Menurut sebuah studi dan penelitian, ada 10 negara yang dinyatakan mendapatkan skor terbesar dalam aksi pencucian uang. Negara mana sajakah itu?

Bagaimana dengan skor negara kita akan aksi pencucian uang?

Mari simak ulasan berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Aksi Pencucian Uang

Sejak tahun 2012 yang lalu, telah diterbitkan sebuah Indeks mengenai Anti-Money Laundering (AML) atau kita kenal sebagai aksi pencucian uang.

Indeks tersebut dikeluarkan oleh sebuah Institut bernama Basel Institute on Governance dan hingga saat ini, Indeks Basel AML tetap merupakan satu-satunya indeks yang dikeluarkan oleh perusahaan nirlaba untuk menilai negara-negara berdasarkan risiko pencucian uang dan pendanaan akan teroris.

 

 

 

Di sektor publik, Indeks Basel AML ini biasanya digunakan oleh LSM dan juga akademisi untuk penelitian dan juga digunakan sebagai alat ukur mengeluarkan kebijakan.

Adapun, Basel Institute on Governance adalah pusat kompetensi nirlaba independen yang bekerja di seluruh dunia dengan sektor publik dan swasta untuk melawan korupsi dan kejahatan finansial lainnya, di samping memperbaiki kualitas pemerintahan.

Institute Basel adalah Asosiasi Institut dari Universitas Basel.

Jangan Coba-coba Melakukan Aksi Pencucian Uang di 10 Negara Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Negara Dengan Suku Bunga Terendah untuk Pinjaman dan Hipotek]

 

Indeks Basel AML mengukur risiko pencucian uang dan pendanaan teroris sebuah negara berbasis pada sumber umum yang tersedia.

Sebanyak 14 indikator yang terkait dengan peraturan AML/CFT mengenai korupsi, standar keuangan, pengungkapan politik dan prosedur hukum yang digabungkan menjadi satu skor risiko keseluruhan.

Dengan menggabungkan berbagai sumber data ini, keseluruhan skor risiko merupakan penilaian secara keseluruhan untuk menangani elemen struktural dan fungsional dalam kerangka AML/CFT.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Penting untuk dicatat dan dipahami.

Oleh karena tidak ada data kuantitatif yang dapat diandalkan tentang pencucian uang, Basel Indeks AML tidak mengukur keberadaan sebenarnya aktivitas pencucian uang atau jumlah uang yang terlarang di dalam suatu negara.

Namun, Basel Indeks AML ini dirancang untuk menunjukkan tingkat risiko, yaitu kerentanan dari pencucian uang dan pendanaan teroris di suatu negara.

20 Negara Dengan Suku Bunga Terendah untuk Pinjaman dan Hipotek 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Gaya Kepemimpinan Lee Kuan Yew yang Membawa Singapura Menjadi Negara Maju di Asia Tenggara]

 

Untuk mengukur keberadaan sebenarnya dari ML atau TF aktivitas diperlukan data kuantitatif yang andal mengenai fenomena ini, namun sayangnya data ini tidak tersedia.

Indeks AML Basel memberi peringkat pada negara berdasarkan keseluruhan skor dan menyediakan data yang berguna sebagai tujuan komparatif.

Indeks Basel AML berusaha memberikan gambaran keseluruhan tingkat risiko suatu negara dan menjadi titik awal yang solid untuk memeriksa kemajuan dari waktu ke waktu.

 

Indeks Basel AML 2017 dan Peringkat (dari risiko tertinggi ke terendah)

Jangan Coba-coba Melakukan Aksi Pencucian Uang di 10 Negara Ini! 03 - Finansialku

 

10 Negara dengan Indeks Risiko Pencucian Uang Tertinggi

No Negara Total Skor
1 Iran 8,60
2 Afghanistan 8,38
3 Guinea-Bissau 8,35
4 Tajikistan 8,28
5 Laos 8,28
6 Mozambik 8,08
7 Mali 7,97
8 Uganda 7,86
9 Kamboja 7,94
10 Tanzania 7,89

 

10 negara berisiko tinggi di Indeks Basel AML 2017 diantaranya adalah Iran, Afghanistan, Guinea-Bissau, Tajikistan, Laos, Mozambik, Mali, Uganda, Kamboja, Tanzania.

Dibandingkan dengan edisi Indeks Basel AML sebelumnya, Sudan dan Myanmar, yang sebelumnya termasuk di antara 10 negara dengan risiko tertinggi pada Indeks, telah memperlihatkan perbaikan tertentu dalam skor mereka dan tidak terdaftar di sepuluh negara berisiko tahun ini.

20 Negara Dengan Suku Bunga Terendah untuk Pinjaman dan Hipotek 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda 25 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017?]

 

Sebaliknya, Tanzania dan Laos memburuk di peringkat mereka dan masuk dalam daftar 10 negara berisiko tinggi untuk pertama kalinya sejak Indeks Basel AML diterbitkan.

Mayoritas dari 10 negara berisiko tinggi, bagaimanapun juga belum memperlihatkan perubahan secara signifikan mengenai peringkat risiko mereka pada tahun 2017.

