Anda Harus Meningkatkan Kemampuan Perencanaan (Planning Skills)

Bagaimana caranya meningkatkan kemampuan perencanaan atau planning skills? Setiap orang, khususnya yang berprofesi sebagai karyawan dan pebisnis harus memiliki kemampuan perencanaan (planning skills) yang baik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu Kemampuan Perencanaan (Planning Skills)? dan Kenapa Penting?

Teman-teman pasti setuju, cara menyelesaikan sebuah pekerjaan dan mencapai suatu tujuan bisnis, adalah dengan cara mengelola atau manajemen yang baik. Salah satu bagian dalam sistem manajemen adalah perencanaan yang matang (well preparation). Agar teman-teman para karyawan dan pengusaha mampu merencanakan dengan baik, maka teman-teman perlu memiliki kemampua perencanaan (planning skills)

 anda-harus-meningkatkan-kemampuan-perencanaan-planning-skills-finansialku

[Baca Juga : 16 Skills yang Harus Dikuasai untuk Sukses di Abad ke 21]

 

Kemampuan perencanaan (planning skills) adalah kemampuan yang membantu Anda untuk melihat ke depan dan mencapai tujuan Anda tanpa mengalami kesulitan emosional, finansial, sosial hingga fisik. Kemampuan ini juga membantu anda dalam membuat keputusan dan mengimplementasikannya. Menurut Dan Power, seseorang dengan kemampuan perencanaan yang baik patut memiliki 7 kompetensi ini:

  1. Mengumpulkan fakta (analisa dan pengartian data dan situasi)
  2. Mendiagnosa masalah dan mengidentifikasi sebab yang relevan
  3. Memprediksi dan melakukan proyeksi (forecast)
  4. Mengetahui tujuan dan mengidentifikasi cara yang harus ditempuh
  5. Mengevaluasi dan membandingkan cara yang harus ditempuh
  6. Berkomunikasi
  7. Mengimplementasikan aksi dan memonitornya

 

Manfaat Kemampuan Perencanaan

Perencanaan adalah bagian besar dan penting dalam kehidupan dan bisnis. Sebut saja Anda sebagai karyawan; tentunya akan diberi tugas dan tanggung jawab oleh atasan. Mempunyai perencanaan yang baik dapat membantu Anda untuk bekerja lebih terorganisir dan mengatur setiap pekerjaan agar lebih berkualitas. Selain pada kehidupan karir, kemampuan tersebut juga berguna pada kehidupan sosial dan pribadi Anda.

 21-skill-yang-harus-dimiliki-jika-ingin-menjadi-orang-sukses-di-abad-21-finansialku

[Baca Juga : 11 Skills yang Harus Dimiliki oleh Management Trainee]

 

Bagi Anda yang mempunyai usaha sendiri, kemampuan perencanaan penting untuk berbagai tahapan, seperti pada tahap awal perencanaan bisnis (business planning), tentunya investor dan kreditor akan lebih rela memberikan dana setelah Anda membuat rencana bisnis anda yang menerangkan ke mana tujuan bisnis, serta bagaimana cara mencapainya. Melalui kemampuan perencanaan yang baik pula, Anda dapat mengkontrol pemasukan serta pengeluaran bisnis.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Perencanaan?

Banyak dari para pelaku bisnis atau pegawai yang merencanakan sesuatu hanya melalui perkataan mereka tanpa adanya implementasi yang relevan. Untuk itu, terdapat beberapa cara agar kemampuan perencanaan (planning skills) Anda dapat meningkat.

 

#1 Selalu luangkan waktu Anda untuk melakukan perencanaan

Jangan pernah mengatakan sibuk untuk membuat perencanaan. Gunakan waktu yang Anda miliki untuk membuat perencanaan, misal malam hari sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk menyiapkan rencana untuk besok hari. Disiplinlah dalam menaati jadwal rutin tersebut dan paksalah diri anda untuk melakukan perencanaan.

Sebaiknya, Anda jangan tidak terburu-buru dalam melakukan perencanaan karena ada kemungkinan Anda akan melewati beberapa faktor penting. Jika perlu, Anda dapat mencari tempat yang lebih kondusif yang dapat membantu lebih mudah untuk focus dalam perencanaan.

 

#2 Antisipasi segala kemungkinan

Dalam menyusun rencana, Anda harus selalu siap atas segala kemungkinan. Miliki rencana B, rencana C dan rencana lainnya. Contohnya, jika Anda seorang pegawai, Anda perlu mempersiapkan diri untuk kemungkinan kerusakan materi atau pergantian tanggung jawab secara darurat. Jika Anda pebisnis, Anda harus menyediakan diri dengan kemungkinan seperti pegawai yang mogok kerja atau proyek bisnis yang gagal.

 Bagaimana Cara Pensiunan  Punya Bisnis dan Bisa Kerja dari Rumah  - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Rencana Bisnis yang Padat dan Lengkap]

 

Perencana yang baik harus mampu memanfaatkan perubahan yang timbul akibat perubahan waktu atau situasi yang tidak diketahui sebelumnya. Mereka harus mampu memprediksi dan mengembangkan rencana untuk mengatasi ketidakpastian.

 

#3 Tulislah rencana Anda

Dalam menyusun rencana, Anda harus menulis segala sesuatu yang terlintas pada pikiran Anda. Otak Anda hanya mampu menampung sebagian info, supaya Anda dapat menggunakan semua ide anda, tulislah. Untuk memudahkan Anda, ketika sedang mengembangkan rencana tersebut, tulislah aktivitas-aktivitas yang akan anda dilakukan pada kertas-kertas kecil, kemudian susunlah aktivitas tersebut sesuai dengan urutan, lalu tulis kembali pada buku rencana anda. Susunlah rencana anda dengan menggunakan Gantt Chart atau PERT Chart agar lebih terstruktur.

 

#4 Jangan lupakan faktor waktu (deadline) pada rencana Anda

Selalu masukkan waktu untuk berpikir pada rencana yang sudah dibuat, karena terkadang “faktor waktu” sering dilupakan ketika menyusun rencana. Selain waktu, Anda dapat mencatat setiap waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing aktivitas tersebut, informasi ini dapat digunakan kembali untuk perencanaan ke depannya. Perencanaan tanpa realisasi tidak berguna, oleh karena itu, selalu tetapkan batas waktu lebih cepat dari jatuh tempo yang sebenarnya.

 Ternyata, Waralaba Dapat Menjadi Wahana Ekspansi Bisnis yang Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Membuat Rencana Bisnis yang Lengkap]

 

#5 Terapkan kebiasaan perencanaan pada lingkungan Anda

Jika Anda adalah seorang wiraswasta, ada baiknya untuk mendorong pegawai Anda untuk membuat perencanaan pekerjaan mereka masing-masing dan menjelaskannya secara detail pada Anda. Sedangkan jika Anda adalah pekerja, Anda dapat menerapkan sistem perencanaan pada tim ketika menyelesaikan suatu proyek. Jika Anda terbiasa menyusun rencana kerja, pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan hasilnya pun memuaskan.

 

#6 Kemampuan mengkomunikasikan rencana adalah hal penting!

Seorang perencana yang efektif harus memiliki interpersonal dan kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk memengaruhi (secara positif) dan memberikan informasi dan keterbukaan untuk menerima hal tersebut.

karyawan-harus-punya-website-pribadi-untuk-karier-dan-personal-branding-finansialku

 [Baca Juga : Anda Perlu Memiliki Website Pribadi untuk Karir dan Personal Branding Anda]

 

Kemampuan Perencanaan (Planning Skills) adalah Hal Penting untuk Anda

Pada dasarnya, kemampuan perencanaan sangat penting untuk karir serta kelangsungan bisnis, sayangnya ada beberapa hal yang tidak dapat Anda prediksi. Hal-hal eksternal yang berhubungan dengan orang lain mungkin tidak dapat diprediksi. Oleh sebab itu Anda harus memiliki beberapa rencana kerja dan lebih fleksibel.

Kuncinya adalah dapat merubah rencana sesuai dengan kondisi yang berubah tetapi selalu membuat perencanaan. Jangan sampai Anda menyusun rencana yang tidak realistis. Contoh rencana yang tidak realistis: tidak dapat mengetahui tujuan serta langkah yang harus ditempuh untuk menemui tujuan tersebut. Kunci sukses untuk menjadi seorang yang mampu merencanakan adalah terus mencoba dan belajar dari kegagalan. Selamat mencoba.

 

Sumber Referensi

  • Wanda Thibodeaux. A Description of Planning Skills. https://goo.gl/ruUiBs
  • Dan Power. 8 Desember 2015. What Are Basic Planning Skills?. https://goo.gl/vejH94 dan https://goo.gl/meYwJA

 

Sumber Gambar :

  • Planning Skills – https://goo.gl/PFzmXo

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2016-11-12T08:54:19+00:00 November 13th, 2016|Categories: Karir|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment