Guys… coba deh aplikasi pemblokir iklan di bawah ini! Jamin acara nonton mu tidak akan terganggu lagi oleh iklan. Tahu apa saja?

Simak selengkapnya dan gunakan sekarang juga….

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Emosi Gara-gara Iklan Seliweran

Para pengguna Android sering kali dibuat kesal dengan beragam iklan yang muncul di sebagian besar aplikasi yang terpasang.

Berbagai macam iklan bisa ditemukan di beberapa aplikasi, seperti aplikasi game, browser, atau aplikasi berbagi video.

Saat sedang menjelajah internet atau dunia maya sering kali iklan muncul begitu saja. Bahkan munculnya iklan menghalangi layar.

Daftar HP Android Asus Zenfone Tahun 2019 03 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Terkadang, pengguna bisa tidak sengaja meng-klik iklan tersebut. Kemunculan iklan yang tidak tepat memang sangat mengganggu karena dianggap merusak suasana serta membuat pengguna terpancing emosinya. 

Pernyataan ini benar, karena sejumlah iklan terkadang muncul di saat yang tidak tepat dan itu mengganggu.

Karenanya, diciptakanlah aplikasi pemblokir iklan, yang dapat menghilangkan iklan dari aplikasi-aplikasi tertentu dan memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 07 David Gadgetin - Finansialku

[Baca Juga: Review Amartha, Salah Satu Aplikasi P2P Lending Tertua di Indonesia]

 

Salah satunya dengan memasang aplikasi pemblokir iklan di perangkat. Kemunculan aplikasi pemblokir iklan tentu akan membantu dalam menghilangkan iklan yang sering sekali mendadak muncul di depan mata.

Aplikasi pemblokir iklan tidak mudah ditemukan di Google Play Store. Karena menurut kebijakan Google, aplikasi pemblokir iklan merupakan aplikasi pengganggu, merusak, dan mengacaukan cara kerja aplikasi lain.

Karena itulah, dibutuhkan platform pihak ketiga untuk bisa memasang aplikasi pemblokir iklan. Beberapa aplikasi pemblokir iklan juga tidak gratis, meski ada pula yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

 

Aplikasi Pemblokir Iklan

Menurut Android Authority, aplikasi pemblokir iklan yang komprehensif adalah yang membutuhkan root atau yang membutuhkan se­t-up agak rumit di perangkat.

Berikut ini beberapa aplikasi pemblokir iklan yang bisa dimanfaatkan pengguna ponsel Android:

 

#1 AdAway

AdAway merupakan aplikasi pemblokir iklan sederhana yang menggunakan file host yang telah dimodifikasi untuk mengirim permintaan iklan ke 12.0.0.1. Dengan kata lain, AdAway ‘membelokkan’ iklan ke tempat lain dan menghilangkannya dari aplikasi pengguna.

Aplikasi AdAway menggunakan host yang dimodifikasi untuk mengirim semua ad-request ke 12.0.01. Ad-request akan dihitung ketika situs pengguna meminta iklan untuk ditampilkan ke layar.

Dengan kata lain, cara kerja AdAway adalah “mengusir” iklan ke suatu tempat sehingga tidak muncul di layar.

Aplikasi ini mendukung host yang dimodifikasi, bisa juga mengunduh basis aplikasi itu sendiri. File host di simpan ke dalam bagian read-only di sistem Android.

5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 01 Finansialku

[Baca Juga: Canggih! Bayar Listrik Kini Bisa Pakai Aplikasi New PLN Mobile]

 

Itu berarti, untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus melakukan root perangkat. Meskipun aplikasi ini gratis, pengguna juga bisa berdonasi untuk mendukung para pengembangnya.

AdAway tidak bisa diunduh melalui Play Store, tapi bisa diunduh melalui Open Sorce F-Droid. Sehingga pengguna harus mengulik perangkat untuk memasang AdWay.

Aplikasi ini mendukung file host custom dan membutuhkan akses root untuk bisa beroperasi. Selain itu, AdAway juga butuh F-Droid yang hanya bisa diunduh di luar Play Store. AdAway bisa diunduh secara gratis, namun ada opsi donasi jika pengguna ingin menyumbang.

 

#2 Adblock Plus

Adblock Plus merupakan salah satu aplikasi pemblokir iklan paling populer di daftar ini.

Adblock Plus dapat bekerja pada perangkat yang telah di-root maupun belum di-root, meski bagi pengguna non-root ada lebih banyak langkah yang harus dilakukan.

Aplikasi ini bekerja di latar belakang dengan cara menyaring web traffic, sama seperti versi ekstensi web browser-nya.

Untuk penggunaannya, pengguna hanya perlu membuka aplikasinya, mengatur pengaturan yang diperlukan dan secara otomatis, Adblock Plus akan bekerja.

Adblock Plus merupakan aplikasi pemblokir iklan yang cukup populer. Berbeda dengan AdAway, Ablock Plus bisa bekerja dengan cara di-root maupun tanpa root.

5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 02 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Meskipun, pengguna yang memasangnya tanpa root, akan dibutuhkan tindakan ekstra untuk memasangnya.

Aplikasi ini berjalan di background (latar belakang) dan filter traffic web, hampir mirip dengan ekstensi browser.

Adblock Plus bisa didapatkan di Play Store secara gratis. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi lalu atur setting sesuai petunjuk.

Lantas Adblock Plus akan berjalan di latar belakang. Bisa juga mengunduhnya di AdBlock Plus dengan mengikuti petunjuk pemasangan melalui root maupun non-root di tautan berikut.

5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 05 Finansialku

[Baca Juga: Platform P2P Lending Anak Sinarmas. Ini Review Aplikasi Danamas!]

 

Sebenarnya ada banyak browser (peramban) yang dipasang dengan ad-block. Peramban-peramban tersebut akan menyaring hampir semua iklan atau setidaknya akan mengurangi iklan yang paling mengganggu.

Salah satu contohnya adalah Chrome. Namun, iklan di Chrome tidak sepenuhnya sirna, masih ada iklan yang muncul meski tak sebanyak jika tanpa dipasang ad-block.

Munculnya iklan kecil tersebut memberikan peluang situs untuk tetap menarik pundi-pundi.

Selain Chrome, ada peramban lain yang juga telah dipasang ad-block di dalamnya. Misalnya Brave Browser, Firefox Focus, Kuwu Browser, Samsung Browser, dan sebagiannya. Semuanya bisa dicari di Google Play Store.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

6 Panduan Berinvestasi Emas Batangan/Perhiasan Untuk Pemula

 

#3 AdGuard

AdGuard bekerja dengan cara yang sama seperti Adblock Plus. AdGuard berjalan sebagai  layanan di latar belakang dan akan menyaring lalu lintas situs web.

Sama seperti Adblock Plus, AdGuard juga bisa digunakan di perangkat non-root, namun dengan beberapa pengaturan ekstra.

AdGuard akan tetap menampilkan tab web traffic sama seperti aplikasi penghemat kuota, GlassWire.

UI yang dibawa oleh AdGuard juga sederhana dengan Material Design yang ciamik. Ada versi premium bagi mereka yang ingin fitur lebih lengkap.

Aplikasi satu ini terbilang masih sangat asing, bahkan di telinga pengguna Android yang terbiasa mengulik ponselnya. Cara kerjanya mirip dengan AdBlock Plus.

5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 03 Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatasi Aplikasi BPJSTKU yang Tidak Bisa Dibuka]

 

Yang berjalan di latar belakang dan filter traffic web. Aplikasi ini bisa berjalan tanpa harus root, namun membutuhkan setup yang agak rumit.

Ia juga membuat tab pada semua traffic web yang digunakan, serupa dengan aplikasi monitor keamanan web, Glasswire.

Desain antarmukanya pun terlihat rapi sehingga cukup mudah untuk set-up. Aplikasi ini ada yang gratis, tapi hanya bisa memblokir iklan dari browser saja.

Sementara untuk memblokir iklan sepenuhnya dari perangkat Android, pengguna harus membayar 24,99 dollar AS (sekitar RP 352.000-an) per bulan untuk mendapatkan versi premiumnya.

Dengan versi premium, AdGuard bisa juga digunakan untuk desktop Windows dan Mac.

 

#4 Block This

Meski tidak sepopuler tiga aplikasi sebelumnya, Block This tetap jadi salah satu aplikasi pemblokir iklan terbaik yang efektif dan mudah digunakan.

Aplikasi menggunakan ‘metode ala VPN’ serupa yang juga digunakan oleh Adblock Plus dan AdGuard.

Block This menggunakan pemblokir DNS ketimbang alat penyaring iklan. Menurut pengembang Block This, metode ini lebih hemat daya dibanding aplikasi pemblokir iklan standar.

Sebab, aplikasi ini akan selesai bekerja sebelum data mencapai perangkat Android dengan tujuan mengurangi traffic data.

Aplikasi ini bersifat open source. Block This adalah aplikasi pemblokir iklan yang layak untuk dicoba.

 

#5 AdClear

Selanjutnya  ada AdClear, aplikasi pemblokir iklan yang bisa bekerja di perangkat non-root dan dikembangkan oleh XDA developer.

Aplikasi ini akan menciptakan VPN untuk menyaring iklan yang masuk sebelum sampai ke web atau aplikasi. Di samping itu, AdClear juga dapat menyaring iklan yang terenkripsi.

AdClear bekerja baik dengan koneksi Wi-Fi ataupun data seluler dan dapat memblokir segala jenis iklan dari banyak aplikasi.

Ini direkomendasikan dan bisa jadi alternatif yang tidak kalah menarik dari AdGuard dan Adblock Plus.

 

#6 AdBlocker Ultimate Browser

Tidak seperti mayoritas aplikasi pemblokir iklan di daftar ini, AdBlocker Ultimate Browser lebih ke browser yang dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan.

Ini bisa dijadikan alternatif dari Google Chrome yang notabene tidak memiliki fitur adblock bawaan.

Selain bisa memblokir segala jenis iklan, AdBlocker Ultimate Browser juga bisa memblokir trackermalware dan situs-situs yang berpotensi phising.

Secara keseluruhan, AdBlocker Ultimate Browser dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan hadir dengan banyak fitur ekstra.

 

#7 Unicorn Blocker

Unicorn Blocker selain dapat memblokir iklan, juga bisa mencegah pop-up. Dengan menggunakan Unicorn, pengguna jadi bisa menghemat kuota hingga 50 persen dan berselancar di internet tiga kali lebih cepat.

Selain itu, dengan tidak adanya iklan, baterai juga jadi bisa lebih hemat hingga 21 persen. Unicorn dapat memblokir iklan di lebih dari 1,000 situs seperti situs komunitas, media dan blog.

Namun, Unicorn agak terbatas karena hanya bekerja di browser seperti Samsung Internet dan Yandex Browser.

 

#8 Adblock untuk Youtube

Aplikasi ini merupakan sebuah penyaringan konten dan ekstensi browser yang memblokir iklan yang memblokir semua iklan di Youtube™.

Ini memungkinkan pengguna untuk mencegah elemen halaman, seperti iklan, tidak ditampilkan.

Iklan Banner, Ad-Klip atau bahkan pre-roll yang biasanya kamu lihat sebelum video aktual di Youtube diblokir oleh ekstensi ini.

Fitur:

  • mencekal iklan, spanduk, dan sembulan
  • pemblokiran iklan di situs eksternal yang memuat Youtube
  • mencegah iklan preroll dimuat di Youtube

 

Teknologi ini hanya didasarkan pada daftar filter ad-blocking yang memblokir URL iklan eksternal di Youtube dengan tidak mengubah apa pun di situs web itu sendiri.

Adblock untuk Youtube meningkatkan kinerja untuk memuat situs web (tanpa iklan dan pelacakan).


 

Unduh Sekarang Aplikasinya

Aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk diunduh dan digunakan! Itulah sedikit ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi pemblokir iklan terbaik untuk Android yang wajib kamu pakai.

Selamat mencoba ya!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Aplikasi pemblokir iklan manakah yang menurut kamu mudah untuk diakses? Berikan tanggapan dan komentar kamu pada kolom yang terletak di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel ini kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika kamu membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong!

 

Sumber Referensi:

  • Arif Gunawan. 24 November 2019. Rekomendasi 7 Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik di Android. Idntimes.com – https://bit.ly/34CERnK
  • Dimas Prasetyo. 26 November 2019. Agar Tidak Mengganggu, Ini 7 Aplikasi Pemblokir Iklan di Android. P.com – https://bit.ly/38zL9Wy
  • Chrome Web Store. Adblock untuk Youtube™. Chrome.google.com – https://bit.ly/38qMI97
  • Wahyunanda Kusuma Pertiwi. 23 Februari 2019. 5 Aplikasi Pemblokir Iklan di Android. Tekno.kompas.com – https://bit.ly/38sTgnE

 

Sumber Gambar:

  • 5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 01 – http://bit.ly/3rNuDem
  • 5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 02 – http://bit.ly/3pD36Ky
  • 5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 03 – http://bit.ly/3aZbQGU
  • 5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 04 – http://bit.ly/2LfYQlu
  • 5+ Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik Untuk Android Untuk Kamu 05 – http://bit.ly/3o92gEU