Akhir-akhir ini, penggunaan VPN atau Virtual Private Networks marak diperbincangkan karena diblokirnya sementara hampir seluruh media sosial di Indonesia oleh Menkominfo.

Ternyata, ketidaktahuan penggunaan VPN membuat kerugian bagi pengaksesnya karena data-data pribadi bisa diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Seperti apakah kinerja VPN itu? Kenali dampak penggunaan VPN dan bagaimana seharusnya menggunakan VPN agar data pribadi tetap aman? Simak pembahasannya berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penggunaan VPN Atau Virtual Private Network

VPN biasanya digunakan oleh orang yang cukup penting agar terhindar dari percobaan pencurian sehingga lokasi orang tersebut tidak diketahui.

Fitur VPN juga ditawarkan oleh beberapa Antivirus agar pengguna tidak dapat mengakses website yang berbahaya yang memungkinkan virus masuk ke perangkat, diantaranya seperti Malware, Spyware ataupun Adware yang bisa merugikan pengguna.

Jika kamu pergi ke Negeri Tirai Bambu – China, kamu tidak akan dapat mengakses media sosial-mu atau beberapa aplikasi secara normal di sana, bahkan terblokir.

Mengapa demikian?

Karena negara China memblokir setiap website yang dianggap merugikan pemerintah, seperti Gmail, Google, Facebook, Youtube dan berbagai media sosial serta aplikasi lainnya.

Namun, dengan VPN, pengguna dapat mengakses berbagai situs tersebut dengan cukup leluasa, tergantung dari jenis VPN yang digunakan tentunya.

Tidak hanya dalam hal-hal yang positif, tapi dalam penggunaannya, VPN juga tak jarang digunakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi kejahatannya seperti yang baru-baru ini terjadi.

Kenali Dampak Penggunaan VPN (Virtual Private Network) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya?]

 

Menurut informasi dari Tribunnews.com, setidaknya ada 7 warga yang mengalami kerugian jutaan Rupiah akibat penggunaan VPN dimana uang mereka di rekening ludes.

Tentunya ini dikarenakan ketidaktahuan dalam memilih jenis VPN yang digunakan.

Tribunnews mengungkapkan dalam salah satu artikel muatannya yang dilansir dari laman Lifehacker.co.uk, peneliti dari CSIRO, UC Barkeley, UNSW Sydney, dan UCSI, penggunaan VPN di smartphone dapat sangat berisiko.

Menurut penelitian terbaru dari Queen Mary University of London yang dilakukan oleh Gareth Tyson, VPN berpotensi membocorkan informasi lebih dari yang Anda pikirkan.

Dari 14 VPN terkenal yang ada di pasaran, penelitian tersebut menemukan ada 11 diantaranya yang berpotensi menimbulkan kebocoran informasi pribadi.

Oleh sebab itu, pengguna VPN perlu sadar betul bahwa data pribadi pengguna sudah tidak ‘pribadi’ lagi ketika menggunakan VPN.

Sebelum menggunakan VPN, lebih baik ketahui lebih dalam apa itu VPN, fungsi atau kegunaannya, jenis dari VPN dan juga dampak dari penggunaan VPN itu sendiri.

Kenali Dampak Penggunaan VPN (Virtual Private Network) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kinerja Saham 2018: IHSG Turun, Namun 27 Emiten Cetak Return >100% Dalam Setahun + 43 Perusahaan IPO Hasilkan Laba Positif]

 

Mau tahu cara melipatgandakan uangmu lewat investasi?

Tambah buku bacaanmu dan ketahui cara berinvestasi dengan mengunduh secara gratis Ebook Panduan Berinvestasi Bagi Pemula dari Finansialku.

 

Apa itu VPN & Apa Fungsinya?

Virtual Private Network atau yang biasa disebut VPN merupakan sebuah koneksi yang membuat para pengguna internet mendapat pengalaman berselancar di dunia internet dengan lebih aman, terhindar dari pengintaian dan lebih bebas untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengakses situs atau mengunduh data.

Selain itu, fungsi lain dari VPN adalah sebagai konektor yang digunakan untuk memberikan keamanan dan privasi tersendiri ke jaringan pribadi dan publik layaknya Hotspot WiFi dan internet.

Siapakah yang biasanya menggunakan fasilitas dari Virtual Private Networks atau VPN?

Virtual Private Networks atau VPN biasanya digunakan oleh perusahaan guna melindungi data mereka yang rahasia dan bersifat sensitif.

Penggunaan VPN menjadi pribadi menjadi marak karena ada banyak manfaat yang didapat, salah satunya adalah privasi keamanan yang ditingkatkan dengan Virtual Private Network karena alamat IP atau IP address pengguna diganti dengan salah satu dari penyedia VPN.

Dengan demikian, pengguna memperoleh alamat IP dari server yang telah tersedia di layanan VPN.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan alamat IP atau IP address internet di Bandung, maka kamu dapat menggunakan fasilitas VPN untuk menyembunyikan data-mu dengan mengubah informasi dengan menggunakan IP address yang disediakan oleh penyedia VPN, seperti Singapore, India, Amerika dan masih banyak lagi.

Bank-Fintech-P2P-Lending-Inklusi-Keuangan-4

[Baca Juga: Para HR: Literasi Keuangan di Tempat Kerja Menjadikan Karyawan Lebih PRODUKTIF dan SEHAT Secara Keuangan]

 

Menurut Jagad.id, secara umum fungsi dari Virtual Private Networks atau VPN adalah sebagai berikut:

 

#1 Menyembunyikan Alamat IP

Pengguna VPN dapat menyembunyikan alamat IP yang sebenarnya agar tidak diketahui oleh publik.

