facebook_pixel

Bagaimana Caranya Bisa Pensiun Dini dan Pensiun Sejahtera

Bagaimana caranya bisa pensiun dini dan pensiun sejahtera? Bagi karyawan, pensiun dini yang sejahtera mungkin adalah hal yang didambakan. Pensiun dini dan pensiun sejahtera bukanlah hal yang mustahil jika Anda dapat menjalankan 5 langkah berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Caranya Agar Karyawan Bisa Pensiun Dini dan Pensiun Sejahtera

Pensiun dini adalah hal yang didambakan setiap orang yang lelah bekerja setiap hari. Kondisi kehidupan seseorang pada suatu klasifikasi umur umumnya memiliki siklus sebagai berikut :

bagaimana-caranya-bisa-pensiun-dini-dan-pensiun-sejahtera-3-finansialku

[Baca Juga : 3 Masalah Klasik dari Manusia yang (Harusnya) Dapat Diselesaikan]

 

Anak muda memiliki banyak waktu dan energi tetapi tidak memiliki uang. Orang dewasa memiliki uang dan energi tetapi tidak punya waktu karena harus bekerja. Sementara orang yang sudah tua memiliki banyak waktu dan mungkin banyak uang, tetapi sudah tidak memiliki tenaga. Sebenarnya kondisi paling ideal adalah memiliki waktu, uang dan tenaga. Anda tidak cukup menjadi ‘orang pada umumnya’ untuk mendapatkan kondisi ideal tersebut. Dibutuhkan cara unik dan usaha lebih untuk mencapai ketiga aspek pada saat yang bersamaan.

Dalam konteks ini, anggaplah pensiun sebagai tahap kebebasan keuangan. Tahap ini tidak terbatas pada usia tertentu. Jika Anda sudah mampu mencapai kebebasan keuangan pada usia 30 tahun, untuk apa Anda terus bekerja keras? Lebih baik Anda pensiun dini dan menikmati kehidupan dalam kondisi ideal seperti di atas. Pensiun dini memungkinkan Anda memiliki waktu dan tenaga ketika dewasa.

perbedaan-orang-yang-sudah-merencanakan-pensiun-dan-belum-merencanakan-1-finansialku

[Baca Juga : Perbedaan Orang yang Sudah Merencanakan Pensiun dan Belum Merencanakan]

 

Semua orang bisa saja memutuskan untuk pensiun dini, tetapi yakinkah Anda bahwa kondisi keuangan sudah mencukupi untuk pensiun sejahtera? Jangan sampai Anda memutuskan pensiun dini tetapi hidup tidak sejahtera dan serba kekurangan. Karena itu Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang dapat membantu mencapai pensiun dini bersamaan dengan pensiun sejahtera.

Mari kita bahas 5 langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai pensiun dini sekaligus pensiun sejahtera :

 

#1 Menghitung Dana Pensiun yang Dibutuhkan

Langkah pertama dalam merencanakan pensiun dini dan pensiun sejahtera adalah dengan memperhitungkan berapa dana yang dibutuhkan. Ada beberapa cara untuk memperhitungkan berapa dana yang harus dimiliki untuk menjalani kehidupan pensiun yang sejahtera. Biasanya dana pensiun diperhitungkan berdasarkan pendapatan atau pengeluaran Anda.

Penting untuk mengenali apa saja pengeluaran terbesar bulanan Anda. Menganalisa pemasukan dan pengeluaran bulanan dapat memberikan proyeksi keuangan ke depan. Jika ada pengeluaran yang terlalu besar, Anda dapat menguranginya setiap bulan sehingga target pensiun dini lebih mudah tercapai. Penghematan adalah salah satu kunci untuk mencapai pensiun dini. Meminimalisir pengeluaran bukan berarti membuat hidup menderita, melainkan membuat pengeluaran menjadi efektif.

kapan-waktu-yang-tepat-untuk-anda-mulai-merencanakan-dana-pensiun-1-finansialku

[Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Anda Mulai Merencanakan Dana Pensiun?]

 

Ada kalanya seseorang sebenarnya sudah mampu pensiun dini jika pengeluarannya efektif. Hanya saja pensiun dini terasa mustahil karena banyak pemborosan bulanan yang sebenarnya tidak diperlukan. Jangan lupa bahwa dana pensiun diperhitungkan dari pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Semakin kecil pengeluaran bulanan Anda maka akan semakin kecil juga dana pensiun yang dibutuhkan sehingga pensiun dini akan semakin memungkinkan.

Jika jumlah dana yang dibutuhkan sudah diketahui, dana tersebut kemudian akan diinvestasikan ketika Anda pensiun. Hasil investasi tersebut diharapkan dapat menutupi seluruh kebutuhan Anda ketika pensiun. Dengan begitu Anda tetap memiliki pemasukan bulanan walaupun sudah tidak bekerja. Untuk menghitung berapa dana yang dibutuhkan untuk pensiun sejahtera, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku.

 

#2 Mencari Cara Berinvestasi yang Sesuai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dana yang sudah dikumpulkan untuk pensiun akan diinvestasikan sehingga Anda tetap memiliki pemasukan setelah tidak bekerja lagi. Setelah memiliki dana yang akan diinvestasikan, Anda tentu harus menentukan kemana dana itu akan diinvestasikan. Ada begitu banyak instrumen investasi dengan spesifikasi yang berbeda-beda pula. Sebenarnya tidak ada investasi yang buruk atau baik. Tolak ukur yang ada hanyalah kesesuaian investasi dengan kebutuhan Anda. Carilah investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

rencana-pensiun-efektifkah-hidup-dari-bunga-deposito-saat-pensiun-1-finansialku

[Baca Juga : Rencana Pensiun: Efektifkah Hidup Dari Bunga Deposito saat Pensiun?]

 

Menentukan investasi yang sesuai harus dilakukan saat Anda merencanakan pensiun dini. Mengapa? Karena Anda harus memiliki gambaran berapa besar bunga investasi yang Anda harapkan setelah pensiun nanti. Jika Anda hanya ingin menyimpan uang Anda dalam deposito, tentu Anda tidak bisa mengharapkan bunga sebesar 15% per tahun. Ketika pensiun Anda akan hidup dari bunga investasi. Besarnya bunga investasi juga akan menjadi pertimbangan untuk menentukan berapa besar dana pensiun yang harus diinvestasikan. Semakin kecil bunga investasi yang diharapkan pada saat pensiun, semakin besar dana yang harus diinvestasikan. Karena bunga deposito relatif rendah dibandingkan instrumen investasi lain, Anda harus mempersiapkan dana pensiun yang lebih besar sejak saat ini.

Berinvestasi dengan bunga investasi yang besar akan meringankan beban dana pensiun yang harus disiapkan. Tetapi setiap investasi memiliki risiko dan karakter masing-masing. Sekali lagi tidak ada investasi yang baik dan buruk, Anda hanya perlu mencari investasi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak tahu apa investasi yang cocok, sebaiknya berkonsultasilah dengan perencana keuangan. 

 

#3 Minimalisir Biaya Tempat Tinggal

Kunci lain untuk mencapai pensiun dini adalah dengan menghemat biaya tempat tinggal. Harga rumah di tengah kota biasanya jauh lebih mahal daripada harga rumah di pinggiran kota. Biasanya kalangan pekerja mempertimbangkan harus memiliki rumah di tengah kota agar dekat dengan tempat bekerjanya. Tetapi ketika sudah pensiun, tidak ada lagi kebutuhan tersebut. Karena itu Anda dapat pindah rumah ke lokasi yang kurang strategis dengan harga yang lebih murah. Selain harga yang lebih murah, biasanya lokasi yang kurang strategis memiliki lingkungan yang lebih damai. Ketika sudah pensiun Anda tentu ingin bersantai. Kondisi lingkungan pinggiran kota biasanya lebih mendukung untuk bersantai karena tidak hiruk pikuk seperti di tengah kota.

 

[Baca Juga : Bedanya Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan]

 

Jika sebelumnya sudah memiliki rumah di tengah kota, Anda dapat menjual rumah tersebut kemudian membeli rumah lain yang lebih murah di pinggiran kota. Dengan begitu Anda memiliki kelebihan dana yang dapat diinvestasikan untuk meringankan dana pensiun Anda.

 

 #4 Memiliki Asuransi Pribadi

Setiap perusahaan saat ini diwajibkan memberi asuransi bagi seluruh karyawannya. Pembayaran asuransi ini akan dihentikan oleh perusahaan begitu Anda berhenti bekerja (dalam hal ini ketika Anda pensiun dari perusahaan). Jika berencana untuk pensiun dini, Anda harus segera membeli asuransi jiwa dan asuransi kesehatan pribadi. Dengan begitu tidak perlu khawatir karena tidak mendapatkan asuransi gratis dari perusahaan saat pensiun.

8-kesalahan-dalam-merencanakan-biaya-pensiun-yang-harusnya-dihindari-finansialku

[ Baca Juga : 8 Kesalahan dalam Merencanakan Biaya Pensiun yang Harus Dihindari]

 

Jangan menunggu ‘nanti’ untuk membeli asuransi pribadi. Jika menunggu hari pensiun untuk membeli asuransi, premi yang harus dibayarkan akan semakin mahal. Semakin dini Anda membeli asuransi, maka risiko dianggap semakin rendah oleh perusahaan asuransi. Karena itu ada kemungkinan besar biaya premi yang harus dibayarkan akan semakin murah. Asuransi jiwa akan menjamin keamanan keuangan keluarga ketika Anda meninggal. Sementara asuransi kesehatan akan sangat meringankan biaya pengobatan ketika Anda jatuh sakit.

 

#5 Optimalkan Pajak

Pensiun dini bukan berarti Anda pensiun dari status Wajib Pajak. Sekalipun sudah tidak bekerja, Anda tetap memiliki pemasukan dari hasil investasi. Setiap pemasukan tersebut tentu akan dikenakan pajak. Setiap investasi memiliki aturan pajak yang berbeda-beda. Aturan pajak investasi pun harus menjadi pertimbangan ketika menentukan instrumen investasi apa yang akan Anda gunakan. Buatlah portofolio investasi dengan persentase pajak yang optimal sehingga terhindar dari pajak tinggi yang tidak efektif. Ingat, mengoptimalkan pajak investasi bukanlah hal yang ilegal karena Anda tetap akan membayar kewajiban pajak. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan pajak, karena itu sebaiknya berkonsultasilah dengan konsultan pajak. Dengan begitu pemasukan Anda ketika pensiun tidak akan tergerus pajak karena portofolio yang tidak efektif.

 

Pensiun Dini Harus Sejahtera

Kondisi ideal dalam hidup adalah jika Anda memiliki waktu, uang dan tenaga di dalam satu siklus hidup yang sama. Pensiun dini yang sejahtera dapat juga dianggap sebagai kebebasan keuangan dimana Anda mendapatkan ketiga aspek secara bersamaan. Pensiun dini tanpa kebebasan keuangan, sama saja dengan kembali ke masa muda dimana Anda memiliki waktu dan tenaga tetapi tidak ada uang. Untuk mendapatkan kondisi ideal tersebut Anda tidak bisa hanya menjadi orang ‘pada umumnya’.

 

Sumber Referensi :

Andrea Coombes. 17 Desember 2016. How to retire early: A 5-step plan. Marketwatch.com – https://goo.gl/udECs8

 

Sumber Gambar : 

  • Young and Rich – https://goo.gl/ITfwYf

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download