Entrepreneur atau wirausaha adalah istilah yang sering muncul. Banyak orang ingin menjadi wirausahawan untuk mendapat keuntungan. Lalu, apa sebenarnya wirausaha itu?

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak ulasan berikut sampai habis!

 

Summary:

  • Kegiatan niaga maupun membangun sebuah bisnis bisa berjalan sukses apabila seseorang memiliki karakteristik yang kuat.
  • Dengan adanya wirausaha masyarakat ikut merasakan manfaatnya, khususnya dalam keterbukaan terhadap kesempatan kerja.

 

Sukses dengan Berwirausaha

Wirausaha adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapat keuntungan. Mereka yang membuat usaha bisa jadi sudah lelah dengan pekerjaan terikat atau justru lelah lantaran belum mendapat pekerjaan.

Di lapangan, wirausaha adalah aktivitas yang membantu menggerakkan perekonomian. Sebab, wirausahawan memiliki inovasi, kepekaan, dan transformasi. 

Dalam perkembangan ekonomi, kegiatan wirausaha juga membuka lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan nasional.

Menjadi wirausahawan mengharuskan seseorang untuk ulet dalam bekerja. Sebab, sektor ini selalu memiliki tantangan yang tidak terduga.

Nah, untuk lebih memahami persoalan tentang wirausaha, silakan simak artikel berikut sampai habis, ya.

 

Definisi Wirausaha

Dalam ekonomi, pengertian wirausaha adalah pihak-pihak yang melakukan kegiatan usaha dengan cara memproduksi produk, proses produksi, manajemen, pemasaran, serta pengelolaan sumber daya yang baru. 

Secara bahasa, istilah ini berasal dari kata wira yang berarti pahlawan, moral, berani, atau akhlak mulia, dan usaha yang berarti praktik.

Dengan kata lain, kegiatan niaga di dalamnya bertujuan untuk mengelola sumber daya dalam rangka memproduksi produk baru. 

Pelaku wirausahanya sendiri adalah wirausahawan, yang bertanggung jawab dalam seluruh proses di dalam bisnis. Mereka harus memiliki kepekaan pasar agar dapat mengembangkan bisnisnya.

[Baca Juga: Catat! Cara Buat Kartu Nama Bisnis & Contohnya yang Menarik]

 

Arti Wirausaha Menurut Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang pengertian wirausaha, beberapa di antaranya adalah:

 

#1 Altimese Nichole

Menurutnya wirausaha adalah komitmen yang dibangun di luar kesenangan pribadi seseorang. Mereka melakukan langkah terukur yang mungkin tidak disukai, tapi harus dilakukan karena memiliki prospek bagus.

 

#2 CEO Neuro Flow

Selajutnya Neuro Flow mengungkapkan, wirausaha adalah orang yang bersedia membuat inovasi, kerja keras, serta pengorbanan dengan memanfaatkan sesuatu yang dimiliki. 

Hal tersebut dilakukan karena hanya diri sendiri yang bisa menyelesaikan masalah.

 

#3 Stevenson

Menurut Stevenson, arti wirausaha adalah kemauan mengejar kesempatan tanpa memerhatikan sumber daya yang dimiliki. Maksudnya, selama ada peluang, maka seseorang harus mengejarnya.

 

#4 Richard Cantillon

Sementara Cantillon merumuskan arti wirausaha sebagai wiraswasta. Maksudnya seorang pebisnis membeli produk di masa kini untuk dijual kembali dengan harga yang tidak pasti.

 

#5 Harvey Leibenstein

Leibenstein mengatakan bahwa maksud wirausaha adalah setiap aktivitas yang dilakukan untuk menjalankan sebuah usaha ketika pasar tidak memiliki ketentuan yang terstandar.

 

Manfaat Penting dari Wirausaha

Kegiatan niaga ini punya dampak bagi masyarakat yang cukup signifikan. Manfaatnya bukan hanya menyediakan barang untuk memenuhi kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat wirausaha berikut ini: 

 

#1 Membuka Kesempatan Kerja

Manfaat pertama adalah membuka kesempatan kerja. Ketika sebuah bisnis muncul, mereka akan membutuhkan tenaga kerja. 

Perusahaan yang baik akan memberdayakan masyarakat sekitar untuk menjadi pekerja.

 

#2 Membantu Meningkatkan Ekonomi

Kesempatan kerja yang meluas akan membantu perekonomian orang di wilayah bisnis. Usaha lain di lokasi yang sama juga ikut meningkat karena daya beli masyarakat naik. 

Misal, pedagang makanan menjadi lebih laris karena ada tempat produksi sepatu di dekatnya.

 

#3 Membuat Perubahan

Wirausaha adalah kegiatan yang berpotensi menghasilkan perubahan. Perubahan yang muncul pun beragam, mulai dari ekonomi, politik, dan sosial.

[Baca Juga: Mengenal Proses Bisnis: Jenis, Manfaat, hingga Tahapannya]

 

Alasan Seseorang Berwirausaha

Berwirausaha adalah hal yang diinginkan sebagian orang. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang menjadi wirausaha, antara lain:

  1. Merasa tidak cocok dengan pengaplikasian kreativitas dengan perusahaan.
  1. Ingin gaya  hidup yang lebih bebas, tidak terpaku dengan jam kerja.
  1. Tertantang dengan hal baru.
  1. Memiliki ide di luar hal-hal umum yang diketahui banyak orang.
  1. Menginginkan kerja nyata.
  1. Ingin mengubah dunia dengan tangan sendiri.
  1. Ingin mengejar kesempatan.
  1. Ingin bebas dari campur tangan atau kontrol pihak lain.
  1. Ingin mendapat keuntungan dan aset banyak.

 [Baca Juga: 10 Ide Bisnis yang Menguntungkan Menjelang Hari Raya Imlek 2023]

 

Karakteristik Seorang Wirausahawan

Seorang wirausahawan harus memiliki karakteristik tertentu untuk meningkatkan usahanya. Karakteristik-karakteristik berikut inilah yang akan membantunya menjadi sukses, di antaranya:

 

#1 Disiplin

Wirausaha adalah kegiatan serius. Karenanya, seorang yang menjalankannya perlu memiliki sikap disiplinSikap ini membantu seseorang konsisten dan termotivasi menyelesaikan tugasnya. 

Meski terdengar sederhana, menanamkan sikap disiplin cukup sulit. Mereka harus praktik berkala agar terbiasa.

 

#2 Kreatif dan Inovatif

Sikap kreatif dan inovatif dalam kegiatan niaga adalah hal penting. Sebab, kedua sikap ini orang butuhkan untuk melahirkan inovasi baru. 

Sikap ini bisa kamu bentuk dengan kebiasaan menonton, mempelajari, dan membaca potensi produk.

 

#3 Jujur

Jujur adalah karakteristik yang penting. Kejujuran merupakan sikap dasar yang perlu orang miliki untuk membangun kepercayaan. Jika petinggi perusahaan jujur, karyawan juga akan jujur.

 

#4 Mandiri

Sikap mandiri sangat perlu untuk menghadapi masalah yang timbul dalam usaha. Kemandirian akan membuat seseorang percaya diri mengambil keputusan terkait bisnisnya. 

Namun yang perlu kamu ingat, mandiri ini bukan berarti enggan mendengarkan mendengar masukan orang lain, ya.

 

#5 Realistis

Realistis juga sangat perlu wirausahawan miliki agar dapat melihat semua potensi, tantangan, dan kendala usaha dengan cemerlang. 

Dari sana, kita bisa mengambil keputusan yang tepat. Orang yang realistis mampu melihat masa depan dengan baik sesuai kenyataan masa kini.

 

#6 Berkomitmen

Jika kamu ingin membangun usaha dari nol, maka memiliki komitmen yang kuat adalah kewajiban. 

Seperti yang kita tahu, kegiatan niaga adalah usaha panjang yang membutuhkan semangat tinggi, keseriusan, dan fokus terus-menerus.

Jika pelaku usaha kehilangan komitmen, dampaknya akan terasa di usahanya. Misal, perusahaan tidak berkembang, pasar yang stuck, dan sebagainya.

 

#7 Punya Keterampilan

Pengusaha harus memiliki keterampilan yang bermanfaat untuk membangun bisnis. Keterampilan personal akan membantu mereka meningkatkan perusahaan.

Keterampilan yang sebaiknya dimiliki adalah kemampuan motorik, memimpin, rasa percaya diri, berkomunikasi dengan baik, berinovasi, dan sebagainya. 

 

#8 Berpikir Positif

Pengusaha rawan dengan tekanan psikis. Oleh karena itu, mereka perlu menanamkan pikiran positif agar tidak terlalu terbebani dengan masalah di industri. 

Perasaan positif akan meminimalisasi risiko depresi dan gangguan lain.

[Baca Juga: Simak 40+ Motivasi Bisnis Islami Ini! Bikin Tambah Semangat]

 

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Wirausaha adalah istilah yang sering orang anggap sama dengan wiraswasta. Padahal, keduanya berbeda. Beberapa perbedaannya adalah sebagai berikut:

wirausaha_perbedaan-dengan-wiraswasta-_1_

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

 

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Berwirausaha

Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan wirausaha:

  1. Pengembangan karakteristik. Seorang wirausahawan harus meningkatkan karakter dan perspektifnya tentang dunia bisnis. Jika hal ini diabaikan, mereka bisa gagal.
  1. Fokus. Mereka harus bisa mengesampingkan distraksi yang timbul untuk membangun bisnis.
  1. Berdedikasi. Dedikasi dibutuhkan untuk mewujudkan bisnis yang berkembang. Pengusaha bisa mengembangkan usaha jika poin ini dimiliki/
  1. Eksekusi. Setelah memiliki perencanaan matang, seseorang harus mengeksekusi. Ide yang diendapkan akan usang.

 

Yuk, Mulai Berwirausaha!

Wirausaha adalah bentuk kesiapan mengelola sumber daya untuk menghasilkan produk baru. Para pelakunya membantu perputaran ekonomi di suatu wilayah. Juga sebaliknya, membantu pengusaha mencapai hal-hal yang ia inginkan.

Sebelum menjadi pengusaha, tentu saja penting bagi kita untuk memahami cara mengelola keuangan bisnis dan pribadi supaya operasional berjalan lancar dan cash flow keuangan pun tetap aman. 

Untuk membantu kamu dalam praktiknya, Finansialku punya ebook gratis Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnisyang bisa menambah referensi dan wawasan seputar keuangan.

Jika kamu merasa perlu bantuan dalam menyusun strategi perencanaan keuangan yang tepat, langsung saja hubungi Perencana Keuangan Finansialku dengan cara klik banner di bawah ini.

Banner Konsultasi WA - TM Big

 

Itulah pembahasan seputar wirausaha yang bisa menjadi input untuk Sobat Finansialku jika tertarik terjun di bidang ini.

Yuk share informasinya ke grup chat! Siapa tahu kamu ingin bisnis bersama. Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa 

Sumber Referensi: 

  • Admin. 24 November 2021. Wirausaha adalah? Simak Pengertiannya di Sini. Daya.id – https://bit.ly/3QMCmWR
  • Admin. Wirausaha Adalah: Ini Pengertian, Karakteristik, dan Ciri-ciri Seorang Wirausahawan. Bisniz.id – https://bit.ly/3whgA45
  • Akidna Rahma. 26 Juli 2022. Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis. Majoo.id – https://bit.ly/3XnYclR
  • Algonz DB Raharja. 22 Februari 2022. Wirausaha Adalah: Pengertian, Bedanya dengan Wiraswasta, dan Faktor Keberhasilannya. Ekrut.com – https://bit.ly/3GUtF8t
  • Pandu. Pengertian Wirausaha, Karakteristik, dan Cara Menjadi Wirausaha! Gramedia.com – https://bit.ly/3iRWYQT