Apakah Anda seorang freelancer dan belum tahu pentingnya investasi bagi freelancer?

Jika Anda belum ‘aware’ akan investasi yang dapat membantu mencapai tujuan keuangan, maka artikel ini akan menjelaskan pentingnya investasi bagi freelancer.

Sebelum Anda berinvestasi, akan lebih baik jika Anda cek kesehatan keuangan Anda terlebih dahulu.

Iklan Cek Kondisi Kesehatan Keuangan Cek Finansialku 2

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Apa Itu Investasi Bagi Freelancer?

Seorang freelancer yang ingin menambah penghasilannya untuk membeli rumah bercerita tentang pendapatannya yang tidak tetap. Ia bekeinginan untuk membeli rumah dalam jangka waktu 5 tahun.

Ia bertanya,

“Bagaimana cara menambah penghasilan untuk seorang freelancer?”

 

Saya pun menjawab,

Seorang freelancer dapat menambah penghasilannya melalui investasi”

 

Ia kemudian mengutarakan,

“Apakah mungkin investasi dapat menambah penghasilan? sedangkan penghasilan saja saya tidak menentu.”

 

Saya pun memberitahu bahwa investasi dapat menjadi jalan yang baik untuk membantu seseorang mencapai tujuan keuangannya, baik seorang freelancer atau bukan.

Ia pun masih belum mengetahui mengapa investasi menjadi hal yang penting untuk membantu mencapai tujuannya, padahal ia masih bisa menambah pekerjaan lain untuk membantu keuangannya.

Jika memang Anda masih sanggup menambah pekerjaan dan kurang menyukai investasi, Anda harus menerima risiko akan waktu yang dihabiskan dengan bekerja.

Jika pekerjaan Anda sebagai freelancer sudah cukup menyita waktu dan Anda ingin memiliki waktu lebih untuk keluarga dan teman Anda, maka investasi menjadi pilihan yang tepat.

Pentingnya-Investasi-Bagi-Freelancer-02-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Peluang Investasi Perak di Tahun 2018? Apakah Menguntungkan?]

 

Anda tidak perlu menukarkan waktu berharga Anda untuk menambah pekerjaan dan mencoba untuk berinvestasi.

 

Aset dan Investasi

Investasi merupakan sebuah kegiatan pengumpulan dana pada satu atau lebih dari satu jenis aset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan dan/atau meningkatkan nilai investasi.

Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa kita harus memiliki sebuah aset terlebih dahulu agar dapat berinvestasi dan mendapatkan penghasilan yang lebih.

Aset sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu aset nyata dan aset keuangan serta investasi langsung dan investasi tidak langsung.

 

#1 Aset Nyata

Aset nyata merupakan suatu aset yang dapat dilihat fisik dan wujudnya, yaitu aset properti seperti tanah, gedung, dan rumah atau logam mulia seperti emas, berlian, dan perak.

 

#2 Aset Keuangan

Aset ini merupakan sebuah klaim terhadap pihak tertentu yang biasanya dinyatakan dalam bentuk sertifikat atau kertas berharga untuk menunjukkan kepemilikan aset keuangan, seperti saham, obligasi, dan kredit bank.

 

#3 Investasi Langsung

Seorang pemodal dikatakan berinvestasi secara langsung jika ia membeli dan memiliki aset keuangan secara langsung.

Contohnya, pemodal membeli saham secara langsung, ia memiliki klaim terhadap penghasilan residual perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut.

 

#4 Invetasi Tidak Langsung

Seorang pemodal membeli surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas suatu perusahaan investasi.

Selanjutnya perusahaan investasi tersebut membeli sekumpulan atau portfolio aset keuangan atas nama pemilik perusahaan investasi tersebut.

Contohnya, reksadana (mutual fund), yang merupakan suatu portfolio efek yang diversifikasi dan dikeluarkan oleh perusahaan investasi.

Investasi tidak langsung ini memiliki keuntungan dibandingkan dengan investasi langsung, yaitu jika pemodal memiliki dana yang terbatas, pemodal dapat memiliki suatu portfolio yang terdiversifikasi.

Hal tersebut dapat dilakukan, karena portfolio tersebut terdiri dari puluhan dab bahkan ratusan efek.

Sebaliknya, jika pemodal memiliki dana yang terbatas dan ingin berinvestasi langsung, diversifikasi tidak dapat dilakukan.

Dalam invetasi, konsep diversifikasi menjadi sangat penting karena pemodal dapat meningkatkan penghasilan yang diharapkan dan tetap dapat mempertahankan atau bisa mengurangi tingkat risiko yang dihadapinya pada saat bersamaan.

 

Seberapa Pentingnya Investasi Bagi Freelancer?

Sekarang Anda sudah mengerti apa itu investasi, kemudian Anda akan bertanya seberapa pentingnya investasi bagi freelancer?

Tujuan investasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan Anda dan keluarga, saat ini maupun di masa yang akan datang. Investasi juga dapat menjadi alat bantu untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Seperti seorang freelancer tadi yang memiliki tujuan untuk membeli rumah.

Jika ia hanya mengandalkan gaji, maka ia tidak bisa mencapai tujuan untuk membeli rumah secara tepat waktu.

Bayangkan bila gaji Anda sebagai freelancer sebesar UMR dengan waktu yang tidak menentu.

Jika Anda mendapatkan gaji di atas UMR, Anda tentu dapat menabung ekstra. Jika gaji Anda hanya sebesar UMR atau bahkan kurang, Anda harus mencari jalan pintas lain untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Dana yang akan Anda investasikan bisa berasal dari aset atau kekayaan yang sudah Anda miliki, meminjam, dan menabung secara regular setiap bulan dengan menunda konsumsi (Dollar Cost Averaging).

Dengan menunda konsumsi saat ini dan menginvestasikannya, maka investor berharap bahwa nilainya akan berkembang di masa datang.

Investor juga berusaha untuk mengelola dananya secara efektif, meningkatkan pertumbuhan maksimal dari investasi, dan menjaganya dari risiko inflasi, pajak, dan faktor-faktor lainnya.

Siapkan Dana Pensiun Investasi Finansialku

[Baca Juga: 10 Langkah Sukses Mendapatkan Keuntungan Investasi Bagi Pemula]

 

Tujuan keuangan Anda pun dapat beragam, mulai dari membeli rumah, membeli kendaraan, menyiapkan dana pension, atau bahkan menyiapkan dana untuk berbisnis anda.

Anda pun harus memelajari jenis investasi yang sesuai dengan Anda. Ingat bahwa investasi memiliki berbagai macam risiko, sehingga Anda harus mengukur risikonya.

Jika Anda sudah mengetahui jenis risiko dan jenis investasi yang sesuai, maka Anda dapat memulai untuk berinvestasi.

Jangan lupa untuk terus belajar mengenai investasi, salah satunya investasi saham. Anda dapat memahami bagaimana cara beinvestasi saham bagi pemula melalui ebook Finansialku di bawah ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Anda yang Menentukan Tujuan Hidup Anda

Baik freelancer atau bukan, Anda pasti memiliki tujuan keuangan yang ingin dicapai. Anda memiliki kontrol lebih dalam menentukan bagaimana cara untuk mencapainya.

Investasi merupakan salah satu jalan yang bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan sebagai tujuan kehidupan Anda.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi, jangan lupa untuk mencari informasi lengkap mengenai investasi tersebut.

Anda pun dapat membuat perencanaan keuangan baik untuk seorang freelancer atau bukan agar anda tidak mudah dibohongi.

Anda dapat belajar mengenai perencanaan keuangan dengan cara men-download ebook di bawah ini mengenai perencanaan keuangan usia 20 an.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Anda sekarang sudah mengetahui apa itu investasi dan betapa pentingnya investasi bagi freelancer. Anda dapat membantu teman atau saudara Anda dengan membagikan artikel ini bagi mereka yang belum tahu betapa pentingnya investasi bagi freelancer.

 

Sumber Gambar:

  • Pentingnya Investasi Bagi Freelancer 1 – https://goo.gl/DBF1sx
  • Pentingnya Investasi Bagi Freelancer 2 – https://goo.gl/CXcpYJ
Summary
Ketahui Pentingnya Investasi Bagi Freelancer, Jika Anda Ingin Menjadi Orang Sukses Finansial
Article Name
Ketahui Pentingnya Investasi Bagi Freelancer, Jika Anda Ingin Menjadi Orang Sukses Finansial
Description
Apakah Anda seorang freelancer dan belum tahu pentingnya investasi bagi freelancer?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo