Kenali 4 ciri monopoli dalam membangun bisnis Anda melalui rubrik Finansialku yang akan dipaparkan sebagai berikut. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengenal Bisnis Monopoli

Pasar monopoli berasal dari bahasa Yunani, monos dan polein. Monos artinya satu sedangkan polein artinya menjual. Jadi, monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.

Jadi monopoli adalah kondisi pasar dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu dan ada hambatan bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut.

Dengan kata lain, pasar dikuasai oleh satu atau segelintir perusahaan, sementara pihak lain sulit masuk didalamnya. Karena itu, hampir tidak ada persaingan berarti.

Lolos dari kompetisi akan memberi Anda sebuah monopoli meskipun sebuah monopoli hanya akan menjadi bisnis besar jika mampu bertahan menerjang masa depan.

Sebuah bisnis besar didefinisikan berdasarkan kemampuannya menghasilkan arus kas di masa mendatang sehingga dapat dikatakan bahwa nilai sebuah bisnis hari ini adalah jumlah seluruh uang yang akan dibuatnya di masa mendatang.

Apa Monopoli itu Kenali 4 Ciri Monopoli untuk Membangun Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Gaya Kepemimpinan Bill Gates Microsoft dan Steve Jobs Apple]

 

Bagaimanapun juga perusahaan yang produknya mudah ditiru akan menyaksikan labanya semakin tergerus. Agar sebuah perusahaan mempunyai nilai bisnis, perusahaan tersebut haruslah bertumbuh dan tahan lama, tetapi banyak pengusaha yang hanya memusatkan perhatian pada pertumbuhan jangka pendek.

Jika Anda lebih memusatkan perhatian pada pertumbuhan jangka pendek daripada yang lainnya, Anda perlu menjawab sebuah pertanyaan: Apakah bisnis ini akan masih ada dalam kurun waktu sepuluh tahun mendatang? Anda perlu berpikir secara kritis mengenai sifat kualitatif bisnis Anda.

Seperti apakah perusahaan di masa mendatang yang memiliki arus kas besar? Setiap monopoli itu unik, tetapi monopoli biasanya memiliki beberapa kombinasi sifat-sifat yang khas seperti, Teknologi yang dilindungi Hak Paten, Efek Jaringan, Skala Ekonomis dan Merek yang Kuat. Berikut ini penjelasan mengenai 4 ciri-ciri dari monopoli.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#1 Teknologi yang Dilindungi Hak Paten

Teknologi yang dilindungi Hak Paten (proprietary technology) adalah keunggulan paling mendasar yang dapat dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya Hak Paten, maka produk Anda akan sulit dan bahkan mustahil untuk ditiru.

Seperti contohnya Algoritme pencarian Google yang dapat memunculkan hasil-hasil yang lebih baik daripada algoritme milik perusahaan lainnya.

Teknologi yang telah dipatenkan untuk mempersingkat waktu kemunculan sebuah halaman dan kemampuan melengkapi pengetikan otomatis yang sangat tepat, menambah unsur pokok yang menjadikan produk tersebut tangguh dan sulit untuk dikalahkan. Sangat sulit sekali bagi siapa pun untuk meniru dan melakukan apa yang Google lakukan pada awal 2000-an.

Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang Anda Bisa Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

Teknologi yang dipatenkan setidaknya 10 kali lebih baik daripada teknologi-teknologi pesaing yang paling dekat dalam beberapa dimensi. Apabila Anda membangun sesuatu yang bernilai dan belum pernah ada, sesungguhnya Anda menemukan sesuatu yang memang benar-benar baru. Asalkan Anda menghasilkan sesuatu yang 10 kali lebih baik, maka Anda berhasil lolos dari sebuah kompetisi.

 

#2 Efek Jaringan

Efek jaringan membuat sebuah produk lebih bermanfaat sejalan dengan banyak orang yang menggunakannya. Misalnya, jika semua teman Anda menggunakan Facebook, maka kemungkinan besar Anda juga akan bergabung dan membuat akun di Facebook.

Efek jaringan dapat membuat suatu kedahsyatan, terutama jika produk begitu berharga bagi para penggunanya di periode awal ketika produk Anda baru saja rilis.

Contohnya seperti produk pertama Mark Zuckerberg, yaitu Facebook yang pada awalnya hanya dirancang untuk menarik semua teman seangkatannya di Harvard untuk bergabung, namun ternyata seluruh dunia menggunakan produknya.

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan) 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

#3 Skala Ekonomis

Sebuah bisnis monopoli makin kuat sewaktu bisnis itu menjadi besar. Usaha startup dalam bidang perangkat lunak dapat menikmati skala ekonomis yang begitu dramatis karena ongkos marginal untuk membuat salinan produk mendekati nol.

Banyak bisnis hanya mendapatkan keunggulan yang terbatas sewaktu mereka tumbuh menjadi skala besar. Usaha jasa biasanya akan sulit menciptakan suatu monopoli. Sebagai contoh apabila Anda memiliki sanggar yoga, maka Anda hanya akan mampu melayani pelanggan dengan jumlah tertentu.

Anda dapat mengupah instruktur lebih banyak dan pindah ke tempat yang lebih luas, tetapi margin Anda akan tetap rendah. Sebuah usaha startup yang baik harus mempunyai potensi untuk menjadi besar sejak rancangan pertamanya.

 

#4 Merek yang Kuat

Menciptakan merek yang kuat adalah sebuah cara ampuh untuk menikmati monopoli. Apple merupakan merek teknologi yang paling besar saat ini.

Tampilannya yang menarik dengan bahan-bahan yang dipilih secara cermat untuk produk-produk seperti iPhone dan MacBook, rancangan Apple Store yang minimalis tapi canggih dan pengawasan pengalaman konsumen yang ketat, kampanye iklan dimana-mana, harga yang berkelas sehingga membuatnya menjadi suatu barang yang premium, serta pengaruh yang tidak bisa hilang dari kharisma seorang Steve Jobs, kesemuanya membuat suatu ciri khas serta keunikan tersendiri dari merek Apple.

Banyak yang telah mencoba belajar dari keberhasilan Apple dan bahkan mencoba untuk meniru namun tidak berhasil karena Apple memiliki sejumlah teknologi rumit yang dilindungi oleh hak paten, baik perangkat kerasnya seperti bahan layar sentuh yang superior dan perangkat lunaknya seperti interface layar sentuh yang dirancang khusus untuk bahan tertentu.

Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha yang Harus Anda Miliki 01 - Finansialku

[Baca Juga; Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha yang Harus Anda Miliki]

 

Perusahaan itu membuat produk-produk dalam skala cukup besar untuk menguasai bahan-bahan yang dibelinya. Itulah beberapa hal mendasar yang memungkinkan faktor merek dapat secara efektif memperkuat monopoli dari perusahaan mega seperti Apple.

Namun demikian, mengutamakan merek ketimbang manfaat adalah strategi yang berbahaya karena tidak ada perusahaan teknologi yang dapat dibangun di atas kekuatan merek semata.

 

Menurut Anda, inovasi bisnis seperti apakah yang akan mendominasi pasar dunia pada masa mendatang? Bagikan pendapat Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan sebarkan informasi-informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Peter Thiel. 2014. Zero To One (Notes on Startups, or How to Build the Future). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

 

Sumber Gambar:

  • Pasar Monopoli – https://goo.gl/GmMyvb
  • Monopolistik – https://goo.gl/qBFo22

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang