Apakah hasil keuntungan perusahaan Anda sedang merosot? Seperti apakah kinerja dari para karyawan Anda? Pernahkah Anda memikirkan tentang kondisi mental dan kesehatan dari para karyawan yang bekerja di kantor Anda?

Melalui rubrik ini, Tim Finansialku akan memberikan pemaparan tentang pentingnya kesehatan mental setiap karyawan dan pekerja di kantor dalam usaha meningkatkan kinerja dan menambah keuntungan bagi pihak perusahaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Atmosfer Kantor

Setidaknya 8 jam sehari, karyawan Anda bekerja, 40 jam dalam seminggu, belum termasuk tambahan jam lembur apabila ada kerjaan tambahan. Selain itu, atmosfer dari lingkungan pekerjaan dan hubungan antar karyawan yang tidak terlalu kondusif.

Persaingan yang terkadang tidak sehat antar pekerja untuk mendapatkan posisi tertentu dan lain sebagainya. Mungkin beberapa kasus di atas mewakili kondisi dalam sebuah kantor dimana karyawan Anda ada di dalamnya.

Namun secara sadar atau tidak, kondisi tersebut pasti akan mempengaruhi kinerja para karyawan, roda bisnis perusahaan dan tentu saja berimbas pada target yang ditetapkan tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat dipastikan mempengaruhi juga keuntungan perusahaan yang cenderung menurun.

Perhatikan Kesehatan Mental Karyawan untuk Menambah Keuntungan Bisnis Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda]

 

Apakah kondisi ini tidak luput dalam perhatian para pemimpin dan pengelola perusahaan? Atau akankah hal ini akan dibiarkan saja karena para pekerja hanya dituntut untuk bekerja dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan tanpa memikirkan kondisi kesehatan dan mental dari pekerjanya?

Diprediksi sekitar 85% menurut Huffington Post, kondisi mental karyawan di Amerika tidak terdiagnosis ataupun mendapat perawatan yang seharusnya.

Pada dasarnya, karyawan dan atasan adalah sebuah hubungan yang saling membutuhkan dan dan dikatakan sebagai suatu simbiosis mutualisme. sebuah perusahaan membutuhkan para karyawan yang diperlukan untuk mengerjakan berbagai tugas untuk menunjang dan meraih hasil sesuai target. Demikian juga karyawan perlu untuk mencari nafkah dengan bekerja.

Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate]

 

Pentingnya Kesejahteraan Karyawan dalam Peningkatan Produktivitas

Menurut Malayu S.P. Hasibuan, kesejahteraan adalah balas jasa lengkap (materiil dan non materiil) yang diberikan oleh pihak perusahaan berdasarkan kebijaksanaan. Tujuannya untuk mempertahankan dan memperbaiki kondisi fisik dan mental karyawan agar produktivitasnya meningkat.

Selain itu tujuan program kesejahteraan pada pegawai menurut Malayu S.P. Hasibuan adalah untuk meningkatkan kesetiaan dan ketertarikan pegawai dengan perusahaan, memberikan ketenangan dan pemenuhan kebutuhan bagi pegawai beserta keluarganya, memotivasi gairah kerja, disiplin dan produktivitas pegawai, menurunkan tingkat absensi dan labor turnover, menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang baik serta nyaman dan membantu lancarnya pelaksanaan pekerjaan untuk mencapai tujuan.

Tahukah Anda bahwa dengan mengetahui permasalahan kesehatan mental para karyawan dan seluruh pekerja di dalam kantor, atasan ataupun perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan tentu saja meningkatnya hasil yang ditetapkan perusahaan. Kesejahteraan para karyawan perlu diperhatikan bahkan ditingkatkan agar mereka mampu bekerja dengan baik.

Selain itu, untuk mempertahankan karyawan-karyawan yang memiliki kinerja yang baik, diperlukan bonus oleh karena prestasinya dalam bekerja yang menguntungkan bagi perusahaan, Dengan demikian, karyawan yang berprestasi tersebut akan merasa diperhatikan dan tidak akan pindah ke perusahaan lain atau perusahaan rival.

Bagi Anda para atasan dan bos, alangkah baiknya untuk memperhatikan kesejahteraan dan kondisi mental para pekerja Anda dan berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan apabila sebuah perusahaan dan lingkungan kerja memperhatikan kondisi mental dari para pekerja atau karyawannya.

Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 01- Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

#1 Meningkatkan Performa dan Percaya Diri Karyawan

Pernahkah Anda mendapatkan seorang pekerja atau karyawan yang seringkali gugup ketika mendapatkan suatu tugas baru yang mungkin belum pernah ia kerjakan atau pekerjaan yang tiba-tiba harus ia bereskan dengan segera?

kondisi seperti ini apabila tidak ditanggulangi antara karyawan tersebut dengan atasan maka akan membuat performansi dan rasa percaya dirinya menurun. Diperlukan kerja sama dan pendekatan tersendiri antar atasan dan pekerja untuk mencari solusi bersama, sehingga rasa percaya dirinya kembali meningkat karena dapat mengerjakan tugasnya dengan baik.

 

#2 Menghilangkan Stigma Penyakit Mental & Saling Menerima Antar Karyawan

Banyak permasalahan yang dihadapi oleh setiap orang termasuk karyawan yang mungkin saja dapat mengarah kepada kondisi depresi karena terlalu beratnya masalah yang dihadapi. Apa jadinya ketika seorang yang depresi tidak mendapatkan penerimaan yang layak dari sebuah lingkungan dan dianggap hanya ingin bermalas-malasan dan mendapatkan secara khusus.

Ketika seorang yang merasa depresi merasa diperhatikan dan didengarkan keluh kesahnya, permasalahan yang ia alami sedikit demi sedikit akan terasa ringan dan tentu saja mempengaruhi peningkatan kualitas kerjanya.

Pentingnya suatu atmosfer positif dari sebuah kantor agar karyawan dapat saling menerima satu dengan yang lain dan saling menolong setidaknya mendengarkan permasalahan dan memberi solusi satu dengan yang lain. Kondisi saling menerima antar karyawan dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang positif. Selain itu beban kerja di kantor yang terkadang membuat stres tersendiri akan berkurang dan tidak dibawa ke lingkungan rumah.

 

#3 Mempertahankan Karyawan Berdedikasi & Mendapat Karyawan Baru yang Berprestasi

Karyawan yang memiliki kualitas kerja yang baik dan performansi excellent juga tidak lepas dari masalah mental oleh karena tekanan hidup dan berbagai masalah. Banyak pekerja yang mempertahankan pekerjaannya walaupun dengan income yang tidak terlalu besar namun suasana kerja yang positif dan rasa kekeluargaan ia dapatkan di dalamnya.

Tentu saja ketika kualitas kerja para karyawan meningkat, maka keuntungan perusahaan juga akan membawa kepada kenaikan gaji dan membuat karyawan semakin sejahtera. Dengan demikian, karyawan lama akan semakin berdedikasi dan juga akan mendapatkan karyawan-karyawan baru yang juga termotivasi untuk semakin berprestasi.

5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya]

 

Karyawan Sehat, Keuntungan Perusahaan Meningkat

Tempat kerja adalah lingkungan yang paling penting dalam mendiskusikan masalah kesehatan atau penyakit mental. Kondisi ini sudah menjadi hal yang umum dan perlu menjadi perhatian khusus agar kesejahteraan karyawan semakin diperhatikan dan produktivitas mereka meningkat sehingga tentu saja akan menambah keuntungan bagi perusahaan itu sendiri.

 

Seperti apakah kondisi dan atmosfer dalam kantor Anda? Bagikan pengalaman dan situasi kerja Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda dan juga atasan Anda, siapa tahu mereka kaan lebih memperhatikan para karyawannya setelah membaca ulasan di atas. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tess Taylor. 14 April 2017. Mental Health Employee Benefits Are Good for Business Too. Thebalance.com – https://goo.gl/U9IkCf
  • Erlangga Asvi. 4 Januari 2016 Pentingnya Kesehatan Mental Untuk Karyawan. Solusisupersukses.com – https://goo.gl/R4axI6
  • Megiza. 22 Agustus 2016. Pentingnya Bicara Masalah Mental di Lingkungan Kerja. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/Ca9w0f
  • Achmad Rozi El Roy. KESEJAHTERAAN KARYAWAN. https://goo.gl/U4QBPu

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan Depresi – https://goo.gl/fDJjXk
  • Karyawan – https://goo.gl/3fqzXp

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana