Apa saja barang yang dibutuhkan orang tua baru untuk menyambut kehadiran anak bayi? Apakah barang tersebut dapat dibeli dengan hemat atau dapat diperoleh dari saudara yang sudah memiliki bayi sebelumnya. Kali ini Finansialku akan membahas informasi tersebut dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Barang untuk Menyambut Kehadiran Seorang Bayi

Sebagai orang tua yang baru memiliki anak, pasti ada banyak barang yang ingin dibeli untuk kebutuhan anak kita. Meskipun sebenarnya anak bayi belum begitu mengerti bahwa barang-barang yang dibeli adalah untuk kepentingan mereka. Tapi seperti ada kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua baru jika mampu memiliki perlengkapan bayi yang lengkap untuk anak-anak mereka. Pemilihan dan persiapan perlengkapan bayi baru lahir ini sangatlah penting.

Jangan sampai Anda salah membeli perlengkapan hanya karena tergiur oleh bentuk lucu dan harga murah. Belilah barang yang memang harus kita beli dan benar-benar dibutuhkan setiap Ayah dan Bunda yang baru memiliki anak. Berikut merupakan 10 barang perlengkapan bayi yang dibutuhkan orang tua baru, siapa tahu daftar berikut bisa menjadi referensi untuk menyambut kelahiran si buah hati:

 

#1 Baby’s Car Seat

Bagi yang memiliki mobil, membeli sebuah car seat untuk bayi adalah sebuah kewajiban. Meskipun benda ini tidak terlalu populer di Indonesia, tetapi demi alasan keamanan sebuah car seat untuk bayi harus dipersiapkan dan menjadi perlengkapan bayi yang harus dimiliki setiap orang tua. Sebagai orang tua yang cerdas, pilihlah sebuah car seat yang aman dengan kualitas terjamin.

 

#2 Baby’s Carrier

Baby’s carrier yang dimaksud bisa berupa gendongan seperti kantong kangguru, sebuah keranjang bayi yang fleksibel dan bisa dibawa ke mana saja, atau stroller (kereta dorong) yang lebih praktis. Apapun bentuknya, sebuah baby’s carrier merupakan benda yang harus dimiliki orang tua baru.

10 Barang yang Dibutuhkan Orang Tua Baru Saat Menyambut Kehadiran Bayi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Aktivitas Keluarga yang Seru dengan Biaya Hemat untuk Keluarga Anda]

 

#3 Baju Bayi (Termasuk Aksesoris dan Pelengkapnya)

Baju merupakan hal yang harus kita beli bahkan sebelum bayi lahir. Seorang bayi pasti akan membutuhkan banyak baju, paling tidak kita harus mempersiapkan sekitar 3 lusin setelan untuk pakaian bayi sehari-hari. Meskipun jarang keluar bayi pasti akan sering berganti pakaian karena mengompol, muntah, atau berkeringat. Kulit bayi yang masih sensitif mengharuskan kita untuk senantiasa mengganti pakaian mereka paling tidak sehari tiga kali.

Jika membeli pakaian bayi beserta perlengkapannya seperti kaus kaki, bedong, kaus tangan, topi, dan sebagainya, pilihlah yang terbuat dari kain yang lembut dan halus. Agar kulit bayi terhindar dari bakteri, cuci bersih pakaian tersebut dengan air hangat dan bilas berkali-kali hingga tidak ada busa sabun yang tersisa. Agar lebih praktis, pilih baju yang memiliki kancing depan. Soal warna, apapun warnanya pasti cocok untuk anak-anak tidak peduli apa jenis kelamin mereka.

 

#4 Popok Bayi

Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya hindari penggunaan popok instan (diaper) buatan pabrik. Gunakan popok kain yang biasanya digunakan orang tua ketika kita baru lahir dulu. Meskipun sedikit ribet, bayi yang menggunakan popok kain saat baru lahir akan terhindar dari ruam dan alergi yang biasanya didapatkan akibat kontak langsung dengan bahan pembuat diaper. Saat ini banyak dijual popok kain siap pakai yang lebih praktis atau biasa disebut clodi. Sama seperti popok biasa, clodi dapat dicuci setiap selesai digunakan.

Moms, Banyak Cara untuk Berhemat saat Memiliki Bayi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Banyak Cara untuk Berhemat saat Memiliki Bayi]

 

#5 Kursi Makan Bayi

Sama seperti car seat, kursi makan bayi jarang sekali digunakan para orang tua di Indonesia. Mereka lebih suka memberi makan sambil menggendong anak atau mengajaknya berkeliling. Padahal sebenarnya, kursi ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat makan saja.

Membeli kursi bayi dan menggunakannya begitu anak bisa duduk akan membuat anak terbiasa memiliki manner saat makan. Anak-anak jadi tahu di mana seharusnya mereka makan dan bahwa ketika makan mereka harus duduk. Meskipun sederhana, setidaknya kebiasaan ini akan terbawa ketika mereka dewasa dan menjadi kebiasaan yang baik.

 

#6 Botol Bayi

Meskipun bayi yang baru lahir hanya boleh mengonsumsi ASI, tetapi sebagai orang tua kita tetap harus membeli botol susu untuk bayi. Pilihlah botol plastik yang BPA free dan terbuat dari bahan plastik berkualitas. siram botol dengan air mendidih atau panas setiap mencuci atau sebelum digunakan agar lebih aman untuk anak.

 

#7 Bak Mandi Khusus Bayi

Pilihlah bak mandi yang berukuran lebar dan memiliki sandaran agar bayi tidak mudah terpeleset. Pilih juga bak yang terbuat dari bahan plastik berkualitas agar saat bercampur dengan air hangat untuk mandi bayi bahan tersebut tidak menimbulkan reaksi kimia berbahaya bagi kulit dan kesehatan.

Coba 5 Cara Mudah untuk Mendapatkan Penghasilan Lebih Banyak 1 - Finansialku

[Baca Juga: Coba 5 Cara Mudah untuk Mendapatkan Penghasilan Lebih Banyak]

 

#8 Sleep Sack (Kantong Tidur Bayi)

Sleep sack merupakan inovasi terbaru yang belakangan muncul di Amerika Serikat. Berbentuk seperti sebuah daster tanpa lengan, sleep sack konon lebih efektif memberikan kenyamanan dan kehangatan pada anak saat mereka tidur.

Sebagai orang tua baru, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini. Selain lebih praktis daripada selimut, sleep sack juga akan membuat kaki anak selalu hangat meskipun tidak menggunakan kaus kaki. Bagian bawah sleep sack bisa dibuka dan ditutup tergantung kebutuhan.

 

#9 Baby Gate

Baby gate atau gerbang bayi adalah sebuah pagar yang bisa dipasang pada pintu, area bawah tangga, atau dipasang berkeliling di suatu tempat untuk mencegah bayi merangkak ke tempat yang berbahaya.

Selain alasan keamanan, baby gate juga dibuat agar orang tua lebih tenang untuk melakukan aktivitas lain dan meninggalkan bayi mereka sendirian. Bagi orang tua baru, benda ini sangatlah bermanfaat. Pilihlah baby gate dari bahan yang aman untuk dan cukup kuat agar tidak mudah rusak.

Moms, Untuk Kelahiran Mendingan Menabung atau Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Untuk Kelahiran Mendingan Menabung atau Asuransi?]

 

#10 Tas Bayi

Inilah perlengkapan bayi yang paling utama dan harus dimiliki orang tua baru. Saat pergi ke dokter untuk imunisasi atau bermain di taman kota, kita pasti membutuhkan perlengkapan bayi agar bayi senantiasa nyaman saat melakukan perjalanan.

Perlengkapan bayi seperti botol susu, popok, baju ganti, dan lainnya yang begitu banyak pasti membutuhkan tempat. Inilah kenapa kita membutuhkan tas bayi. Tas bayi memang dibuat agar mampu memuat semua kebutuhan bayi ke dalam satu tas. Sangat berbeda dengan tas biasa.

 

Membeli Barang Butuh Uang

Untuk memiliki seluruh barang yang diperlukan, Anda harus mempersiapkan sejumlah uang. Berhematlah dalam menentukan pilihan Anda. Jika ada sebuah promo, gunakan promo tersebut untuk membeli barang. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk meminjam barang tersebut kepada saudara Anda yang memiliki bayi juga. Ketika Anda memutuskan untuk meminjam, maka Anda lebih menyelamatkan uang di dompet Anda untuk keperluan lain.

 

Apakah Anda mengetahui apa saja barang lain yang diperlukan untuk menyambut si buah hati? Berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Warta Medika. 30 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan. Wartamedika.com – https://goo.gl/Yxl7Zi
  • Deacon Hayes. 10 Items You Absolutely Need as a New Parent. Wellkeptwallet.com – https://goo.gl/uYihKV

 

Sumber Gambar:

  • Mom and Baby – https://goo.gl/APzvto
  • Baby – https://goo.gl/ngvf2i

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang