Pernahkah Anda mendengar pepatah “Work smart, not hard”? Pepatah tersebut sangatlah tepat. Memang betul bahwa kesuksesan dihasilkan oleh hasil kerja keras, namun mengapa harus bekerja keras jika Anda dapat bekerja dengan cerdas? Mari kita lihat beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda sehingga Anda tidak perlu bekerja keras.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bekerja dengan Cerdas dan Efisien

Pernahkah Anda mengerjakan suatu pekerjaan yang mudah namun ternyata menghabiskan waktu hingga berjam-jam lamanya? Mungkin Anda belum cukup produktif, sehingga Anda tidak memanfaatkan waktu yang ada.

Cobalah untuk meningkatkan produktivitas Anda saat bekerja dengan beberapa tips dari Finansialku berikut ini, sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih cerdas dan efisien.

Lakukan 10 Cara Ini agar Produktivitas Kerja Anda Meningkat 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Produktivitas untuk Entrepreneur]

 

#1 Hindari Kebiasaan Buruk yang Menghambat Pekerjaan

Salah satu penyebab menurunnya produktivitas adalah kebiasaan buruk yang menghambat pekerjaan Anda. Misalnya kebiasaan Anda untuk membaca koran. Jika Anda tidak membagi waktu dengan baik, biasanya Anda akan mengambil celah dalam jam kerja Anda untuk melakukannya.

Padahal hal tersebut bisa dicegah dengan membaca koran di pagi hari sebelum masuk kerja. Lebih baik menyisihkan waktu di luar jam pekerjaan untuk melakukan kebiasaan Anda daripada memotong-motong jam kerja Anda, karena umumnya saat Anda menyela pekerjaan, akan sulit untuk membangun produktivitas Anda kembali setelahnya.

 

#2 Lakukan Tugas Penting Saat Produktivitas Maksimal

Manfaatkan waktu-waktu dimana produktivitas Anda berada di puncaknya untuk melakukan pekerjaan yang lebih penting dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Sehingga saat Anda mulai lelah atau produktivitas Anda menurun, Anda hanya perlu mengerjakan tugas-tugas sederhana. Hal ini akan membantu Anda untuk bekerja dengan lebih efektif dan mengurangi rasa lelah berlebihan.

Sebagai contoh, jika Anda adalah morning person, maka kerjakanlah tugas penting dan hadirilah meeting besar di pagi hari, dan habiskan waktu untuk membalas email dan membuat laporan sederhana di sore hari. Dengan membuat prioritas yang tepat, maka hasil pekerjaan juga akan lebih memuaskan.

 

#3 Hindari Mengerjakan Beberapa Pekerjaan Sekaligus

Mungkin Anda mengira bahwa multitasking adalah hal yang baik, namun berbeda halnya jika diterapkan dalam pekerjaan. Multitasking adalah musuh dari produktivitas, sebuah riset membuktikan bahwa produktivitas dapat menurun hingga 40% dan IQ menurun saat seseorang berganti-ganti tugas.

Multitasking dinilai dapat mengganggu fungsi otak yang berhubungan dengan kontrol emosi dan kemampuan mengambil keputusan. Oleh karena itu, berhentilah multitasking, fokuslah pada sebuah pekerjaan hingga selesai, barulah memulai pekerjaan baru.

Bagaimana Tata Cara Email Bisnis Yang Efektif 1 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Tata Cara Email Bisnis Yang Efektif?]

 

#4 Biasakan Membuat Jadwal dan Fokus terhadap Jadwal Tersebut

Membuat sebuah jadwal atau to-do list dapat membantu Anda membagi waktu dan menyusun prioritas dalam bekerja. Jadwal dapat membuang waktu yang Anda gunakan untuk berpikir “Apa yang sebaiknya saya kerjakan sekarang?”

Ingatlah bahwa Anda membuat jadwal bukan untuk tujuan yang sia-sia, sehingga Anda perlu fokus terhadap jadwal tersebut. Tidak baik membuat jadwal yang berlebihan dan terlalu banyak, sehingga mengurangi fokus Anda dalam bekerja.

Pilihlah tugas yang menurut Anda benar-benar penting dan hapuslah tugas yang tidak menambah nilai.

 

#5 Delegasikan Pekerjaan dengan Tepat

Jika Anda bekerja sebagai manager atau pebisnis handal, mendelegasikan pekerjaan akan sangat bermanfaat jika Anda melakukannya dengan tepat. Berikanlah pekerjaan kepada orang yang tepat, sehingga Anda tidak perlu mengajarkannya dan mendampinginya saat melakukan tugas tersebut.

Dengan mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang tepat, Anda akan memiliki waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting.

 

#6 Minimasi Hal-hal yang Mengalihkan Perhatian

Nilofer Merchant, penulis HBR dan pendiri dari Rubicon Consulting pernah mengatakan bahwa kita perlu memberi perhatian pada apa yang penting dan mengabaikan hal-hal di depan kita yang mengalihkan perhatian.

Penting untuk mengurangi perhatian pada hal-hal yang tidak ada gunanya dan hanya mengganggu fokus Anda kepada pekerjaan. Sebagai contoh, kurangi penggunaan handphone atau sosial media yang kurang penting.

Jika benar-benar perlu, sediakan waktu setelah Anda selesai mengerjakan satu pekerjaan untuk mengecek handphone daripada melakukannya di sela-sela pekerjaan.

8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk]

 

#7 Berolahraga di Waktu Senggang

Apakah Anda merasa bahwa Anda sudah bekerja terlalu keras hingga tidak ada waktu untuk berolahraga? Ternyata, berolahraga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, sehingga dapat membantu Anda untuk lebih produktif dalam pekerjaan.

Gunakanlah waktu luang Anda dan jadikanlah olahraga sebagai salah satu rutinitas daripada menghabiskan waktu Anda untuk hal-hal yang kurang berguna.

 

#8 Jadilah Orang yang Optimis

Maastricht University melakukan studi pada pekerja di call centers dan hasilnya menunjukkan bahwa pekerja yang optimis memiliki tingkat penjualan lebih tinggi dan memperoleh bonus lebih banyak.

Bagaimana jika Anda adalah seseorang yang pesimis? Kabar baiknya adalah Anda dapat belajar untuk menjadi optimis, salah satu caranya adalah dengan saling memberikan dukungan sesama rekan kerja.

 

#9 Cukup Istirahat

Anda pasti tahu bahwa kurang tidur mengurangi produktivitas kerja. Anda akan cenderung lelah dan mengantuk sepanjang hari bahkan dapat tertidur pada jam kerja. Studi menyebutkan bahwa manusia normal hanya dapat bekerja dengan produktif selama 40 jam seminggu.

Oleh karena itu, hindarilah lembur berlebih dan maksimalkanlah produktivitas pada 40 jam tersebut. Lalu berapa lama waktu tidur yang baik? Waktu tidur yang disarankan bagi orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam per hari.

7 Kebiasaan Manusia yang Efektif - Tujuan Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: 7 Kebiasaan Manusia yang Efektif]

 

#10 Jagalah Kesehatan Anda

Tips yang terakhir namun tentunya cukup penting adalah untuk menjaga kesehatan Anda. Makanlah makanan yang bergizi dan sehat serta minumlah cukup air. Jika Anda sakit, produktivitas Anda akan menurun drastis, sehingga sebaiknya Anda menjaga kesehatan Anda dengan baik.

Gunakan waktu luang untuk kegiatan yang berguna dan menyehatkan, dan hindari kebiasaan buruk yang berdampak negatif terhadap kesehatan Anda.

 

Nikmati Waktu Luang Lebih Banyak

Produktivitas tidak hanya bermanfaat bagi keuntungan perusahaan, tapi juga bagi kehidupan Anda. Dengan memanfaatkan waktu kerja dengan baik dan produktif, umumnya Anda akan memiliki waktu luang lebih banyak. Anda akan mengurangi waktu lembur atau bahkan dapat pulang kerja lebih cepat dan memiliki waktu lebih untuk dihabiskan bersama keluarga atau kerabat Anda.

 

Apakah Anda mengetahui tips lainnya untuk meningkatkan produktivitas? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Susan Ward. 10 Maret 2017. Top 11 Ways to Increase Productivity. Thebalance.com – https://goo.gl/vXbq0l

 

Sumber Gambar:

  • Kerja Produktif – https://goo.gl/ee4Pdc
  • Produktivitas Kerja – https://goo.gl/bEUdXv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang