Sobat Finansialku mulai work from home? Tetap produktif dan syukuri beberapa hal ini, ya!

Apa saja? Selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Work From Home, Kesempatan Benahi Alur Finansial Pribadi!

Mayoritas perusahaan di beberapa kota di Indonesia yang sudah terinfeksi virus COVID-19 mulai menerapkan kebijakan Work From Home.

Hal ini tentu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan memperlambat penyebaran COVID-19 di Tanah Air.

Meski belum semua perusahaan menerapkan kebijakan ini, setidaknya perubahan terlihat dari jalanan yang lengang, tidak seperti biasanya, padat bahkan macet.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Supaya Work From Home Efektif 02

[Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Supaya Work From Home Efektif]

 

Work From Home, bukan cuma dilakukan untuk mengurangi intensitas interaksi kita dalam satu kelompok besar di lingkungan yang sama, tapi juga memberikan kita kesempatan untuk menghemat sekaligus benahi alur finansial kita, lho!

Terang saja, dengan bekerja dari rumah, kita bisa menghemat anggaran yang sudah kita siapkan di awal bulan untuk biaya transportasi dan makan sehari-hari.

Oleh karena itu, dibandingkan mengeluhkan hal-hal kecil yang bisa kita tangani, kenapa kita tidak syukuri beberapa hal ini?

 

#1 Hemat Anggaran Transportasi

Bekerja dari rumah, sama artinya dengan kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi. Setuju?

Maka dari itu, kita bisa manfaatkan anggaran transportasi kita yang masih tersisa untuk dialokasikan ke anggaran lain.

Lalu ke mana sebaiknya anggaran yang tersisa itu dialokasikan?

Sebelum itu, yang harus dilakukan pertama kali adalah, ketahui dulu kondisi finansial kita saat ini.

Apakah kira-kira anggaran lainnya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai ada pemasukan selanjutnya?

Kalau anggaran lainnya dirasa masih cukup, maka berbahagialah sobat Finansialku! Karena sisa anggaran tidak terpakai itu bisa dialokasikan ke dana tabungan!

5 Hal yang Bisa Dilakukan Supaya Work From Home Efektif 01

[Baca Juga: 10 Work From Home Jobs in 2019 Every College Student Must Try]

 

Kalau keadaan finansial dari sobat Finansialku sedang tidak baik-baik saja atau bahkan mulai mencekik, maka alokasikan sisa anggaran yang tidak terpakai itu ke anggaran kebutuhan lain yang mulai menipis.

Lalu, bagaimana cara tahu kondisi keuangan kita seperti apa? Sobat Finansialku, saat ini dalam website Finansialku.com, kita bisa cek keuangan secara menyeluruh. Caranya klik tautan ini: cek.finansialku.com atau menggunakan fitur Financial Health Check Up yang ada di aplikasi Finansialku.

Setelahnya, kita juga bisa konsultasi langsung dengan perencana keuangan yang telah tersertifikasi melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku lho.

Dengan cek keuangan, kita bisa lebih yakin untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan keuangan. Contohnya adalah ketika hendak membeli rumah. Sobat Finansialku pasti tahu bukan, bahwa membeli rumah tidak seperti kacang goreng?

Mengapa? Karena harganya sangat tinggi, sesuai dengan fungsinya yang bisa dinikmati dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, kondisi keuangan yang baik sangat diperlukan agar kredit tidak macet di tengah jalan dan usaha kita jadi sia-sia.

Selain membeli rumah, banyak langkah besar yang membutuhkan pondasi keuangan yang sangat kuat, oleh sebab itu, yuk lakukan cek kesehatan keuangan kita sekarang.

 

#2 Hemat Uang Makan!

Siapa sobat Finansialku yang menghabiskan uang yang cukup tinggi untuk membeli makan siang dan camilan selama bekerja di kantor?

Memang tidak bisa dipungkiri kalau keinginan membeli makanan dan camilan ‘unik’ lebih tinggi ketika kita berada di kantor, iya atau iya?

Entah itu sekedar gorengan yang ada di depan kantor atau makanan-makanan unik di tempat makan terbaru daerah kantor.

Nah, selama kita bekerja dari rumah, artinya kita tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk makan.

Bahkan, akan lebih baik kalau kita sudah punya stok sendiri untuk asupan makanan kita sehari-hari, kita bisa menghemat lebih banyak uang makan! Tapi untuk diingat, ini berbeda dengan anggaran kebutuhan sehari-hari, ya!

Sama seperti siasat memanfaatkan uang transportasi di atas, kita bisa alokasikan sisa uang makan untuk anggaran yang lain atau bahkan menambah tabungan! Asik, kan?

 

#3 Hemat Make-Up!

Bersukacitalah wahai kaum perempuan atas kebijakan ini!

Untuk dua minggu ke depan, kita tidak perlu boros memulas make-up mulai dari primer, foundation, dan semua tahap lainnya ke wajah kita! Menyenangkan, bukan?

10 Work From Home Jobs In 2019 Every College Student Must Try - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sakti Beli Alat Make Up Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta]

 

Selain memberikan kulit wajah kita untuk bernafas sejenak dari dempulan bahan kimia, kita juga bisa memperpanjang ‘usia’ ketersediaan make-up kita, nih!

Apabila bulan depan sudah direncanakan untuk membeli alat-alat make-up yang sudah hampir habis, jangan ambil anggaran itu, ya!

Karena kita hanya memperpanjang usia ketersediaan make-up yang ada, bukan berarti selamanya tidak akan habis, dan kita tidak perlu membeli make-up.

Gimana? Work From Home tidak semenyeramkan itu, kan? Nyatanya, banyak sekali yang bisa kita syukuri dari sini.

Meski begitu, jangan sampai kita kelewat bersyukur, sampai lalai untuk melakukan Financial Check Up di aplikasi Finansialku, lho!

Hal ini harus tetap kita lakukan supaya kita bisa yakin apakah keadaan finansial kita sudah ideal atau belum, sehingga kita bisa semakin mudah mencapai impian finansial kita.

Aplikasi Finansialku sendiri bisa di-download melalui Google Play Store dan Apple Apps Store.

 

 

Oh ya Sobat Finansialku, selama masa pandemi ini, ternyata tidak semua orang bisa bertahan dengan tekanan PHK. Ada saudara-saudara yang tidak seberuntung kita.

Ini saatnya, kita bersama-sama bergotong royong, membantu meringankan beban saudara-saudara kita dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan kita untuk didonasikan, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Terima kasih dan semoga kebaikan sobat Finansialku dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin!

 

Selain tiga poin di atas, apa lagi yang bisa kita syukuri atas pemberlakukan sistem work from home ini? Beritahu kami melalui kolom komentar di bawah, ya!

 

Sumber Gambar:

  • WFH Benefits – http://bit.ly/2xLtrjT