Bagaimana Mengatasi Sumber Daya Manusia Internasional dalam Perusahaan? Yuk Kenali Manajemennya!

Apakah perusahaan Anda merupakan perusahaan multinasional dengan sumber daya manusia internasional? Apa itu manajemen SDM Internasional?

Segera kenali manajemen sumber daya manusia internasional (MSDMI), agar perusahaan Anda tidak kehilangan sumber daya manusia berkualitas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Internasional

Di era modern seperti sekarang ini sudah banyak perusahaan yang melakukan kegiatan bisnisnya secara lebih global.

Proses produksi, distribusi, penjualan dan hal-hal yang berkaitan dengan proses bisnis diupayakan sedemikian rupa agar bisa terus bersaing di tengah era bisnis global modern.

Perkembangan global secara langsung dan tidak langsung memiliki pengaruh terhadap organisasi dan manusia di dalamnya. 

Tidak jarang perusahaan membutuhkan sumber daya internasional untuk kualitas dan kekayaan budayanya.

Perusahaan yang semakin variatif akan membutuhkan manajemen sumber daya manusia yang semakin kompleks untuk memenuhi kebutuhan perusahaan di negara yang berbeda-beda.

 

Oleh karena itu perusahaan akan mulai menerapkan manajemen sumber daya manusia internasional (MSDMI) untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat memberikan pelayanan terbaik di mana perusahaan akan beroperasi.

Pengelolaan sumber daya manusia secara manusia secara global memerlukan penanganan yang lebih kompleks bila dibandingkan dengan manajemen sumber daya manusia secara domestik.

Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional atau MSDMI ini adalah proses mempekerjakan, mengembangkan dan memberi penghargaan orang di dalam organisasi internasional atau global.

Hal ini melibatkan manajemen sumber daya manusia secara mendunia, tidak hanya manajemen sumber daya manusia mancanegara/ekspatriat saja.

Mengatasi Sumber Daya Manusia Internasional 02 MSDM 2 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Jenis-Jenis SDM Internasional

SDM internasional tentunya beragam, dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

 

#1 Ekspatriat

Ekspatriat adalah seorang karyawan yang bekerja dalam sebuah operasi, yang bukan merupakan warga yang berasal dari negara dimana operasi itu ditempatkan.

Tetapi karyawan tersebut merupakan seorang warga yang berasal dari negara dimana kantor pusat organisasi tersebut bertempat.

 

#2 Warga dari Tuan Rumah

Seorang warga negara tuan rumah adalah seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan dan ditempatkan pada sebuah operasi yang dijalankan di negara tertentu.  

Akan tetapi kantor pusat perusahaan tersebut berada di negara lain.

Tujuannya karena organisasi tersebut ingin memperlihatkan dengan jelas bahwa organisasi tersebut membuat satu komitmen dengan negara tuan rumah dan bukan hanya membuka sebuah operasi luar negara.

 

#3 Warga dari Negara Ketiga

Karyawan ini adalah seorang warga dari satu negara yang bekerja di negara kedua, dan dipekerjakan oleh sebuah organisasi yang berkantor pusat di negara ketiga.

 

Masalah SDM Internasional

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, sumber daya internasional jatuhnya lebih kompleks daripada sumber daya domestik. Dengan demikian, kadang kala muncul permasalahan sumber daya manusia dalam skala internasional.

Sebagai contohnya adalah dalam menanggulangi kelangkaan sumber daya manusia, pengunduran diri yang tidak diharapkan, atau permasalahan serikat buruh.

 

Untuk mengatasi permasalahan sumber daya manusia yang spesifik tersebut, maka muncul solusi jasa pengacara atau konsultan spesialis.

Memangnya apa saja masalah-masalah SDM internasional yang kerap muncul dalam organisasi/perusahaan? Berikut ini adalah beberapa kategori contohnya:

 

#1 Masalah Keragaman Gugus Kerja

Keragaman gugus kerja ini berlipat ganda jumlahnya dalam manajemen sumber daya manusia internasional. Hal ini dikarenakan semakin besar juga variasi yang timbul.

Kunci keberhasilan diperoleh dari seberapa baik kebijakan sumber daya manusia diintegrasikan dan diimplementasikan.

 

#2 Kesadaran Budaya

Perbedaan-perbedaan budaya antar aktivitas perusahaan internasional harus diperhatikan karena dapat menghambat keberhasilan mereka.

Oleh karena itu, harus dilakukan identifikasi berbagai solusi atas perbedaan budaya atau negara yang dapat menghambat strategi sebuah perusahaan.

Sebagai contoh, bagaimana mempertimbangkan perbedaan budaya antara manajer dari Amerika Serikat dan manajer dari Jepang, serta manajer-manajer yang berasal dari dunia ketiga.

Perbedaan budaya kedua negara maju diatas memerlukan kecermatan dalam mengelolanya.

Bagaimana Cara Merencanakan Sumber Daya Manusia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan]

 

#3 Asumsi

Manajer operasional dan profesional sumber daya manusia mendapatkan bahwa kewarganegaraan, training, dan pengalaman membawa mereka untuk membuat berbagai asumsi yang dilandaskan secara budaya.

Penggunaan poin rujukan budaya seseorang dalam menilai budaya orang lain dikenal sebagai etnosentrisme.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 Struktur Departemen

Saat timbul masalah manajemen sumber daya manusia internasional, maka hal ini akan menjadi bagian persoalan departemen itu. Dengan demikian, perekrutan, proses seleksi, kompensasi dan aktivitas-aktivitas tradisional lain terus berlanjut.

Tanggung jawab atas seluruh aktivitas ini bisa dipegang oleh kantor pusat atau desentralisasi kepada kantor-kantor divisional, regional nasional, atau berbasis fasilitas.

 

#5 Hak-Hak Tenaga Kerja

Hak-hak tenaga kerja merupakan faktor utama dalam praktik manajemen sumber daya manusia internasional.

Undang-undang merupakan peraturan di negara tempat para pegawai bekerja, dengan tidak mempedulikan asal perusahaan atau pegawainya.

Dari uraian di atas dapat digambarkan masalah utama sumber daya manusia dalam perusahaan, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Mengatasi Sumber Daya Manusia Internasional 03b Masalah MSDM - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda Apa itu Sistem Perencanaan Sumber Daya Manusia? Yuk Cari Tahu Sekarang!]

 

Adanya kecenderungan internasionalisasi sumber daya manusia merupakan suatu fenomena yang terjadi.

Bukti-bukti statistik telah menunjukkan adanya peningkatan produksi dan perdagangan dunia setidaknya dalam jangka waktu lima puluh tahun terakhir.

Selain itu, satu per tiga dari aset produktif sektor swasta dunia dimiliki perusahaan-perusahaan multinasional.

Pengaruh yang terlihat ditunjukkan oleh bukti bahwa terdapat peningkatan stock dari Foreign Direct Investment (FDI).

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Mulainya Internasionalisasi SDM

Setiap negara mulai mengarah kepada kajian tentang keuntungan kompetitif dari SDM internasional dan teori konsekuensi sosial dan ekonomi, dan pada akhirnya akan membahas sumber dari keuntungan kompetitif.

Saat ini hingga ke depannya nanti, perdagangan internasional akan semakin penting, sehingga secara tidak langsung memerlukan sumber daya manusia yang bermutu juga sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi dunia.

Selain itu, investasi perusahaan multinasional juga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi dunia, dimana lebih dari satu per tiga aset industri swasta berskala besar dimiliki perusahaan multinasional.

Konsekuensinya, organisasi yang dibangun hendaknya dapat menjawab kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan dunia dengan organisasi yang multinasional.

 

Jawabannya: Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional (MSDMI)

Sebenarnya apa Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional itu? Apa bedanya dengan Manajemen Sumber Daya Manusia Biasa?

Menurut Dowling Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional adalah penggunaan sumber daya internasional untuk mencapai tujuan organisasi tanpa memandang batasan geografis.

Bidang MSDM internasional dikarakteristikkan oleh 3 pendekatan, yaitu :

  1. MSDM internasional menekankan manajemen lintas budaya (cross-cultural management) yaitu melihat perilaku manusia dalam organisasi dari perspektif internasional.
  2. Dikembangkan dari hubungan industrial komparatif serta literatur-literatur MSDM dan berusaha untuk menggambarkan, membandingkan dan menganalisis sistem SDM di beberapa negara.
  3. Berusaha untuk memberikan fokus pada aspek MSDM di perusahaan-perusahaan multinasional.

 

Sedangkan Morgan mendefinisikan Manajemen SDM Global sebagai pengaruh yang mempengaruhi (interplay) diantara ketiga dimensi aktivitas-aktivitas SDM, tipe-tipe karyawan, dan negara-negara operasi.

Morgan menggambarkan MSDM Global dalam 3 dimensi yang meliputi:

  1. Aktivitas-aktivitas SDM yang luas meliputi pengadaan tenaga kerja, alokasi dan pemanfaatan (ketiga aktivitas luas ini dapat dengan mudah diperluas ke dalam enam aktivitas SDM).
  2. Kategori negara atau bangsa yang terlibat dalam aktivitas-aktivitas MSDM Internasional yakni:
  • Negara tuan rumah (host-country) dimana sebuah cabang dapat ditempatkan.
  • Negara asal (home-country) dimana perusahaan itu memiliki kantor pusat.
  • Negara-negara lain yang mungkin menjadi sumber tenaga kerja modal.
  1. Tiga kategori karyawan dalam perusahaan multinasional yaitu:
  • Karyawan Negara tuan rumah (host-country nationals/HCNs)
  • Karyawan Negara asal (parent-country nationals/PCNs)
  • Karyawan Negara ketiga (third-country nationals/TCNs)

 

Lantas perbedaan apakah yang mendasari MSDM dan MSDMI?

Menurut Schuler dan Jackson (1999), perbedaan antara MSDM dan MSDM Internasional adalah sebagai berikut ini:

Merumuskan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia 01 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

#1 Lebih Banyak Fungsi dan Kegiatan

Untuk dapat beroperasi di lingkungan internasional, departemen SDM harus melaksanakan sejumlah kegiatan yang mungkin tidak diperlukan dalam suatu lingkungan domestik, perpajakan internasional, relokasi dan orientasi internasional, pelayanan administratif untuk para ekspatriat, hubungan dengan negara tuan rumah, dan jasa penerjemah.

 

#2 Perspektif yang Lebih Luas

Para manajer domestik biasanya mengelola program-program untuk sekelompok pekerja satu bangsa yang ditanggung oleh kebijakan kompensasi yang seragam, dan yang membayar pajak kepada satu pemerintah.

Para manajer internasional menghadapi masalah dalam mendesain dan mengelola program-program untuk pekerja yang terdiri dari lebih dari satu kelompok bangsa, dan oleh karenanya mereka harus mempunyai pandangan global terhadap berbagai permasalahan.

 

#3 Lebih Terlibat dalam Kehidupan Pekerja

Tingkat keterlibatan yang lebih besar dalam kehidupan pribadi pekerja diperlukan dalam melakukan seleksi, pelatihan, dan manajemen yang efektif untuk para ekspatriat.

Departemen SDM Internasional perlu memastikan bahwa pekerja ekspatriatnya memahami pengaturan perumahan, perawatan kesehatan, dan semua aspek paket kompensasi yang disediakan untuk penugasan diluar negeri.

 

#4 Tingkat Risiko yang Lebih Besar

Konsekuensi kegagalan manusia dan finansial seringkali lebih besar di arena bisnis internasional daripada bisnis domestik.

Misalnya, kegagalan ekspatriat (kepulangan ekspatriat dari penugasan internasional sebelum waktunya) adalah masalah dengan biaya yang tinggi bagi perusahaan-perusahaan internasional.

Aspek lainnya yang dapat juga menimbulkan risiko adalah terorisme.

Perusahaan-perusahaan multinasional besar, sekarang ini harus mempertimbangkan elemen ini secara teratur saat merencanakan pertemuan-pertemuan dan penugasan-penugasan internasional.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#5 Pengaruh Eksternal

Adanya kekuatan-kekuatan lain yang mempunyai dampak dalam arena internasional adalah pemerintahan tuan rumah, kondisi ekonominya, dan praktik-praktik bisnis yang mungkin sangat berbeda dengan negara asal perusahaan.

7 Keuntungan Investasi Karyawan Milenial 05 Generasi Milenial 5 - Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Tahu: Tunjangan dan Kompensasi Kerja? Dan Bagaimana Cara Memanfaatkan dengan Benar?]

 

Kesimpulan

Pada pembahasan di atas Anda sudah mendapatkan informasi lengkap mengenai kebutuhan akan sumber daya manusia internasional.

Namun hal ini tentunya memunculkan kebutuhan akan manajemen sumber daya manusia internasional atau MSDMI.

Manajemen sumber daya manusia internasional (MSDMI) adalah penggunaan sumber daya manusia internasional untuk mencapai tujuan organisasi tanpa memandang batasan geografis.

MSDMI bertujuan agar perusahaan multinasional tetap dapat berjalan dan beroperasi maksimal di negara yang berbeda-beda dengan mengelola sumber daya manusia yang ada dan berbeda dengan MSDM pada umumnya.

 

Bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah mengerti mengenai apa itu manajemen sumber daya manusia internasional?

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai manajemen sumber daya manusia internasional  lainnya? Silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jimmy L. Gaol. 2014. A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Gramedia Widiasarna Indonesia
  • Abiyasa dan Adriel Jordan A. MSDM Internasional. Herususilofia.lecture.ub.ac.id – https://goo.gl/o1oQLY

 

Sumber Gambar:

  • MSDM 1 – https://goo.gl/K37Ezd
  • MSDM 2 – https://goo.gl/wAkDPV

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment