Salah satu alternatif untuk merencanakan dana pendidikan anak adalah dengan mengambil taka atau tabungan pendidikan anak. Banyaknya produk taka atau tabungan pendidikan anak yang ditawarkan terkadang membuat orangtua menjadi bingung bagaimana harus memilih. Apakah Anda termasuk salah satunya? Mari kita simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Taka atau Tabungan Pendidikan Anak?

Taka adalah tabungan berjangka, dimana pada saat ingin menabung, nasabah harus menentukan jangka waktu tabungan tersebut hingga dananya cair. Dana di dalam tabungan berjangka tidak akan bisa dicairkan sebelum waktu yang ditentukan, pencairan lebih awal biasanya dikenakan penalti. Oleh karena itu, bunga tabungan berjangka jauh lebih besar daripada tabungan biasa. Sebenarnya tabungan berjangka ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai tabungan pendidikan anak. Karena banyaknya masyarakat yang menggunakan taka sebagai tabungan pendidikan anak, maka taka sering disebut juga sebagai tabungan pendidikan anak.

Khusus untuk tabungan pendidikan, taka dimodifikasi agar pencairan dapat dilakukan beberapa kali sesuai dengan perencanaan pendidikan yang diinginkan orangtua. Misalnya sang anak masih berumur 1 tahun, lalu orangtua ingin merencanakan pendidikan untuk masuk SD, SMP, SMA dan kuliah, maka tabungan berjangka tersebut akan memiliki jangka waktu 17 tahun dan akan mencairkan dana pendidikan anaknya pada saat anak tersebut masuk SD, SMP, SMA dan kuliah.

5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Jangka waktu taka atau tabungan pendidikan dapat beragam mulai dari 6 bulan sampai dengan 20 tahun. Setiap bulannya bank akan melakukan auto debit rekening Anda, sehingga dengan secara tidak langsung Anda dipaksa untuk menabung. Dengan taka, orangtua dibiasakan untuk menabung secara disiplin. Sama dengan tabungan dan deposito, dana yang ada di tabungan berjangka juga dijamin untuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Oleh karena itu, nasabah taka atau tabungan pendidikan tidak perlu terlalu khawatir apabila bank mengalami kebangkrutan atau dilikuidasi.

 

5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak

Berikut ini terdapat 5 tips yang akan dijelaskan saat memilih taka atau tabungan pendidikan anak, yaitu sebagai berikut.

 

#1 Tentukan Target Dana Pendidikan Anak Anda

Saat ingin memilih taka atau tabungan pendidikan anak, Anda harus terlebih dahulu mengetahui perencanaan dana pendidikan anak Anda. Berapa besar biaya yang dibutuhkan anak Anda untuk masuk SD, SMP, SMA, maupun Universitas, sehingga Anda dapat mengetahui jumlah dana yang harus Anda kumpulkan dengan tabungan pendidikan tersebut.

pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-untuk-biaya-pendidikan-anak-2-finansialku

[Baca Juga: Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan, untuk Biaya Pendidikan Anak?]

 

Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus mencari informasi tentang biaya sekolah dimana Anda ingin menyekolahkan anak Anda atau biaya universitas dimana Anda akan mengirim anak Anda untuk kuliah. Karena ini adalah perencanaan tentunya masih ada jangka waktu sebelum anak Anda masuk sekolah atau kuliah. Jangan lupa Anda menaikkan biaya sekolah atau biaya universitas tersebut dengan inflasi biaya pendidikan sebesar 10-15% setiap tahunnya.

Pada akhirnya Anda akan mendapatkan dana total yang Anda butuhkan untuk dana pendidikan anak Anda nantinya. Jumlah dana tersebut yang akan menjadi acuan Anda untuk memilih tabungan berjangka atau tabungan pendidikan anak nantinya.

 

#2 Kenali Produk Taka Dengan Benar

Ada banyak produk tabungan pendidikan anak yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan. Ada beberapa produk asuransi pendidikan anak yang ditawarkan yang hampir sama dengan tabungan pendidikan anak. Anda harus dapat membedakannya.

Tabungan pendidikan anak, nilai dana di dalam tabungannya dijamin dan lebih menitikberatkan pada hasil tabungannya. Hasil keuntungan taka adalah berupa bunga tabungan yang sudah disepakati sebelumnya. Anda dapat membandingkan antara taka dari bank yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan fasilitas dan fitur yang lebih baik. Setelah Anda mengenali produk taka dengan baik, barulah Anda mulai menabung di tabungan tersebut sesuai dengan target dana pendidikan anak Anda. 

Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini]

 

#3 Cari Yang Memberikan Perlindungan Asuransi Jiwa

Ketika membuka taka atau tabungan pendidikan anak, Anda akan diberikan pilihan untuk mendapatkan asuransi jiwa atau tidak. Jika Anda memilih untuk mendapatkan asuransi jiwa, akan ada biaya tambahan yang akan dipotong dari bunga tabungan berjangka Anda. Dengan adanya asuransi jiwa, tabungan Anda akan ditanggung oleh pihak asuransi sampai masa jatuh tempo nanti.

Misalkan, nasabah memilih untuk menabung dengan jangka waktu 10 tahun, namun saat tabungan baru berjalan 3 tahun, nasabah tersebut terkena musibah, kecelakaan atau penyakit yang membuat nasabah tidak bisa bekerja, atau nasabah meninggal dunia. Maka setoran bulanan untuk tabungan tersebut akan terus dibayarkan oleh pihak asuransi sampai masa jatuh tempo untuk dicairkan kepada sang anak atau ahli waris.

Ada pula beberapa bank yang menawarkan tabungan pendidikan dengan fasilitas asuransi jiwa gratis. Jadi Anda tidak perlu membayar biaya tambahan yang dipotong dari bunga tabungan Anda. Tentunya hasil tabungan pendidikannya akan jauh lebih baik lagi nantinya. Jadi pastikan bahwa tabungan pendidikan Anda dilindungi asuransi. Tetapi jangan sampai Anda membeli asuransi pendidikan, karena tabungan pendidikan yang dilengkapi dengan asuransi berbeda dengan asuransi pendidikan.

Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan]

 

#4 Pilih Produk Yang Sesuai Dengan Kemampuan Keuangan Anda Saat Ini

Ketika Anda memilih tabungan pendidikan mana yang sesuai dengan Anda, Anda harus juga memperhatikan kemampuan keuangan Anda saat ini. Anda harus melakukan perencanaan tabungan, karena jika Anda berhenti menabung di tengah-tengah, Anda akan mengalami kerugian dan dikenakan penalti. Jauh lebih baik Anda mengambil taka atau tabungan pendidikan yang memiliki jumlah setoran yang dapat Anda alokasikan setiap bulannya.

Jika memang dana yang disetor tidak terlalu besar saat ini, setidaknya Anda sudah memulai terlebih dahulu. Nantinya setelah Anda melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik dan memiliki dana lebih, Anda dapat menambahkan tabungan pendidikan lainnya untuk anak Anda atau bahkan melakukan investasi lainnya untuk mencapai dana pendidikan anak yang Anda butuhkan.

 

#5 Cari Bank Yang Memberikan Fasilitas dan Pelayanan Yang Baik

Dalam memilih tabungan pendidikan, Anda juga dapat mencari terlebih dahulu lembaga keuangan yang memberikan fasilitas yang lebih baik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya memberikan kemudahan dalam proses auto debit atau transfer, bahkan Anda bisa melakukannya secara online, atau bank yang dapat memberi bunga yang lebih besar, asuransi jiwa yang gratis dan lain sebagainya. Cari bank yang memang sudah Anda percayai sehingga ketika Anda bertransaksi pun Anda akan merasa tenang dan nyaman.

Apakah Orang Tua Harus Membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar]

 

Mulailah Selalu Dengan Perencanaan

Dengan banyaknya jenis tabungan pendidikan untuk perencanaan dana pendidikan anak memang seringkali membuat kita menjadi bingung. Tetapi tidak ada satupun tabungan pendidikan anak yang terbaik tanpa disertai dengan perencanaan yang baik. Yang terutama adalah dalam setiap tabungan pendidikan anak yang Anda pilih, Anda sudah melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Dengan perencanaan yang matang, Anda akan meminimalkan risiko yang akan terjadi juga Anda akan lebih termotivasi dalam menabung karena memiliki tujuan yang jelas. Selamat memilih tabungan pendidikan untuk anak Anda.

 

Apakah Anda sedang bingung memilih tabungan pendidikan untuk anak Anda? Apakah Anda terbantu dengan informasi diatas? Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Siswa Sekolah – https://goo.gl/5fu5U1
  • Siswa Sekolah Dasar – https://goo.gl/JdmpZp

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana