facebook_pixel

11 Cara Menghemat Uang saat Mudik dan Libur Lebaran Idul Fitri 2017

Bagaimana cara menghemat uang saat mudik Idul Fitri 2017? Keluarga Ronald sedang berencana untuk pulang kampung atau libur Lebaran. Berikut ini 11 cara menghemat uang saat mudik.

 

Bagaimana Cara Menghemat Uang saat Mudik dan Libur Lebaran Idul Fitri 2017

Pemerintah telah menetapkan libur Lebaran jatuh pada hari Minggu, tanggal 25 Juni 2017. Mayoritas masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan pulang kampung untuk bertemu, bersilahturahmi dengan sanak saudara serta bermaaf-maafan. Namanya liburan pasti membutuhkan uang bukan? Oleh sebab itu, mulai dari sekarang (mumpung Anda masih memiliki cukup banyak waktu) segera lakukan perencanaan dana liburan Anda. Gunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana perjalanan liburan Anda (contoh perhitungan: perencanaan dana liburan).

 

Rencana Dana Liburan
Rencana Dana Liburan

 

Keluarga Ronald sedang membahas apa saja tips dan trik cara menghemat uang saat mudik atau libur Lebaran Idul Fitri 2017. Yuk kita ikuti diskusi singkatnya.

 

Mama Glory

Pa, sekarang mama lagi cari-cari cara menghemat uang saat kita mudik dan libur Lebaran nanti. Ni mama sudah menemukan beberapa tips-nya.

Papa Ronald

Menarik ini, coba mama jelaskan tips dan trik-nya cara menghemat uang saat libur Lebaran nanti.

 

Mama Glory

Begini pa, 5 cara menghemat uang saat mudik nanti.

#1 Booking Hotel Mulai dari Sekarang

Cara menghemat uang saat mudik adalah booking hotel sekarang juga, karena masih ada banyak pilihan hotel. Kalau mama pesan sekarang, berarti mama bisa memilih hotel yang sesuai dengan anggaran kita. Semakin mepet hari H, biasanya hotel-hotel sudah penuh dan pilihan mama terbatas. Memesan hotel dari sekarang sebenarnya tidak mempengaruhi harga, karena harga hotel di daerah-daerah cenderung akan naik pada saat libur Lebaran.

11 Cara Menghemat Uang saat Mudik dan Libur Lebaran Idul Fitri 2017 - Finansialku

[Baca Juga: Save Your Trip! Liburan ke Wakatobi Yuk]

 

#2 Persiapkan Kendaraan dari Sekarang

Kita sudah memutuskan akan libur Lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi, jadi mama tidak perlu memesan transportasi lainnya. Kalau kita pergi liburan ke luar negeri, sebaiknya segera pesan tiket pesawat terbang dan kendaraan untuk menuju airport. Oh ya, gunakan juga manfaat dari kartu kredit seperti promo-promo di website dan air miles kartu kredit.

 

#3 Bawa Makanan dan Minuman untuk Perjalanan Pulang

Untuk menghemat pengeluaran jajan dan snack anak-anak, mama sarankan kita bawa makanan dan minuman selama perjalanan. Mama berencana akan membuat sendiri brownies dan makanan-makanan ringan untuk bekal selama perjalanan menuju kampung halaman.

Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa ya Budget Liburan ke Hong Kong?]

 

Hmm… ide bagus juga kalau masakan mama untuk oleh-oleh saudara-saudara di kampung halaman bukan? Jadi mama bisa menghemat dan memberikan makanan sehat.

 

#4 Belajar Menawar dengan Menggunakan Bahasa Daerah

Pa, nanti waktu menemani anak-anak liburan dan belanja, jangan lupa ditawar ya. Papa belajar bahasa daerah juga, agar dapat harga yang bagus. Biasanya papa kurang jago masalah tawar-menawar. Habis ini mama kasih kursus kilat buat belajar menawar ya. Hahaha…

 

#5 Manfaatkan Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran

Mama juga sudah download Aplikasi Finansialku di Google Play Store, untuk membantu kita mencatat keuangan selama libur Lebaran nanti. Dengan adanya aplikasi Finansialku, mama bisa tahu pengeluaran kita selama liburan dan memastikan anggaran tidak jebol.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Papa Ronald

Kalau papa punya cara sendiri untuk cara menghemat uang transportasi, khususnya untuk mobil kita.

 

Mama Glory

Apa aja itu pa?

Papa Ronald

Begini cara menghemat pengeluaran transportasi kita:

#1 Persiapkan Fisik Kendaraan dari Sekarang

Persiapan yang papa lakukan adalah persiapan kendaraan dari sekarang, mulai dari ban (plus ban serep), kondisi mesin (service berkala), ganti oli mesin, cek oli gardan, minyak rem, oli versnelling, isi freon AC dan lain sebagainya. Termasuk jangan lupa isi e-toll card, agar kita mengurangi pengeluaran uang kontan. Semuanya papa siapkan terlebih dahulu.

Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Mobil Progresif, Bagaimana Cara Perhitungannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Mobil Progresif, Bagaimana Cara Perhitungannya?]

 

Biasanya kalau papa mau menggunakan supir, maka papa harus buat janji terlebih dahulu. Biasanya kalau mepet-mepet hari H, tidak banyak supir yang ready. Mereka lagi dipakai untuk mengantarkan keluarga-keluarga lain.

 

#2 Pelajari Jalur Mudik plus Jalur Alternatif

Rencana papa mau pakai GPS selama perjalanan, tapi papa tetap pelajari rute-rute alternatif. Papa juga perlu menyiapkan power bank dan kuota yang cukup besar, agar tidak perlu repot-repot di jalan nanti. Ma, ini papa juga sudah lihat-lihat rest area yang bisa kita datangi. Papa berusaha menghindari jalur-jalur yang padat dan macet. Semoga tidak ada perbaikan jalan atau jembatan rusak pada saat nanti kita lagi liburan ya.

Sangat disayangkan jika bahan bakar terbakar karena macet-macetan di jalan. Kalau ada jalan alternatif yang lebih kosong, kenapa tidak?

 

#3 Menyetir Ala Eco Driving dan Safety Driving

Ini yang keren papa sudah persiapkan eco driving dan safety driving, yang terdiri dari:

  • Mengantisipasi kepadatan jalan.
  • Menjaga kecepatan tetap stabil dengan RPM yang rendah.
  • Pindah gigi lebih awal, terlebih jika mencapai 2.000 RPM.
  • Melakukan pengecekan tekanan ban sebelum perjalanan.
  • Menggunakan AC secukupnya, tidak perlu sampai beku kedinginan. Paling penting orang-orang didalam masih tetap nyaman dan tidak kedinginan.

 

#4 Menggunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi untuk Memperlancar Pembakaran

Papa juga baca beberapa artikel di internet yang menyarankan pakai bahan bakar oktan tinggi. Oktan tinggi, sebenarnya memperlancar pembakaran sehingga bahan bakar yang digunakan lebih efektif.

 

#5 Asuransi Kendaraan

Papa juga cek kembali polis asuransi mobil. Namanya perjalanan panjang dan jauh pasti ada risiko-risiko terjadinya tabrakan. Nasib kendaraan di jalan ya kalau ga nabrak, ya ditabrak. Daripada kita keluar uang besar untuk ngurus penyok-penyok lebih baik kita beli asuransi perjalanan.

Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga 03 - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik]

 

#6 Jangan Banyak Bawa Barang

Mama, kita jangan terlalu bawa banyak barang ya. Kita kan pergi berempat, sebisa mungkin 3 koper saja cukup. Lain-lainnya termasuk oleh-oleh mama bawa secukupnya saja. Kalau perlu oleh-oleh kita kirimkan terlebih dahulu lewat paket sebelum hari H.

Mama Glory

Meskipun mama sudah memiliki perencanaan dana liburan dan anggaran liburan, tapi lebih lengkap kalau kita bisa berhemat bukan:

Papa Ronald

Mama memang istri yang hebat, bisa bantu menghemat pengeluaran keluarga. Semoga anggaran kita tidak jebol ya, libur Lebaran Idul Fitri 2017 ini.

Mama Glory

Terima kasih papa.

 

Sudahkah Anda Mempersiapkan Anggaran Sebelum Berlibur?

Sebagai perencana keuangan, Finansialku.com mengingatkan agar Anda memiliki rencana liburan dan anggaran liburan. Liburan adalah sebuah kebutuhan (needs) untuk mayoritas orang, terlebih libur di momen-momen Idul Fitri 2017. Jangan sampai Anda mengajukan pinjaman KTA, pinjaman dana cepat, utang koperasi atau liburan mengandalkan kartu kredit.

 

Mulailah mempersiapkan keuangan Anda, karena masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan dana liburan Anda. Selamat mempersiapkan dana liburan Anda dan semoga Libur Lebaran Idul Fitri 2017 Anda dapat berjalan aman, selamat dan tidak merusak keuangan Anda.

 

Menurut Anda, mengapa kita sebaiknya liburan tanpa utang atau pinjaman? Silakan share pengalaman atau pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

Sumber Gambar:

  • Arus Mudik – https://goo.gl/oH2LFF
  • Karakter Keluarga Ronald adalah courtesy dari www.Freepik.com people avatar 761436. Anda dapat men-download karakter-karakternya di www.Freepik.com.

 

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

[/fusion_builder_column]

By | 2017-07-10T08:25:43+00:00 May 21st, 2017|Categories: Keuangan Keluarga, Travelling|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download