Tips makin produktif ketika bekerja: apakah kamu termasuk yang kurang produktif? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena tekanan pekerjaan.

So, daripada kamu terbelenggu dalam tekanan tiada akhir, mulai sekarang lakukan tips makin produktif ini supaya hari-hari kamu lebih memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang banyak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Yuk, Intip 5 Tips Makin Produktif Ketika Bekerja, #3 Boleh Juga Nih…

Totalitas dalam bekerja yang menguras waktu, tenaga, dan pikiran, seringkali memicu ketegangan hingga membuat kita terpuruk akan tekanan pekerjaan.

Tak jarang muncul anggapan, bahwa pekerja tidak mungkin bisa produktif untuk melakukan berbagai hal lainnya, karena orientasi pekerja hanya berusaha merampungkan pekerjaan yang sebenarnya tidak ada habisnya.

Anggapan itu memang tidak salah, tapi sebaiknya mulailah cari solusi agar kamu tidak bertahan pada atmosfer orang sibuk, tetapi orang yang produktif. Karena, pada dasarnya setiap orang diberikan jumlah waktu yang sama untuk digunakan seefektif mungkin.

Baca Dulu Tips Makin Produktif Ketika Bekerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajari Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Produktif!]

 

So, daripada kamu berpusing-pusing ria dengan hiruk pikuk tekanan pekerjaan, tidak ada salahnya kamu pelajari Tips makin produktif berikut ini, supaya produktivitas kamu tetap OK. Check it out!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Stop Kebiasaan Multitasking

Apakah kamu termasuk orang yang sering melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu? Jika ya, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan itu dari sekarang. Meski terkesan bagus, tapi sebenarnya kebiasaan multitasking membuat produktivitas kerja menjadi menurun.

Kok bisa? Alasannya karena fokus kamu menjadi terbagi ke dalam beberapa pekerjaan yang kamu lakukan. Imbasnya, pekerjaan tidak selesai tepat waktu, atau bisa jadi tidak ada yang finish satupun karena dikerjakan secara bersamaan.

Hal ini dapat membuatmu lebih cepat lelah dan stres bahkan bisa menurunkan kemampuan memori, khususnya short term memory.

Sebaiknya kamu mengerjakan satu pekerjaan hingga tuntas, kamu bisa melanjutkan pekerjaan lainnya. Dengan begitu kamu dapat lebih fokus dalam mengerjakannya dan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.

Buruknya, hal ini bisa memicu kamu untuk lebih mudah stres dan semakin hopeless untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan selanjutnya.

Jadi sebaiknya, kerjakan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang dibuat sampai pekerjaan itu selesai. Setelahnya, baru beranjak untuk lakukan pekerjaan lainnya.

Sesuaikan kapasitas pekerjaan dan kemampuan kamu ya….

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#2 Buat “To Do List

Kebiasaan multitasking bisa jadi dampak dari kebingungan kita untuk memilih pekerjaan yang harus diselesaikan. Sering kita merasakan, satu pekerjaan saat belum selesai tapi sudah ada pekerjaan lainnya yang datang. Hmm, melelahkan….

Orang dengan multitasking, ia akan menyabet langsung pekerjaan itu dan dikerjakan sekaligus bersama dengan pekerjaan sebelumnya. But anyway, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa sebaiknya kamu hindari kebiasaan ini yaa..

Apa-yang-Terjadi-Jika-Tidak-Punya-Rencana-Waris-1-Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Produktivitas untuk Entrepreneur]

 

Salah satu cara menghindarinya adalah membuat “to do list” atau daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Bisa dibuat dalam bentuk pekerjaan harian, mingguan, atau bulanan, tapi saya rekomendasikan sih dalam bentuk harian ya…

To do list ini berisikan sejumlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, dengan pertimbangan prioritas pekerjaan, seperti yang paling penting, tingkat kesulitan, deadline, dan sebagainya. Urutkan dari yang paling mendesak untuk diselesaikan saat itu juga.

Ketika kamu sudah mengantongi to do list ini, usahakan lakukan pekerjaan sesuai dengan daftarnya sampai dinyatakan selesai, baru beralih ke daftar selanjutnya.

Usahakan agar fokus ketika bekerja, sebaiknya hindari gadget saat bekerja agar pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan waktu bekerja pun jadi semakin efektif.

Seperti dilansir dari Techinasia.com (Jumat, 5/10/2018) saat sebelum tidur kamu bisa tulis apa yang akan kamu kerjakan esok hari, karena mengerjakan suatu hal tanpa perencanaan akan membuatmu kehabisan waktu dan tenaga keesokan harinya.

Sebaliknya, jika kamu sudah mempersiapkan sebelumnya maka kita jauh lebih siap dan santai ketika bekerja, karena sudah mengetahui apa saja yang akan dilakukan.

Hal ini bisa dikembangkan untuk jadwal harian ke skala yang lebih besar, yaitu mingguan dan bulanan sehingga tubuhmu akan beradaptasi dengannya.

Bagaimana Cara Merencanakan Sumber Daya Manusia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Online Buat Ibu Rumah Tangga Lebih Produktif]

 

#3 Putar Musik Favorit

Musik menjadi salah satu cara alternatif untuk kembali membangkitkan semangat, apalagi musik yang kita dengarkan adalah yang kita sukai.

Sembari mendengarkan musik saat bekerja, ternyata bisa membantu otak lebih rileks sehingga kita bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan punya waktu untuk bersantai.

Supaya lebih mudah, kamu juga bisa menggabungkan musik-musik yang favorit dalam satu folder, jadi ketika start bekerja, musik pun sudah bisa di-play. Musik yang energik dan penuh semangat juga bisa membantu re-charge energi dan mood lho

 

#4 Jangan Menunda Pekerjaan

Pekerjaan memang tidak akan pernah selesai jika kamu tidak memulainya. Karena itu, jangan membiasakan diri untuk sering menunda pekerjaan. Ketika “to do list’ telah kamu miliki, segera kerjakan dan lakukan semaksimal mungkin.

Ingat, tidak ada pekerjaan yang akan selesai begitu saja jika kamu tidak mengerjakannya. Ibarat cita-cita tidak akan tercapai, jika kamu terus bermimpi tanpa berusaha.

Ada baiknya juga kamu membuat batasan waktu khusus pada setiap pekerjaan. Hal ini bertujuan agar kamu semakin terpacu untuk segera menyelesaikan satu per satu pekerjaan, dan belajar tanggung jawab atas apa yang sudah ditetapkan.

 

#5 Jangan Lupakan Istirahat

Menjadi produktif bukan berarti terus beraktivitas tanpa beristirahat. Pekerjaan memang bagian dari tanggung jawab yang harus dipenuhi, sehingga kamu harus pintar dan bijak dalam mengelola waktu.

Jangan memaksakan diri jika dirasa sudah tidak mampu, celakanya hal ini bisa berakibat buruk pada kondisi fisik, tak hanya untuk hari ini tetapi juga kesehatan untuk jangka waktu panjang.

Ada baiknya untuk memaksimalkan waktu istirahat dan gunakan untuk benar-benar mengistirahatkan tubuh maupun pikiran.

13 Kebiasaan Orang Sukses Di Malam Hari Sebelum Tidur 01 Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Edukasi 10 Tips Produktif Kerja di Musim Hujan Kepada Karyawan Anda]

 

Istirahat sejenak dari pekerjaan bisa dilakukan dengan berbagai hal, minum secangkir kopi atau teh hangat. Atau jalan-jalan di sekitar kantor untuk menghirup udara segar dan bertemu banyak orang.

Totalitas dalam bekerja bukan berarti menghabiskan seluruh waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Masih banyak hal yang bisa dan seharusnya kamu lakukan dalam hidup ini, tanpa mengesampingkan tanggung jawab. Waktu yang digunakan dengan baik akan semakin mendekatkanmu kepada kesuksesan.

Bicara kesehatan nih, apakah kamu sudah cek kesehatan keuangan juga? Kini, aplikasi Finansialku memiliki fitur untuk mengecek kesehatan keuangan kamu lho. Kamu bisa mengetahui apakah keuanganmu sudah sehat atau belum.

Lebih baik, kamu coba dulu deh supaya tidak penasaran. Klik gambar di bawah ini agar kamu bisa akses aplikasinya.

 

Awali Hari Lebih Produktif

Hiruk pikuk kehidupan dengan segala problematikanya ditambah dengan tekanan pekerjaan memang seringkali menjadi alasan banyak orang untuk tidak benar-benar menikmati hidup.

Dari lima tips makin produktif yang sudah diulas, coba aplikasikan dalam keseharian kamu. Mulailah bangun pola manajemen waktu yang baik agar menjadi solusi tepat untuk kamu jadi pribadi yang lebih produktif.

Selamat mencoba…

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai tips makin produktif lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Imran Maulana. 30 Juni 2016. 7 Tip Manajemen Waktu Ini Dapat Membantu Kamu Lebih Produktif. Techinasia.com – https://goo.gl/LNenV9

 

Sumber Gambar:

  • Tips Makin Produktif 01 – https://goo.gl/jbJL7J
  • Tips Makin Produktif 02 – https://goo.gl/Xo7pb4