikenal.

Kemudahan yang ditawarkan ini menjadi alasan mengapa begitu banyak orang tertarik untuk memulai usaha franchise.

Namun walaupun demikian, kamu harus siap dengan biaya awal hingga royalti untuk memiliki usaha yang satu ini. Tak harus mahal, kok. Franchise dengan modal dari 5 jutaan juga tersedia! Menarik, bukan?

 

Pikirkan Hal Ini Sebelum Memulai Usaha Franchise!

Ketika berbicara mengenai usaha maka kamu tak bisa sembarangan. Asal-asal berjualan, kamu malah bisa merugi dan gulung tikar.

Kamu perlu mengingat bahwa dalam setiap usaha, kamu akan dituntut untuk mengeluarkan modal baik besar maupun kecil.

Jangan sampai modal yang kamu keluarkan untuk memulai usaha menjadi sia-sia karena pada akhirnya bisnismu bangkrut.

Gak mau, kan? Ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan ketika mau memulai usaha, termasuk usaha franchise, nih. Penasaran? Berikut aspek-aspek yang harus kamu perhatikan.

 

#1 Pilih Bidang Bisnis yang Sesuai dengan Passion

Usaha franchise sangatlah beragam, mulai dari usaha food and beverage, fashion, hingga jasa. Kamu disarankan untuk memilih bidang usaha yang sesuai dengan passion kamu.

Jika kamu memulai sebuah usaha yang kamu sukai, maka kamu akan menjalankan dan berusaha untuk memajukan usaha tersebut dengan sepenuh hati. Nah, kira-kira usaha di bidang apa sih yang kamu sukai?

Pahami Sistem Waralaba Syariah, Apakah Aman dan Menguntungkan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Seberapa Besar Peluang Bisnis Franchise di Tahun 2020?]

 

#2 Tentukan Lokasi yang Strategis untuk Usaha

Terlepas dari apapun usaha yang akan kamu bina, letak tempat usaha akan ikut menentukan keberhasilan usahamu. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang strategis sehingga bisnis yang kamu geluti dapat berjalan dengan baik.

Sesuaikan lokasinya dengan target pasar yang sesuai. Misalkan, jika target pasarmu adalah mahasiswa maka lokasi di dekat area kampus dan kos-kosan akan menjadi lokasi yang sangat strategis untuk usahamu.

 

#3 Harus Siap dengan Modal

Ketika memutuskan untuk berbisnis, maka kamu sudah harus mengerti bahwa modal adalah hal yang paling mendasar. Modal bisa berupa uang maupun alat.

Namun untuk usaha franchise, kamu dituntut untuk mengeluarkan modal uang karena kamu harus membeli merek dagang usaha seseorang yang sudah ada sebelumnya.

Besar kecilnya modal tergantung kepada jenis usaha yang dipilih karena setiap franchise menawarkan harga yang berbeda-beda.

Sebelum Beli Waralaba, Pertimbangkan 10 Hal PENTING Ini Dulu! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Harga dan Persyaratan Franchise Makanan Korea Terbaru. Tertarik?]

 

Semakin besar usaha maka akan semakin besar juga harga jualnya. Akan tetapi, usaha dengan modal terjangkau juga dapat berhasil jika kamu kreatif.

Maka dari itu, jangan memaksakan untuk melakukan bisnis besar jika kekuatan finansialmu tidak sesiap itu, ya. Banyak kok franchise yang menjual merek dagangnya dengan harga yang terjangkau dan produknya tak kalah bersaing.

Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli keuangan untuk mendapat rekomendasi yang tepat mengenai bisnis franchise yang akan kamu lakukan nanti sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Terhubunglah dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku yang akan membantu kamu mewujudkan usaha franchise kamu. Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

#4 Jangan Asal, Pelajari Dulu Usaha Franchise yang Akan Kamu Pilih

Setiap merek dagang franchise memiliki ketentuan dan sistematika yang berbeda-beda. Dengan demikian, kamu harus mempelajari betul sistem yang digunakan pada usaha franchise tersebut.

Pahami benar bagaimana ketentuan pembayaran serta sistem bisnisnya. Semakin jelas dan ketat sistem dari sebuah brand, maka brand tersebut semakin layak dipilih. Itu artinya, brand tersebut sudah memiliki alur usaha yang jelas dan sistematis.

Tambahan lainnya kamu bisa tonton video berikut ini.

 

Daftar Usaha Franchise Modal 5 Juta

Punya modal Rp 5 juta gak tahu mau buat apa? Usaha franchise mungkin bisa menjadi jawaban. Daripada kamu menghabiskan uang begitu saja, lebih baik jika kamu memutar modal tersebut agar memberikan laba di kemudian hari.

Mulai dari modal Rp 5 jutaan kamu bisa membuka usaha franchise. Mau coba? Berikut daftar usahanya.

 

#1 Es Kepal

Jajanan es yang satu ini sempat menjadi viral, lho. Rasanya yang manis dan menyegarkan cocok untuk menjadi pelepas dahaga di kala hari yang terik. Jika kamu tertarik, maka kamu bisa memulai franchise es kepal dari 4 hingga 9 jutaan saja.

Jangan salah, walaupun hanya berupa es serut susu tapi salah seorang pengusaha franchise es kepal di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan mengaku berhasil mendapat omzet kotor Rp 5 juta per hari. Lumayan banget, kan?

 

#2 Bakso Benhil

Bakso merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia, nih! Terbukti dari perkembangan variasi bakso yang semakin beragam.

Berawal dari cuma bakso daging lalu berkembang menjadi bakso urat, bakso telur, bakso kepiting, bahkan bakso cabai!

Tak hanya itu, bakso yang dulunya dijual di gerobak-gerobak kaki lima tak jarang kini berjualan di sebuah tempat makan yang luas dan bersih. Hal itu memperlihatkan betapa besar kecintaan konsumen akan menu makanan yang satu ini.

Usaha franchise bakso menjadi usaha kuliner yang pelanggannya tidak akan hilang. Jika kamu tertarik dengan menu yang satu ini, kamu bisa memilih Bakso Benhil sebagai usaha franchise-mu.

Dengan biaya sekitar Rp 4 jutaan saja, kamu sudah mendapatkan bahan baku hingga sekitar 500 porsi! Masalah omzet juga tak perlu diragukan, kamu bisa mendapat jutaan rupiah jika dapat memasarkan dan menjualnya dengan baik.

Wajib Tahu! Ini Daftar Usaha Franchise Modal 5 Juta 2020! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Mau Usaha Apa? Simak Kelebihan Beli Waralaba Berikut Ini]

 

#3 Kopi Susu

Penggemar kopi susu semakin menjamur! Tak heran jika semakin banyak coffee shop yang membuka usaha minuman ini.

Bagaimana tidak, kopi susu menjadi sahabat setia untuk segala momen bersantai bahkan saat kamu sedang bekerja, bukan?

Jika berbicara mengenai modal, brand kopi susu yang sudah sangat terkenal memang akan menjual merek dagangnya dengan harga yang mahal.

Tapi jangan bersedih karena banyak juga kok bisnis kopi susu yang rasanya tak kalah bersaing mau menawarkan kemitraan usaha dengan modal yang terjangkau.

Untuk kamu yang berminat dengan usaha kopi susu, Nyopee menawarkan paket kemitraan dengan biaya mulai dari Rp 5 jutaan, nih.

Nyopee sudah cukup populer di kalangan anak muda jadi rasanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk balik modal.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#4 Teh Keju

Tak hanya bubble tea, kini cheese tea juga menjadi minuman idola berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Perpaduan rasa manis, gurih, dan segar menyatu dengan sempurna sehingga tak heran kalau banyak penggemarnya.

Peluang untuk meraih keuntungan dari bisnis franchise cheese tea pun cukup menjanjikan, apalagi modal awalnya tergolong tidak terlalu besar. Salah satu usaha franchise cheese tea yang bisa jadi pilihan adalah Cheezit Tea.

Dengan paket waralaba mulai dari Rp 5,5 juta saja kamu sudah bisa mulai usaha minuman segar kekinian tersebut.

Wajib Tahu! Ini Daftar Usaha Franchise Modal 5 Juta 2020! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu, Apa Saja Jenis Pajak Usaha Franchise di Indonesia?]

 

#5 Kebab Turki

Kebab Turki menjadi salah satu kuliner yang menggugah selera di kala lapar. Ditambah, menu yang satu ini cukup mudah untuk disantap di manapun.

Nah, tahukah kamu bahwa Kebab Turki menawarkan paket usaha franchise-nya dengan harga di bawah 5 juta? Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu sudah mendapatkan perlengkapan yang lengkap, lho.

Jadi gimana, tertarik?

 

#6 Jasa Pengiriman: JNE

Jasa pengiriman kini jadi booming banget! Semenjak pandemi, masyarakat lebih memilih untuk tinggal di rumah jika tak ada kebutuhan yang begitu mendesak. Artinya, kebutuhan berbelanja pun menjadi beralih ke online shopping.

Di sinilah jasa pengiriman semakin dibutuhkan. Melihat peluang yang begitu besar, tak ada salahnya untuk memulai usaha franchise jasa pengiriman.

JNE menyediakan paket kemitraan dengan modal awal Rp 5,5 juta saja nih untuk kepentingan dana promosi dan urusan perjanjian.

Setelah itu, kamu harus menyediakan biaya tambahan sebesar Rp 10 juta sebagai jaminan. Jangan khawatir, biaya jaminan ini nantinya akan dikembalikan setelah masa kontrak yang disepakati selesai.

 

#7 Jasa Bimbel Anak: BIMBA Rainbow Kids

Kamu memiliki kecintaan pada anak-anak dan memiliki ketertarikan dengan dunia pendidikan? Kenapa gak franchise jasa bimbel?

Ada kok. Bimba Rainbow Kids menjadi salah satu usaha di bidang jasa pendidikan anak yang menawarkan program bimbingan belajar. BIMBA menyediakan paket mitra usaha dengan modal awal sebesar Rp 8 juta saja.

Dengan modal tersebut, kamu sudah bisa mulai menawarkan program belajar untuk anak seperti yang ditawarkan oleh BIMBA.

Program tersebut terdiri atas 4 program, yaitu bimbingan membaca, menulis, dan berhitung; bimbingan pembangunan kreativitas; pembinaan karakter; dan bahasa Inggris. Komplit, kan?

Wajib Tahu! Ini Daftar Usaha Franchise Modal 5 Juta 2020! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bikin Untung! Ini 10 Rekomendasi Usaha Franchise yang Ngetren di 2020]

 

#8 Pom Bensin: Galaxy Pertamini

Kata siapa bisnis SPBU membutuhkan modal yang sangat mahal? Kamu bisa memilih SPBU versi mini untuk modal yang lebih ramah di kantong.

Pom bensin mini ini sebenarnya hampir sama dengan kios bensin eceran, bedanya booth serta peralatan pengisian bensin telah disediakan walaupun tergolong sederhana.

Salah satu franchise usaha SPBU adalah Galaxy Pertamini. Dengan investasi modal awal sebesar Rp 9 juta saja, kamu sudah mendapatkan beberapa fasilitas seperti:

  1. Booth berukuran 68x68x215 cm
  2. Kapasitas BBM 219 liter (drum)
  3. Selang sepanjang 3,5 meter
  4. 1 buah alat ukur
  5. Listrik 30 watt

 

Usaha Franchise Gak Harus Mahal!

Yuk, mulai usaha! Gak harus ribet dan gak perlu mahal, dengan usaha franchise kamu bisa memulai usahamu dengan lebih mudah dan harganya juga terjangkau. Tertarik?

Jika kamu tertarik, pastikan kamu telah memperhatikan aspek-aspek penting sebelum memulai usaha. Setelah itu, kamu dapat memilih rekomendasi usaha dari yang telah disebutkan di atas.

Ingat, usaha yang sukses tidak selalu dimulai dari usaha dengan modal yang besar. Semuanya bergantung kepada niat, ketekunan, kerja keras, dan kreatifitas. Selamat berusaha!

 

Usaha franchise bisa kamu mulai dari sekarang! Jika kamu memiliki pertanyaan atau pendapat mengenai usaha franchise, silahkan isi kolom komentar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada rekan-rekanmu.

 

SEHATKAH UANGKU?

Penasaran?? Wajib Tonton Video Playlist Berikut! GRATIS!!

Video Finansialku 4

Tonton Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Mukhammad Iqbal. 15 Agustus 2020. 9 Bisnis Waralaba Modal Kecil Paling Menguntungkan. Mulai Dari 5 Jutaan! 99.co – https://bit.ly/2Rhfelu
  • Admin. 6 Usaha Franchise yang Bisa Dimulai dengan Modal 5 Jutaan. Pawoon – https://bit.ly/32iaX7m

 

Sumber Gambar:

  • Franchise 1 – https://bit.ly/3bNJJbT
  • Franchise 2 – https://bit.ly/2RBjnRa
  • Franchise 3 – https://bit.ly/2Edz7XE
  • Franchise 4 – https://bit.ly/2RGIF09