 

#2 Mengubah Alamat IP

Alamat IP asal akan berbeda, sesuai dengan server yang digunakan oleh pengguna VPN.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Enkripsikan Transfer Data

Dengan menggunakan Virtual Private Network atau VPN, pengguna dapat melindungi data yang ditransfer melalui WiFi publik.

 

#4 Menyembunyikan Lokasi Pengguna

Karena penggunaan VPN menggunakan server negara sesuai pilihan untuk koneksi internet, maka publik tidak akan mengetahui lokasi sebenarnya dari pengguna VPN yang bersangkutan.

 

#5 Mengakses Situs Web Yang Diblokir

Pengguna Virtual Private Network atau VPN dapat mengakses situs web yang telah diblokir oleh pemerintah Indonesia.

 

2 Jenis Virtual Private Network atau VPN

Menurut jenisnya, Virtual Private Network atau VPN memiliki 2 jenis, yaitu yang berbayar dan gratis. Tentu dari keduanya memiliki perbedaan yang perlu kita pertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut ini penjelasannya.

 

#1 Virtual Private Network Gratis

Sesuai namanya, jenis VPN yang satu ini tidak berbayar alias gratis. VPN dapat digunakan oleh publik tanpa perlu membayar biaya apapun.

Umumnya, VPN gratis dapat diakses selama masa tertentu sebagai masa trial atau percobaan oleh penggunanya, tapi setelah beberapa hari atau waktu yang ditentukan, pengguna biasanya diminta untuk melakukan upgrade dengan berlangganan dan membayar layanan fasilitas VPN bulanan untuk dapat menggunakan VPN lebih lanjut dengan fasilitas yang lebih dari sebelumnya.

VPN tanpa biaya ini biasanya, ditawarkan untuk pengguna VPN di smartphone karena penyedia layanan VPN akan mendapatkan uang dengan menampilkan iklan Admob pada aplikasi VPN android yang sedang digunakan.

Namun, tak jarang juga penyedia layanan VPN menawarkan fasilitas lebih jika pengguna meng-upgrade akun dengan membayar biaya layanan untuk mendapatkan fasilitas penggunaan internet yang lebih cepat dan tak terbatas.

Karena bersifat gratis maka biasanya VPN jenis ini memiliki kecepatan mengakses data yang tidak secepat VPN yang berbayar.

Kenali Dampak Penggunaan VPN (Virtual Private Network) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Sumber Daya Manusia Internasional dalam Perusahaan? Yuk Kenali Manajemennya!]

 

#2 Virtual Private Network Berbayar

Sesuai dengan kecepatannya, VPN berbayar disediakan menurut harganya. Semakin mahal, biasanya VPN, VPN memiliki kecepatan yang lebih baik dan juga keamanannya lebih baik.

Karena jenisnya yang berbayar, VPN ini memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan VPN gratis, dari sisi keamanan dan juga kecepatan dari mengakses data di internet.

VPN berbayar membuat penggunanya memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan pengguna VPN gratis, diantaranya terhindar dari virus yang terdapat pada website yang berbahaya bagi perangkat pengguna.

 

Cara Mengatur Aplikasi VPN di Android

Menggunakan dan mengakses internet dengan menggunakan aplikasi VPN ternyata tidaklah rumit.

Aplikasi VPN pada smartphone dan juga Personal Computer atau PC sangatlah mudah digunakan karena penyedia layanan memberikan kemudahan untuk menikmati fasilitas VPN dengan cara “One Click Connect” yaitu dengan memilih langsung server dan menekan tombol “Connect”.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Berikut ini panduan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi VPN:

  • Download Aplikasi VPN di Google Play Store.
  • Install Aplikasi VPN .
  • Buka Aplikasi jika sudah terunduh dengan sempurna.
  • Pilih server yang di inginkan, atau gunakan mode Automatic untuk mencari server secara otomatis.
  • Tekan tombol “Connect
  • Nikmati fasilitas berselancar internet.

 

Jadi, apakah kamu akan tetap menggunakan aplikasi VPN? Jenis yang mana yang akan kamu gunakan? Berikan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Tiara Shelavie. 24 Mei 2019. Penggunaan VPN untuk Akses Medsos Dianggap Berbahaya, Menkominfo Rudiantara Berikan Solusi Terbaik. Tribunnews.com – https://bit.ly/2ECNamC
  • Panji Baskhara. 26 Mei 2019. Gara-Gara Pakai VPN 7 Warga Kehilangan Uang di Rekening Jutaan Rupiah, Simak 5 Bahaya Penggunaan VPN. Tribunnews.com – https://bit.ly/2HCeJ12
  • Tech Hack 23 Mei 2019. 5 Cara Menggunakan VPN Terlengkap 2019 di Berbagai Platform (Android, iPhone & PC). Jalantikus.com – https://bit.ly/2QqVSsw
  • Sarjana Komputer. Pengertian VPN: Fungsi, Jenis Dan Cara Menggunakan di Android. Jagad.id – https://bit.ly/2wk2Jee

 

Sumber Gambar:

  • Penggunaan VPN 01 – https://bit.ly/2ww6OMs
  • Penggunaan VPN 02 – https://bit.ly/2HLu8fI
  • Penggunaan VPN 03 – https://bit.ly/2JNqIve