Apakah Anda mau membeli motor Vario 150? Apakah bisa dari hasil reksa dana? Bagaimana caranya?

Yuk, langsung aja simak cara membeli Vario 150 dari hasil investasi reksa dana.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Hasil Investasi Reksa Dana untuk Membeli Vario 150

Kendaraan khususnya motor sudah bukan menjadi barang mewah lagi. Dapat dikatakan bahwa sekarang motor merupakan suatu kebutuhan bagi beberapa orang.

Dengan begitu, maka tak jarang orang yang berusaha untuk bisa membeli motor. Salah satu motor keluaran baru adalah Vario 150 yang nampaknya diminati oleh banyak orang.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mau membeli Vario 150 juga?

Harga Vario 150 ini dibandrol dengan kisaran harga Rp23,62 juta. Menariknya, Anda bisa membeli vario 150 dari hasil investasi reksa dana lho. Bagaimana caranya? Simak kelanjutannya ya.

Investasi merupakan suatu kendaraan untuk membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda. Dengan memiliki tujuan keuangan, maka Anda dapat meminimalisisasi risiko dari berinvestasi.

Sekarang ini sudah ada berbagai macam instrumen investasi yang dapat Anda pilih. Ada investasi saham, reksa dana, obligasi, deposito, emas, P2P (Peer to Peer) lending, dan sebagainya.

Mau Beli Vario 150 Dari Hasil Investasi Reksa Dana_ BISA Banget! 02

[Baca Juga: Kenapa Perlu Investasi Reksa Dana?]

 

Salah satu reksa dana yang paling diminati oleh banyak orang saat ini adalah investasi reksa dana. Jika Anda masih menjadi investor pemula, Anda juga bisa menjadikan investasi reksa dana sebagai pilihan.

Mengapa demikian? Karena investasi reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah profesional dan terpercaya di bidangnya.

Investasi reksa dana juga cocok untuk berbagai kalangan. Modal awal yang diperlukan untuk memulai investasi reksa dana ini hanya Rp100 ribu lho, sangat terjangkau kan?

Selain modal awalnya yang sangat terjangkau, investasi reksa dana juga bisa dikatakan memiliki risiko yang relatif lebih rendah karena di investasi reksa dana portofolio Anda sudah terdiversifikasi.

Keuntungan lainnya dari investasi reksa dana adalah adanya 4 pilihan jenis reksa dana yang umum beredar. Ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, serta reksa dana saham.

Pada umumnya, reksa dana pasar uang digunakan untuk tujuan keuangan  jangka pendek yakni kurang dari 1 tahun.

Sedangkan reksa dana pendapatan tetap biasanya untuk tujuan keuangan 1-3 tahun, reksa dana campuran untuk 3-5 tahun, dan reksa dana saham untuk lebih dari 5 tahun.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda mau investasi yang sesuai dengan hukum-hukum Syariah, Anda dapat mencoba investasi di reksa dana Syariah ya.

Jadi, dengan adanya berbagai pilihan dari investasi reksa dana, Anda dapat memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk lebih mengerti lagi tentang berinvestasi reksa dana, Anda bisa mengunduh e-book gratis berikut ini:

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Cara Membeli Motor Vario 150 dari Hasil Investasi Reksa Dana

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi cara membeli motor vario 150 dari hasil investasi reksa dana. Berikut cara-caranya.

 

#1 Menentukan Jumlah Cash yang Dimiliki Sekarang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa membeli Vario 150 adalah dengan memastikan berapa jumlah uang yang Anda miliki untuk membeli motor tersebut.

Misalnya sekarang Anda memiliki uang sebesar Rp10 juta yang dialokasikan untuk membeli motor tersebut.

 

#2 Membuat Tujuan Keuangan yang SMART

Setelah mengetahui jumlah uang yang Anda miliki, selanjutnya Anda perlu membuat tujuan keuangan. Tujuan keuangan yang Anda buat harus SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely).

Sebagai contoh, Anda mau membeli motor Vario 150. Misalnya Anda mau membeli motor Vario 150 (150cc) berwarna hitam, dengan harga Rp23,62 juta secara tunai dalam 2 tahun lagi.

Mau Beli Vario 150 Dari Hasil Investasi Reksa Dana_ BISA Banget! 03

[Baca Juga: Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART)]

 

Untuk memudahkan Anda membuat rencana keuangan, maka Anda dapat membuat rencana keuangan di aplikasi Finansialku pada menu rencana keuangan.

Anda dapat download aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis dan menikmati berbagai keuntungan seputar keuangan lainnya.

Dengan membuat rencana keuangan melalui aplikasi Finansialku, maka Anda dapat mengetahui berapa banyak uang yang Anda harus alokasikan setiap bulan untuk dapat membeli motor Vario 150 yang Anda idamkan.

Berikut cara menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung jumlah dana yang Anda perlu alokasikan setiap bulannya.

  1. Buka menu aplikasi Finansialku lalu pilih menu “Rencana Keuangan”
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih “Dana Membeli Barang”
  3. Masukkan data-data yang diperlukan:
  • Nama Barang: Motor Vario 150
  • Harga barang saat ini: Rp23.620.000
  • Berapa lama lagi Anda akan membeli: 24 bulan
  • Dana yang telah tersedia: Rp10.000.000
  • Inflasi: 10% per tahun (asumsi)
  • Estimasi hasil investasi: 15% per tahun
  1. Klik “Hitung”

Setelah itu, maka akan muncul hasil perhitungan berapa banyak uang yang harus Anda alokasikan untuk investasi setiap bulannya yakni sebesar Rp552.471 per bulan selama 24 bulan dengan asumsi inflasi 10% per tahun dan estimasi hasil investasi sebesar 15% per tahun.

 

#3 Berinvestasi di Reksa Dana

Setelah memiliki tujuan keuangan dan rencananya, maka tiba saatnya Anda untuk berinvestasi. Anda dapat memilih investasi yang paling cocok dengan tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Misalnya seperti contoh diatas, Anda mau membeli motor Vario 150 dalam jangka waktu 2 tahun lagi.

Jika Anda memilih investasi berdasarkan jangka waktunya yakni 2 tahun maka Anda dapat mencoba investasi reksa dana pendapatan tetap dengan asumsi return 15% per tahun.

Anda dapat membeli reksa dana tersebut melalui aplikasi Finansialku juga lho. Anda dapat memilih reksa dana di aplikasi Finansialku pada menu produk keuangan dan kemudian Anda dapat memilih platform reksa dana serta memilih produk reksa dana yang akan Anda beli.

Mau Beli Vario 150 Dari Hasil Investasi Reksa Dana_ BISA Banget! 04

[Baca Juga: Panduan Praktis: Investasi Reksa Dana di Aplikasi Finansialku Versi Web!]

 

Dengan berinvestasi reksa dana secara rutin setiap bulannya, maka dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Jadi apakah bisa membeli Vario 150 dari hasil reksa dana? Jawabannya tentu saja bisa.

 

Bisa Membeli Vario 150 dari Hasil Investasi Reksa Dana

Setelah mengetahui cara-cara untuk bisa membeli Vario 150 dari investasi reksa dana, maka sekarang Anda dapat mencobanya.

Bagi Anda yang belum pernah berinvestasi reksa dana sama sekali, Anda bisa memulainya dari sekarang ya. Jangan lupa untuk memiliki tujuan keuangan terlebih dahulu.

Setelah itu, pilihlah investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko Anda. Tentunya untuk dapat mewujudkan tujuan keuangan diperlukan kedisiplinan untuk rutin berinvestasi ya.

Dengan begitu, maka tujuan keuangan Anda untuk membeli Vario 150 dapat terwujud.

 

Jadi, apakah Anda mau membeli Vario 150? Sudahkah Anda berinvestasi di reksa dana? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Oto. 2019. Honda Vario 150. Oto.com – https://bit.ly/2K14Kn1

 

Sumber Gambar:

  • Vario 150 2019 01 – http://bit.ly/2CywCur
  • Vario 150 2019 02 – http://bit.ly/2NEomPP
  • Vario 150 2019 03 – http://bit.ly/33zrhPr
  • Vario 150 2019 04 – http://bit.ly/2q7b2uv