Anda sedang mencari usaha sampingan? Bagaimana kalau coba usaha makanan ringan?

Merintis usaha makanan ringan bisa jadi peluang yang menjanjikan, lho. Apalagi, makanan merupakan kebutuhan pokok yang dikonsumsi berulang kali.

Namun, jangan asal memulai. Anda harus punya ilmunya dulu. Yuk ketahui rahasia merintis usaha makanan ringan sebelum mulai.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kenapa Usaha Makanan Ringan?

Usaha makanan merupakan peluang yang cukup bagus dan peminatnya pun cukup banyak. Mulai dari anak-anak sampai orang tua. Semua orang membutuhkan makanan ringan di sela-sela kegiatan sehari-hari.

Beragamnya aneka makanan ringan di Indonesia bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jenis makanan ringan yang akan Anda rintis. Mulai dari gorengan, keripik, kue kering, kue basah, dan sebagainya.

Bahkan, Anda pun dapat mengambil tema natural dan makanan sehat seiring dengan meningkatnya jumlah orang yang peduli dengan kesehatan.

Selain itu, usaha makanan ringan termasuk usaha rumahan. Artinya, untuk para ibu rumah tangga, usaha makanan ringan ini dapat dilakukan di rumah.

Lumayan kan hitung-hitung menambah penghasilan dan membantu suami mencari segenggam berlian?

 

Tips Sukses Merintis Usaha Makanan Ringan

Walaupun merintis usaha makanan ringan terasa mudah, Anda jangan sampai lengah. Jika Anda tidak menekuninya dengan sungguh-sungguh, kesuksesan bisa menjauh.

Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:

 

#1 Kualitas yang Bagus

Berikanlah yang terbaik pada pembeli. Salah satunya dengan memberikan kualitas yang bagus. Kualitas dapat berupa makanan itu sendiri, packaging, dan juga pelayanannya. Bagaimanapun juga, tanpa pembeli, usaha kita tak akan jalan.

Hal yang dipertimbangkan pembeli adalah harga murah. Hal ini memiliki kemungkinan yang tinggi untuk dikonsumsi berulang kali.

Agar usaha makanan ringan semakin berkembang dan diminati banyak konsumen, cobalah perhatikan kualitasnya.

Mau Usaha Makanan Ringan Ketahui Rahasia ini Dulu Sebelum Mulai! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anggaran Bisnis Punya, Anggaran Keuangan Pribadi Punya Gak?]

 

Namun, hal tersebut agak bertentangan, karena biasanya ada kualitas, ada harga. Harga yang mahal biasanya kualitasnya bagus. Nah, di sinilah Anda harus kreatif dalam mematahkan argumen tersebut.

Namun, tetap gunakanlah bahan yang segar, higienis, dan tentunya tidak mengandung zat berbahaya, sehingga aman untuk dikonsumsi berulang kali.

 

#2 Terus Berinovasi

Persaingan pasti selalu ada. Termasuk usaha makanan ringan. Namun, jangan khawatir. Anda dapat menciptakan jarak terhadap para pesaing. Caranya, dengan selalu berinovasi dengan produk Anda.

Dengan adanya sebuah inovasi, produk makanan yang Anda miliki akan terlihat berbeda, unik, dan mudah dikenali.

Selama produk Anda berbeda, tidak masalah jika banyak pesaing. Pasti pelanggan akan tetap mencari produk Anda.

 

#3 Strategi Penjualan yang Tepat

Di era Industri 4.0 ini, akan lebih baik jika Anda dapat memanfaatkan teknologi. Selain offline, Anda pun dapat menjualnya secara online.

Kenali tren strategi penjualan terkini dan manfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan popularitas produk jualan Anda.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah berjualan melalui media sosial atau beberapa market place.

Memberi sampel seperti endorsement pada beberapa selebgram bisa Anda coba. Jangan lupa untuk memberikan diskon jika membeli dalam jumlah banyak.

Mau Usaha Makanan Ringan Ketahui Rahasia ini Dulu Sebelum Mulai! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Kesehatan Mental Karyawan untuk Menambah Keuntungan Bisnis Perusahaan]

 

#4 Bundling dengan Produk Lain

Anda perlu mengenalkan produk baru kepada konsumen. Anda dapat membuat paket yang terdiri dari satu produk yang sudah dikenal ditambah dengan produk baru yang ingin Anda pasarkan.

Dengan menggunakan strategi ini, Anda dan konsumen sama-sama mendapat keuntungan. Anda dapat mengenalkan produk ke khalayak ramai. Sedangkan konsumen tidak akan rugi jika rasa tidak sesuai dengan harapan mereka.

Mau Usaha Makanan Ringan Ketahui Rahasia ini Dulu Sebelum Mulai! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan Bisnis Melalui Pengelolaan Keuangan yang Tepat]

 

#5 Pengelolaan Keuangan yang Cerdas

Biasakan untuk mengelola keuangan usaha Anda dengan cerdas. Jangan sampai keuangan usaha Anda dan keuangan pribadi tercampur.

Untuk bisa melakukannya, Anda harus memperkaya pengetahuan finansial. Anda dapat mengikuti webinar atau pelatihan keuangan yang menunjang bisnis Anda.

 

Salah satunya dengan cara membaca ebook Finansialku berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis. Anda dapat mengunduhnya secara gratis lewat link di bawah ini.

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Dengan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, Anda akan melihat perkembangan usaha Anda dengan jelas. Dengan keuangan bisnis, Anda dapat mengembangkan usaha melalui perkiraan aset dan keuntungan yang dimiliki.

Selain itu, pastikan tidak ada kebocoran pengeluaran dengan mengenali beban biaya usaha yang tidak perlu.

 

Jangan Menyerah Sebelum Mulai

Kelima hal yang harus Anda ketahui tersebut dapat memberi gambaran bagaimana bisnis Anda akan dijalankan ke depannya. Tanpa disadari, Anda memiliki tujuan untuk mengembangkan usaha Anda.

Maka dari itu, jangan menyerah sebelum memulai bisnis Anda. Semua ada proses. Sambil berproses, Anda akan belajar banyak dan mendapat pengalaman dalam berbisnis.

 

Itu dia rahasia dalam merintis usaha makanan ringan. Tertarik mencobanya? Yuk, tulis di kolom komentar.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini. Siapa tahu Anda dapat menolong rekan atau kerabat yang sedang mencari ide usaha rumahan.

 

Sumber Referensi:

  • Novia Widya Utami. 4 February 2019. Tips Sukses Berbisnis Makanan Ringan. Jurnal.id – https://bit.ly/32mulys

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis 1 – https://bit.ly/2urPxXn
  • Bisnis 2 – https://bit.ly/2HR59qH
  • Bisnis 3 – https://bit.ly/2VjcdnN