Melalui Indeks Basel AMl ini, menunjukkan bahwa lambannya kemajuan dan kesulitan dalam melakukan perubahan struktural yang bisa membaik dalam kerangka kerja AML/CFT mereka.

Negara-negara tersebut yang masuk dalam daftar 10 besar berisiko tinggi adalah negara dengan perekonomian berpenghasilan rendah dan tidak satu pun dari mereka memainkan peran utama sebagai pusat keuangan global atau penyedia jasa keuangan secara global.

Sekitar setengah daftar tersebut adalah negara yang terletak di Afrika Sub-Sahara, dengan separuh lainnya tersebar di Asia Tengah, Timur dan Selatan serta Timur Tengah.

Temukan Fakta Menarik Uang Negara Zimbabwe 02 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Fakta Menarik Uang Negara Zimbabwe, Zimbabwean Dollar]

 

Data yang tersedia menunjukkan bahwa 10 negara tersebut memiliki skor tinggi alias berisiko tinggi terhadap pencucian uang dan terorisme terutama disebabkan:

  • Lemahnya sistem dan struktur kombinasi fungsional AML/CFT.
  • Adanya kerentanan seperti tingginya tingkat dugaan korupsi, sistem peradilan yang lemah dan standar sektor keuangan yang buruk, termasuk risiko politik yang tinggi.

 

Tahukah Anda bahwa kebutuhan finansial termasuk hal mendasar yang perlu memiliki perhatian khusus?

Miliki perencanaan keuangan yang sehat sejak dini dengan men-download secara gratis ebook Panduan Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an dari Finansialku.

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

10 Negara dengan Indeks Risiko Pencucian Uang Terendah

No Negara Total Skor
1 Finlandia 3,04
2 Lithuania 3,67
3 Estonia 3,83
4 Bulgaria 3,87
5 Selandia Baru 3,91
6 Slovenia 4,02
7 Denmark 4,05
8 Kroasia 4,11
9 Swedia 4,25
10 Israel 4,25

 

Daftar negara dengan risiko rendah tidak berubah secara signifikan selama enam tahun terakhir.

Baltik dan Negara-negara Eropa Timur mewakili setengah dari daftar Indeks Basel AML 2017.

Selama empat tahun terakhir, Finlandia tetap menjadi negara dengan risiko terendah di Indeks Basel AML.

Tahukah Anda 25 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017 27 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara]

 

Lithuania dan Estonia berhasil mempertahankan posisi mereka dari tahun 2016 dengan memegang posisi kedua dan ketiga.

Di kalangan negara risiko terendah, Bulgaria memegang posisi keempat keempat meskipun sedikit memburuknya risiko kinerja.

Sebagian besar negara yang dikelompokkan dalam kategori risiko rendah menunjukkan tingkat kepatuhan pada AML/CFT yang kuat.

Dalam beberapa kasus, hasilnya kemungkinan juga terkait dengan adopsi undang-undang baru di bawah persyaratan untuk bergabung dengan Uni Eropa, bagi sebagian besar negara dengan peringkat risiko rendah.

ini-negara-yang-akan-menjadi-markas-fintech-asia-2-finansialku

[Baca Juga: Ini Negara yang Akan Menjadi Markas Fintech Asia Pasifik]

 

Selain itu, negara dengan risiko rendah biasanya menggambarkan tingkat keuangan yang kuat serta adanya transparansi laporan keuangan kepada publik serta tingkat korupsi yang rendah.

Akhirnya, perlu ditekankan bahwa melalui Indeks pengidentifikasian negara dengan risiko tingkat pencucian uang tersebut di atas, tidak ada yang namanya negara dengan risiko pencucian uang nol.

Para penjahat selalu mencari cara baru untuk melakukan pencucian uang dan pemerintah perlu terus-menerus melihat berbagai risiko baru yang sesuaikan dengan regulasi hukum, kelembagaan dan kebijakan yang dikeluarkan dalam sebuah negara.

 

 

 

Peringkat Indonesia dalam Daftar Indeks Basel AML 2017

Lantas bagaimanakah dengan Indonesia, negara kita tercinta?

Ayo temukan, di peringkat manakah negara kita dalam daftar Indeks Basel AML 2017 di atas.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda.

Apabila Anda memiliki tanggapan atau komentar mengenai artikel di atas, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Basel Institute on Governance. 16 Agustus 2017. Basel AML Index 2017 Report. Baselgovernance.org – https://goo.gl/S56x6C
  • Admin. Which Countries Top The List in Money Laundering? Quora.com – https://goo.gl/Rs2YUB
  • Vina A. Muliana. 3September 2017. 8 Negara Paling Rawan Tindak Pencucian Uang. Liputan6.com – https://goo.gl/FXjBTQ

 

Sumber Gambar:

  • Aksi Pencucian Uang – https://goo.gl/ybajqM
  • Negara Aksi Pencucian Uang – https://goo.gl/wwXZ1y dan https://goo.gl/S56x6C

 

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang