Bagaimana caranya untuk berhemat ketika sudah memiliki anak? Begitu banyak cara yang dapat Anda coba berkenaan dengan menghemat saat Anda memiliki buah hati. Berikut ini pemaparannya oleh Finansialku.com yang dapat memberikan inspirasi lebih bagi Anda. Selamat mencoba dan rasakan hasilnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Merampingkan Pengeluaran Keluarga Anda!

Sesaat setelah melahirkan seorang anak perempuan, suatu hal yang lucu terjadi. Setiap lembar uang yang dimiliki sepertinya terbang atau hilang satu per satu, diantaranya untuk biaya dokter anak, biaya obat-obatan atau untuk membeli berbagai pernak-pernik kebutuhan bayi seperti baju, mainan dan lain sebagainya. Kebutuhan saat memiliki seorang bayi begitu banyak, selain itu juga, tagihan yang menumpuk pada kartu kredit.

Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update) - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

Ketika Anda memiliki bayi, Anda pun akan mengalami hal yang sama dan itu lumrah. Anda akan mengeluarkan berbagai pengeluaran untuk kebutuhan bayi yang melebihi kebutuhan pribadi Anda setiap tahunnya. Namun, tenang saja, masih tetap ada harapan bagi Anda. Melalui pengalaman, Anda akan belajar banyak hal bahkan Anda akan ingat akan berbagai pengeluaran yang dapat minimalisasi untuk berhemat. Berikut beberapa cara untuk berhemat yang dapat Anda coba untuk menekan pengeluaran kebutuhan bayi Anda setengahnya atau bahkan lebih dari itu.

 

Kebutuhan Rumah Sakit

#1 Katakan Tidak pada Biaya Lebih

Sesaat setelah melahirkan, hindari menggunakan ruang VIP. Gunakan ruang kelas III karena akan dapat menghemat biaya kamar per harinya walaupun tentu saja Anda tidak memiliki privasi lebih di kelas III. Tenang saja karena ini hanya untuk satu atau dua hari sebelum Anda pulang ke rumah dan membawa bayi Anda.

#2 Jangan Gunakan Fasilitas TV

Beberapa rumah sakit akan mengenakan biaya tambahan ketika Anda menggunakan atau menyalakan TV di ruang Anda. untuk menghemat biaya, lebih baik Anda menggunakan waktu untuk beristirahat setelah usaha keras dalam melahirkan buah hati kesayangan Anda.

#3 Rekomendasi Dokter Bayi Anda

Rekomendasi berbagai produk keperluan kesehatan bayi dapat Anda konsultasikan kepada dokter anak Anda. Selain itu, ada beberapa dokter anak yang ahli mendiagnosa penyakit hanya dengan ia telepon, hal ini dapat menghemat biaya Anda apabila anak Anda sakit biasa yang tidak perlu membawanya ke rumah sakit atau memanggil dokter ke rumah. Jangan lupa juga untuk memiliki termometer sendiri di rumah.

Moms, Suka Belanja Berlebihan Ini Cara Mengendalikannya! - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Suka Belanja Berlebihan? Ini Cara Mengendalikannya!]

 

Biaya ASI

#4 Gunakan ASI Apabila Anda Memungkinkan.

Selain sehat bagi sang ibu, ASI pun sangat diperlukan untuk perkembangan bayi secara optimal. Disamping itu, Anda akan menghemat lebih banyak karena tidak membeli produk susu formula untuk bayi yang sebetulnya kurang sehat untuk kebutuhan kesehatan dan perkembangan bayi yang optimal.

#5 Pompa ASI

Gunakan alat pemompa ASI untuk memompa dan mengisikannnya pada botol susu steril bayi Anda. Pompa tersebut akan sangat berguna bagi Anda dan jangan lupa untuk membawanya pada tas bayi kemanapun Anda pergi.

 

Kebutuhan Pakaian Bayi

#6 Jangan Terburu-buru Membeli Seluruh Perlengkapan Bayi

Jangan terlalu terburu-buru untuk membeli seluruh perlengkapan bayi, seperti kain penutup bayi saat Anda menyusui di ruang terbuka dan lain sebagainya, karena ada kemungkinan akan ada orang-orang terdekat Anda yang memberikannya sebagai hadiah dari kelahiran bayi Anda. Dengan demikian Anda meminimasi salah satu pengeluaran untuk perlengkapan bayi lainnya yang mungkin dapat dialokasikan untuk biaya lain yang lebih penting.

#7 Pilih Pakaian Bayi yang Bersifat Unisex

Belilah pakaian bayi dengan corak, warna dan style yang unisex atau dapat dipakai oleh bayi laki-laki ataupun perempuan. Hal ini akan memberi penghematan lebih ketika Anda dikaruniai anak lagi di waktu yang mendatang dan Anda tidak tahu apakah bayi tersebut laki-laki atau malah perempuan. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli perlengkapan baju yang baru karena pakaian bayi yang sebelumnya dapat dipakai kembali. Pakaian bayi dengan warna putih lebih disarankan karena lebih mudah dicuci dengan pemutih (bleaching) dan dengan harga yang lebih hemat ketimbang pakaian dengan warna-warni yang perlu perawatan ekstra.

Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda 1 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda]

 

Pernak-pernik Kebutuhan Bayi

#8 Beli Perlengkapan Bayi yang Multifungsi

Perlu bijak dalam memilih barang apabila Anda ingin membeli barang dengan harga yang murah namun ternyata ada pilihan barang lain yang agak lebih mahal sedikit namun barang tersebut memiliki kegunaan yang multifungsi.

#9 Jangan Membeli Bantal untuk Bayi

Berbagai pilihan bantal lucu untuk bayi begitu beragam dan kita mungkin ingin membelinya. Namun sebetulnya para dokter menganjurkan agar bayi tidak diberi bantal saat tidur karena kemungkinan adanya risiko kematian mendadak pada bayi akibat sesak nafas (SIDS) – Sudden Infant Death Syndrome.

#10 Belilah Satu atau Dua Botol Bayi Sebelum Masa Kelahiran

Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa ada kemungkinan orang-orang terdekat Anda akan memberikan hadiah pernak-pernik kebutuhan kebutuhan bayi termasuk botol minum bayi.

#11 Perlukah Membeli Kereta Bayi?

Sebetulnya kereta bayi bekas yang masih baik kondisinya dapat Anda beli dengan harga lebih hemat karena pemakai sebelumnya hanya memakai untuk waktu yang tidak terlalu lama. Anda bisa juga meminjam kepada kerabat yang memiliki kereta bayi yang sudah tidak terpakai namun masih dalam kondisi yang baik.

#12 Keperluan Pampers

Butuh Mengingat pentingnya kebutuhan akan pampers setiap hari dan mungkin dalam sehari Anda butuh lebih dari satu untuk bayi Anda, disarankan untuk membeli paket pampers karena Anda akan mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan ketimbang membeli dalam jumlah kecil yang apabila diakumulasikan maka Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

#13 Tas Bayi

Gunakan tas yang dapat memuat seluruh keperluan bayi terutama ketika Anda akan bepergian dan pastikan seluruh perlengkapan bayi ada di dalamnya.

Moms, Ini Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memiliki Anak Lagi - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memiliki Anak Lagi]

 

Makanan Bayi

#14 Membuat Makanan Bayi Sendiri

Membuat dan meracik makanan bayi sendiri agaknya akan lebih menghemat disamping kebutuhan gizi dan kebersihannya terjamin. Anda dapat mencari resep-resep membuat makanan bayi yang simple dan bergizi bagi bayi Anda melalui internet.

#15 Toples Kedap Udara

Anda juga akan membutuhkan toples kedap udara untuk biskuit atau makanan ringan bayi agar tidak mudah melempem atau membusuk.

moms-kenali-cara-menghitung-diskon-dan-promo-agar-tidak-kena-ketipu-2-finansialku

[Baca Juga: Moms, Kenali Cara Menghitung Diskon dan Promo Biar Ga Ketipu]

 

Prioritaskan Biaya Kesehatan Bayi

Berbagai kebutuhan ketika memiliki anggota keluarga baru yaitu kedatangan sang buah hati pasti tidak dapat dihindarkan. Namun setidaknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran sang buah hati agar kelebihan biaya tersebut dapat dialokasikan kepada barang kebutuhan lain yang lebih penting. Masa-masa bayi yang baru lahir sering kali lebih rentan akan penyakit. Oleh sebab itu, dana akan kebutuhan konsultasi dokter dan biaya rumah sakit mungkin akan lebih penting dan dapat menyedot uang Anda lebih besar. Berikan standar prioritas tertinggi pada kesehatan dan pemenuhan gizi seimbang kepada buah hati Anda.

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda setelah membaca berbagai pemaparan artikel di atas ada kolom yang tersedia di bawah ini. Apabila Anda memerlukan bantuan mengenai penataan keuangan Anda pra ataupun pasca kelahiran andak Anda, silakan untuk menghubungi konsultan kami, Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Deborah Skolnik. 32 Ways to Save Money When You Have a Baby. Parents.com – https://goo.gl/v2cPMk

 

Sumber Gambar:

  • Having a baby – https://goo.gl/igh4U9 dan https://goo.gl/0XHn8P

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang