Sangat penting dalam mengambil asuransi untuk memiliki agen asuransi terpercaya yang profesional dan bertanggung jawab.

Artikel ini akan membahas 7 ciri-ciri agen asuransi terpercaya profesional yang harus Anda perhatikan ketika memilih agen asuransi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

7 Ciri-ciri Agen Asuransi yang Profesional dan Terpercaya

Agen asuransi merupakan salah satu faktor yang paling penting ketika Anda ingin membeli sebuah produk asuransi.

Alasannya adalah agen asuransi tersebut yang nantinya akan mengurus klien dan secara tidak langsung Anda akan terikat seumur hidup.

Penting bagi kita untuk memilih agen asuransi yang tepat dan mengerti apa yang Anda butuhkan. Di bawah ini adalah 7 ciri-ciri agen asuransi yang harus Anda cari dan temukan di agen asuransi.

 

#1 Bekerja Secara Objektif

Ada beberapa agen asuransi yang hanya fokus dengan kebutuhan mereka pribadi, misalnya bonus dan target tahunan. Agen seperti ini sebaiknya dihindari. Alasannya, mereka bekerja untuk diri sendiri dan bukan untuk membantu Anda.

Selain itu, ada beberapa kasus dimana agen asuransi membawa kabur uang premi nasabah atau memalsukan identitas dan polis asuransi.

Agen asuransi yang memberikan kesan pemaksaan dan hanya fokus pada keuntungan pribadi, sebaiknya dihindari.

Sikap tidak profesional seperti ini biasanya akan membuat agen asuransi tidak memiliki banyak klien. Jika Anda ingin aman, Anda dapat meminta rekomendasi teman atau keluarga untuk mengenalkan agen asuransi yang mereka percayai.

 

#2 Mengenal dan mengerti calon klien

Sesuai dengan namanya, agen asuransi adalah penengah antara pelanggan dengan perusahaan asuransi. Seorang penengah yang baik adalah seseorang yang mengerti kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Mengenal dan mengerti calon klien merupakan salah satu ciri-ciri agen asuransi yang profesional dan terpercaya.

Tidak sedikit agen asuransi di luar sana yang memaksakan sebuah paket hanya karena paket asuransi tersebut menawarkan bonus yang lebih tinggi.

CEK Dulu 7 Ciri-ciri Agen Asuransi yang Profesional dan Terpercaya 02

[Baca Juga: Definisi Agen Asuransi Adalah]

 

Selain mengerti kebutuhan dan keinginan Anda, agen tersebut juga harus mampu menawarkan dan memilih produk dengan manfaat yang sesuai.

Dengan cara ini, Anda akan lebih puas dan dapat merasakan manfaat asuransi secara maksimal.

Untuk menghindari hal ini terjadi dan merugikan Anda, sebaiknya Anda mengetahui dahulu produk asuransi apa yang Anda inginkan.

Anda dapat melakukan pencarian di internet untuk mengetahui informasi mengenai macam-macam asuransi.

 

#3 Menguasai produk

Hal ini cukup krusial apalagi bagi Anda yang baru pertama kali ingin membeli produk asuransi. Seorang agen asuransi yang menguasai produk dapat terlihat dari caranya menjelaskan produk dengan baik.

Selain itu, agen tersebut harus dapat menjawab seluruh pertanyaan klien mengenai produk dengan baik dan benar. Data yang diberikan pun harus valid dan bukan asal ceplos.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk bertemu langsung dengan agen asuransi pada saat Anda ingin membeli sebuah produk asuransi.

Setelah itu, jangan malu untuk bertanya dan pastikan bahwa Anda mengerti keseluruhan produk asuransi yang ditawarkan.

 

#4 Menunjukkan perhitungan dengan terbuka

Perhitungan asuransi merupakan kunci dari sebuah produk asuransi.

Agen asuransi yang terpercaya adalah agen asuransi yang memberikan perhitungan dengan jelas serta menunjukkan jumlah pertanggungan untuk setiap produk yang akan Anda dapatkan.

Perhitungan tersebut harus berpihak pada kebutuhan Anda bukan pada keinginan agen asuransi.

CEK Dulu 7 Ciri-ciri Agen Asuransi yang Profesional dan Terpercaya 03

[Baca Juga: Apa Itu Agen Asuransi, Keuntungan Menjadi Agen, Cara Menjadi Agen]

 

Misalnya, Anda hanya membutuhkan asuransi jiwa dengan uang pertanggungan Rp500 juta, namun agen asuransi merasa lebih baik Anda mengambil produk Rp1 miliar.

Hal ini diajukan semata-mata agar bonus yang didapatkan klien tinggi. Pilih agen asuransi yang memberikan perhitungan dengan jelas dan menyesuaikan premi, uang pertanggungan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

 

#5 Menjelaskan produk dengan benar

Ada beberapa agen asuransi yang memberikan iming-iming palsu hanya demi klien terbuai dan membeli produk asuransi. Hal ini sangat sering terjadi pada produk asuransi kesehatan.

Agen asuransi mengiyakan seluruh permohonan klien bahkan permintaan yang sebenarnya tidak sesuai dengan ketentuan polis seperti pertanggungan beberapa penyakit dan ketentuan lainnya.

CEK Dulu 7 Ciri-ciri Agen Asuransi yang Profesional dan Terpercaya 04

[Baca Juga: Para Agen Asuransi: Bagaimana Cara Menjadi Agen Sukses dan Jago Mengatur Keuangan Bulanan?]

 

Klien yang terbuai akan langsung membeli produk asuransi melalui agen asuransi dengan harapan bahwa agen akan dapat mengatur seluruh kebutuhannya.

Biasanya agen asuransi yang ‘tabrak lari aturan main’ akan memberikan kesan mengumbar janji, menawarkan produk secara berlebihan, memudahkan seluruh permintaan dengan berjanji akan mengatur dan lain sebagainya.

Agar Anda tidak membuat kesalahan seperti ini, sebaiknya baca polis asuransi dengan teliti. Biasanya Anda akan diberikan waktu untuk membaca polis dengan seksama dan dapat membatalkan kontrak dalam kurun waktu tersebut.

Yang harus Anda pegang adalah ketentuan di dalam polis asuransi, bukan kata-kata agen asuransi.

 

#6 Fair dan terbuka

Semua produk asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bukanlah sikap yang profesional jika seorang agen menjelekkan perusahaan asuransi lain.

Selain itu, agen asuransi haruslah menjadi fair atau adil. Seorang agen asuransi harus dapat mengakui kekurangan perusahaan asuransi tempat dia bekerja.

Terutama apabila produk yang ditawarkan perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan klien.

CEK Dulu 7 Ciri-ciri Agen Asuransi yang Profesional dan Terpercaya 05

[Baca Juga: 5 Investasi yang Cocok untuk Agen Asuransi]

 

Selain itu, agen asuransi yang baik adalah agen asuransi yang dari awal sudah menginformasikan apa yang tidak di-cover oleh asuransi tersebut.

Selain itu, misalnya pada kasus asuransi unitlink, agen asuransi yang terpercaya akan memberikan estimasi “hasil investasi” dengan ekspektasi sedang dan menunjukkan secara terbuka cara perhitungannya.

 

#7 Ada untuk Anda

Tidak sedikit agen asuransi yang ‘lepas tanggung jawab’ setelah Anda menandatangani kontrak asuransi.

Agen asuransi menjadi sulit dihubungi, menghilang tanpa memberikan kabar dan gemar menunda pertemuan atau mengubah jadwal pertemuan.

Agen seperti ini tentu bukanlah agen asuransi yang profesional yang mana seharusnya agen asuransi yang baik adalah agen asuransi yang ada ketika Anda membutuhkan bantuan.

Sulit untuk menentukan apakah seorang agen asuransi akan ‘bertingkah’ dalam 1 kali pertemuan. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat memilih agen yang telah Anda ketahui kualitas kerjanya dan kepuasan klien yang ditanggungnya.

 

Pilih Agen Asuransi yang Tepat agar Hati Tenang

Sebagai seorang klien, sudah merupakan hal yang wajib untuk Anda memilih agen yang benar dan mengetahui produk dengan jelas.

Dengan cara ini, Anda tidak akan mudah dibohongi. Anda juga dapat memilih produk asuransi yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Tahukah Anda bahwa seperti tubuh, keuangan pun haruslah dicek kesehatannya. Lakukanlah cek kesehatan finansial Anda agar terhindar dari biaya dan utang tak terduga.

Gunakan fitur Financial Health Check Up dari aplikasi Finansialku dengan berlangganan PREMIUM hanya Rp350 ribu per tahunnya.

Tunggu apa lagi? Download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau klik banner di bawah ini untuk bergabung.

 

Pernahkah Anda berhadapan dengan agen asuransi yang mengecewakan? Bagaimana respon Anda? Bagikan pengalaman Anda di kolom bawah ini.

Bagikan pula artikel ini agar lebih banyak orang yang waspada dengan agen asuransi pilihan mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Tony Susanto. Terungkap, Inilah Tips Ampuh Agar Asuransi Tidak Akan Mengecewakan Anda. Asuransiallianzkita.wordpress.com – https://bit.ly/2m0kiyE

 

Sumber Gambar:

  • Agen Asuransi 01 – http://bit.ly/2AIuoaZ
  • Agen Asuransi 02 – http://bit.ly/2Md15mc
  • Agen Asuransi 03 – http://bit.ly/339yEMZ
  • Agen Asuransi 04 – http://bit.ly/2ogIAW6
  • Agen Asuransi 05 – http://bit.ly/2AK7YGh