Sumatera Selatan kini menjelma menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Lantas, apa saja destinasi wisata terbaik di sana?

Artikel berikut akan menyajikan informasi lengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pesona Bumi Sriwijaya

Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Tak hanya kaya akan kuliner, daerah ini juga punya sederet tempat wisata favorit yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa bangunan bahkan sangat ikonik dan terkenal ke seluruh penjuru Indonesia. Kendati berada di bagian barat, rasanya kamu yang berada di Indonesia tengah atau timur juga perlu datang ke sini untuk menikmati pesonanya.

Akses ke Sumatra Selatan saat ini sangat mudah berkat hadirnya tol Trans Sumatera. Dengan begitu kamu tidak akan kelelahan di jalan.

 

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata ke Sumatera Selatan

Sumatera Selatan lekat dengan Kota Palembang serta penganan pempek kapal selam. Tak mengherankan, dua hal tersebut memang ikon utama provinsi dengan sungai terpanjang di Indonesia ini.

Selama ini, Sumatera Selatan juga dikenal dengan keberadaan Jembatan Ampera. Padahal, banyak destinasi lain yang menawarkan keindahan yang tak kalah dengan jembatan tersebut.

Berikut ini lima tempat yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Sumatera Selatan:

 

#1 Gunung Dempo

Sama halnya dengan warga Jakarta, warga Palembang juga merasakan kepenatan tinggal di perkotaan. Salah satu destinasi favorit yang sedang happening di kota itu adalah Gunung Dempo.

5 Tempat ini WAJIB Kamu Kunjungi Kalau Wisata ke Sumatera Selatan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kawah Ijen: Challenging Yet Exciting Hike to Ijen Blue Fire]

 

Tempat ini berada di ketinggian 3.159 mdpl dan menjanjikan pemandangan indah dengan panorama utama kebun teh berhektar-hektar. Selain itu, tempat ini memiliki hawa sejuk yang mustahil didapat di perkotaan.

Menariknya, kawah Gunung Dempo bisa berubah warna, mulai dari putih, biru, bahkan hijau.

 

#2 Air Terjun

Sumatera Selatan memiliki beberapa air terjun yang memukau. Berikut ini air terjun paling indah di Bumi Sriwijaya:

 

#1 Air Terjun Bidadari

Air terjun ini berada di kawasan Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Kendati berjarak 231 km dari Kota Palembang, kamu tidak akan menyesal berkunjung ke tempat ini. Begitu masuk area air terjun, kamu akan disambut deburan air terjun nan cantik dengan kolam di bawahnya.

 

#2 Air Terjun Curup Tujuh Kenangan

ATCTK adalah air terjun paling terkenal di Pagaralam. Dengan akses yang mudah, objek wisata ini menarik banyak turis untuk mengunjunginya.

Terdapat beberapa penunjuk jalan untuk memudahkan wisatawan. Setelah itu, kamu akan menemukan area parkir kendaraan. Selanjutnya, kamu perlu berjalan kaki sejauh 500 meter untuk sampai ke lokasi.

5 Tempat ini WAJIB Kamu Kunjungi Kalau Wisata ke Sumatera Selatan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menjadi Kpopers Band Sejati Tidak Mudah, Harus Bisa 7 Hal Ini]

 

#3 Benteng Kuto Sesak

Nggak ada salahnya kan berwisata di tempat bersejarah? Jika kamu hobi dengan tipe wisata seperti ini, maka Benteng Kuto Sesak wajib ada di list-mu.

Bangunan ini difungsikan sebagai keraton pada abad ke-18. Keraton ini diinisiasi oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah antara tahun 1776-1803.

Benteng ini berada di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang. Bangunan ini terbuat dari batu dengan tinggi 10 meter. Benteng Kuto Sesak berada di jantung Kota Palembang.

Jika beruntung, kamu akan mendapati gelaran acara maupun festival dengan panggung yang memberikan pemandangan Musi dan Ampera.

 

#4 Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi atau 6 Km dari Jembatan Ampera. Uniknya, di tengah pulau terdapat Vihara yang rutin dikunjungi umat Buddha.

Bukan hanya menarik dari sisi kultural, pulau ini juga memiliki mitos kuat yang patut ditelusuri. Berani mencoba?

 

#5 Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu terletak di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Muara Enim, dan merupakan warisan budaya Hindu Shiwa di Sumatera Selatan.

Para arkeolog mengatakan bahwa candi ini adalah kompleks candi Hindu terbesar di luar Jawa. Penemuan tersebut juga menyimpulkan bahwa candi ini adalah replika Prambanan.

5 Tempat ini WAJIB Kamu Kunjungi Kalau Wisata ke Sumatera Selatan! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Vape Lebih Aman? Cek 5 Fakta Vape yang HARUS Kamu Tahu!]

 

Jelajahi Pesona Indonesia

Untuk berlibur, saat ini rasanya tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Sebab, destinasi wisata domestik pun menjanjikan pengalaman yang luar biasa.

Sumatera Selatan memiliki banyak sisi yang belum banyak diketahui orang, termasuk sektor wisatanya. Dengan sedikit usaha untuk mencari tahu, maka kamu akan menemukan tempat-tempat baru yang luar biasa.

Ayo rencanakan liburanmu ke tempat ini dan jangan lupa untuk merencanakan keuangannya pula. Untuk membantu mencatat keuanganmu, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku yang bisa kamu download gratis di Googleplay dan Appstore. Selamat berlibur!

 

Itu dia 5 tempat yang menjadi rekomendasi berkunjung ke Sumatera Selatan. Tertarik mengunjunginya? Ajak temanmu untuk berlibur dan jangan lupa share artikel ini sebagai panduanmu. Terima kasih.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi di Sumatera Selatan. Ksmtour.com – https://bit.ly/3ahjlVR
  • Fajri Arfi. Agustus 2015. 12 Tempat Wisata di Sumatera Selatan Favorit Wisatawan. Azwisata.com – https://bit.ly/32Gp4SQ
  • Hanif Abdul Hakim. 5 Destinasi Wisata Alam Sekitar Palembang yang Wajib Dikunjungi. Phinemo.com – https://bit.ly/2VAwxkQ
  • Marisca Tracy. 27 September 2016. 15 Tempat Wisata di Palembang yang Harus Dikunjungi! Pegipegi.com – https://bit.ly/2TpGlLL

 

Sumber Gambar:

  • Sumatera Selatan 1 – http://bit.ly/2InMS4e
  • Sumatera Selatan 2 –¬†http://bit.ly/2IrempG
  • Sumatera Selatan 3 – http://bit.ly/3cDjUv5