Apakah para Pemilik Bisnis Perlu Pensiun? Pensiun seperti Apa yang Cocok?

Apakah Anda seorang pemilik bisnis? Mungkin Anda terlalu sibuk mengelola bisnis Anda hingga lupa mempersiapkan masa depan? Tidak peduli seberapa besar bisnis yang Anda miliki, Anda perlu memikirkan rencana pensiun. Tetapi pensiun seperti apa yang perlu Anda rencanakan? Mari kita lihat jenis pensiun apa yang sesuai dengan pemilik bisnis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rencana Pensiun

Pemilik bisnis sering kali terlalu sibuk menjalani bisnisnya, sehingga lupa mempersiapkan rencana pensiun untuk masa tua. Walau saat ini bisnis Anda sukses luar biasa, tidak akan ada artinya jika Anda tidak mempersiapkan masa depan Anda dengan baik. Rencana pensiun perlu disiapkan secara matang agar Anda dapat menikmati hidup kelak. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan jenis pensiun yang mungkin sesuai bagi Anda.

Apakah para Pemilik Bisnis Perlu Pensiun Pensiun seperti Apa yang Cocok 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 4 Alasan Kenapa Orang Tidak Ingin Pensiun Dini]

 

Jenis Pemilik Bisnis Seperti Apakah Anda?

Pemilik bisnis adalah salah satu pendorong majunya perekonomian dalam negeri, namun terkadang pemilik bisnis lebih mementingkan perekonomian negara daripada keadaan finansial dirinya sendiri. Kemakmuran masa kini tidak bisa dijadikan jaminan kenyamanan finansial di masa depan. Anda tetap harus merencanakan masa pensiun Anda. Umumnya, pemilik bisnis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Pemilik Bisnis Tipe A

Tipe pemilik bisnis ini menganggap bahwa bisnis yang dimilikinya akan menjadi dana pensiunnya. Dia terus menggunakan penghasilan dan keuntungan usahanya untuk mengembangkan usahanya. Dengan harapan perusahaannya akan semakin besar dan nilai sahamnya naik. Pemilik bisnis seperti ini berharap usahanya menjadi besar dan saat kelak dirinya pensiun, dia akan menjual perusahaannya. Hasil penjualan perusahaan ini diharapkan menjadi simpanan masa depannya. Namun perlu diingat bahwa nilai perusahaan Anda belum tentu sama nantinya, tidak ada jaminan nilai jual perusahaan Anda akan terus naik. Dan perlu diingat juga bahwa belum tentu ada yang tertarik untuk membeli perusahaan Anda nantinya karena perekonomian terus berubah setiap harinya. Tidak ada yang bisa memprediksikan perekonomian di masa depan, begitu juga dengan Anda. Menjalankan usaha tanpa simpanan belum tentu berujung baik.

kapan-waktu-yang-tepat-untuk-anda-mulai-merencanakan-dana-pensiun-2-finansialku

[Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Anda Mulai Merencanakan Dana Pensiun?]

 

#2 Pemilik Bisnis Tipe B

Pemilik bisnis ini lebih memperhatikan hal-hal lain di sekitar bisnisnya, beberapa mungkin sudah mengajukan perencanaan dana masa pensiun atau menginvestasikan dana yang dapat berkembang di masa depannya. Namun investasi pun belum tentu menguntungkan di masa depan. Sebagai contoh, jika Anda menginvestasikan uang Anda pada tanah atau perumahan, tidak ada jaminan yang pasti bahwa harga perumahan tersebut akan naik sesuai yang Anda harapkan, sehingga biaya masa depan Anda belum tentu tercukupi.

Ini Kesalahan Para HR dalam Memberikan Pelatihan MPP (Masa Persiapan Pensiun) serta Solusinya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi di Unitlink atau Reksa Dana untuk Pensiun Nanti?]

 

Tidak peduli tipe manakah Anda, investasi di dalam atau di luar perusahaan memiliki risiko yang cukup besar. Pertanyaan yang wajib Anda pikirkan adalah “Apa rencana cadangan saya jika rencana awal saya gagal?” Anda perlu membuat rencana cadangan yang dapat menjamin masa pensiun Anda. Mulailah perhitungkan kebutuhan dana pensiun Anda, dan carilah perencanaan pensiun yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda.

 

Jenis Perencanaan Dana Pensiun

Pemilik bisnis perlu menyiapkan rencana pensiunnya (rencana hari tua). Anda dapat mengandalkan pemasukan dari bisnis Anda (rencana A) atau dengan uang hasil investasi (rencana B). Beberapa sumber penghasilan yang dapat Anda gunakan saat memasuki masa pensiun:

  • Strategi A = buatlah suksesi bisnis, Anda dapat mewariskan bisnis kepada anak-anak atau tenaga profesional.
  • Strategi B = buat rencana keuangan, untuk memastikan investasi Anda dapat menghidupi pengeluaran An dasaat hari tua nanti.
  • Ikut serta dalam program BPJS Ketenagakerjaan, untuk mendapatkan manfaat jaminan hari tua (JHT).

 

Keduanya perlu direncanakan sejak Anda muda dan masih produktif.  

Para Karyawan, Ini Cara Membuat Alokasi Aset dan Diversifikasi untuk Rencana Pensiun Anda - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini Cara Membuat Alokasi Aset dan Diversifikasi untuk Rencana Pensiun Anda]

 

Tahapan dalam perencanaan dana hari tua:

  1. Hitung estimasi berapa kebutuhan saat masa pensiun
  2. Hitung berapa yang harus disiapkan (diinvestasikan) setiap bulannya. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung jumlah investasinya. 
  3. Mulai memilih produk investasi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan dana hari tua.
  4. Berinvestasi secara disiplin. 
  5. Lakukan review berkala, agar investasi dan strategi Anda dapat sesuai dengan rencana.

 

Pilihlah Perencanaan Pensiun yang Tepat Bagi Anda

Setelah Anda melihat jenis usaha Anda secara menyeluruh, barulah Anda perlu membandingkan jenis-jenis perencanaan pensiun beserta kelebihan dan kekurangannya. Pertimbangkan biaya dan kompensasi tangguhan dari masing-masing perencanaan, kemudian sesuaikanlah dengan kemampuan dan kebutuhan usaha Anda. Perencanaan pensiun yang tepat akan membantu Anda untuk menjalani bisnis Anda dengan lebih tenang, tanpa harus terus memikirkan perubahan perekonomian yang dapat mempengaruhi bisnis Anda di masa depan.

 

Apakah Anda mengetahui jenis perencanaan pensiun lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Pamela Yellen. 14 Januari 2017. Business Owners Need a ‘Plan B’ for Retirement. Entrepreneur.com – https://goo.gl/hRajWi
  • Phillip Bollin. 14 April 2014. 4 Basic Retirement Plans for Entrepreneurs. Marketwatch.com – https://goo.gl/sT7hld

 

Sumber Gambar:

  • Businesswoman – https://goo.gl/tPaqZG
  • Businessman Making Shake hands – https://goo.gl/GV167y

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download