Setelah pulang kampung dan libur lebaran, apa halhal yang mengurangi produktivitas kerja? Bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas? Kali ini Finansialku akan membahas 10 tips meningkatkan produktivitas kerja setelah pulang kampung dan libur lebaran.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Produktivitas dan Libur Lebaran

Libur Lebaran yang cukup lama menyebabkan produktivitas menurun. Hal ini terjadi pada hampir semua orang. Tidak terkecuali, para karyawan perusahaan juga mengalaminya. Tentunya produktivitas yang menurun akan mempengaruhi perusahaan secara umum.

 

Rutinitas Yang Baik Untuk Produktivitas

Sebagai pimpinan, seseorang harus memikirkan cara yang positif untuk meningkatkan produktivitas melalui rutinitas. Hal ini diupayakan dapat dilaksanakan di kantor. Tidak hanya bagi karyawan, tetapi seluruh staf juga harus memiliki rutinitas positif di kantor.

10 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Setelah Pulang Kampung dan Libur Lebaran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Waspada Pengeluaran Lebaran dan Anak Masuk Sekolah di 2017]

 

10 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Setelah Pulang Kampung dan Libur Lebaran

Untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan setelah liburan panjang, pimpinan harus melakukan hal-hal positif. Berikut ini adalah 10 tips meningkatkan produktivitas kerja setelah pulang kampung dan libur lebaran.

 

Tips 1: Atmosfer Yang Positif

Ciptakan atmosfer yang membangun semangat. Misalnya saja, jika dulu para karyawan melakukan pekerjaan monoton, perbarui jenis pekerjaan dengan sesuatu yang baru. Suasana nyaman dan bebas dari gossip juga akan meningkatkan produktivitas kerja karena karyawan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam pekerjaan tanpa beban.

 

Tips 2: Reinforcement Insentif Untuk Yang Berprestasi

Reinforcement atau penguatan memang sangat penting di dunia kerja. Karena orientasi semua orang untuk bekerja salah satunya adalah uang, maka tidak ada salahnya memberi reinforcement berupa intensif yang diberikan sesuai dengan prestasi.

70-cara-meningkatkan-produktivitas-diri-seperti-para-miliarder-yang-harus-anda-tiru-1-finansialku

[Baca Juga: 70+ Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Seperti Para Miliarder, yang Harus AndaTiru]

 

Tips 3: Motivasi Eksternal

Motivasi eksternal bisa diberikan dari pihak lain yang bekerja sama dengan perusahaan. Yang bisa dilakukan pemimpin adalah mengundang motivator yang memberi seminar singkat sehari. Tidak hanya itu, peraturan untuk selalu tersenyum satu sama lain baik dengan bawahan maupun atasan juga termasuk cara meningkatkan motivasi dari luar diri.

 

Tips 4: Monitoring dan Evaluasi (Monev)

Setiap pekerjaan yang dimonitoring perkembangannya serta dievaluasi akan meningkatkan kualitas pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, pemimpin harus melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi sehingga karyawan tidak meremehkan pekerjaan.

anda-harus-meningkatkan-kemampuan-perencanaan-planning-skills-finansialku

[Baca Juga: Anda Harus Meningkatkan Kemampuan Perencanaan (Planning Skills)]

 

Tips 5: Memuji Saat Diperlukan

Jika karyawan melakukan sesuatu yang membanggakan seperti kinerja baik, maka pujian sangat mungkin diberikan. Pujian akan meningkatkan motivasi kerja dan keinginan untuk meningkatkan kualitas kerja. Bukan hanya itu, suasana kompetitif juga akan terbangun diantara karyawan tanpa adanya permusuhan.

 

Tips 6: Tujuan dan Target Yang Jelas

Setiap pekerjaan harus disertai tanggal lapor progress dan tanggal lapor finalnya. Hal ini ditetapkan sebagai langkah preventif bagi perusahaan agar tidak sampai karyawan terlambat menyelesaikan pekerjaannya. Selain deadline, satu lagi faktor yang harus diperhatikan adalah kejelasan detail job desk.

ternyata-kecemasan-keuangan-pengaruhi-produktivitas-kerja-karyawan-finansialku

[Baca Juga: Ternyata! Kecemasan Keuangan Pengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan]

 

Tips 7: Eksekusi Janji

Mengeksekusi janji sangat penting untuk dilakukan pimpinan. Misalnya saja, jika suatu proyek bisa diselesaikan dalam waktu seminggu, maka pimpinan akan memberi waktu istirahat lebih 15 menit atau sekadar makan di kantin. Meskipun sederhana tetapi hal ini sangat bermanfaat bagi karyawan yang kesehariannya menghabiskan waktu 8 jam di depan komputer.

 

Tips 8: Memberi Contoh

Jika ingin karyawan datang pagi dan menyelesaikan seluruh pekerjaannya tepat waktu, maka pimpinan harus memberi contoh yang baik tentang itu. Selain sebagai teladan, pemimpin yang datang tepat waktu misalnya, akan dapat memantau kehadiran karyawan. Tentunya jika dipantau pemimpin karyawan akan menjaga kehadiran agar tidak sampai terlambat.

Lakukan 10 Cara Ini agar Produktivitas Kerja Anda Meningkat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 10 Cara Ini agar Produktivitas Kerja Anda Meningkat]

 

Tips 9: Dengarkan Pikiran Karyawan

Adakalanya, saran-saran dari karyawan mampu meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan terhadap konsumen. Jadi, tidak ada salahnya mendengarkan saran-saran yang bermanfaat serta berkualitas baik untuk memajukan perusahaan.

 

Tips 10: Menjalin Kedekatan Secara Emosional

Meskipun tidak dianjurkan untuk menjalin kedekatan yang terlalu, tetapi hubungan emosional seperti pertemanan juga perlu dijalin dengan bawahan. Dengan menjadi teman karyawan, maka pimpinan akan bisa mengetahui faktor-faktor penyebab meningkat atau menurunnya kinerja karyawan.

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual adalah Cara Menjadi Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual adalah Cara Menjadi Sukses]

 

Cek Kemampuan Diri Sendiri Sebagai Atasan

Ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi atasan atau pimpinan yang baik. Meskipun demikian, jika melakukan 10 tips di atas, maka produktivitas Anda dan karyawan akan bisa meningkat.

 

Bagaimana kondisi karyawan Anda setelah liburan? Apa saja tips yang akan Anda tempuh lebih dulu? Jelaskan jawaban pertanyaanpertanyaan di atas untuk membantu mengurangi fenomena kemalasan karyawan setelah liburan panjang, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Budi Kho. 08 Juli 2016. 10 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Ilmumanajemenindustri.com – https://goo.gl/nqNjZL
  • Bioenergi Center. Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Bioenergicenter.com – https://goo.gl/848dg8.

 

Sumber Gambar:

  • Meningkatkan Produktivitas – https://goo.gl/qcokHA
  • Manajemen Waktu Karyawan – https://goo.gl/EK7Mbv

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana