Para perempuan Indonesia berhak untuk mencapai kebebasan keuangan, tanpa ada kecuali. Anda sebagai perempuan tentu juga ingin bisa bebas keuangan bukan? Berikut ini 5 langkah yang dapat Anda mulai jalankan. Ingat jangan lewatkan satu langkah pun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Kebebasan Keuangan itu Seperti Apa? Apakah Aku Perlu?

Kebebasan keuangan merupakan dambaan bagi banyak wanita yang telah mengerti. Wanita-wanita Indonesia yang telah teredukasi (khususnya edukasi keuangan) pastinya tahu dan setuju bahwa kebebasan keuangan itu bisa dicapai. Kebebasan keuangan atau financial freedom memang bukan hal yang bisa dicapai oleh semua orang, karena tidak semua orang mau memperjuangkan untuk mencapai kebebasan keuangan. Apakah Anda mau? Artikel ini kami buat,, spesial untuk para perempuan Indonesia yang mau mencapai kebebasan keuangan.

 5-cara-mencapai-kebebasan-keuangan-unuk-para-perempuan-indonesia-finansialku

[Baca Juga : Cara Menjadi Bagian dari 1% Orang di Dunia yang Bebas Keuangan]

 

Dengan merdeka secara finansial, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Anda tidak perlu pusing dengan keuangan lagi. Tetapi, apa itu kebebasan keuangan?

  • Kebebasan keuangan (Financial Freedom) tidak sama dengan kaya.
  • Kebebasan keuangan (Financial Freedom) lebih dari sekedar memiliki banyak uang.

 

Kebebasan keuangan (Financial Freedom) adalah kebebasan untuk menjadi siapa diri Anda sebenarnya dan melakukan hal-hal yang disukai. Dan khususnya Anda para perempuan, seringkali melakukan banyak peran dalam kehidupan, sebagai orang tua, sebagai pasangan, sebagai karyawan, sebagai teman dan lainnya.

Jika Anda ingin mencapai kebebasan keuangan, maka Anda harus menjadi orang yang berbeda dari yang sekarang. Segera hapus dan lupakan kesalahan yang dahulu Anda lakukan. Kebebasan keuangan adalah sebuah proses, perbaikan dan mencapai kekuatan spiritual dan emosional. Bagaimana caranya mencapai kebebasan keuangan?

 

5 Langkah untuk Mencapai Kebebasan Keuangan

Sebagian perempuan merasa bahwa mereka tidak dapat mencapai kebebasan keuangan, bahkan untuk bebas secara waktu saja sulit. Mereka harus bertanggung jawab untuk mengurus rumah, merawat anak-anak dan mengatur serba-serbi rumah tangga. Tetapi, sebagai ibu rumah tangga, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dapat mencapai kebebasan keuangan. Berikut adalah beberapa langkah agar anda dapat mengembangkan kekuatan finansial anda.

 

Langkah #1: Ubah Mindset Anda

Mind controls everything, pernyataan ini sangat relevan sebagai langkah pertama untuk menuju kebebasan keuangan. Anda harus mengubah pemikiran bahwa perempuan hanya ditugaskan untuk berada di rumah, mengurus anak dan menunggu uang dari suami. Mulailah hari Anda dengan membaca buku-buku keuangan (termasuk baca artikel Finansialku.com). Anda juga dapat menyemangati diri sendiri setiap paginya dengan terus berkata bahwa “Saya Bisa”.

 Inilah Penyebabnya Banyak Orang Sulit Mencapai Financial Freedom - Finansialku

[Baca Juga : Inilah Penyebabnya Banyak Orang Sulit Mencapai Financial Freedom]

 

Langkah #2: Realisasi

Setelah Anda mengubah pemikiran, mulailah untuk mengambil langkah awal untuk merealisasikan kebebasan keuangan. Kebebasan keuangan secara matematis dapat dirumuskan dengan :

Penghasilan Pasif + Hasil Investasi >= Pengeluaran

 

Penjelasan

  • Penghasilan pasif : penghasilan yang didapat karena aset Anda bekerja untuk menghasilkan pemasukan. Klik di sini untuk lihat contohnya.
  • Hasil investasi : penghasilan yang didapat karena uang Anda bekerja dan menghasilkan pemasukan. Anda dapat mempertimbangkan penjelasan dari Tony Robbins (seorang motivator top di Amerika).
  • Pengeluaran : segela pengeluaran baik kebutuhan (needs) dan keinginan (wants).

 

Langkah #3: Jangan Berhenti Belajar

Pengetahuan akan keuangan dapat memberikan Anda gambaran untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan. Anda perlu meningkatkan literasi keuangan, agar Anda dapat melihat keuangan dari sudut pandang yang berbeda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan literasi keuangan.

 Mengapa Kita Perlu Meningkatkan Edukasi dan Literasi Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Mengapa Kita Perlu Meningkatkan Edukasi dan Literasi Keuangan?]

 

Langkah #4: Mulailah dari Rencana Keuangan, Berinvestasi dan Membangun Asset

Jika Anda gemar menabung, berarti Anda mulai sadar akan pentingnya kebebasan finansial untuk hari tua anda. Tentunya tabungan saja tidak cukup karena uang di dalam tabungan Anda, akan ‘habis’ termakan oleh inflasi (kenaikan harga-harga barang). Sebaiknya, mulai membuat rencana keuangan untuk mencapai kebebasan keuangan dan mulai berinvestasi. Jika dana Anda sudah cukup, segera mulai membeli asset untuk mendatangkan pemasukan pasif. Silahkan gunakan Aplikasi Finansialku, untuk mulai merencankan keuangan dan mengelola keuangan dengan benar.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Langkah #5: Tetap Positif

Anda pasti akan menemui tantangan dan hambatan pada pencapaian tujuan finansial. Orang-orang seperti ini adalah orang-orang yang tak henti-hentinya mengecam pilihan hidup Anda, atau lingkungan sekitar yang menganggap bahwa tujuan Anda adalah hal yang mustahil. Jangan rendah diri atau menyerah, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengacuhkan mereka. Percayalah bahwa dengan segala potensi yang dimiliki, karena Anda mampu untuk mencapai kebebasan keuangan.

 Bernakah Hobi Belanja Bisa Jadi Cara Mencapai Kebebasan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Bernakah Hobi Belanja Bisa Jadi Cara Mencapai Kebebasan Keuangan?]

 

Setiap Perempuan di Indonesia, Berhak Mencapai Kebebasan Keuangan

Kebebasan keuangan adalah barang yang langka, karena tidak semua orang kaya bisa bebas keuangan. Anda juga perlu tahu, punya uang banyak belum tentu bisa bebas keuangan. Apakah Anda pernah menemui seseorang yang kaya luar biasa, tetapi mereka tidak memiliki waktu lebih banyak untuk dirinya, untuk keluarganya, untuk orang disekitarnya?
Kami meyakini, Anda dan setiap perempuan di Indonesia berhak mencapai kebebasan keuangan. Syarat utamanya adalah Anda mau melakukan perubahan dan perbaikan. Anda pasti bisa! Segeralah memulai!

 

Apakah Anda sudah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencapai kebebasan keuangan? Tinggalkan pertanyaan Anda dan perencana keuangan kami akan segera membantu Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi

  • Suzanne McGee. 12 Desember 2013. Five simple steps to financial freedom for women. https://goo.gl/2TcIMK
  • Victoria Pychon. 22 Agustus 2011. Breaking Free from Economic Abuse: How Women are Reclaiming Their Financial Freedom. https://goo.gl/17whwA
  • Veronica Cherop. 3 September 2016. This is the secret to financial freedom. https://goo.gl/iDgt3B

 

Sumber Gambar

  • Woman Financial Freedom – https://goo.gl/bq1p0U

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang