Waduh, WFH diperpanjang gimana nasib kantong nih? Eh, jangan salah, harusnya work from home bisa bikin irit lho! Ini buktinya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Work From Home Bisa Bikin Irit

Memiliki privilege untuk bisa work from home (kerja di rumah) karena wabah Virus Corona atau Covid-19 ini tentunya memiliki untung dan rugi. Tak perlu pusingkan ruginya, yuk kita bahas dari sisi untungnya work from home.

Kalau kamu udah baca artikel Finansialku berikut:

Jangan Mengeluh! Ini yang Harus Disyukuri dari Work From Home!

Atau

5 Hal yang Bisa Dilakukan Supaya Work From Home Efektif

 

Mungkin kamu sudah tahu apa saja keuntungannya. Selain untuk terhindari dari penyebaran virus, salah satu yang seharusnya menjadi keuntungan terbesar adalah berkurangnya pengeluaran.

Tidak ada uang transport, tidak perlu membeli makan siang, absen patungan beli kue bolu untuk rekan kantor yang berulang tahun, bisa skip makan atau nongkrong bareng, dan sebagainya.

Selain pengeluaran berkurang, work from home juga seharusnya bisa membuat waktu kamu lebih fleksibel. Bekerja tidak perlu dimulai pada satu aturan waktu yang ketat.

Bahkan kamu bisa rebahan di sela-sela mengerjakan pekerjaanmu. Eh, tapi jangan kelamaan ya.

Akses hiburan yang semakin mudah dan daya tarik nempel di kasur yang sangat tinggi menjadi tantangan pribadi untuk kamu bisa naik level dalam time management hidup kamu lho.

Kamu bisa membuat goals pekerjaan kamu di pagi hari dan beristirahat lebih banyak selama goal pekerjaan kamu selesai hari itu.

Kamu juga tidak perlu membeli makanan yang terkadang berasal dari sumber yang tidak jelas atau pun olahannya yang kurang bersih.

Meski harus meluangkan waktu untuk proses pembuatannya, makan siang hasil masak sendiri tentu lebih hemat dan higienis.

Itulah yang seharusnya menjadi keuntungan work from home, tapi bagaimana kenyataannya?

Banyak dari kita yang merasa kerja di rumah malah menghabiskan uang lebih banyak. Apa itu kamu?

Karena bosan dan lebih banyak waktu untuk berselancar di aplikasi antar makanan online, apalagi ditambah nonton Mukbang di Youtube, serta kemudahan transaksi yang terlihat tidak nyata, gaji kita malah tidak terkontrol untuk membeli makanan.

Tapi, menurutmu, pengaturan keuangan yang tidak terkontrol seperti itu, apakah baik untuk kehidupanmu? Tentu tidak bukan?

Jangan sedih dulu. Meskipun nasi telah menjadi bubur, kita bisa kembali ke perencanaan kita selama kita masih mau melihat di mana letak kesalahannya dan berniat memperbaikinya.

Kamu bisa membaca artikel berikut untuk mengalihkan kegiatanmu dari makan maupun ngemil kepada kegiatan-kegiatan seru.

Bosan? Lakukan Hal Anti-mainstream Ini Biar Karantina Makin Asik

 

Tapi di artikel ini, kita mau wujudkan kondisi ideal yang seharusnya menjadi keuntungan kita selama work from home. Benarkah work from home bikin irit? Check this out!

 

Work From Home Bisa Bikin Irit: Biaya Ini yang Hilang

Jadi, apa saja sih pengeluaran yang berkurang dan bisa membuat keuangan kamu menjadi lebih… well, kaya? Yuk kita simak pengeluaran-pengeluaran yang berkurang berikut ini.

 

#1 Transportasi

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, yang paling kerasa banget berkurang pengeluarannya dari catatan keuangan harian kamu saat work from home adalah Biaya Transportasi dari catatan keuangan harian kamu.

Hmm.. Benarkah? Kamu bisa cek catatan keuangan harian kamu dari aplikasi Finansialku kalau kamu mencatat keuanganmu di aplikasi keren ini.

Belum punya?! Waw! Jangan sampai ketinggalan! Di zaman sekarang ini hampir semua milenial memiliki catatan keuangan harian lho. Kalau kamu belum, yuk pakai aplikasi Finansialku.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan yang punya fitur pencatatan keuangan pribadi harian. Tentunya akan lebih mudah dibanding kamu mencatatnya secara manual.

Yuk mulai mencatat keuangan harianmu! Download aplikasinya di Google Play Store atau Apple Apps Store, gratis! Ketuk ikon untuk download ya!

playstore icon
appstore icon

 

Misalkan, kamu dalam seminggu menggunakan transportasi motor dan dalam 3 hari sekali harus mengisi bahan bakar sebesar Rp 30.000, sehingga dalam seminggu kamu bisa menghabiskan sekitar Rp 90.000 untuk bensin.

Tetapi karena kamu bekerja dari rumah, kamu diam di rumah dan hanya keluar sesuai hanya jika ada keperluan mendesak, sehingga biaya yang kamu keluarkan hanya sekitar Rp 30.000 untuk 2 minggu atau bahkan sebulan.

Wow, super hemat bukan? Berapa Biaya Transportasi yang berkurang dalam catatanmu? Share dalam kolom komentar yuk.

Perhitungan ini akan sama berkurangnya dengan kendaraan pribadi lain maupun kendaraan umum.

 

#2 Jajan

Saat di kantor, biasanya di jam-jam kritis, seperti jam 10 pagi atau jam 3 sore, teman-teman kantor suka mengajak kita untuk membeli jajanan, entah itu gorengan di depan kantor, jajanan kantin, maupun melalui aplikasi antar makanan online.

Ada yang senasib? Karena di kantor lebih banyak yang bikin ngiler, kamu jadi lebih sering jajan, khususnya untuk perempuan, benar apa benar?

Nah, ketika kamu bekerja dari rumah, pengeluaran ini bisa ikutan berkurang.

Meskipun memang kamu masih tetap jajan, tapi setidaknya bisa lebih berkurang daripada saat kamu bekerja di kantor.

Bisa kamu bayangkan, misal kamu mengeluarkan Rp 25.000 untuk jajan pagi dan siang setiap harinya. Berarti dalam 5 hari, kamu mengeluarkan uang sekitar Rp 125.000 hanya untuk jajan.

Coba bandingkan ketika kamu bekerja dari rumah, kamu punya keinginan untuk jajan, tapi kamu bisa bikin sendiri jajanan atau camilan kamu supaya lebih murah dan higienis.

Kamu mungkin hanya akan jajan sekali atau dua kali dan harganya tidak akan mencapai Rp 25.000 per harinya.

Berkurang bukan pengeluaranmu?

Kerja di rumah bisa jadi saat yang tepat untuk kamu review pengeluaran kamu. Kamu bisa lho review atau cek kondisi keuangan dan bertanya pada perencana keuangan tentang kondisi keuanganmu.

Kamu bisa cek kesehatan keuanganmu melalui aplikasi Finansialku, dan jangan ragu, segera tanyakan pada perencana keuangan agar kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dalam keuanganmu.

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

#3 Parkir

Pengeluaran ini juga akan berkurang dari pengeluaran kamu sehari-hari. Apalagi kamu yang sering meeting atau melakukan kegiatan di luar jam kerja; seperti nge-gym atau hangout bareng teman, pengeluaran ini akan turun drastis.

Kerja di rumah tidak membutuhkan biaya parkir, bukan? Jika dalam sehari biasanya kamu menghabiskan uang sebesar Rp 12.000 untuk parkir, kini kamu tidak perlu bayar lagi.

Anggap saja dalam seminggu kamu hanya akan pergi sekali saja. Kerja di rumah memangkas uang parkir dari Rp 84.000 menjadi Rp 12.000 saja.

Jelas lebih irit bukan?

 

#4 Make Up

Sebagai hal yang wajib bagi perempuan sebelum bepergian, make up sering kali membebani kantong. Harga make up yang tidak murah dengan intensitas penggunaan yang sering selalu menjadi dilema kaum hawa.

Nah, kerja di rumah tentu tidak perlu menggunakan make up bukan? Hal ini tentu saja mengurangi intensitas pemakaian make up sehingga lebih awet dan kantong pun selamat.

Mungkin setiap bulannya kamu bisa menghabiskan Rp 500.000 untuk make up, tapi karena jarang atau bahkan tidak dipakai, kamu tidak perlu membeli lagi. Hemat bukan?

 

#5 Laundry

Shout Out for anak kosan! Ketika kamu work from home, biaya laundry kamu juga bisa berkurang lho. Kenapa? Karena kamu pasti hanya menggunakan 2 baju bahkan bisa 1 baju dalam sehari bukan?

Tidak seperti saat kamu bekerja, kamu bisa menggunakan 2-3 baju dalam sehari. Dengan demikian, kamu bisa menghemat biaya laundry. Lebih hemat bukan?

 

Work From Home Bisa Bikin Irit dan Hemat

Ternyata, dengan kerja di rumah, kamu bisa menghemat beberapa pengeluaran yang selama ini tidak pernah sadar kamu keluarkan karena menganggap pengeluaran tersebut kecil, padahal bisa memberikan dampak yang besar.

Kalau kamu ada masalah kesehatan, kamu bisa langsung menghubungi dokter. Kalau kamu ada masalah dengan keuangan kamu, kamu bisa langsung menghubungi para perencana keuangan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini. Donasi bersama Finansialku!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui ternyata work from home bisa membuat kamu menjadi lebih irit.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang work from home bisa membuat kamu menjadi lebih irit. Semoga bermanfaat!