Kamu ingin menggunakan koneksi pribadi saat browsing di internet? Berikut rekomendasi VPN gratis yang mempunyai koneksi yang aman. Simak sampai habis, ya.

 

VPN Gratis Terbaik

Dulu, VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan mengoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain.

Tapi kini, VPN sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya? Tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

Adanya batasan hukum dan kebijakan memengaruhi apa yang dapat dilakukan dengan teknologi ini. Namun, paling tidak menggunakan VPN akan lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi biasa.

[Baca Juga: Microsoft Bakal Hapus Aplikasi Internet Explorer, Apa Gantinya? ]

Lalu, apa itu VPN gratis?

VPN Gratis adalah layanan yang menyediakan server VPN dan dapat kamu gunakan secara gratis. Namun sayangnya, tidak semua VPN gratis benar-benar menawarkan keseluruhan paket akan keamanan, kecepatan, keandalan dan penggunaan tanpa batas. Kamu perlu sebuah VPN premium dengan biaya rendah untuk hal tersebut.

Nah, berikut ini beberapa VPN gratis terbaik dan aman digunakan selama kamu tidak keberatan dengan beberapa kompromi.

 

#1 ExpressVPN – Data Tanpa Batas dan Jaminan Uang Kembali 30 Hari

ExpressVPN adalah sebuah layanan premium, tapi memiliki jaminan uang kembali 30 hari. Ini artinya meskipun saat daftar di awal tidaklah gratis, namun kamu bisa mendapatkan uang kembali apabila layanan ini tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan ExpressVPN, kamu akan mendapatkan lebar pita dan data tanpa batas, jadi kamu bisa melakukan penelusuran dan mengunduh selama berjam-jam tanpa terputus. ExpressVPN dapat membuka blokir banyak situs karena memiliki lebih dari 3.000 peladen berkecepatan tinggi di lebih dari 90 negara.

[Baca Juga: Murah! ini Paket Layanan dan Cara Pasang Internet PLN (Iconnet) ]

Akses banyak alamat IP memungkinkan layanan ini untuk bekerja tak terdeteksi bahkan oleh tindakan-tindakan anti VPN yang paling ketat sekalipun.

Manfaat keamanan penting lainnya yang disertakan pada berlangganan kamu mencakup tombol pemutus otomatis untuk mencegah kebocoran apabila terjadi putus koneksi tanpa sengaja serta kanalisasi terbagi yang memungkinkan kamu untuk memilih lalu lintas mana yang melewati VPN.

Dengan ExpressVPN, kamu dapat mengoneksikan hingga 5 perangkat secara simultan. Hal ini memberi kamu kebebasan untuk streaming di ponsel kamu saat kamu bekerja menggunakan komputer, sementara anggota keluarga lainnya melakukan hal-hal lain di perangkat mereka masing-masing.

 

VPN Gratis Terbaik, Koneksi Aman Browsing Nyaman 02-Finansialku

Pria Menggunakan VPN.Sumber: https://bit.ly/3pOESyp

 

#2 ProtonVPN – Data Tak Terbatas dan Peladen di Tiga Negara

ProtonVPN menawarkan versi gratis terbatas dari layanan premiumnya yang tangguh. Salah satu kelebihannya dibandingkan sebagian besar VPN gratis lainnya adalah layanan ini dilengkapi dengan data tak terbatas. Ini juga bebas iklan, yang merupakan tambahan yang sangat bagus.

Dengan paket gratis, kamu mendapatkan akses ke peladen-peladen hanya di Jepang, Belanda, dan AS.

Dengan semua pengguna gratis ProtonVPN terkoneksi ke satu dari tiga lokasi ini, peladen-peladennya seringkali kelebihan beban, dan kecepatan koneksi kamu pun jadi lambat.

Kamu perlu melakukan peningkatan ke paket berbayar untuk bisa streaming atau melakukan torrenting dengan ProtonVPN, tapi kamu masih bisa menggunakan lokasi-lokasi virtual gratis ini guna melewati penyensoran dan mengakses platform media sosial yang terkena block serta aplikasi perpesanan.

 

#3 Windscribe – Data Gratis 10 GB Tiap Bulan

Anggaran data yang besar dari Windscribe menjadikannya salah satu dari VPN gratis unggulan saya untuk Indonesia. Ini cukup untuk men-stream dalam definisi tinggi selama tiga jam lebih.

Kamu bisa mendapatkan tambahan 5 GB dengan men-tweet perusahaan ini. Kamu juga bisa “memenangkan” data gratis tambahan 1 GB setiap bulan dengan mereferensikan teman-temanmu.

[Baca Juga: Tencent Cloud Luncurkan Internet Data Center Pertama di Indonesia ]

Windscribe menyajikan keamanan paling mutakhir, dengan enkripsi AES terbaik dan dukungan untuk banyak protokol VPN.

Baik pengguna berbayar maupun pengguna gratis dapat mengakses semua fitur Windscribe, termasuk pemblokir iklan dan program jahat. Sangat jarang menemukan sebuah VPN gratis dengan fitur ini, jadi ini bonus besar.

 

#4 Hotspot Shield – VPN yang Ramah Torrent

Hotspot Shield menawarkan koneksi yang andal dan enkripsi tingkat militer untuk Indonesia. Aplikasi yang ramah pengguna ini menawarkan koneksi satu klik sehingga kamu dapat memulai tanpa kesulitan.

Versi gratis memiliki sejumlah batasan, yaitu masih mendukung sejumlah iklan dan memberi data hanya 500 MB per hari.

Meskipun terlalu kecil untuk mengunduh fail besar, namun kamu tidak akan mengalami masalah saat memeriksa surel atau melakukan penelusuran sosial media. Sayangnya, kamu tidak dapat menggunakan versi gratis untuk streaming.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

#5 hide.me — Kecepatan Tinggi dan Data Bulanan 10 GB Gratis

Hide.me menawarkan sebuah layanan yang benar-benar gratis. Kamu akan mendapatkan data gratis 10 GB setiap bulan dan semua manfaat dari aplikasi khusus hide.me yang ramah pengguna dan proteksinya yang kuat.

Fitur-fitur keamanan canggihnya mencakup enkripsi AES yang kuat, sebuah tombol yang dapat memutuskan otomatis, proteksi kebocoran, dan kebijakan tanpa log yang ketat.

Hide.me mendukung banyak protokol VPN sehingga kamu dapat mengoptimalkan koneksi dan memilih pengaturan yang terbaik untuk perangkat kamu. Dengan adanya protokol-protokol koneksi yang aman ini, kamu dapat terkoneksi ke jaringan-jaringan WiFi umum yang tidak aman tanpa khawatir ada yang mengawasi.

 

#6 TunnelBear – Jaringan Besar Peladen dan Tanpa Log

Jika kamu baru kenal VPN, versi gratisnya TunnelBear adalah cara yang hebat untuk memulai. Versi ini memiliki sebuah antarmuka ramah pengguna yang dilengkapi dengan sejumlah animasi beruang grizzly.

Tidak seperti kebanyakan VPN gratis lainnya yang membatasi kamu pada sedikit peladen, TunnelBear memungkinkan para pengguna gratisnya untuk terkoneksi ke banyak negara dan menikmati kecepatan koneksi yang layak.

[Baca Juga: Potensi Usaha Bisnis Internet Wifi yang Menggiurkan Keuntungannya ]

Sebuah akun gratis TunnelBear memberimu hanya data 500 MB setiap bulan, tapi kamu bisa men-tweet mereka untuk mendapatkan tambahan 1 GB. Ini cukup untuk men-streaming sekitar 30 menit, tapi kamu tidak akan mampu untuk mengunduh fail-fail besar atau menonton film apa pun.

 

#7 OperaVPN – VPN Dalam-Peramban untuk Penelusuran Anonim

Peramban web gratis Opera hadir dengan sebuah VPN bawaan yang menyembunyikan alamat lokal IP saat kamu melakukan penelusuran web. Kamu perlu mengaktifkan VPN di dalam pengaturan peramban ini.

Karena ini hanyalah sebuah ekstensi peramban, OperaVPN kamu tidak akan melindungi lalu lintas apa pun yang dikirimkan dari peramban atau aplikasi lainnya. Jadi meskipun aktivitas penelusuranmu aman, namun surel dan aplikasi perbankan kamu tidaklah terlindungi.

Sebagai tambahan pada layanan VPN gratisnya, peramban ini menyajikan sebuah pemblokir iklan bawaan dan proteksi program jahat. Saat kamu menggunakan peramban ini, fungsi VPN-nya menyembunyikan identitas kamu untuk penelusuran anonim – hal ini khususnya berguna pada jaringan-jaringan WiFi umum.

 

#8 Speedify – Kecepatan Tinggi Tanpa Iklan

Sebagaimana namanya, Speedify pun dirancang menggunakan sejumlah protokol VPN yang meningkatkan kecepatan koneksi. Teknologi Channel Bonding-nya memungkinkan kamu untuk menggunakan banyak jaringan internet sekaligus yang akan membagi lalu lintas web kamu serta mengurangi kemacetan sehingga kamu mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi.

Data gratis 2 GB per bulan terbilang cukup banyak bila kamu menginginkan proteksi VPN yang aman di saat kamu memeriksa secara cepat surel kamu atau memperbarui umpan FB. Namun, ini tidaklah cukup untuk streaming atau torrenting.

 

#9 Betternet VPN – Proteksi Lebih Baik untuk Jaringan WiFi yang Tak Aman

Meskipun 500 MB mungkin cukup untuk streaming kualitas rendah selama 30 menit, namun Betternet tidak memungkinkan kamu untuk melakukan streaming menggunakan akun gratisnya.

[Baca Juga: Cara Menggunakan VPN Tarumanagara Untuk Login KlikBCA ]

VPN ini menawarkan enkripsi tangguh, kecepatan yang bagus, dan kerahasiaan yang sempurna – tapi tidak ada ada tombol pemutus. Apabila koneksi ke peladen VPN ini gagal, lalu lintas kamu tidak akan diproteksi.

VPN gratis ini adalah pilihan yang bagus untuk melindungi dirimu dari mata-mata saat terkoneksi ke sebuah jaringan WiFi umum yang tidak aman, tapi sebaiknya mencari di tempat lain untuk anonimitas total.

Betternet mengumpulkan lebih banyak informasi pengguna daripada yang ideal untuk privasi, sebagian informasi tersebut mungkin dibagikan dengan para penyedia layanan pihak ketiga. kamu juga akan melihat banyak sekali iklan pada akun gratis.

 

#10 VPNBook – Data Tanpa Batas Pada OpenVPN

VPNBook menawarkan data gratis tak terbatas, enkripsi AES yang aman dan sebuah pilihan akan koneksi OpenVPN dan PPTP. Kamu bisa dari dari Indonesia tanpa khawatir terhadap mata-mata, tetapi VPNBook hanya memiliki peladen di AS, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, dan Polandia.

[Baca Juga: 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android ]

Perusahaan ini beroperasi dari Rumania yang ramah privasi dan tidak mengumpulkan catatan atau log aktivitas apa pun, tapi memang menyimpan sejumlah catatan koneksi selama satu minggu.

VPN ini masih mendukung iklan, jadi kamu akan melihat beberapa iklan saat menggunakan layanan ini.

 

Apa yang Tidak Diberitahukan oleh Para Penyedia VPN Gratis

VPN gratis sebenarnya tidak benar-benar gratis. Pada akhirnya kamu harus mengeluarkan sejumlah uang. VPN gratis membatasi dan lebar pita karena mereka ingin kamu melakukan peningkatan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas.

Banyak di antaranya yang bahkan menjual informasi tentang kamu untuk mendapatkan keuntungan yang di mana hal ini membuat kamu sangat tidak adil dan dalam posisi berbahaya karena mereka tidak transparan tentang kepada siapa informasi tersebut dijual.

VPN berbayar memberlakukan biaya berkelanjutan, tapi mereka juga menawarkan proteksi dan fitur yang jauh lebih baik. Ditambah, kamu bisa mendapatkan sebuah VPN berbayar secara gratis untuk waktu yang singkat dengan menggunakan jaminan uang kembali untuk mendapatkan pengembalian dana. Jadi, tetaplah bijak dalam memilih VPN gratis, ya.

 

Itu dia rekomendasi VPN gratis terbaik yang pastinya aman saat kamu gunakan. Adakah rekomendasi VPN gratis lainnya? Yuk, tulis di kolom komentar.

Bagikan pula informasi ini pada rekan-rekan lainnya agar bisa menggunakan fasilitas ini dengan aman dan nyaman. Terima kasih.

 

Editor: Julius Fallen

 

Sumber Referensi:

  • 29 April 2021. 10 VPN Gratis Terbaik (100% AMAN) untuk Indonesia di 2021. Id.vpnmentor.com – https://bit.ly/3w5S1W8
  • Yasin K. 20 November 2018. VPN Dasar: Apa itu VPN & Bagaimana Cara Kerjanya? co.id – https://bit.ly/3ghiHfW

 

Sumber Gambar: https://bit.ly/2SAKdwO