Ini dia daftar saham bluechip yang mejeng di IHSG. Siapa dirut di balik perusahaan-perusahaan ini?

Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel video Finansialku di bawah ini!

 

Tidak sulit menjadi orang yang bertanggung jawab. Cukup dengan menerapkan 3M di mana pun, dan diam di rumah selama tidak ada kepentingan mendesak bersama keluarga, ditemani tontonan bermanfaat dari video yang ada di kanal youtube Finansialku Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Dirut Di Balik Saham Blue Chip

Siapa dari Sobat Finansialku yang punya saham dari salah satu perusahaan yang Minku sebutin tadi di awal?

By the way, suka penasaran nggak, sih, siapa direktur di balik beberapa perusahaan bluechip di atas? Kalau penasaran, nih, Minku kasih tahu! Pantengin sampai akhir, ya!

 

#1 PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

Produk dari saham bluechip pertama ini selalu ada di sekitar kita, lho! Dari mie instan sampe bumbu makanan, ada semua!

Sosok direktur di balik salah satu saham blue chip yang dinilai paling tahan banting ini adalah Anthony Salim, yang sempat masuk ke dalam jajaran tokoh pengusaha paling berpengaruh pada 2005 lalu.

 

#2 PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

Perusahaan BUMN di bidang perbankan satu ini merupakan saham blue chip yang masuk ke indeks LQ45, lho!

Direktur di balik perusahaan BUMN satu ini, masih sama sejak 2015, adalah Achmad Baiquni.

Pria bergelar Master of Business Management dari Asian Institute of Management, Makati, Filipina ini sudah lama berkecimpung di dunia perbankan, dengan kapitalis pasar mencapai Rp 136 triliunan, lho!

 

#3 PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

Minku yakin, mayoritas di antara Sobat Finansialku, banyak yang pake produk buatan pabrik ini, ‘kan? Entah itu sampo, sabun, sampai pasta gigi.

Bicara soal direktur, perusahaan yang baru saja melakukan stock split di awal 2020 ini dipimpin oleh Herman Bakshi, sosok keturunan India yang sudah bergabung di Hindustan Unilever Limited (HUL) sejak 1989 lalu.

 

#4 PT Astra International Tbk (ASII)

Kali ini, mari kita masuk ke salah satu perusahaan yang berkecimpung di sektor otomotif, yaitu PT Astra International Tbk atau ASII. Perusahaan ini punya nilai kapitalis pasar mencapai Rp 267 triliunan! Gila, ya!

Saham Astra ini juga tidak jarang menjadi penentu gerak IHSG, karena saham mereka memang sering dikoleksi oleh investor asing.

Direktur utama di balik nama besar Astra, adalah Prijono Sugiarto, yang sudah memimpin Astra sejak 2010 lalu.

Prijono Sugiarto juga merupakan Presiden Komisaris di PT United Tracktors Tbk (UNTR), lho!

 

#5 PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Perusahaan saham blue chip terakhir juga datang dari BUMN di sektor perbankan, nih!

Adalah Bank Mandiri Tbk (BMRI). Siapa, nih, Sobat Finansialku yang jadi nasabah dari Bank satu ini?

Saham BMRI sendiri punya market cap senilai Rp 360 miliar, nih!

Bicara soal direktur, Bank ini dipimpin oleh Royke Tumilaar sejak 2019 lalu, menggantikan Kartika Wirjoatmodjo.

Royke sendiri merupakan ekonom dengan gelar Master of Business Finance di University of Technology Sydney.

Awalnya, dia bekerja sebagai analis kredit di Bank Dagang Negara. Saat Indonesia dilanda krisis moneter, dia lantas bergabung dengan Bank Mandiri yang sebenarnya merupakan gabungan dari Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia.

 

Kenapa Harus Tahu?

Sebenarnya, buat apa sih kita tahu sosok direktur di balik sebuah emiten? Ya, perlu kita tahu kalau semua aktivitas di balik sebuah emiten.

Karena sosok ini tentu akan mempengaruhi kinerja sebuah perusahaan dan pastinya ini akan mempengaruhi naik turunnya harga saham.

Kok bisa? Terus apa saja yang mempengaruhi harga saham?

Nah, kalau Sobat Finansialku penasaran dan ingin menggali lebih dalam soal investasi saham, Sobat Finansialku bisa gabung ke komunitas Finansialku di Facebook.

Di sana, Sobat Finansialku akan berkesempatan untuk menggali lebih dalam soal saham bersama ribuan anggota lainnya, dan para ahli yang berada dalam satu grup, lho!

Bukan cuma itu, Sobat Finansialku juga akan mendapatkan kesempatan EKSKLUSIF untuk mengikuti webinar yang diadakan secara rutin! Yuk, gabung sekarang!

Gabung Sekarang! Komunitas BELAJAR SAHAM Finansialku

komunitas saham

SAYA MAU JOIN

 

Itu dia informasi mengenai dirut di balik saham bluechip di Indonesia. Dari lima perusahaan di atas, Sobat Finansialku sudah investasi di perusahaan mana saja, nih? Yuk, ceritakan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada sesama investor lewat pilihan platform yang ada di bawah ini, ya. Terima kasih!