facebook_pixel

Sudahkah Anda Tahu: Tunjangan dan Kompensasi Kerja? Dan Bagaimana Cara Memanfaatkan dengan Benar?

Apa yang ada di dalam benak Anda ketika mendengar kata tunjangan dan kompensasi kerja? Apa sajakah tunjangan dan kompensasi kerja? Dan bagaimana cara mengelolanya dengan benar? Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kompensasi Kerja

Kompensasi adalah pengaturan pemberian balas jasa bagi karyawan, baik yang secara langsung berupa uang, maupun tidak langsung berupa balas jasa non financial. R.W. Graffin menggunakan istilah sistem kompensasi, yaitu paket imbalan total yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas tenaga mereka. Dengan demikian, kompensasi berfungsi untuk mendayagunakan karyawan secara efektif guna mendorong peningkatan produktivitas kerja.

Sudahkah Anda Tahu Tunjangan dan Kompensasi Kerja Dan Bagaimana Cara Memanfaatkan dengan Benar 02 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Berdasarkan langsung atau tidaknya pembayaran kompensasi, kompensasi kerja dibagi menjadi 2, antara lain:

  1. Kompensasi Pembayaran Langsung. Contohnya Gaji, upah, insentif, bonus, komisi, tunjangan tunai, tunjangan tahunan, tunjangan transportasi, premi manajemen dan bentuk tunjangan tunai lainnya.
  2. Kompensasi Tidak Langsung. Contohnya Tunjangan Askes, Tunjangan Pensiun, Tunjangan Perumahan, Tunjangan Hari Tua, serta berbagai bentuk pelayanan dari perusahaan terhadap karyawannya.

 

4 Jenis Kompensasi Kerja

Berdasarkan cara perhitungannya, kompensasi kerja terdiri dari:

  • Kompensasi Prestasi Kerja. Kompensasi prestasi kerja adalah gaji atau upah yang diberikan berdasarkan prestasi kerja yang dihasilkan karyawan terhadap perusahaan, dengan catatan hasil kerja tersebut dapat diukur secara kuantitatif.
  • Kompensasi Berdasarkan Lama Bekerja. Kompensasi berdasarkan lama bekerja adalah gaji atau upah yang diberikan berdasarkan lamanya karyawan menyelesaikan suatu pekerjaan.
  • Kompensasi Berdasarkan Senioritas. Kompensasi berdasarkan senioritas adalah gaji atau upah yang dibayarkan berdasarkan masa kerja dan loyalitas karyawan terhadap organisasi atau perusahaan.
  • Kompensasi Berdasarkan Kebutuhan. Kompensasi berdasarkan kebutuhan adalah gaji atau upah yang diberikan sesuai dengan kebutuhan hidup layak dari karyawan.

 

Upah dan gaji disini mempunyai pengertian yang berbeda. Upah adalah kompensasi dalam bentuk uang yang dibayarkan berdasarkan jumlah waktu yang digunakan untuk bekerja, sedangkan gaji adalah kompensasi dalam bentuk uang yang dibayar karena melaksanakan tanggung jawab pekerjaan.

 

Upah = Jumlah waktu kerja. Gaji = Tanggung jawab kerja Click to Tweet

 

7 Contoh Program Insentif

Program insentif adalah program kompensasi khusus yang dirancang untuk memotivasi kinerja karyawan. Ada 7 jenis program insentif, yaitu:

  1. Insentif Karyawan Perorangan. Perusahaan memberikan pendapatan lebih di atas gaji pokok kepada karyawan yang memenuhi standar kinerja perorangan.
  2. Insentif Kelompok. Perusahaan memberikan bayaran kepada semua anggota kelompok yang secara kolektif memenuhi standar kinerja kelompok.
  3. Pembagian Keuntungan. Perusahaan memberikan sebagian keuntungan selama periode tertentu kepada semua atau sebagian besar karyawan.
  4. Insentif Karyawan Bagian Penjualan. Insentif penjualan adalah insentif yang diberikan kepada karyawan yang melaksanakan tugas penjualan.
  5. Insentif Para Manager atau Eksekutif. Insentif yang diberikan kepada para manager atau eksekutif yang memenuhi atau melebihi target atau sering disebut bonus.
  6. Rencana Bagi Laba. Rencana bagi laba merupakan rencana insentif untuk mendistribusikan bonus kepada karyawan ketika laba perusahaan naik diatas level
  7. Pay for Knowledge Plans. Insentif ini adalah rencana insentif untuk mendorong karyawan mempelajari keterampilan baru atau menjadi terampil pada pekerjaan lain.

 

4 Contoh Program Tunjangan

Menurut Susilo Martoyo, salah seorang ahli manajemen personalia, kompensasi pelengkap (fringe benefit) atau tunjangan merupakan salah satu bentuk pemberian kompensasi berupa penyediaan paket benefit dan program-program pelayanan karyawan, dengan maksud pokok untuk mempertahankan keberadaan karyawan sebagai anggota organisasi dalam jangka panjang.

HR Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Menurut Flippo, salah satu bentuk kompensasi tambahan adalah berupa tunjangan yang bertujuan untuk membuat karyawan mengabdikan hidupnya pada organisasi dalam jangka panjang. Sedangkan menurut George Strauss dan Leonard R. Sayles:

Fringe benefit are compensation other than wages or salaries.

 

Secara umum, tunjangan adalah setiap tambahan benefit yang ditawarkan pada pekerja, misalnya pemakaian kendaraan perusahaan, makan siang gratis, bunga pinjaman rendah atau tanpa bunga, jasa kesehatan, bantuan liburan, dan skema pembelian saham.

 

Studi Kasus Contoh Tunjangan PNS

Berikut ini adalah beberapa contoh tunjangan yang secara umum diberikan kepada PNS:

 

#1 Tunjangan Beras

Tunjangan beras adalah tunjangan yang diberikan dalam bentuk uang sebagai ganti uang untuk pembelian beras (makanan pokok). Tunjangan ini diberikan kepada PNS dan Pensiunan PNS.

 

#2 Tunjangan Umum

Tunjangan umum adalah tunjangan yang khusus diberikan bagi Pegawai Negeri Sipil yang tidak menduduki jabatan struktural maupun fungsional. Ketentuan tentang tunjangan ini diatur dengan Peraturan Presiden nomor 12 Tahun 2006.

 

#3 Tunjangan Anak dan Istri

Kepada PNS yang telah menikah dan mempunyai anak akan mendapatkan tambahan tunjangan lagi berupa tunjangan istri dan tunjangan anak sebagaimana disebutkan dalam Pasal I PP nomor 7 Tahun 1977.

Tunjangan anak juga berlaku untuk anak angkat. Anak atau anak angkat yang berumur kurang dari 21 (dua puluh satu) tahun, belum pernah menikah, tidak berpenghasilan, dan secara nyata menjadi tanggungan PNS akan diberikan tunjangan anak.

 

#4 Tunjangan Jabatan

Jika PNS yang tidak menduduki jabatan struktural maupun fungsional mendapatkan tunjangan umum, maka bagi PNS yang mempunyai jabatan di struktural atau fungsional mendapatkan tunjangan yang disebut tunjangan jabatan.

 

#5 Tunjangan Kinerja

Tunjangan kinerja diberikan dalam jumlah berbeda-beda untuk setiap unit kementerian maupun non kementerian. Bahkan ada sebagian kementerian yang belum mendapatkan tunjangan ini. Pemberian tunjangan sebagai remunerasi atas reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan oleh unit tersebut.

Para Karyawan, Kenali Kontrak Kerja, PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) dan Outsourcing 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Kenali: Kontrak Kerja, PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) dan Outsourcing]

 

Contoh Program Tunjangan

Selain contoh tunjangan untuk PNS, contoh program tunjangan yang secara umum diberikan kepada karyawan antara lain:

  • Tunjangan Asuransi Kesehatan (Askes)
  • Tunjangan Pensiun
  • Tunjangan Tahunan
  • Tunjangan Transportasi
  • Tunjangan Hari Raya, dan tunjangan lainnya.

 

Tunjangan yang Dijadikan Dasar untuk Pesangon

Tunjangan yang dijadikan dasar untuk pesangon dapat kita jumpai pengaturannya dalam Pasal 88 ayat (3) Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UUK”).

Komponen uang pesangon diatur dalam Pasal 157 ayat (1) UUK yang berbunyi: “Komponen upah yang digunakan sebagai dasar perhitungan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang pengganti hak yang seharusnya diterima yang tertunda, terdiri atas:

  1. upah pokok;
  2. segala macam bentuk tunjangan yang bersifat tetap yang diberikan kepada pekerja/buruh dan keluarganya, termasuk harga pembelian dari catu yang diberikan kepada pekerja/buruh secara cuma-cuma, yang apabila catu harus dibayar pekerja/buruh dengan subsidi, maka sebagai upah dianggap selisih antara harga pembelian dengan harga yang harus dibayar oleh pekerja/buruh.”

 

Cara Memanfaatkan Tunjangan

Setelah kita mengerti tentang jenis-jenis tunjangan, hal selanjutnya yang sangat penting adalah bagaimana cara kita memanfaatkannya. Sebagai contoh, apabila kita mendapatkan tunjangan kendaraan, maka kita dapat menghemat uang transportasi sehari-hari, sehingga kita dapat memprioritaskan menabung lebih besar.

Contoh lainnya adalah apabila kita mendapatkan tunjangan tahunan atau tunjangan hari raya. Kebanyakan orang akan menggunakannya untuk kebutuhan yang konsumtif, tetapi kita dapat menggunakannya untuk berinvestasi demi mencapai tujuan keuangan kita.

HR Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda]

 

Apabila ada perusahaan yang memberikan tunjangan kredit, kita juga dapat memanfaatkannya dengan baik sesuai dengan kemampuan kita. Ingat, jika kita ingin berhutang atau mengambil kredit, pastikan bahwa kita menggunakannya untuk kredit konsumtif dan kita mampu untuk membayar cicilannya. Jika tidak, lebih baik jangan berhutang.

Tunjangan hari tua atau pensiun adalah salah satu tunjangan yang dapat kita manfaatkan secara optimal untuk perencanaan dana hari tua kita. Kita dapat memasukannya sebagai tambahan ke dalam perhitungan dana hari tua yang dibutuhkan, sehingga kita hanya perlu untuk memprioritaskan sisanya. Dan tunjangan-tunjangan lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi tujuan keuangan kita. Semoga pengetahuan tentang kompensasi dan tunjangan ini membantu Anda untuk mengelola keuangan Anda dengan lebih baik.

 

Mengelola Kompensasi dan Memanfaatkan Tunjangan Dengan Baik dan Benar

Baik kompensasi maupun tunjangan yang Anda terima perlulah agar Anda mengelola dan memanfaatkan dengan baik dan benar. Pengaturan keuangan yang sehat akan menetukan masa depan yang lebih baik.

 

Apakah Anda mengelola kompensasi dan memanfaatkan tunjangan Anda dengan baik dan benar sehingga memberikan hasil yang optimal? Berikan pendapat Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Lia Adhitya. 24 November 2009. Kompensasi dan Tunjangan Kerja Karyawan. https://goo.gl/gGn2Dy
  • Arton Lapans. Juni 2016. Pengertian dan Jenis Tunjangan Menurut Para Ahli. Gomarketingstrategic.com – https://goo.gl/4uakgQ
  • Wikipns. 21 April 2015. Macam-Macam Tunjangan PNS. Wikipns.com – https://goo.gl/GQrbFU
  • Tri Jata Ayu Pramesti, S.H. 5 Juni 2013. Jenis-Jenis Tunjangan yang Jadi Dasar Perhitungan Uang Pesangon. Hukumonline.com – https://goo.gl/Ra94DH

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kaya – https://goo.gl/b8jsZt
  • Tunjangan dan Kompensasi – https://goo.gl/ocEw2A

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-17T10:07:56+00:00 July 17th, 2017|Categories: Karir, Pendapatan|Tags: , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download