Apa saja saham blue chip terbaik di Indonesia dengan cuan terbesar? Yuk, ketahui daftar sahamnya pada artikel berikut.

 

Saham

Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan. Perusahaan yang sahamnya bisa ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia (BEI) disebut Perusahaan Tercatat.

Saham ini merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Tujuan dari berinvestasi saham biasanya untuk memperoleh keuntungan dari kenaikan harga (capital gain) ataupun dividen (cashflow).

Investasi saham, biasanya lebih cocok untuk investasi jangka panjang agar memperoleh keuntungan yang optimal.

Investasi saham memiliki tingkat potensi keuntungan yang tinggi, namun tingkat risikonya juga tinggi karna investasi saham cenderung fluktuatif dalam waktu yang relatif singkat.

[Baca Juga: Investor Pemula, Mari Kenali Apa Itu Saham Blue Chip!]

 

Dalam investasi saham, ada yang disebut sebagai saham blue chip. Apa itu saham blue chip? Saham blue chip adalah saham yang berkapitalisasi besar (kapitalisasi pasarnya di atas Rp 40 triliun). Dalam kata lain, saham blue chip bisa disebut sebagai saham unggulan.

Saham yang termasuk dalam kategori blue chip biasanya perusahaan yang memiliki etos kinerja yang baik dan dikelola oleh orang-orang yang profesional di bidangnya.

Biasanya, saham blue chip merupakan perusahaan yang bergerak di industri yang menjadi kebutuhan dasar oleh banyak orang. Misalnya, makanan, minuman, perbankan, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Investor Pemula, Ketahui Kelebihan Saham Blue Chip Sebagai Modal Dasar]

 

Dengan adanya kebutuhan dasar yang tinggi di masyarakat, maka perusahaan-perusahaan tersebut cenderung memiliki keuntungan yang besar.

Dan tak jarang saham blue chip ini membagikan keuntungannya (dividen) secara rutin kepada investor.

Saham blue chip ini bisa menjadi alternatif investasi saham bagi investor pemula. Selain itu, saham ini juga biasanya dijadikan core stock oleh para investor.

Dengan kinerja yang baik, maka saham blue chip juga sangat layak untuk dijadikan alternatif investasi jangka panjang.

[Baca juga: Prospek Emiten Bluechip, PT Indofood CBP Tbk. (ICBP)]

 

10 Saham Blue Chip Terbaik Di Indonesia

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi informasi tentang saham terbaik 2020 di Indonesia yang memberikan cuan terbesar, dan tentunya termasuk dalam saham blue chip, ya. Berikut daftarnya.

 

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA)

Siapa yang tidak kenal dengan bank yang satu ini? Bank ini dikenal sebagai salah salah satu bank swasta terbaik dan terbesar di Indonesia, lho. Bank ini memiliki jangkauan yang luas sehingga membuat jumlah nasabahnya menyentuh angka jutaan.

Perusahaan BCA dikelola dengan efisien di mana Anda dapat melihat bahwa ROA (Return on Asset) BCA merupakan yang paling tinggi di antara bank lain di kelasnya. Selain itu, tingkat kredit macetnya juga yang paling rendah.

[Baca Juga: Definisi Return on Asset (ROA): Manfaat, Rumus, dan Contohnya]

 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI)

BRI memiliki performa yang baik. Oleh karena itu, tak heran jika saham bank ini cenderung diminati oleh banyak investor. Saham BRI ini tergolong aktif dalam transaksi perdagangan di BEI.

Kinerja saham BRI cenderung berasal dari komitmennya untuk memberikan pinjaman kredit kepada para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Selain itu, saham BRI juga sering melakukan stock split. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat menjangkau dan mengambil bagian dari saham mereka.

Pertumbuhan kredit BRI juga sangat konsisten di mana BRI mencatat pertumbuhan kredit yang stabil di atas industri. Hal tersebut dikarenakan pangsa pasar UMKM yang kompetitornya masih sedikit.

[Baca juga: Analisa Saham BBRI: Prospek BRI Di Tengah Pandemi]

 

PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR)

Tentunya Anda sudah familiar dengan produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan ini seperti sabun Lifebuoy, Pepsodent, dan lain sebagainya. Perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods ini memang sudah dikenal oleh banyak orang.

Perusahaan Unilever memiliki ROE (Return on Equity) yang selalu meningkat setiap tahunnya. Perusahaan ini juga mampu menghasilkan keuntungan dari setiap ekuitas yang diberikan oleh pemegang saham.

[Baca juga: Sempat Dibully, Saham UNVR Malah Melonjak Signifikan 12,88 %]

 

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM)

Perusahaan plat merah di bidang telekomunikasi ini sudah lama melayani masyarakat Indonesia.

Menariknya, perusahaan Telkom selalu berhasil untuk memperoleh keuntungan bersih yang konsisten dari tahun ke tahun walaupun sedang dalam kondisi ekonomi yang sedang tidak pasti.

Selain itu, perusahaan ini juga membagikan dividen secara konsisten kepada investornya sebagai tanda dari kinerja perusahaan yang baik.

[Baca Juga: Analisa Saham: Prospek PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM)]

 

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP)

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan mie instan Indomie. Nah, perusahaan yang memproduksi Indomie tersebut adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur ini.

Perusahaan penghasil Indomie ini selalu memberikan prospektif yang baik dari tahun ke tahun. Selain itu, penghasilan dari perusahaan ini juga bertumbuh secara konsisten setiap tahunnya.

Jika Anda sangat familiar dengan Indomie, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi di saham ini karena saham yang bergerak di bidang makanan disebut sangat aman. Selain itu, produknya juga telah dikonsumsi oleh masyarakat sehari-hari. 

[Baca juga: Wow! Laba Bersih Podusen Indomie (ICBP) Meningkat!!]

 

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI)

Bank Mandiri mampu menyeimbangkan pertumbuhan laba bersih dan kreditnya, sehingga kinerja bank Mandiri dapat dikatakan cenderung stabil.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, bank Mandiri diprediksi memiliki performa yang stabil dalam jangka panjang.

[Baca juga: Analisa Saham BMRI: Prospek Saham Bank Mandiri]

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGAS)

Perusahaan Gas Negara ini merupakan perusahaan nasional yang bergerak di bidang transportasi dan distribusi gas bumi. Secara keseluruhan, performa perusahaan gas negara ini baik dan diprediksi akan cepat pulih dan meningkat.

[Baca juga: Harga Gas Tidak Jadi Naik Sentimen Negatif Bagi PGAS?]

 

PT Astra International Tbk. (ASII)

PT Astra Internasional itu sendiri memiliki 6 lini bisnis yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat, teknologi informasi, infrastruktur, serta logistik.

Selain itu, perusahaan besar ini didukung berbagai anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Beberapa di antaranya adalah bidang perakitan dan distribusi mobil, sepeda motor dan suku cadang, penjualan alat berat, perkebunan, dan jasa keuangan.

[Baca juga: Prospek Diversifikasi Bisnis PT Astra Internasional Tbk (ASII)]

 

PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA)

Perusahaan ini bergerak di sektor pertambangan. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan bumi yang begitu melimpah.

Oleh karena itu, sektor pertambangan juga berpengaruh besar pada perekonomian Indonesia. Perusahaan BUMN ini memiliki 46 anak perusahaan dan memiliki fundamental yang kuat.

[Baca juga: Ekspansi Ke Ranah Properti, Bagaimana PTBA Di Masa Depan?]

 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI)

Perusahaan bank milik BUMN ini berfokus pada segmen korporasi, konsumen dan ritel. Bank ini memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, keuangan, serta perusahaan sekuritas.

Walaupun sempat mengalami penurunan harga, namun saham BNI ini disebut akan mengalami pemulihan dengan cepat.

[Baca juga: Analisa Saham BBNI: Prospek Emiten Perbankan BNI]

 

Berinvestasi Pada Saham dengan Fundamental Baik

Untuk bisa mendapatkan cuan yang besar dari investasi saham tentunya Anda harus mengambil langkah untuk mulai investasi sahamnya terlebih dahulu.

Tentunya, sebelum memulai investasi saham Anda perlu melakukan analisa terlebih dahulu, ya. Pastikan saham tersebut memiliki fundamental yang baik.

Dengan begitu, maka akan memperbesar peluang Anda untuk bisa memperoleh keuntungan yang optimal dari investasi saham.

Apabila Anda bingung dalam memilih saham, Anda bisa mempertimbangkan beberapa saham yang ada dalam daftar saham blue chip tersebut, ya. Selamat berinvestasi!

 

Jadi, Anda sudah cuan berapa nih di saham terbaik 2020 tersebut? Yuk, share pengalaman investasi Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Ferry Irawan. 2020. 10 Saham Blue Chip Terbaik di BEI Tahun 2020. Koinworks.com – https://bit.ly/33MeFq6
  • Siti Nurhikmah. 27 Oktober 2020. Ini 10 Saham Blue Chip Terbaik di BEI Tahun 2020 untuk Investor Pemula. Artikel.rumah123.com – https://bit.ly/2VUq5UN
  • Arai Amelya. 2020. 10 Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia Tahun 2020. Folderbisnis.com – https://bit.ly/2VIdl3m
  • Yuk Nabung Saham. Sekilas Saham. Yuknabungsaham.idx.co.id – https://bit.ly/3mMsRXT

 

Sumber Gambar:

  • http://bit.ly/3annuLg
  • http://bit.ly/3r6WMwf
  • http://bit.ly/3r8e4ZW
  • http://bit.ly/3gZtxqS
  • http://bit.ly/2J0MiO0