Bagaimana cara bertahan hidup dengan keuangan seadanya di tanggal tua tanpa harus menyiksa diri? Kantong kering di saat bulan tua itu sudah pasti. Yang terpenting jangan sampai Anda kehabisan akal untuk mensiasatinya.

Disini ada beberapa tips bertahan di tanggal tua agar Anda tidak kalang kabut tiap bulannya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

Duit Menipis, Ini Tips Bertahan Hidup di Tanggal Tua

Tanggal tua menjadi saat yang paling menakutkan, bagi para karyawan. Dalam hal keuangan, inilah periode dimana Anda akan merasakan kesulitan finansial, berupa menipisnya uang belanja.

Jika di awal bulan Anda dapat dengan mudahnya mengeluarkan uang untuk belanja barang ini dan itu, di akhir bulan justru sebaliknya. Anda dipaksa untuk menekan pengeluaran seminimal mungkin yang artinya Anda harus berhemat.

Inilah yang lazim dilakukan sebagian besar orang saat tanggal tua.

Saat tanggal tua tiba, ada saja yang dilakukan agar dapat bertahan hidup. Meski terlihat memprihatinkan cara ini banyak dilakukan agar tetap dapat bertahan hidup. Misalnya saja dalam konsumsi makanan sehari-hari.

Orang yang hidup di tanggal tua, khususnya karyawan atau mahasiswa, akan menerapkan diet yang tidak biasanya dilakukan pada hari-hari normal.

Seperti sarapan dengan kari ayam, kemudian makan siangnya dengan soto sedangkan makan malamnya dengan ayam bawang. Tetapi tunggu dulu, itu hanyalah rasa yang disertakan dalam mie instan.

Inilah yang biasanya dilakukan kebanyakan orang saat dompet menipis di tanggal tua.

Cara Mengubah Kebiasaan Buruk, yang Perlu Segera Dipraktekkan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengubah Kebiasaan Buruk, yang Perlu Segera Dipraktekkan]

 

Bisa dikatakan, tanggal tua merupakan saat dimana kekosongan uang saku melanda. Di situasi yang seperti ini, mereka cenderung melakukan pengiritan ekstrem seperti dengan mengkonsumsi mie instan 3 kali sehari.

Ada juga yang rela memangkas jatah makan hanya sekali sehari demi keberlangsungan hidup mereka. Memang, cara penghematan semacam ini sah-sah saja untuk bertahan hidup tetapi jika terus-menerus kan tidak baik efeknya untuk kesehatan.

Jika Anda ingin agar tanggal tua Anda tetap dapat hidup tanpa harus berhemat ekstrem sebagaimana contoh-contoh yang telah disebutkan sebelumnya, berikut ini ada beberapa tips bertahan hidup di tanggal tua yang perlu Anda coba.

 

#1 Kurangi Pengeluaran untuk Jajan

Bagi sebagian besar orang, jajan merupakan kebiasaan yang sulit untuk dilepaskan. Namun, tunggu dulu, jangan biarkan kebiasaan jajan tersebut berlanjut di tanggal tua.

Boleh saja jajan, tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan ya. Jangan disamakan dengan hari-hari biasa lainnya karena Anda berada dalam masa-masa penghematan.

Prioritaskan kebutuhan pokok seperti makan sehari-hari dan kebutuhan lainnya. Kurangi kebiasaan jajan, kalau bisa dihentikan karena sejatinya jajan bukanlah kebutuhan tetapi keinginan.

Intinya, Anda pastikan terlebih dahulu kebutuhan hidup Anda terpenuhi, baru Anda bisa memikirkan untuk jajan kembali.

Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga: Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera]

 

#2 Masak Makanan Sendiri

Bagi Anda yang telah terbiasa memasak untuk makan sehari-hari Anda, itu artinya Anda telah menerapkan tips bertahan hidup di tanggal tua.

Memasak memang jauh lebih hemat dari pada membeli makanan di warung. Selain itu juga Anda bisa lebih kenyang karena bisa mengambil nasi atau lauk lebih banyak tanpa memikirkan akan habis berapa rupiah untuk dibayarkan ke kasir.

Di hari-hari normal, uang makan Anda mungkin Anda habiskan untuk menikmati hidangan di warung langganan Anda.

Karena ini tanggal tua, mulailah memasak dengan cara mengecek bahan makanan apakah kualitasnya layak atau tidak, masih segar atau sudah busuk. Minyaknya pun begitu, perlu dicek kesegarannya dan pastikan bukan minyak jelantah (minyak bekas goreng) yang telah hitam.

Adapun bahan masakan sayur sop yang bisa Anda beli seharga hanya Rp10 ribu di pasar. Ini sudah cukup untuk makan tiga kali dalam sehari lho.

Apakah Biaya Hidup di Bandung 10% Lebih Murah dari Biaya Hidup di Jakarta - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Biaya Hidup di Bandung 10% Lebih Murah dari Biaya Hidup di Jakarta?]

 

#3 Menghabiskan Waktu di Rumah

Memiliki banyak teman memang asyik saat Anda butuh hiburan dan ingin jalan. Namun, Anda harus sadar bahwa ini sedang tanggal tua dan tolaklah setiap ajakan teman Anda untuk nongkrong atau jalan ke tempat-tempat tertentu.

Agenda semacam ini sangat tidak bersahabat dengan kondisi dompet Anda karena untuk sekali jalan pasti butuh ongkos dan tentu uang jajan.


Kalau ditraktir dan ongkos-ongkos ditanggung teman Anda sih tidak masalah, tetapi bagaimana jika tidak?

Tenang, Anda bisa kok menciptakan agenda yang tak kalah serunya di rumah sendiri tanpa harus keluar. Salah satu caranya yaitu dengan menyewa DVD atau nonton film koleksi yang Anda miliki di dalam laptop Anda.

Ide ini sudah cukup untuk having fun tanpa harus bayar parkir, bensin dan tiket nonton di bioskop.

Mengelola  dan Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengelola dan Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku]

 

#4 Rencanakan dari Awal

Tanggal tua adalah masa dimana dompet Anda kosong dan harus mengirit. Tau penyebabnya apa?

Ya, apalagi kalau bukan pengeluaran jor-joran serta kelalaian lainnya dalam mengatur keuangan di hari-hari sebelumnya. Itu sih sudah bisa ditebak kalau setiap gajian Anda akan langsung belanja ini, itu dan sebagainya.

Tak heran jika pada akhir bulan, yang tersisa hanyalah sebatas untuk makan dengan menu yang ala kadarnya.

4 Tips Bertahan Hidup di Tanggal Tua tanpa Harus Menyiksa Diri 1 - Finansialku

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Anda Harus Mengatur Keuangan Anda

Itulah alasan betapa pentingnya pengaturan keuangan Anda sejak awal. Anda perlu mengalokasikan sekian rupiah untuk belanja kebutuhan, sekian rupiah lagi untuk tabungan dan investasi dan sisanya untuk untuk jajan atau agenda bersenang-senang lainnya.

Yang tidak kalah pentingnya yaitu untuk mengalokasikan dana guna membayar utang yang Anda miliki.

Jangan sampai utang yang seharusnya bisa Anda bayar atau bahkan lunasi pada bulan tersebut, Anda lalaikan untuk membayar atau melunasinya. Jika utang kepada teman sih masih bisa Anda tunda, tetapi kalau utang ke bank atau leasing, apa mau mereka memberi toleransi pada Anda untuk menunda pembayaran?

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Menurut Anda, agar Anda memiliki kualitas hidup keuangan Anda yang baik, apa yang sulit dalam mengatur keuangan pribadi Anda sendiri? Silakan beri pendapat dan tanggapan Anda pada kolom yang disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hardian. 23 Desember 2016. Duit Menipis, Ini Tips Bertahan Hidup di Tanggal Tua. https://goo.gl/WhJj9K

 

Sumber Gambar:

  • No money – https://goo.gl/h4vQYh
  • Hemat Uang – https://goo.gl/fhbrgR