Apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat menjadi pengusaha sukses? Kali ini salah satu rekan dari Finansialku.com akan membahas 6 cara menjadi pengusaha sukses.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:
Halomoney Indonesia Logo

 

 

6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Banyak orang yang menjalani kehidupan sebagai pengusaha (entrepreneur). Walaupun tren menjadi wirausaha sudah tenar di Indonesia, tetapi jumlah pengusaha masih dirasa kurang. Apalagi jumlah pengusaha sukses. Tahukah Anda, seorang pengusaha sukses tidak hanya mengandalkan modal besar. Ada 6 faktor yang menjadikan seseorang menjadi pengusaha sukses atau tidak.

 

Tantang Diri Sendiri

Seorang pengusaha sukses dunia, bernama Richard Branson mengatakan bahwa motivasi terbesarnya adalah untuk menjaga menantang dirinya. Branson memperlakukan hidup ibarat sekolah atau pendidikan universitas, dimana dirinya harus belajar lebih banyak setiap hari. Satu pembelajaran yang paling penting yaitu: Jangan pernah membandingkan dengan orang lain, lakukan perbandingan dengan diri Anda sendiri. Anda yang sekarang harus lebih baik dari Anda yang kemarin. Anda yang akan datang harus lebih baik dari Anda sekarang.

 

6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Tipe-Tipe Bisnis di Indonesia]

 

Jangan Ragu, Jalankan Passion Anda

Menjadi pengusaha bukanlah hal yang gampang. Steve Jobs mengatakan bahwa satu-satunya cara yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha adalah menjalankan passion Anda. Ingat lakukan pekerjaan yang Anda cintai (do what you love) dan cintailah apa yang Anda kerjakan (love what you do).

 

[Baca Juga: Nasehat Bisnis dari Steve Jobs – Pendiri Apple]

 

Mengambil Risiko yang Telah Terukur

Kita tidak pernah tahu hasil dari usaha kita kecuali kita benar-benar melakukannya. Jeff Bezos mengatakan jangan menyesali kegagalan dan kesalahan, tapi sesali jika Anda tidak mencoba. Banyak pengusaha sukses dunia yang memberikan nasehat, agar Kita jangan pernah ragu untuk mencoba, mengambil risiko. Jadilah pengusaha yang bijak, ambil risiko yang telah terukur.

 

 [Baca Juga : Pendanaan Bisnis Strartup Digital]

 

Percaya pada Diri Sendiri

Henry Ford pendiri mobil Ford pernah mengatakan, “Apakah Kamu pikir bisa, atau tidak bisa, Kamu benar.” Percaya bahwa Kamu bisa sukses, dan Kamu akan menemukan cara melalui rintangan yang berbeda. Jika Kamu tidak, Kamu hanya akan menemukan alasan.

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Pendiri Gojek]

 

Satu hal yang Anda perlu ketahui, segala sesuatu yang ada di dunia ini tercipta dua kali. Satu kali tercipta dalam imajinasi Anda dan satu kali dikenyataan. Misal seorang arsitek, sebelum mendirikan bangunan, arsitek tersebut telah membangun rumah dalam imajinasi mereka. Setelah itu arsitek tersebut menuangkan dalam bentuk gambar. Begitupula dengan bisnis Anda, jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, imajinasikan seperti apa kesuksesan bisnis Anda. Kemudian berjalanlah menuju ke arah kesuksesan tersebut.

 

Memiliki Visi

Pendiri dan CEO Tumblr, David Karp, mencatat bahwa seorang pengusaha adalah seseorang yang memiliki visi untuk sesuatu dan keinginan untuk menciptakannya. Visi bukan sebuah kata-kata yang panjang dan membosankan. Visi adalah yang menjadi roh pada sebuah bisnis. Pengusaha sukses memiliki visi yang kuat dan menyatu dalam bisnisnya.

 

Cari Rekan yang Satu Visi

Reid Hoffman, pendiri LinkedIn, mencatat bahwa cara tercepat untuk mengubah diri sendiri adalah untuk bergaul dengan orang-orang yang sudah seperti yang Kamu inginkan. Cari lingkungan yang tepat untuk membuat Anda bertumbuh. Satu hal lagi cari ketika Anda memilih rekan kerja, cari rekan yang memiliki pandangan yang sama. Anda tidak memerlukan rekan (co-founder) yang paling jago membuat software untuk memulai bisnis digital. Satu hal yang Anda perlukan adalah seorang co-founder yang sama visinya dengan Anda.

 

 [Baca Juga: Memilih Rekan Kerja]

 

Menurut Anda pengusaha sukses itu adalah pengusaha yang …

  

Image Credit:

  • Entrepreneur – http://goo.gl/CU0jjI

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang