14 Perilaku Pemimpin yang Wajib Anda Contoh Jika Mau Sukses

Perilaku dan kebiasaan para pemimpin sukses tentu berbeda dengan orang biasa. Apa saja itu?

Simak 14 perilaku yang wajib untuk dicontoh jika ingin menjadi pemimpin yang sukses melalui artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Be a Great and Inspiring Leader

“Leadership is based on a spiritual quality; the power to inspire, the power to inspire others to follow.” -Vince Lombardi

“Kepemimpinan didasarkan pada kualitas spiritual, kekuatan untuk menginspirasi, kekuatan untuk mengilhami orang lain untuk mengikuti.” -Vince Lombardi

 

Apa yang membuat seorang pemimpin begitu menginspirasi orang lain?

Kemampuan untuk menginspirasi orang dalam mencapai tingkat kinerja dan kesuksesan yang hebat adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh para pemimpin.

Terlalu sedikit pemimpin yang mampu menunjukkan kualitas yang paling dicari karyawan pada orang yang mereka anggap sebagai pemimpin mereka. Inilah kualitas yang dicari oleh karyawan untuk diikuti.

Banyak pemimpin senior berharap bahwa karyawan akan mengikuti mereka karena gelar mereka, kepemilikan perusahaan mereka, atau posisi jabatan mereka dalam hierarki organisasi. Dan sejujurnya, banyak karyawan yang mengikuti pemimpin karena alasan ini.

Tapi, itu bukan berarti bahwa pemimpin tersebut menjadi pemimpin yang layak didukung karena kualitasnya yang menginspirasi para karyawannya.

 

Perilaku Pemimpin Sukses

The key to successful leadership today is influence, not authority. -Ken Blanchard

Kunci keberhasilan dalam kepemimpinan saat ini adalah tentang pengaruh, bukan tentang kekuasaan yang Anda miliki. -Ken Blanchard

 

Apa saja kualitas perilaku pemimipin yang seyogianya mereka lakukan? Berikut ini daftarnya jika Anda mau menjadi pemimpin hebat yang sukses:

 

 #1 Haus Untuk Belajar

Tahukah Anda bahwa salah satu ciri dari ilmu pengetahuan adalah bersifat verifikatif. Sebuah ilmu

Sebuah ilmu pengetahuan dalam perkembangannya bisa dikaji ulang dan diteliti, bisa saja akan menghasilkan kebenaran yang berbeda dari yang telah dihasilkan sebelumnya.

Jika Anda mengetahui tentang teori Generatio Spontanea yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati, Louis Pasteur pada masanya berhasil menemukan bukti baru melalui percobaannya, sehingga tumbanglah teori tersebut dan berlakulah teori Biogenesis sampai saat ini.

Perilaku-Pemimpin-Sukses-2-Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Salah satu perilaku pemimpin yang sukses adalah mau untuk terus belajar dan membuka pikiran akan segala ilmu pengetahuan yang baru dan menelaah kebenarannya sehingga tetap memegang nilai-nilai kebenaran yang benar dan mampu menginspirasi banyak orang terutama para pengikutnya.

Bayangkan saja jika pemimpin yang Anda ikuti seperti “katak di bawah tempurung” yang tidak terbuka dengan pengetahuan baru dan bisa dikatakan sebagai pemimpin yang “kuno”.

Para pemimpin yang haus akan belajar, mereka akan membagi waktu mereka untuk mengembangkan diri dengan berbagai ilmu baru, baik secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada bisnis atau usahanya.

 

#2 Pendengar yang Efektif

Pemimpin memang sudah seharusnya memimpin dan mengatur, namun terkadang, mendengar adalah perilaku yang jarang dihiraukan untuk menjadi perhatian khusus sebagai seorang pemimpin.

Pemimpin besar yang sukses juga mau menjadi pendengar yang efektif atas setiap keluhan, kritikan, masukan dan ide yang ia dapatkan tidak hanya dari para pelanggan, klien, bahkan dari para bawahan mereka yang mungkin memiliki pemikiran dan pengalaman yang berbeda.

Memiliki jabatan lebih tinggi bukan berarti memiliki pengalaman tak tertandingi.

Memiliki posisi yang lebih hebat belum tentu memiliki strategi yang lebih mantap.

Itulah pentingnya mendengar dan tidak ada salahnya mendengar setiap masukan bahkan kritikan, itu semua akan memberi inspirasi dan juga keputusan yang lebih tajam.

 

#3 Melihat dari Berbagai Perspektif yang Berbeda

Perspektif yang berbeda tentunya tidak akan jauh daripada kemampuan dan kemauan untuk mau belajar, belajar, belajar (poin 1) dan juga kerendahhatian untuk mau mendengar masukan ide dari orang lain.

Dengan demikian, pemimpin akan memiliki kemampuan dalam melihat dalam berbagai perspektif yang berbeda.

Menimbang keputusan, menentukan arah tujuan perusahaan atau organisasi, memberikan instruksi, bahkan menyelesaikan konflik antar personal dari karyawan juga dapat ia lakukan dengan jitu.

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

#4 Memandang Gambaran Luas dari Sebuah Masalah

Setiap hari tentu akan ada masalah yang harus diselesaikan, termasuk para pemimpin.

Entah itu permasalahan yang belum terselesaikan, maupun masalah yang akan datang.

Seorang pemimpin besar mampu memandang gambaran luas dari sebuah masalah dan mencari peluang sekecil apapun untuk dapat setidaknya meminimalkan dampak dari masalah itu. Mencari win win solution juga salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh para pemimpin besar.

 

#5 Belajar dari Setiap Pengalaman

Pengalaman mengajarkan segalanya, keuletan dan kegigihan serta tetap bertahan ketika keadaan paling sulit bahkan kerendahhatian serta tidak cepat puas saat keberhasilan sedang menjadi tamu agung Anda.

Tidak ada pemimpin sukses yang terlahir dengan cara yang instan. Proses kehidupan, naik turun, untung rugi, kegembiraan dan bahkan kekecewaan selalu menjadi ritme dan dinamika yang mewarnai perjalanan kesuksesan seorang pemimpin.

Hanya orang yang ulet dan terus berusaha mencari peluang bahkan dalam kondisi paling terpuruk, merekalah yang mampu mengibarkan bendera kemenangan di atas puncak perhelatan kesuksesan.

Tahukah Anda Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik dan Bijaksana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

#6 Konsisten dalam Memperluas Jaringan Relasi

Sebuah pohon tidak akan mampu bertahan dalam terpaan badai sekenang apapun, kecuali ditopang oleh akar dari pohon lain yang juga memiliki ketinggian dan kekuatan yang hampir sama dengannya

Demikian juga kesuksesan setiap orang tidak terlepas dari orang-orang di sekitarnya yang juga turut andil dalam keberhasilannya.

Relasi sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang yang sukses, apapun usaha Anda bahkan seorang pemimpin sekalipun sangat membutuhkan relasi dan hubungan komunikasi dengan berbagai kalangan, selain untuk mengasah kemampuan dan juga menambah pengalaman dari berbagai ide gagasan yang berbeda, mereka dapat saling menopang ketika ada masalah berskala besar yang harus dihadapi bersama.

 

#7 Fokus & Tak Mudah Terganggu

Ketika dituntut untuk menyelesaikan sebuah persoalan, pemimpin hebat akan dengan fokus mencurahkan seluruh perhatiannya untuk terselesaikannya hal tersebut hingga beres.

Setiap gangguan hanya menjadi masalah yang sepele yang tidak membuatnya terdistraksi untuk membuatnya tidak fokus bahkan terhenti untuk mengerjakan tanggung jawabnya.

 

#8 Tantangan Dianggap Sebagai Kawan

Masalah yang datang dari manapun akan dihadapi. Pemimpin besar menganggap setiap masalah adalah sebuah tantangan yang memang harus ia hadapi agar mencapai titik level yang semakin tinggi dan mampu menambah pengalaman agar semakin menjadi pribadi lebih sukses.

 

#9 Beritikad Meningkatkan Kualitas Para Pengikut

Tak banyak pemimpin yang mau para bawahannya menjadi pribadi yang semakin pintar, berpengalaman dan semakin maju.

Pemimpin demikian akan merasa terancam ketika bawahan mereka ternyata memiliki kemampuan lebih dari dirinya.

Tidak demikian bagi pemimpin besar yang menjadi inspirasi dan panutan. Ia menyadari bahwa setiap orang memiliki kemampuan masing-masing dan tidak ada yang mampu bertahan sendiri tanpa adanya kerja sama.

6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Para pemimpin besar bahkan akan sangat senang ketika memiliki anggota tim yang lebih kompetan dari dirinya, ini akan lebih memudahkannya melakukan tugasnya dan juga membagi tugas serta koordinasi yang lebih efektif demi kemajuan organisasi atau perusahaan yang ia pimpin.

Selain itu, mereka senang untuk memfasilitasi para bawahan untuk dapat semakin maju dengan meng-upgrade mereka melalui pelatihan, seminar dan juga pendampingan agar mereka semakin expert dalam bidang yang mereka kuasai demi tercapainya tujuan bersama dalam organisasi.

 

#10 Visi yang Menjadi Haluan Utama

Tidak ada yang akan mengikuti pemimpin yang tidak memiliki visi yang jelas dalam mengarahkan tujuan kepemimpinannya. Mungkin ada, tetapi mereka tidak akan bertahan lama.

Visi yang jelas memungkinkan para pengikut mendapatkan arahan kerja dan juga panutan yang lugas.

 

#11 Percaya Diri

Bimbang dalam menentukan arahan, tujuan dan juga keputusan akan menjadi batu sandungan bagi dirinya dan juga orang yang ia pimpin.

Percaya diri timbul dari kejelasan visi, kejernihan berpikir dan berbagai ide dan gagasan yang telah tersaring melalui pengujian dan juga kemampuan berpikir yang logis.

Tidak mudah dalam mempertahankan sebuah keputusan yang didasarkan secara objektif bukan karena posisi atau jabatan semata.

Namun para pengikut akan melihat dan menilai dari sisi yang berbeda, apakah Anda melakukan dengan kepercayaan diri atau pemaksaan diri oleh karena otoritas posisi yang Anda miliki.

 

#12 Mampu Memberi Energi Positif Bagi Orang Lain

Tak selamanya mood seseorang selalu dalam keadaan yang positif. Dengan tingkat stres yang semakin tinggi, terutama di kota besar dan juga persaingan usaha yang semakin sengit, tak jarang mood kerja jadi up and down.

Para pemimpin yang kreatif dan menginspirasi mampu membawa energi positif bagi orang-orang di sekitarnya yang sedang mengalami penurunan efektivitas kerja karena berbagai masalah termasuk mood yang sedang tidak baik.

Tahukah Anda Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik dan Bijaksana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

 

Energi yang positif mampu memberi stimulus yang baik bagi mereka untuk semakin bekerja dengan giat.

Ketika anggota tim merasa sedang dalam keadaan yang stagnan, pemimpin kreatif bisa memiliki ide untuk mengajak mereka melakukan brain storming atau meeting di tempat terbuka dengan suasana baru yang dapat menurunkan tingkat stres dan kepenatan.

Selain itu, merasayakan ulang tahun salah satu anggota tim juga bisa memberi angin segar dan juga semangat tersendiri bagi para karyawan untuk dapat semakin bekerja lebih giat.

 

#13 Tahan Uji dalam Masalah yang Pelik

Winner never quit.

Seorang pemenang tidak akan pernah berpikir untuk lari dari masalah.

Seperti poin sebelumnya dimana setiap tantangan dianggap sebagai kawan, para pemimpin tidak pernah lari dari setiap tantangan yang memang harus mereka hadapi.

Ketahanan uji akan setiap masalah tersebut kaan membuatnya semakin kuat dan mampu melewati level masalah berikutnya yang lebih pelik.

 

#14 Seimbang dalam Keluarga & Pekerjaan Kantor

Masalah pribadi kerap menjadi beban yang terbawa hingga ke kantor atau bahkan sebaliknya.

Pernahkah Anda melakukannya? Sadar ataupun tidak, setiap orang pasti pernah melakukannya, setidaknya terpikirkan saat sedang di rumah atau di kantor.

Pemimpin besar mampu memilah dan menempatkan diri serta bagaimana bertindak sesuai dengan lingkungan yang sedang ia hadapi.

 

Integritas Memainkan Perannya

Leadership is not about a title or a designation. It’s about impact, influence and inspiration. Impact involves getting results, influence is about spreading the passion you have for your work, and you have to inspire team-mates and customers. -Robin S. Sharma

Kepemimpinan bukan mengenai sebuah gelar atau sebutan. Ini mengenai sebuah dampak, pengaruh dan juga inspirasi. Dampak melibatkan hasil yang diraih, pengaruh adalah tentang menyebarluaskan hasrat yang Anda miliki dalam pekerjaan Anda, dan Anda harus memberi inspirasi kepada anggota tim dan juga pelanggan Anda.  -Robin S. Sharma

 

Salah satu yang terpenting untuk menjadi pemimpin sukses yang menginspirasi adalah integritas pemimpin tersebut.

Visi dan passion dari pemimpin itu memang penting, tapi para pengikut Anda harus mempercayai Anda jika Anda ingin mereka terinspirasi melalui sikap dan perilaku Anda. Mereka harus percaya pada integritas Anda dan melihatnya melakat pada diri Anda dalam setiap keputusan dan perlakuan terhadap para klien dan juga karyawan atau bawahan.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Haris Aji Hogantoro. 18 November 2014. 15 Perilaku Seorang Pemimpin Besar yang Bisa Ditiru. Mebiso.com – https://goo.gl/kNHL2A
  • Susan M. Heathfield. 20 Agustus 2017. Leadership Inspiration – Find Out What Makes a Leader Inspirational to People. Thebalance.com – https://goo.gl/dXtra8
  • Surani Ulfa. Sifat dan Ciri Ilmu Pengetahuan. – https://goo.gl/yMm2Ae

 

Sumber Gambar:

  • Perilaku Pemimpin Sukses – https://goo.gl/9A9ynN
  • Perilaku Pemimpin Sukses 2 – https://goo.gl/oeY7DK

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
14 Perilaku Pemimpin yang Wajib Anda Contoh Jika Mau Sukses
Article Name
14 Perilaku Pemimpin yang Wajib Anda Contoh Jika Mau Sukses
Description
Perilaku dan kebiasaan para pemimpin sukses tentu berbeda dengan orang biasa. Apa saja itu?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment