Mengapa pensiun dini tidak tidak dianjurkan? Berikut 4 alasannya kenapa orang sebaiknya tidak pensiun dini yang akan dijelaskan oleh Finansialku.com

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Alasan Tidak Pensiun Dini

Masa pensiun merupakan masa-masa perubahan drastis yang dialami dalam kehidupan setiap orang. Biasanya, orang akan menghabiskan waktu selama 4 dekade dalam sebuah lingkungan pekerjaan. Rata-rata usia pensiun berkisar pada usia 62-65 tahun, tergantung dimana penetapan masa pensiun di kantor tersebut. Hal ini sesuai dengan survei dari sebuah lembaga survei.

Masa-masa bekerja menghasilkan rutinitas dan kestabilan seiring dengan berbagai tekanan pekerjaan dan juga kebosanan yang dialami oleh karena rutinitas tersebut. Lain halnya dengan kehidupan masa pensiun yang berhubungan dengan kondisi keuangan dan pola hidup yang akan sangat jauh berbeda. Berikut beberapa alasan umum dimana orang tidak siap menjelang masa pensiun.

Ada 4 Alasan Kenapa Orang Tidak Ingin Pensiun Dini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar?]

 

#1 Kuatir dengan Kondisi Keuangan yang Pas-pasan

Tak mengherankan bahwa kondisi keuangan menempati posisi yang pertama. Sangat sulit untuk meninggalkan kehidupan bekerja yang mampu menghasilkan gaji rutin setiap bulannya.

Salah satu alasan umum yang menjadi pertimbangan seseorang memutuskan untuk tidak mengambil pensiun dini dikarenakan rasa takut akan tabungan mereka yang mungkin tidak dapat mencukupi kebutuhan gaya hidup mereka seperti pada masa mereka masih bekerja dan menghasilkan gaji bulanan.

Namun, apabila Anda sangat serius untuk mengambil pensiun dini, ada beberapa jalan keluar yang dapat Anda pilih, seperti menghabiskan masa pensiun dengan pindah ke sebuah negara dengan biaya hidup yang rendah atau menggunakan kartu kredit yang tepat untuk menghemat biaya setiap tahunnya.

 

#2 Keraguan untuk Kehilangan Identitas

Terkadang ketika kita berkenalan dengan seseorang, ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan, salah satunya mengenai pekerjaan yang dilakukan. Pertanyaan ini berhubungan dengan kehidupan sosial ekonomi seseorang dan melalui satu pertanyaan ini, kita dapat melihat latar belakang serta pendidikan orang tersebut.

Tentu saja, identitas seseorang dapat diketahui melalui apa yang dia kerjakan. Hal ini merupakan pergeseran identitas yang penting untuk disadari ketika akan mengambil masa pensiun. Banyak orang yang mungkin merasa seperti orang yang tak berdaya ketika akan menghadapi masa pensiun.

Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan]

 

Namun demikian, di luar sana ada begitu banyak aktivitas yang berarti yang dapat menghasilkan identitas bagi seseorang. Berbagai aktivitas tersebut dapat berupa hobi seperti kesenian, olahraga, membaca, menulis ataupun menjadi traveler.

Ketakutan akan kehilangan identitas merupakan alasan umum seseorang dalam menghadapi masa pensiun. Pada kenyataannya, masa pensiun dapat memberikan waktu kepada kita untuk dapat menggali lebih dalam mengenai berbagai kreativitas kita dari dalam diri yang belum muncul saat kita memiliki kesibukan pada masa-masa bekerja.

Daripada hanya melihat sisi dari kehilangan identitas kita pada masa pensiun, lebih baik kita melihat sisi lain dari diri kita untuk dapat menemukan berbagai kreativitas yang terpendam. Hal ini akan lebih menarik dan tidak membosankan.

5 Hal Yang Wajib Anda Penuhi Sebelum Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: 5 Hal Yang Wajib Anda Penuhi Sebelum Pensiun]

 

#3 Kecemasan akan Masa Pensiun yang Tidak Terencana

Berdasarkan survei untuk pelayanan keuangan pada tahun 2015, hanya 49% konsumen yang memiliki rencana pensiun secara formal.

Masa pensiun perlu direncanakan dengan matang karena dengan perencanaan yang baik maka Anda akan dapat melihat secara jelas setiap langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan yang akan dicapai seperti ketika akan pensiun 5 tahun mendatang, apa saja yang akan direncanakan dan dicapai pada saat masa pensiun itu menjelang.

Anda juga dapat menghubungi konsultan Finansialku.com dalam merencanakan berbagai kemungkinan yang perlu dipersiapkan menjelang masa pensiun. Konsultan kami sangat senang untuk menolong Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Ketakutan dan  Kegelisahan akan Kebosanan

Beberapa orang berpikir bahwa masa pensiun akan mendatangkan keadaan yang membosankan karena mereka tidak bekerja dan memiliki banyak waktu kosong. Pensiun sebetulnya bukan berarti bahwa Anda harus berhenti melakukan pekerjaan atau aktivitas sepenuhnya.

Beberapa orang memanfaatkan masa pensiun ini untuk melakukan berbagai kegiatan atau bisnis wirausaha lain yang mereka tidak dapat lakukan ketika mereka masih bekerja. Apabila Anda memiliki berbagai aktivitas dalam mencapai bisnis masa pensiun yang akan Anda capai, hal ini akan sangat memberi dorongan bagi Anda.

Sebagai bahan informasi, ada beberapa universitas yang menyediakan kelas gratis bagi orang-orang dengan usia 65 tahun ke atas (usia pensiun).

Para Karyawan, 5 Tips untuk Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, 5 Tips untuk Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun]

 

Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai hobi olahraga lainnya seperti, yoga, menari, menyelam (snorkeling atau scuba diving), golf, memanjat gunung atau bersepeda.

Untuk menambah dorongan yang dapat memotivasi, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas kesenian atau belajar bahasa asing, terutama bagi Anda yang berminat untuk menghabiskan masa pensiun di luar negeri dengan biaya hidup yang rendah.

 

Pensiun Bukanlah Akhir dari Segalanya

Pensiun bukanlah akhir dari masa hidup Anda, melainkan sebuah awal dari suatu kehidupan yang baru yang akan Anda masuki. Seringkali seseorang yang akan menjelang masa pensiun terlalu takut untuk menghadapi kehidupan masa pensiunnya. Masa pensiun dapat menjadi masa-masa mengevaluasi kehidupan kita sebelumnya.

Sebelum Putuskan Pensiun Dini, Anda Harus Pertimbangkan 6 Hal Ini Ya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Siap untuk Pensiun Dini? Ini Tanda-Tandanya]

 

Namun demikian, keputusan untuk mengambil masa pensiun setiap orang berbeda satu dengan yang lain. Sudahkah Anda memikirkan dan merencanakan dengan jelas hal-hal yang perlu dipersiapkan pada masa menjelang pensiun dan hal-hal yang akan Anda lakukan pada masa pensiun Anda?

 

Anda dapat menulis pada kolom yang tersedia di bawah ini apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar perihal informasi tersebut. Bagikan juga setiap informasi yang Anda dapatkan dari artikel yang dipaparkan oleh Finansialku.com kepada orang-orang yang Anda kenal. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Amanda Gokee. 7 Februari 2017. 4 Reasons People Don’t Retire Early — and How You Can. Wisebread.com – https://goo.gl/vupSRQ

 

Sumber Gambar:

  • Early Retirement – https://goo.gl/wDSvNX
  • Retire – https://goo.gl/SlpU6h

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang