Apa bisa anak usia belasan bekerja dan menghasilkan uang? Memangnya apa yang bisa mereka kerjakan? Setidaknya ada 6 ide bisnis yang dapat dilakukan oleh anak usia belasan. Berikut ini akan dipaparkan oleh tim Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Potensi Wirausahawan pada Anak Umur Belasan

Kita kini mengenal dan mengetahui bahwa anak-anak umur belasan sudah mulai mengerti akan pentingnya uang sebagai alat tukar yang dapat mereka pergunakan untuk membeli berbagai barang yang mereka inginkan.

Jangankan mereka, kita mungkin dahulu ketika masih menginjak masa-masa umur belasan tahun sudah mulai mengerti akan pentingnya memiliki uang sendiri sehingga dapat memenuhi keinginan pribadi.

Tahukah bahwa anak umur belasan sudah memiliki potensi akan wirausaha dalam diri mereka. Ditambah lagi mereka sebetulnya memiliki banyak waktu luang disamping kegiatan belajar mereka yang tidak boleh ditinggalkan.

Berikut ini beberapa kegiatan anak-anak usia belasan yang dapat dijadikan usahanya dalam meningkatkan potensi wirausaha sekaligus menambah uang jajan mereka dan membuat mereka semakin mandiri, namun tetap harus dalam kontrol orangtua dan tidak meninggalkan kewajiban belajar mereka sebagai seorang siswa.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

#1 Penulis

Sebagai siswa, terkadang banyak waktu yang dapat digunakan tidak hanya untuk bermain, tetapi menghasilkan sesuatu yang dapat lebih bermanfaat. Salah satunya adalah dengan cara menulis. Apabila seseorang memiliki hobi menulis, alangkah baiknya jika dikembangkan karena hobi yang satu ini berpotensi menghasilkan uang.

Contohnya adalah Sabirul. Pada usia 13 tahun, Sabirul mulai mengenal dunia entrepreneurship berkat sepupunya yang menawarkan pekerjaan untuknya. Pada saat usianya 14 tahun, dia mengumpulkan 6 orang temannya untuk membangun sebuah perusahaan kecil yang bernama Veyron Technology.

Kelompok usaha yang berfokus pada desain website tersebut berhasil mendapatkan penghasilan lebih dari 9 juta rupiah dalam dua minggu pertamanya.

Selanjutnya di usia yang ke-17, Sabirul menerbitkan sebuah buku karangannya yang berjudul The World at Your Feet yang berisi tentang visi misi serta kiat sukses menjadi pengusaha muda.

Kesuksesan peluncuran buku tersebut juga diikuti oleh keberhasilan permainan ciptaannya “Teen-Trepreneur“. Kini, pria yang besar di Kota London tersebut tengah mengerjakan berbagai project seperti website interaktif, perusahaan penerbit, penulis, dan lainnya.

Memiliki Pola Pikir yang Tepat dalam Membangun Usaha Startup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Memiliki Pola Pikir yang Tepat dalam Membangun Usaha Startup]

 

#2 Fotografer

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, hobi ini dapat kamu kembangkan sekaligus menghasilkan uang yang tidak sedikit. Seperti kisah Lindsay yang menjadi seorang fotografer pernikahan pada usianya yang ke-14 tahun ketika dia menjadi asisten ibunya yang membuka bisnis wedding photography.

Sembari meningkatkan kemampuan di University of Southern Maine, dia mencoba menekuni bisnis fotografi dengan membuka situs online di MyMarriageMarket.com. Banyak calon pengantin yang menggunakan jasa perusahaannya untuk mencetak momen-momen foto yang indah.

Kamu bisa mencoba dari hal kecil seperti menjadi fotografer di acara ulang tahun anak atau acara-acara pesta kecil-kecilan.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#3 Penjual Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang memiliki hobi art and craft, kamu dapat membuat barang kerajinan untuk dijual. Jika kamu pintar membuat sesuatu dan menyukai kelas seni, cobalah membuat barang kerajinan untuk dijual di internet.

Kamu bisa membuat gelang persahabatan, perhiasan dari batu, origami, atau baju kaos sablon, tergantung peralatan yang kamu punya dan berapa banyak uang yang kamu miliki sebagai modal.

Mulailah mengiklankan barang-barang kerajinanmu di media sosial pribadi dan mulut ke mulut di antara teman dan keluarga.

Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

#4 Guru Les Privat

Apabila kamu adalah seorang siswa yang cukup berprestasi dalam bidang akademik, usaha yang satu ini dapat kalian coba. Berikan les pada teman-teman sekolahmu jika kamu adalah siswa berprestasi.

Kamu mungkin tidak bisa memberikan les terang-terangan di sekolah atau mengiklankannya, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mengajari mereka secara privat di perpustakaan umum atau rumah.

Kamu juga bisa menawarkan kepada orangtua siswa yang sedang menjemput anak-anak mereka di sekolah. Tawarkan jasa kalian melalui flyer (selebaran) atau melalui media sosial. Gunakan kepandaian akademismu sebagai batu loncatan untuk berwirausaha sejak dini.

 

#5 Penjual Pulsa

Zaman sekarang ini, pulsa sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Selain untuk mengakses internet, pulsa digunakan untuk berkomunikasi lewat ponsel, chatting dan lain sebagainya. Usaha menjual pulsa dapat menjadi salah satu alternatif apabila kamu ingin belajar berwirausaha.

Walaupun laba atau keuntungannya tidak terlalu besar, namun apabila pelanggan kamu banyak, hasil yang didapat pun lumayan. Asalkan dilakukan dengan tekun pasti akan menghasilkan yang terbaik.

DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

#6 Penjual Kuliner

Bisnis kuliner juga termasuk pekerjaan yang berprospek jangka panjang. Selain bisa dilakukan disela-sela waktu, pekerjaan ini juga mudah untuk berkembang. Terutama bila kita bekerja sama dengan teman.

Pekerjaan di bidang kuliner ini cukup menjanjikan, seperti bila makanan yang kita jual sudah disukai dan dicap orang menjadi makanan enak, pasti kemudian banyak pembeli dan akhirnya dapat berkembang dengan baik.

Modal bisnis ini adalah uang dan perasaan tidak pemalu. Tetapi modal utamanya ialah keberanian untuk tampil di depan orang (tidak pemalu). Bila kita memiliki modal itu maka kita bisa memulai bisnis dengan secepat mungkin agar kita cepat menghasilkan uang jajan tambahan.

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

Bekerja sambil Sekolah

Bekerja sambil sekolah bisa saja dilakoni bersamaan asalkan tanggung jawab sebagai pelajar tidak terbengkalai. Pembagian waktu dan jadwal belajar perlu dibuat agar dapat menolong dalam mengatur waktu untuk belajar, istirahat dan melakukan pekerjaan sampingan.

Beberapa pekerjaan sampingan di atas tentu saja selain dapat mengembangkan potensi wirausaha, mengembangkan hobi, tentunya dapat menambah uang jajan dan dapat menolong orangtua dalam pembiayaan uang sekolah.

 

Menurut kamu, apakah pelajar memang seharusnya fokus dengan sekolahnya atau dapat diberi tanggung jawab lebih dengan mengembangkan potensinya melalui kegiatan wirausaha? Bagikan pendapatmu melalui kolom yang tersedia di bawah ini! Setiap informasi dari artikel Finansialku dapat kamu bagikan kepada rekan-rekan dan kenalan kamu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Carrie Kirby. 10 Maret 2017. 13 Businesses Your Tween Can Start. Wisebread.com – https://goo.gl/wrpLiq
  • Kerja Usaha. Anak Remaja yang Sukses Menjadi Pengusaha Muda. Kerjausaha.com – https://goo.gl/Hdm9eK
  • Wikihow.com – https://goo.gl/zdV4yH
  • Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Kalangan Pelajar SMP, SMA, SMK. https://goo.gl/x8hC2L

 

Sumber Gambar:

  • Usaha Sampingan – https://goo.gl/UtBq4c
  • Peluang Usaha – https://goo.gl/NZ24wR

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang