Tahukah Anda bahwa para pengelola toko sudah menyiapkan sederet trik untuk membuat Anda menghabiskan banyak uang saat berbelanja?

Bahkan, musik yang Anda dengarkan saat berbelanja sudah dipikirkan secara matang-matang oleh mereka.

Apa lagi kalau bukan untuk merogoh kocek Anda lebih dalam? Ayo, kenali beberapa siasat itu sekarang supaya Anda tidak terjebak ke depannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Toko Meraih Anda

Pengelola supermarket, minimarket, butik, atau toko online pasti memiliki tujuan yang sama, yaitu memperoleh keuntungan.

Untuk itu, sang pengelola sudah memutar otak agar banyak konsumen mengunjungi toko dan bersedia membeli.

Agar tetap bisa mempertahankan kesehatan keuangan, ada baiknya Anda mengenali beberapa siasat yang diterapkan para pengelola toko berikut ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Mengecat Dinding dengan Warna Soft

Warna cokelat atau jingga dapat memicu rasa bahagia Anda. Pengelola toko berpikir Anda akan lebih betah berbelanja jikalau Anda bahagia.

Di samping itu, warna-warna ini juga memberikan kesan hangat sehingga Anda tertarik untuk masuk ke dalam toko.

 

#2 Meletakkan Produk Berwarna Mencolok Pada Etalase Depan

Banyak penelitian telah menyimpulkan bahwa konsumen cenderung tertarik pada produk dengan warna mencolok.

Coba ingat-ingat lagi, warna apa yang lebih dulu Anda lihat di etalase depan?

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#3 Menyediakan Produk Beraroma di Dekat Pintu Masuk

Sama halnya dengan warna, wewangian bisa menstimulus rasa bahagia Anda. Jika aroma itu berasal dari makanan, selera makan Anda bisa tiba-tiba meningkat.

 

#4 Memasang Papan ‘SALE’

Trik ini selalu berhasil menarik minat pengunjung untuk masuk ke dalam toko. Anda bisa jadi salah satunya. Padahal awalnya, Anda tidak ingin berbelanja di toko itu, kan?

 

#5 Menyediakan Kereta Belanja yang Besar

Adanya kereta belanja memang sangat memudahkan konsumen dalam berbelanja.

Namun, hati-hati dengan kereta belanja yang besar. Anda baru sadar penuh saat barang-barang di dalamnya sudah mencapai permukaan.

Trik yang Dilakukan Toko 02 Belanja 2 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lebih Baik Belanja Mingguan atau Bulanan?]

 

#6 Mempekerjakan Pramuniaga yang Super Ramah

Jangan buru-buru terbawa emosi. Ingat lagi tujuan belanja Anda yang sebenarnya, yaitu membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan. Kalau tidak, Anda akan terjebak pada trik nomor 7.

 

#7 Menawarkan Produk Lainnya

Misalnya Anda hanya membutuhkan kemeja, sisihkan rasa bersalah Anda sejenak untuk menolak celana yang ditawarkan sang pramuniaga setelahnya.

 

#8 Menciptakan Suasana Mewah dan Elegan

Pengelola toko ingin menawarkan sensasi unik kepada Anda dengan menjadi bagian dari barisan para ‘konsumen high class‘. Harga menjadi tidak terlalu penting lagi bagi Anda.

 

#9 Memainkan Musik Bertempo Sedang

Sadar atau tidak, langkah Anda akan menjadi lebih lambat saat mendengarkan musik seperti ini. Anda menjadi lebih betah dan lupa waktu sehingga Anda berbelanja lebih banyak dari seharusnya.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#10 Menawarkan Free Sample

Biasanya, konsumen yang sudah mencicipi free sample merasa tidak enak kalau tidak membeli produk utuhnya. Alangkah lebih baik kalau Anda menolak tawaran jenis ini sedari awal.

 

#11 Memasang Tulisan “EDISI TERBATAS”

Pengelola toko menginginkan Anda merasa spesial dengan membeli produk spesial. Akhirnya, Anda membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

 

#12 Memperhatikan Jarak Pandang Konsumen

Konsumen cenderung melewatkan produk-produk yang diletakkan di bawah jarak pandangnya, padahal pengelola toko telah meletakkan produk dengan harga lebih rendah di tempat tersebut.

Trik yang Dilakukan Toko 03 Belanja 3 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Agar Uang Belanja Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan?]

 

#13 Memasang Harga Tanggung

Anda pasti sering melihat harga produk dengan nominal tanggung, seperti Rp199.999.

Konsumen lebih tertarik pada nominal seperti ini karena angka pertama yang konsumen lihat biasanya sangat menentukan pengambilan keputusan.

 

#14 Stok Baru, Harga Baru

Pengelola toko biasanya akan mengakali produk yang tidak laku karena dinilai mahal dengan menawarkan stok baru pada harga lebih tinggi.

Dengan demikian, konsumen tidak beranggapan lagi produk lama tersebut mahal dan bersedia membelinya.

 

#15 Menyediakan Produk “Gratis”

Bisa dibilang kata “gratis” merupakan kata ajaib untuk menarik perhatian pengunjung toko, seperti ‘Beli 1 Gratis 1’. Padahal produk tersebut tidak benar-benar diperlukan oleh calon konsumen.

 

#16 Meletakkan Snack Dekat Kasir

Produk-produk yang diletakkan di dekat kasir biasanya snack berukuran kecil atau sekedar minuman pelepas dahaga sehingga Anda tidak butuh usaha lebih untuk meraihnya.

 

#17 Menempatkan Kebutuhan Pokok di Belakang

Banyak produk menarik ditempatkan di sepanjang jalan menuju bagian kebutuhan pokok di dalam toko. Pengelola berharap Anda mengisi keranjang belanja terlebih dahulu dengan produk-produk tersebut.

 

#18 Penataan Barang yang Berubah-ubah

Efek dari trik ini adalah Anda menjadi perlu berkeliling toko untuk mencari produk yang Anda ingini, tetapi tergoda untuk membeli produk yang Anda lewati. Anda menjadi tidak lagi fokus dengan daftar belanja Anda.

Trik yang Dilakukan Toko 04 Belanja 4 - Finansialku

[Baca Juga : Para Karyawan, Simak Rahasia Ini Agar Anda Tahu Cara Hemat Belanja di Supermarket]

 

#19 Menawarkan Bonus Kartu Kredit

Anda bisa saja mendapat banyak bonus dari penggunaan kartu kredit, tapi tak disangka Anda sudah menghabiskan banyak uang untuk keperluan yang sebenarnya tidak mendesak.

 

#20 Targeted Ads, E-Mail Newsletters, dan Subscriptions

Beberapa iklan secara khusus ditujukan kepada Anda karena sebelumnya Anda sudah menunjukkan minat pada produk tersebut. Berbagai tawaran menarik dalam waktu terbatas juga diinfokan kepada Anda melalui e-mail dan notifikasi.

 

#21 Menawarkan ‘Gratis Ongkir

Bagi Anda yang lebih suka berbelanja online, jangan terlalu cepat bahagia saat melihat produk tanpa ongkos kirim. Anda perlu lebih jeli memperhitungkan harga yang ditawarkan.

Anda bisa terjebak pada kata ‘gratis’ tersebut padahal uang yang Anda keluarkan sama saja, bahkan bisa jadi lebih banyak.

 

#22 Menyediakan Fasilitas Refund

Fasilitas ini biasanya tersedia di toko online yang sudah kredibel. Jika tidak menyukai produk yang Anda beli di toko seperti ini, Anda dapat mengembalikannya dan mendapatkan kembali uang Anda.

Kenyataannya, konsumen seringkali terlanjur puas saat mencoba produk yang dibelinya sehingga refund jarang terealisasi.

 

Fokus pada Daftar Belanja Anda

Kebanyakan dari trik toko di atas tidak disadari keberadaannya oleh para pengunjung. Mereka terkecoh dan berakhir dengan menghabiskan lebih banyak uang untuk berbelanja daripada yang seharusnya.

Jikalau Anda tidak mau menjadi salah satu dari mereka, mulailah membiasakan diri untuk mempersiapkan daftar belanja Anda sebelum pergi ke toko.

Selanjutnya, abaikan segala kenyamanan yang ditawarkan toko dan fokuslah pada daftar belanja yang telah Anda buat tersebut. Anda bisa mencatat pengeluaran belanja Anda di Aplikasi Finansialku. Download di Google Play Store dan daftar sekarang juga, ya!

 

Setelah membaca artikel ini, Anda tidak akan terjebak oleh siasat-siasat tadi karena Anda tahu bahwa Anda harus fokus pada daftar belanja Anda.

Sebarkan informasi ini sehingga orang lain bisa merasakan manfaat yang Anda rasakan juga.

 

Sumber Referensi:

  • Jessica Tyler. 23 Juni 2018. 27 Tricks Stores Use to Get You to Spend More Money. TIME.com – https://goo.gl/D1NNXu
  • Nadira Ma’rifa. 11 Agustus 2014. Trik-Trik Licik dalam Pemasaran yang Sering Menjebak Anda. Hipwee.com – https://goo.gl/YEx1tc

 

Sumber Gambar:

  • Belanja 1 – https://goo.gl/GdeDpA
  • Belanja 2 – https://goo.gl/XtRvQi
  • Belanja 3 – https://goo.gl/hzcgYz
  • Belanja 4 – https://goo.gl/bgAqPV