facebook_pixel

Usaha Rumahan: Bisa Gagal Kalau Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Apakah Anda berencana memulai usaha rumahan? Jangan lakukan 7 kesalahan ini jika Anda tidak ingin gagal dalam usaha rumahan. Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya dan meminimalkan risiko kegagalan usaha rumahan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Usaha Rumahan: Bisa Gagal Kalau Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha rumahan, ada baiknya Anda mengetahui 7 kesalahan yang bisa menyebabkan usaha rumahan Anda gagal. Apa saja penyebab kegagalan usaha rumahan Anda?

 

#1 Anda (Mungkin) Bukan Pengecualian

Meskipun ada beberapa orang yang berhasil menjaga dan mengembangkan usaha rumahannya dalam jangka waktu yang lama, namun ada lebih banyak orang yang mengalami kegagalan pada usaha rumahan pertamanya. Hal ini bukan berarti Anda adalah seorang pebisnis yang gagal. Anda mungkin bukanlah bagian dari minoritas orang yang langsung sukses di usaha rumahan pertamanya. Mengalami kegagalan adalah hal yang wajar, dan Anda hanya perlu mencoba memulainya kembali.

Usaha Rumahan Bisa Gagal Kalau Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

#2 Anda Tidak Memiliki Pengalaman

Merupakan hal yang wajar apabila seorang profesional memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dibandingkan seorang yang baru memulai. Mereka mengalami tantangan dan kondisi yang membuat mereka belajar lebih banyak dan memaksa mereka membuat keputusan lebih banyak dibandingkan Anda yang baru memulai usaha rumahan Anda.

Pengalaman Anda dalam hal-hal lain di luar bisnis, semisal menjadi pemimpin sebuah proyek atau bekerja sama dengan berbagai macam pebisnis dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman yang dimiliki seorang profesional. Namun, ketika Anda memulai usaha rumahan Anda sendiri, Anda diharuskan membuat keputusan-keputusan sulit sendirian dan akan cukup berbeda dibandingkan ketika Anda mengurus sesuatu yang bukan merupakan bisnis Anda.

 

#3 Anda Tidak Berani Mengambil Risiko

Seorang yang baru memulai usaha rumahan cenderung lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan untuk kemajuan bisnis mereka. Biasanya hal ini disebabkan karena seseorang yang baru memulai usaha rumahan memiliki kepercayaan diri yang lebih rendah dibandingkan orang yang lebih lama berkecimpung di dunia bisnis. Di samping itu, akses yang dimiliki oleh seseorang yang baru memulai usaha rumahan cenderung lebih terbatas. Hal ini menyebabkan usaha rumahan yang baru dirintis cenderung rentan terhadap risiko kegagalan.

Sebagai orang yang baru memulai bisnis rumahan, berhati-hati dalam mengambil langkah merupakan hal yang baik untuk menjaga usaha Anda tetap stabil dan sukses. Namun, keberanian mengambil risiko dapat membawa usaha rumahan yang Anda miliki berkembang pesat bahkan berkali-kali lipat dibandingkan dengan kondisi usaha Anda saat ini.

kalau-mau-sukses-berbisnis-jangan-pernah-jadi-superboss-finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Bisnis Sukses, Jangan Pernah Jadi SUPERBOSS]

 

#4 Anda Tidak Memiliki Cukup Relasi

Hal lain yang tidak dimiliki oleh seseorang yang baru memulai usaha rumahan adalah relasi dan jaringan. Meskipun Anda memiliki kepribadian yang terbuka dan supel, saat Anda memulai usaha Anda sendiri, relasi dan jaringan yang Anda miliki tentu saja tidak lebih besar dibandingkan orang yang lebih dulu memulai usaha dibandingkan dengan Anda.

Cobalah untuk memperbanyak relasi dan jaringan Anda. Semakin besar jaringan yang Anda miliki, akan semakin memudahkan Anda untuk mendapatkan klien yang potensial, kerja sama, supplier, atau mungkin karyawan untuk usaha Anda nantinya. Bahkan bukan tidak mungkin mendapatkan seorang investor atau mentor yang dapat mendorong usaha Anda semakin maju.

 

#5 Intuisi Anda Kurang Terlatih

Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki, semakin tajam intuisi ada dalam membaca situasi yang menguntungkan maupun yang merugikan Anda. Meskipun kadangkala intuisi tidak dapat dijelaskan secara rinci, namun seringkali hal ini sangat membantu untuk mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan dalam bisnis Anda. Namun intuisi hanya dapat dilatih dengan memperkaya pengalaman Anda dan terjun langsung ke dalam dunia usaha. Jika dalam memulai bisnis intuisi Anda belum begitu tajam dan membuat Anda salah mengambil langkah, Anda tidak perlu khawatir, semakin banyak pengalaman Anda, intuisi Anda akan semakin tajam dan tepat.

4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah]

 

#6 Anda Terlalu Bersemangat

Memulai usaha rumahan pertama tentu saja membuat Anda merasa gugup dan bersemangat. Namun, semangat yang berlebihan dapat membuat Anda memikirkan terlalu banyak alternatif dan menjadi tidak fokus terhadap apa yang sebenarnya usaha Anda butuhkan. Terlalu bersemangat juga saat membuat Anda gegabah dalam menginvestasikan sumber daya yang Anda miliki.

 

#7 Orang Lain Tidak Menanggapi Anda dengan Serius

Pada umumnya, para investor, karyawan, dan klien tidak akan menanggapi Anda secara serius pada awal Anda memulai usaha rumahan Anda. Kondisi ini, meskipun menyakitkan, namun merupakan hal yang umum terjadi. Orang lain akan berpikir bahwa usaha rumahan yang baru dimulai tidak akan begitu sukses dan akan cenderung menganggap enteng hal tersebut.

Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha yang Harus Anda Miliki 01 - Finansialku

[Baca Juga: Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha yang Harus Anda Miliki]

 

Jangan Takut Mengalami Kegagalan dalam Usaha Rumahan

Ketujuh faktor tersebut adalah hal yang umum terjadi saat Anda baru merintis usaha rumahan Anda. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda tidak perlu berkecil hati saat mengalami kegagalan atau kesedihan dalam memulai usaha rumahan pertama Anda. Sebab hal tersebut bukanlah sesuatu yang buruk. Banyak pebisnis terkenal yang sukses saat ini, mengalami kegagalan pada masa-masa awal mereka merintis bisnis dan mengambil pelajaran dari hal tersebut sehingga mereka lebih mampu menghadapi hal tersebut di kesempatan berikutnya.

 

Apakah Anda telah memiliki usaha rumahan Anda sendiri? Apa saja yang Anda alami selama memulai usaha rumahan pertama Anda? Tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar dan bagikan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka ikut bersemangat memulai usaha rumahan mereka, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jason Demers. 27 Maret 2017. 7 Reasons Your First Business Will Fail. Entrepreneur.com – https://goo.gl/lIKgZq

 

Sumber Gambar:

  • Woman Entrepreneur – https://goo.gl/QEqH72 dan https://goo.gl/NC5jm2

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-06T08:46:14+00:00 May 19th, 2017|Categories: Bisnis, Entrepreneur|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment