7 Cara Menyimpan Uang yang Aman Saat Berlibur ke Luar Negeri

Terdapat 7 cara menyimpan uang yang aman saat berlibur ke luar negeri. Cara-cara ini dapat Anda ikuti sehingga perjalanan Anda dapat berjalan dengan lancar dan tanpa adanya masalah kehilangan atau kecurian.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

7 Cara untuk Menyimpan Uang dengan Aman

Anda bisa membayangkan dan merasakan, bagaimana jika uang yang Anda bawa saat liburan itu hilang. Apakah hal tersebut merupakan peristiwa yang tidak Anda harapkan bukan? Ada cara menyimpan uang saat Anda berlibur ke luar negeri. Simak penjelasan berikut ini!

 

Cara 1: Gunakan Kartu dan Batasi Uang Tunai

Menggunakan kartu pada saat berlibur memang cukup berbahaya dan meningkatkan kemungkinan Anda lebih boros. Tetapi dari sisi keamanan, jika Anda membawa uang tunai di dalam sebuah dompet dan dompet tersebut dirampok atau jatuh, maka Anda pun akan kehilangan seluruh dana liburan.

Di lain sisi, jika ternyata kartu Anda dicuri oleh orang lain, Anda dapat langsung memblokir kartu tersebut baik kartu kredit maupun kartu debit. Oleh karena itu, cara yang paling baik adalah membawa uang tunai secukupnya dan menggunakan kartu dengan batasan anggaran yang telah Anda susun sebelumnya. Anda tidak perlu membawa seluruh kartu yang Anda miliki, Anda cukup membawa 1 kartu debit dan 1 kartu kredit.

7 Cara Menyimpan Uang yang Aman Saat Berlibur ke Luar Negeri 02 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

 

Cara 2: Simpan Uang Tunai Anda Di Berbagai Tempat

Jika Anda tidak memiliki kartu kredit atau debit atau Anda takut menjadi boros dengan berbelanja menggunakan kartu, maka Anda dapat membawa uang tunai. Akan tetapi, jangan pernah menaruh seluruh uang tunai Anda di dalam dompet. Bagilah uang tersebut dan pisahkan serta simpan di berbagai tempat yang berbeda, misalnya, 20% Anda simpan di dompet, 20% Anda taruh di dalam sepatu, 20% Anda simpan di dalam tas, 20% di dalam kantong celana dan 20% di dalam kantong baju.

Anda dapat menggunakan brankas yang disediakan di dalam kamar hotel untuk menyimpan uang tunai Anda setibanya di destinasi. Ingatlah untuk selalu menyimpan uang tunai dan kartu kredit Anda dan jangan biarkan terpampang di atas meja atau di sekitar kamar hotel Anda karena jika Anda lalai (contoh: lupa mengunci pintu) maka petugas kamar atau orang lain dapat masuk dan mencuri barang Anda.

4 Tipe Travelling Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

Cara 3: Catat Seluruh Detail Kartu dan Kontak Yang Dapat Dihubungi

Jika ternyata kartu Anda hilang pada saat liburan, tentunya Anda harus dengan segera melapor kepada pihak bank. Semakin cepat Anda melapor akan semakin baik. Untuk membantu menghemat waktu sebisa mungkin Anda mencatat nomor telepon serta nomor kartu yang Anda miliki.

Simpan informasi ini di tempat yang berbeda dengan tempat Anda menyimpan kartu. Contohnya Anda dapat menyimpan data tersebut di handphone atau di laptop. Anda pun dapat mengirimkan rencana perjalanan serta informasi penting tersebut ke keluarga atau teman yang Anda percayai.

Membuat Anggaran dan Catatan Pengeluaran - Perencana Keuangan Indpenden Finansialku

[Baca Juga: 6 Barang yang Harus Dibawa Untuk Menghemat Biaya Liburan]

 

Cara 4: Hindari ATM yang Terpencil

Tempat yang terpencil adalah tempat rawan kriminalitas dan ini memberikan kesempatan bagi pencuri untuk merampok uang dan barang berharga Anda. Tidak hanya itu, mungkin saja ATM tersebut adalah ATM tipuan. Jika Anda ingin menggunakan mesin ATM, pilihlah yang lokasinya di dalam hotel atau bandara atau di bank.

Selain itu, waktu Anda mengambil uang juga sangat berpengaruh. Hindari menarik uang pada saat tengah malam atau pagi subuh. Tariklah uang Anda pada saat jam sibuk untuk menghindari pencurian.

5 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Liburan Termurah 1 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Liburan Termurah]

 

Cara 5: Jangan Sering Mengeluarkan Uang Tunai

Walaupun Anda sedang liburan, bukan berarti Anda tidak waspada. Ketika Anda sedang makan, berbelanja atau bertamasya, jangan pernah mengeluarkan uang tunai dalam jumlah banyak yang melebihi pembayaran seharusnya. Semakin ramai suatu tempat, Anda juga harus semakin berhati-hati. Mengeluarkan uang tunai seperti itu dapat mengundang perhatian orang dan mengundang kejahatan.

Rapihkan uang Anda sebelum keluar dan bawalah uang yang Anda butuhkan hari itu saja.

 

Cara 6: Gunakan Dompet Pinggang

Dompet pinggang adalah sebuah dompet yang mempunyai tali melingkar yang dapat Anda kaitkan di pinggang Anda. Dompet pinggang ini biasanya disertai dengan bagian yang mempunyai resleting di mana Anda dapat menyimpan uang di dalamnya.

Anda dapat menggunakan dompet pinggang ini sebelum memakai baju. Tidak ada tempat yang lebih aman untuk menyimpan uang selain badan Anda sendiri. Selain untuk uang, Anda pun dapat menyimpan paspor, kartu kredit hingga kartu identitas diri.

7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda]

 

Cara 7: Selalu Amankan Peralatan Anda Dengan Kata Kunci

Smartphone dapat digunakan untuk menyimpan segala data, bahkan data akun bank Anda. Agar data tersebut tidak jatuh ke tangan kriminal, selalu ingat untuk mengunci peralatan Anda dengan kata kunci. Anda pun dapat mengatur penguncian otomatis jika tidak ada aktivitas selama 1 atau 2 menit.

 

Waspada Terhadap Cara Menyimpan Uang Anda!

Cara Anda mengatur uang Anda adalah faktor utama yang berpengaruh atas keamanan uang Anda sendiri. Jika Anda mengaturnya dengan baik, maka Anda akan mengurangi risiko kecurian, begitu pula sebaliknya.

Beberapa hal yang harus Anda hindari yaitu meletakkan tas bawaan Anda di atas lantai, menggantung tas Anda di sandaran kursi, atau terburu-buru mengeluarkan dan memasukkan barang. Terus waspada dan ikuti 7 cara di atas agar liburan Anda dapat menyenangkan.

 

Apa saja cara lainnya yang biasa Anda lakukan untuk menyimpan uang Anda selama liburan? Pernahkah Anda mengalami kecurian atau kriminal pada saat Anda sedang berlibur? Tulislah pengalaman dan saran Anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Valencia Higuera. 18 Mei 2017. 7 Best Ways to Keep Your Money Safe When Traveling. Moneycrashers.com – https://goo.gl/pJvTcu
  • Lucy Lazarony. 3 Juli 2009. 15 Ways to Protect Your Money on Vacation. Bankrate.com – https://goo.gl/zg4TVb

 

Sumber Gambar:

  • Wallet – https://goo.gl/8VX73c
  • Money Safe – https://goo.gl/zZnogm

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

By | 2017-06-27T19:09:16+00:00 June 21st, 2017|Categories: Dana Liburan, Travelling|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download