Bagaimana mempersiapkan diri menjelang berakhirnya masa aktif kerja Anda sebagai seorang karyawan? Pensiun adalah akhir perjalanan karier seorang karyawan dan selanjutnya adalah masa menikmati sisa hidup dengan jerih payah selama bekerja. Sebelum itu terjadi, cek terlebih dahulu ya kesiapan Anda mulai saat ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Para Karyawan, Cek Kesiapan Keuangan Anda Menjelang Pensiun

Para karyawan, pernahkah Anda membayangkan bagaimana Anda menghadapi masa menjelang pensiun? Tentu Anda tidak ingin kerja terus-menerus seumur hidup, bukan? Maka dari itu, ada masanya dimana Anda harus melepas segala kesibukan kerja secara total. Inilah yang tentunya Anda dambakan di hari-hari kerja yang padat dimana Anda sangat menanti-nantikan waktu libur sebulan, seminggu atau sehari. Pensiun adalah hari libur yang sesungguhnya dimana Anda tidak akan dihantui dengan setumpuk aktivitas kerja pada hari kerja pertama pasca liburan.

Siap untuk Pensiun Dini Ini Tanda-Tandanya - Finansialku

[Baca Juga: Siap untuk Pensiun Dini? Ini Tanda-Tandanya]

 

Status Anda saat ini masih aktif bekerja, bukan? Namun, tidak ada salahnya jika Anda memandang jauh ke depan dimana Anda akan menghadapi pensiun. Inilah  yang dinamakan dengan perencanaan menjelang pensiun. Tujuannya yaitu agar Anda lebih optimis menatap hari pensiun yang waktunya bisa terjadi kapan saja. Agar pensiun Anda terwujud sepenuhnya, Anda harus merancang keuangan Anda melalui perencanaan yang matang. Telusuri apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda akan meraih masa pensiun yang Anda impikan.

 

#1 Kelola Utang Anda

Hampir setiap karyawan tak terlepas dari kewajiban melunasi utang. Jika Anda salah satunya, pastikan bahwa utang tersebut berakhir jauh-jauh hari sebelum pensiun tiba. Cara yang yang paling mudah untuk memulainya yaitu dengan melunasi semua tagihan kartu kredit Anda. Jika tidak memungkinkan, setidaknya Anda bisa meminimalkan tumpukan utang tersebut.

Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun Bagi Karyawan]

 

Jika segala tagihan kartu kredit telah lunas, sekarang saatnya Anda mengeliminasi pembayaran mobil. Termasuk diantaranya dengan pembelian seperangkat spare part seperti ban yang berkualitas baik. Dengan memiliki ban atau sparepart yang tidak mudah rusak, Anda tidak akan sering mengeluarkan biaya untuk mengganti ban atau spare part baru secara berkala. Selanjutnya, selesaikan pembayaran kebutuhan rumah Anda. Khususnya untuk pembayaran cicilan rumah. Hal ini akan membutuhkan dana yang besar sehingga Anda harus memastikan bawa Anda dituntut untuk dapat mengelola pendapatan tetap Anda sebaik mungkin.

 

#2 Ciptakan Dana Darurat dalam Jumlah yang Besar

OK, Anda telah bersiap akan membayar segala nota tagihan dan beraneka macam kebutuhan hidup. Jangan sampai Anda melupakan bahwa kebutuhan lain bisa datang secara tiba-tiba. Misalnya saja saat mobil Anda rusak, tentu Anda tidak merencanakan sebelumnya, bukan? Inilah yang dinamakan kebutuhan tak terduga sehingga Anda juga harus menyiapkan dana darurat. Karena biaya perbaikan mahal, pastikan bahwa dana darurat yang tersedia dalam jumlah besar. Apalagi masih terdapat banyak kemungkinan terjadi hal-hal lainnya yang juga membutuhkan biaya besar, tentu Anda harus mempersiapkan dana untuk menutup kebutuhan tersebut.

7 Mitos Tentang Perencanaan Pensiun yang Harus Diklarifikasi 1 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Mitos tentang Perencanaan Pensiun yang Harus Diklarifikasi]

 

#3 Persiapkan Pembiayaan Medis

Hampir serupa dengan dana darurat, pembiayaan medis juga membutuhkan perhatian serius dan tak dapat ditawar. Maka dari itu, penting untuk mengevaluasi bagaimana kondisi kesehatan Anda dan beri perhatian khusus pada masalah-masalah kesehatan yang Anda derita. Caranya yaitu dengan menyiapkan dana untuk menutup pembiayaan kesehatan. Jika Anda tidak yakin bagaimana harus membayar biaya kesehatan selama pensiun, tabungan simpanan kesehatan bisa Anda manfaatkan.

Tentunya, Anda wajib merencanakan pendanaan untuk kesehatan di masa mendatang untuk mensiasati mahalnya biaya berobat. Selain itu, Anda mempertimbangkan asuransi jiwa jangka panjang. Pasalnya, tak seorang pun yang dapat menghindari kemungkinan sulitnya memenuhi kebutuhan medis di masa mendatang.

 

#4 Buatlah Perencanaan

Semasa menjadi karyawan, Anda disibukkan dengan berbagai kegiatan, baik kegiatan kantor maupun luar kantor. Bisa dikatakan masa-masa sebelum pensiun penuh dengan berbagai aktivitas yang menjenuhkan sekaligus menyenangkan. Menjelang pensiun, tak akan ada banyak yang bisa Anda lakukan. Berbagai kegiatan dan kegemaran yang mengisi waktu-waktu Anda dulu akan jarang Anda lakukan di usia pensiun. Tentu membosankan jika hari-hari pensiun tidak disibukkan dengan aktivitas. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan kegiatan di masa pensiun agar Anda tidak bosan dan kesepian.

Bisakah Seorang Pensiunan Berinvestasi Reksa Dana - Finansialku

[Baca Juga: Bisakah Seorang Pensiunan Berinvestasi Rekasadana?]

 

Sebagaimana keharusan Anda untuk merencanakan pensiun dalam keuangan, Anda juga perlu merencanakan pensiun dalam aspek mental dan sosial. Masih terbuka kesempatan kuliah untuk mengambil jenjang pendidikan sarjana, magister atau doktor sesuai dengan minat Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjadi relawan yang bermanfaat secara sosial di lingkungan sekitar Anda. Bahkan Anda masih memungkinkan untuk bekerja paruh waktu. Tidak hanya akan menambah pemasukan tetapi juga membuat Anda bersosialisasi dengan orang lain.

 

#5 Lakukan Percobaan Pensiun

Tahun-tahun menjelang pensiun merupakan masa percobaan untuk pensiun. Tujuan adanya masa percobaan pensiun ini yaitu untuk melihat apakah pensiun yang sebenarnya sesuai dengan pensiun yang Anda impikan. Dalam hal ini, Anda seharusnya memikirkan ide-ide cemerlang tentang seberapa banyak uang yang akan masuk ke kantong Anda dan seberapa banyak uang yang akan Anda habiskan. Jika Anda meraih tahun-tahun yang gemilang sebelum meraih target simpanan Anda, Anda perlu sebuah strategi yang akan menjamin kapasitas Anda untuk pensiun.

Untuk menguji kesanggupan pensiun Anda, inilah waktu yang tepat untuk memulai hidup seolah-olah Anda telah pensiun. Berhentilah menggunakan kartu kredit dan membayar semua tagihan dalam bentuk tunai selama beberapa bulan. Ini adalah cara yang tepat untuk mengkalkulasikan seberapa banyak uang yang akan Anda anggarkan. Jika dompet Anda telah kosong, itu artinya Anda kehabisan uang. Jika Anda kehabisan uang sebelum melunasi tagihan, Anda harus bekerja keras untuk menyelesaikan persoalan tagihan ini.

 

Sudahkah Anda memiliki perencanaan untuk masa-masa pensiun? Anda dapat berbagi pengalaman atau memberi tanggapan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi-informasi yang Anda dapatkan kepada teman-teman atau kenalan Anda agar mereka juga memiliki wawasan seperti Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Lisa Smith. A Pre-Retirement Checkup. https://goo.gl/sN9DRL.

 

Sumber Gambar:

  • Asian Employee Retirement – https://goo.gl/86ML4v.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang