Pekerjaan freelancer saat ini mulai banyak diminati. Apakah Anda sudah tau apa saja syarat menjadi freelancer?

Selain bisa memiliki jam kerja yang fleksibel, freelancer juga bisa mengerjakan pekerjaan dimana saja tanpa harus datang ke kantor.

Namun, ada beberapa syarat yang harus Anda lakukan agar Anda bisa sukses sebagai freelancer.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjadi Seorang Freelancer

Saat ini, freelancer menjadi pekerjaan yang paling diminati, khususnya bagi para milenial.

Keleluasaan ruang gerak dan kemampuan menentukan sendiri jam kerja, waktu kerja, dan juga pekerjaan yang masuk menjadi alasan mengapa banyak milenial lebih suka menjadi freelancer daripada pegawai kantoran.

Namun, di balik kebebasan yang ditawarkan, menjadi freelancer juga bisa menjadi bumerang jika Anda tidak pandai-pandai mengatur waktu dan juga diri Anda.

Nah, bagi Anda yang serius ingin menjadi freelancer, ada baiknya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui apa saja syarat freelancer sukses yang harus Anda miliki.

Syarat Menjadi Freelancer Sukses 02 Freelancer 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelancer, Penghasilan Tidak Tetap Perlukah Berinvestasi?]

 

#1 Pandai Mengelola Keuangan

Orang yang bekerja sebagai pegawai tetap di sebuah perusahaan biasanya memiliki penghasilan tetap yang bisa diprediksi setiap bulannya. Berbeda dengan freelancer yang penghasilannya dapat dikatakan tidak pasti.

Seorang freelancer bisa saja mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari pegawai kantoran saat ia menyelesaikan sebuah proyek.

Akan tetapi, pendapatan ini sifatnya tidak tetap. Sehingga pada saat-saat kosong, seorang freelancer bisa jadi tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

Karena ketidakpastian inilah, seorang freelancer dituntut untuk mampu mengelola keuangannya dengan baik. Sehingga, ia dapat melewati saat-saat kosong dengan baik tanpa membuat kondisi keuangannya menjadi kacau.

Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, seorang freelancer sebaiknya mengetahui berapa penghasilan rata-rata yang bisa ia miliki setiap bulannya.

Syarat Menjadi Freelancer Sukses 03 Freelancer 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Pentingnya Investasi Bagi Freelancer, Jika Anda Ingin Menjadi Orang Sukses Finansial]

 

Jika Anda adalah seorang freelancer dengan penghasilan bulanan sekitar 10 hingga 15 juta, maka ambil nominal terendah yaitu 10 juta sebagai perkiraan penghasilan Anda.

Selanjutnya Anda bisa mulai membuat alokasi pengeluaran dan juga investasi yang perlu Anda lakukan.

Jika Anda mendapatkan penghasilan di atas 10 juta dalam satu bulan, maka Anda dapat menganggapnya sebagai bonus yang bisa Anda simpan sebagai dana cadangan, tabungan, ataupun investasi.

Selain melakukan pengalokasian secara manual, Anda juga dapat melakukannya dengan mengunduh Aplikasi Finansialku di Google Play Store.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah melakukan alokasi dan pembagian anggaran dari pendapatan Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Bisa Mengatur Waktu

Pekerjaan sebagai freelancer juga menggiurkan karena Anda bisa dengan bebas mengatur waktu yang Anda miliki.

Namun, jika Anda tidak pandai-pandai mengatur waktu Anda dengan baik, bukannya bisa bekerja dengan santai, justru Anda bisa jadi kerepotan dan kerjaan Anda malah jadi berantakan.

Memiliki waktu kerja yang sangat fleksibel juga tidak selalu menjadi hal yang baik.

Karena ini juga berarti Anda memiliki jam kerja yang tidak pasti, tidak terukur, dan juga Anda siap untuk melakukan pekerjaan hampir selama 24 jam.

Apalagi jika proyek-proyek yang Anda dapatkan adalah proyek di bidang desain grafis atau arsitektur.

Syarat Menjadi Freelancer Sukses 04 Freelancer 4 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah? Ini Tips dan Triknya!]

 

Selain itu, kebebasan waktu yang Anda miliki juga dapat menjadi bumerang bagi Anda sendiri. Bisa jadi karena keleluasaan waktu tersebut, Anda jadi terlalu asik bersantai setelah menyelesaikan suatu proyek.

Dan tanpa sadar waktu bersantai yang Anda gunakan menjadi terlalu banyak. Kondisi seperti itu jika tidak bisa Anda atur dengan baik dapat mengganggu arus keuangan Anda nantinya.

Karena itu, salah satu syarat freelancer yang sukses adalah mampu mengatur waktu dengan baik.

Dengan kemampuan mengatur waktu yang baik, maka Anda dapat menjadi freelancer profesional dan juga sekaligus kondisi keuangan Anda bisa aman.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#3 Pekerja Keras

Menjadi seorang freelancer bukan berarti Anda bisa memiliki kehidupan yang santai dan waktu luang yang lebih banyak dibandingkan dengan pegawai kantoran.

Jika niat Anda menjadi freelancer adalah agar bisa bersantai dan memiliki banyak waktu luang, itu berarti Anda tidak cocok bekerja sebagai seorang freelancer.

Syarat menjadi freelancer adalah Anda haruslah seorang pekerja keras. Tidak jarang seorang freelancer harus mengerjakan pekerjaan yang ia miliki pada malam hari.

Di samping itu, jika Anda belum terlalu dikenal orang, Anda juga perlu bekerja keras untuk mempromosikan diri Anda sendiri atau secara aktif mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Mau Terus Belajar dan Kreatif

Tidak ada orang yang mau bekerja sama dengan Anda jika Anda tidak memiliki nilai tambah.

Sebaik apapun pekerjaan Anda, dunia freelancer adalah dunia kreatif. Ini berarti Anda bersaing dengan banyak orang untuk menjadi yang paling unggul sehingga orang lain mau bekerja sama dengan Anda.

Dalam dunia freelancer, kreativitas adalah hal yang penting. Jika ide Anda usang, maka Anda kalah dengan para freelancer lainnya. Kabar baiknya, ide kreatif ini dapat diasah dengan belajar terus menerus.

Keinginan untuk belajar yang tinggi akan membuat seorang freelancer senantiasa memiliki ide-ide kreatif untuk diwujudkan dalam proyek yang ia dapatkan.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#5 Konsisten

Syarat freelancer sukses adalah juga harus memiliki konsistensi yang bagus. Meskipun Anda bekerja sebagai freelancer dan bisa bekerja kapan saja, namun Anda tidak bisa benar-benar bekerja sesuai kemauan.

Sebab, walau bagaimanapun Anda juga memiliki kebutuhan hidup yang mesti Anda penuhi.

Seorang freelancer adalah seorang bos untuk dirinya sendiri, namun di sisi lain, memilih menjadi freelancer juga berarti menjadi karyawan untuk diri sendiri.

Karena itu, Anda butuh memiliki konsistensi untuk menjaga kualitas pekerjaan Anda.

 

#6 Mental yang Kuat

Syarat freelancer sukses yang keenam adalah harus memiliki mental  yang kuat. Saat menjadi freelancer, Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan rutin dari bos Anda, tidak ada yang akan menggaji Anda secara rutin juga setiap bulannya.

Menjadi seorang freelancer artinya Anda menanggung semua beban pekerjaan Anda sendiri.

Mulai dari mempromosikan diri Anda untuk menemukan klien, hingga menghadapi masalah yang mungkin terjadi selama proses pengerjaan proyek.

Hal lain yang juga merupakan masalah yang umum dialami seorang freelancer adalah pertanyaan kerabat mengenai pekerjaan yang dilakukan.

Jika Anda tidak memiliki mental yang kuat, pertanyaan seperti “Sekarang kerja dimana?” bisa menjadi momok dan membuat Anda merasa sangat tertekan.

 

Sukses Menjadi Freelancer

Itulah 6 syarat freelancer sukses yang wajib Anda miliki jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang freelancer. Tanpa enam hal tersebut, akan sulit bagi Anda untuk bisa mendapatkan kesuksesan dengan bekerja sebagai freelancer.

Dan jika Anda merasa tidak memiliki cukup kemampuan untuk memenuhi 6 syarat freelancer sukses, sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali keputusan Anda menjadi freelancer.

Namun jika Anda yakin telah memenuhi 6 syarat tersebut, tidak ada salahnya menjadikan freelancer sebagai pekerjaan utama Anda.

 

Apakah Anda sudah memenuhi syarat-syarat untuk menjadi seorang freelancer? Tuliskan pendapat dan pertanyaan Anda pada kolom di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini pada orang-orang di sekitar Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ruuru. 10 April 2018. 5 Syarat Ini Harus Dimiliki Kalau Mau Jadi Freelancer Sukses, Punya? Idntimes.com – https://goo.gl/sqvpPD

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer 1 – https://goo.gl/3DVh7y
  • Freelancer 2 – https://goo.gl/qms37B
  • Freelancer 3 – https://goo.gl/UcpyUt
  • Freelancer 4 – https://goo.gl/E8Ws5X
Summary
Jika Ingin Berhasil, Pahami Dulu 6 Syarat Menjadi Freelancer Sukses Ini!
Article Name
Jika Ingin Berhasil, Pahami Dulu 6 Syarat Menjadi Freelancer Sukses Ini!
Description
Pekerjaan freelancer saat ini mulai banyak diminati. Apakah Anda sudah tau apa saja syarat menjadi freelancer?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo