Apakah Anda sudah siap menghadapi masa pensiun? Sudahkah Anda mempersiapkannya dengan baik sebelum waktunya tiba? Berikut 5 poin yang wajib Anda penuhi sebelum pensiun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapkan dengan Matang Sejak Awal

Menghadapi masa pensiun seringkali menjadi hal yang menakutkan untuk sebagian besar orang. Berhenti bekerja dan mendapatkan gaji bulanan. Ini tentu bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana cara perusahaan menangani masa pensiun karyawannya, dimana mereka bahkan merasa perlu untuk memberikan berbagai arahan atau bahkan masa pra pensiun sebagai langkah awal bagi mereka yang akan segera pensiun dari perusahaan.

Namun, apapun pekerjaan Anda, bahkan meski Anda seorang pegawai di instansi pemerintahan, maka Anda tentu akan berhadapan dengan masa pensiun di usia senja. Setiap orang mungkin akan menjalani hal ini dengan cara tersendiri, dimana mereka melakukan berbagai aktivitas yang sebelumnya tidak sempat dilakukan ketika masih aktif bekerja. Lalu, apa rencana Anda ketika akan menghadapi masa pensiun nanti?

Siap untuk Pensiun Dini Ini Tanda-Tandanya - Finansialku

[Baca Juga: Siap untuk Pensiun Dini? Ini Tanda-Tandanya]

 

Jika Anda akan segera menjelang masa pensiun Anda, maka Anda pasti telah memiliki sejumlah persiapan yang matang untuk hal tersebut. Namun Anda harus paham sejak awal, bahwa di luar semua persiapan Anda, keuangan adalah salah satu hal yang paling penting untuk Anda persiapkan dengan matang.

Saat pensiun, Anda akan mendapatkan sejumlah dana pensiun untuk membiayai hidup Anda ke depannya. Anda tidak akan mendapatkan gaji bulanan lagi, sementara Anda masih akan tetap memiliki sejumlah pengeluaran tetap setiap bulannya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda memikirkan cara yang paling tepat untuk mempersiapkan masa pensiun Anda sejak awal. Jangan sampai Anda sengsara dan mengalami berbagai masalah keuangan di usia senja, hanya karena Anda tidak memiliki persiapan yang matang untuk menghadapinya.

Bisakah Seorang Pensiunan Berinvestasi Reksa Dana - Finansialku

[Baca Juga: Bisakah Seorang Pensiunan Berinvestasi Reksa Dana?]

 

Lakukan 5 poin berikut ini sebelum pensiun, agar kondisi keuangan Anda lebih terjamin ketika menjalani masa-masa tersebut:

 

#1 Tentukan Apa yang Akan Anda Lakukan

Masa pensiun merupakan waktu istirahat bagi Anda, dimana Anda bisa mengerjakan berbagai hal yang selama ini belum sempat Anda kerjakan. Anda mungkin berpikir untuk pindah ke luar kota dan membeli sebidang lahan pertanian di sana, sehingga Anda memiliki kesibukan baru dan juga sejumlah penghasilan setelah pensiun. Atau, Anda bahkan merencanakan untuk melakukan perjalanan (tour) ke beberapa wilayah yang selama ini belum sempat Anda kunjungi, mengingat saat ini Anda telah memiliki sejumlah waktu yang cukup panjang untuk melakukan perjalanan. Namun, apakah keuangan Anda memadai untuk semua rencana indah tersebut?

Selalu pahami dengan baik bahwa dana pensiun Anda adalah sejumlah dana yang akan menopang kehidupan Anda ke depannya. Anda mungkin tidak akan bekerja lagi, jadi upayakan agar semua dana pensiun Anda digunakan dengan baik untuk berbagai kebutuhan yang bersifat prioritas. Tentukan apa yang akan Anda lakukan dan berapa banyak uang yang akan Anda butuhkan untuk hal tersebut, sehingga kehidupan Anda dapat berjalan baik dengan rencana keuangan dan juga pekerjaan yang matang.

Para Karyawan, Ini Cara Membuat Alokasi Aset dan Diversifikasi untuk Rencana Pensiun Anda - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini Cara Membuat Alokasi Aset dan Diversifikasi untuk Rencana Pensiun Anda]

 

#2 Anggaran Hidup Setelah Pensiun

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menghitung anggaran ini, maka Anda wajib mendatangi seorang ahli keuangan dan meminta bantuannya. Sebagian besar orang selalu menyiapkan sejumlah dana pensiun yang tidak mencukupi, dimana mereka berupaya untuk membuat pengeluaran setelah pensiun yang lebih kecil dari pengeluaran mereka saat ini. Ini adalah kesalahan fatal, mengingat semakin Anda bertambah usia maka sejumlah kebutuhan juga bisa meningkat.

Bukan hanya itu saja, inflasi juga akan membuat daya beli yang dimiliki oleh dana pensiun Anda, akan semakin kecil di masa yang akan datang. Jangan sampai Anda hanya bisa membeli beberapa potong roti saja untuk kebutuhan makan sehari di masa pensiun Anda nanti. Siapkan anggaran pensiun yang tepat, tentunya dengan dukungan sejumlah dana yang juga memadai dengan baik.

Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan]

 

#3 Perhitungkan Biaya Kesehatan Anda

Semakin Anda tua, maka semakin besar risiko yang bisa terjadi di dalam kesehatan Anda, dan Anda harus memahami ini dengan baik. Hal ini juga menjadi pemikiran bagi perusahaan asuransi, sebab bertambahnya usia Anda akan berbanding lurus dengan bertambahnya risiko terhadap kesehatan Anda. Untuk itu, Anda harus bersiap-siap untuk memiliki sejumlah biaya kesehatan di masa pensiun nanti, sebab secara otomatis perusahaan tempat Anda bekerja tentu akan menghentikan jaminan kesehatan (asuransi) yang mereka berikan selama ini kepada Anda. Premi asuransi ini tidak ringan, terutama jika Anda baru membelinya di saat usia senja.

7 Mitos Tentang Perencanaan Pensiun yang Harus Diklarifikasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Mitos Tentang Perencanaan Pensiun yang Harus Diklarifikasi]

 

#4 Ketahui Apakah Uang Anda Mencukupi

Hal ini penting diperhitungkan sejak awal, agar Anda memiliki sejumlah antisipasi terbaik untuk mengatasinya. Hitung semua uang Anda, baik itu dalam bentuk tunai ataupun aset lainnya. Jumlahkan dan lihat berapa lama uang itu akan mampu menghidupi Anda setelah pensiun nanti.

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk bisa menambah jumlah uang Anda, antara lain:

  • Melakukan investasi dan tidak membiarkan uang mengendap di dalam tabungan. Bunga tabungan bahkan tidak bisa mengejar laju inflasi, dimana sejumlah dana pensiun Anda mungkin tidak bisa mencukupi kebutuhan Anda untuk jangka waktu yang panjang.
  • Lakukan investasi ini sejak awal, bahkan jauh sebelum masa pensiun datang, agar Anda memiliki sejumlah waktu yang panjang untuk bisa mendatangkan keuntungan.

bagaimana-caranya-bisa-pensiun-dini-dan-pensiun-sejahtera-2-finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Caranya Bisa Pensiun Dini dan Pensiun Sejahtera]

 

#5 Kembangkan dan Rencanakan Masa Pensiun Anda dengan Tepat

Setelah ke-4 langkah di atas Anda lakukan dengan baik, maka Anda tentu sudah memiliki gambaran yang jelas terkait dengan masa pensiun Anda nanti. Mulailah melakukan pengembangan dan juga evaluasi pada beberapa hal yang Anda anggap perlu dan bisa memperbaiki rencana pensiun Anda tersebut. Jika Anda menyiapkannya dengan matang dan terencana, maka pensiun bukan lagi sebuah hal yang harus Anda khawatirkan.

 

Persiapkan Baik-baik

Tidak ada salahnya Anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum Anda memasuki masa pensiun. Cek kondisi keuangan dan pertimbangkanlah hal-hal yang sangat berguna bagi Anda kelak.

 

Apakah Anda sudah memiliki gambaran mengenai perencanaan masa pensiun Anda? Berikan tanggapan dan apabila Anda memiliki pertanyaan terkait informasi di atas, silakan tinggalkan komentar dan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini! Bagikan setiap informasi yang Anda dapatkan kepada setiap orang yang Anda kenal agar dapat menambah wawasan mereka. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Brian Mathews. 22 Juli 2016. 5 Action Items to Complete Before Retiring. – https://goo.gl/TbqZ8e

 

Sumber Gambar:

  • Asian People Retirement – https://goo.gl/qoieCS

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang