Tanda apa saja yang menerangkan bahwa seorang karyawan telah siap pensiun dini? Setidaknya ada 6 ciri yang bisa diamati untuk mengukur kemapanan seseorang sehingga layak mengakhiri kariernya sedini mungkin.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Para Karyawan, Ini 6 Tandanya Anda Sudah Dapat Pensiun Dini

Pensiun adalah masa dimana seorang telah terbebas dari kesibukan mengumpulkan uang. Biasanya, orang yang telah memutuskan pensiun adalah orang yang telah lama bekerja sehingga memiliki simpanan yang telah mencukupi. Jika patokannya umur, itu berarti orang yang telah berusia 55 tahun ke atas. Bukan berarti, seseorang yang hendak beralih status bekerja menjadi pensiun harus menunggu paruh baya terlebih dahulu. Pasalnya, siapapun orangnya berhak menentukan masa depannya sendiri, termasuk pensiun dini.

Bagi seorang karyawan, memutuskan pensiun bukanlah hal yang mudah. Usia yang masih produktif, tenaga yang masih segar bugar, dan semangat kerja yang masih sangat tinggi menjadi alasan untuk tetap bertahan di dunia kerja. Belum lagi ditambah kekhawatiran tidak adanya pemasukan untuk meng-cover biaya-biaya hidup pasca pensiun. Namun, tidak ada salahnya jika Anda berencana mengakhiri kiprah di dunia kerja dengan memastikan bahwa Anda telah layak pensiun dini. Berikut ini ada 6 tanda yang bisa Anda jadikan patokan apakah Anda sudah bisa pensiun dini atau belum.

Para Karyawan, Lebih Baik Beli Rumah atau Ambil KPR - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Lebih Baik Beli Rumah atau Ambil KPR?]

 

#1 Utang-utang Anda Telah Lunas

Terlilit utang menjadi alasan mengapa seseorang harus bekerja keras. Jika Anda telah terbebas dari tuntutan membayar utang atau utang Anda telah lunas, itu artinya simpanan yang Anda miliki nantinya akan lebih mencukupi untuk pensiun. Dana pensiun yang telah Anda persiapkan bisa lebih difokuskan untuk kebutuhan-kebutuhan setelah pensiun nanti. Jika demikian, berarti Anda telah memenuhi salah satu kualifikasi untuk pensiun dini.

 

#2 Tabungan Anda Sudah Lebih dari Cukup untuk Pensiun

Perencanaan pensiun sudah dapat dimulai jauh-jauh hari, bahkan semenjak Anda masih sangat muda. Anda dapat memasang target seberapa banyak pundi-pundi rupiah untuk kehidupan pasca pensiun dan melakukan investasi. Jika ternyata uang yang Anda kumpulkan tersebut telah mencukupi atau malah berlebih, inilah salah satu tanda bahwa Anda sudah pantas pensiun dini., Pastikan bahwa segala kebutuhan dan pembiayaan dapat ter-cover dengan tabungan Anda miliki tersebut sebelum memutuskan untuk berhenti kerja. Dalam hal ini dibutuhkan perencanaan simpanan yang dikhususkan sebagai dana pensiun. Anda perlu mengkalkulasikan seberapa lama Anda telah menabung untuk mengetahui kapan Anda bisa mulai pensiun.

Bisakah Seorang Pensiunan Berinvestasi Reksa Dana - Finansialku

[Baca Juga: Bisakah Seorang Pensiunan Berinvestasi Reksa Dana?]

 

#3 Rencana Pensiun Anda Terbebas dari Denda Penarikan Dini

Siapapun orangnya tentu tidak suka membayar denda-denda yang tidak perlu. Adapun pensiun dini disamakan dengan pendapatan. Jika tabungan pensiun Anda termasuk ke dalam 457 Plan, yang terbebas dari denda penarikan dini, pensiun dini dan penarikan dari rencana tersebut tidak mewajibkan Anda membayar denda. Namun perhatikan bahwa Anda tetap membayar pajak atas penarikan tersebut.

Ada juga kabar baik bagi siapa saja yang ingin pensiun dengan 401 K Plan. Jika Anda terus bekerja sampai usia 55 tahun, Anda dapat melakukan penarikan dari rencana 401 Anda tersebut tanpa denda saat Anda pensiun atau keluar dari kerja selama Anda tidak beralih ke IRA. Jika ulang tahun ke-59 Anda sekurang-kurangnya 6 bulan yang lalu, Anda berhak atas penarikan bebas denda dari rencana 401 Anda tersebut.

Opsi ketiga untuk mendapatkan penarikan bebas denda yaitu dengan merancang rangkaian penarikan substansial lebih dari 5 tahun atau usia Anda menyentuh 59,5 tahun. Sebagaimana penarikan dari rencana 457, Anda akan tetap diwajibkan membayar pajak atas penarikan Anda tersebut.

Jika rencana pensiun Anda termasuk ke dalam opsi-opsi penarikan bebas denda di atas, itulah sinyal jika Anda telah bersiap diri pensiun dini.

Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun Bagi Karyawan]

 

#4 Biaya Kesehatan Terpenuhi

Biaya kesehatan bisa sangat mahal sedangkan pensiun dini mengharuskan Anda memiliki sebuah rencana tabungan yang akan mencukupi biaya medis selama bertahun-tahun setelah pensiun. Jika Anda telah mencukupinya melalui rencana pasangan Anda atau bos Anda, ini bisa menjadi indikasi berikutnya bahwa Anda bisa pensiun dini. Lihatlah betapa mahalnya biaya sewa ambulan, cek darah, serta resep-resep non-generik.

Opsi lain bagi yang ingin pensiun dini yaitu dengan membeli jasa asuransi kesehatan pribadi. Jika Anda memiliki Health Saving Account (HAS) atau akun tabungan kesehatan, Anda dapat menggunakan distribusi bebas pajak untuk membayar biaya-biaya medis yang mahal, tak masalah berapapun usia Anda. Itu artinya Anda juga telah memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi biaya kesehatan melalui Affordable Care Act (ACC) apabila pendapatan Anda berkisar antara 100% sampai 400% dari tingkat kemiskinan suatu daerah.

 

#5 Saat Ini Anda Dapat Hidup dengan Budget Pensiun Anda

Seorang pensiunan yang mengantungkan kehidupannya pada pendapatan tetap termasuk di antaranya penarikan dana pensiun biasanya memiliki pendapatan bulanan lebih tinggi dari yang mereka dapatkan sewaktu bekerja. Anda dapat melakukan uji coba seberapa meyakinkannya kemampuan Anda untuk pensiun dini. Caranya yaitu dengan melihat bagaimana Anda mencukupi hidup dengan budget pensiun selama beberapa bulan. Jika budget yang Anda miliki tersebut mumpuni untuk mencukupinya, itu artinya Anda satu langkah lebih dekat untuk pensiun dini. Anda perlu berlatih hidup dengan dana pensiun yang telah Anda siapkan tersebut karena jika tidak, Anda kemungkinan akan kaget nantinya.

7 Mitos Tentang Perencanaan Pensiun yang Harus Diklarifikasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Mitos tentang Perencanaan Pensiun yang Harus Diklarifikasi]

 

#6 Anda Memiliki Rencana atau Proyek Baru untuk Pensiun

Pensiun dini perlu dikelola secara bijak dan harus jelas proyeksi ke depannya. Jika hanya mengakibatkan Anda menganggur, hal ini akan menggiring Anda kepada pensiun dini yang menyengsarakan serta meningkatkan kebiasaan konsumtif Anda (belanja, makan-makan di luar serta kegiatan berfoya-foya lainnya untuk mengisi waktu menganggur tersebut). Lain halnya dengan memiliki hobi yang jelas, travelling yang jelas atau bekerja paruh waktu. Aktivitas-aktivitas semacam ini memberikan nilai positif untuk mengisi masa pensiun jika diatur dengan baik.

 

Menurut Anda, apa yang biasanya orang alami sebelum pensiun dini? Apakah mereka sudah tahu tanda-tandanya untuk pensiun dini? Anda dapat memberikan informasi ini kepada orang tua Anda agar tidak salah dalam merencanakan pensiun. Untuk pendapat Anda, Anda dapat memberikan opini melalui kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Sarita Harbour. 19 Januari 2017. 6 Signs You’re Ready to Retire Early. Investopedia. https://goo.gl/rpFTUJ

 

Sumber Gambar:

  • Kelompok Karyawan – https://goo.gl/kOozLB

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang