Asuransi penyakit kritis adalah sebuah perlindungan yang mulai menarik minat para investor.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan penjelasan mengenai asuransi penyakit kritis dan cara mendapatkan asuransi penyakit kritis terbaik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Penyakit Kritis

Perusahaan asuransi mengeluarkan banyak produk untuk menyesuaikan permintaan masyarakat. Selain produk asuransi umum seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, terdapat sebuah produk yang bernama asuransi penyakit kritis.

Asuransi penyakit kritis adalah sebuah produk asuransi yang memberikan tertanggung sejumlah santunan dalam bentuk uang tunai (uang pertanggungan) ketika mengalami suatu penyakit kritis.

Jadi, misalnya jika sesuai dengan perjanjian, uang tunai yang akan diberikan adalah Rp1 miliar, maka jika tertanggung mengalami penyakit kritis, maka tertanggung berhak mendapatkan Rp1 miliar.

Polis-Asuransi-Hilang-02-Finansialku

[Baca Juga: Sudah Punya Asuransi Penyakit Kritis, Perlukah Asuransi Jiwa?]

 

Uang pertanggungan dapat diberikan satu kali sekaligus atau dua kali. Hal ini disesuaikan dengan keinginan tertanggung dan perjanjian antar perusahaan dengan tertanggung.

Beberapa penyakit kritis yang ditanggung adalah kanker, penyakit jantung, gagal ginjal, tumor, hepatitis dan beberapa penyakit lainnya.

 

Perbedaan Asuransi Penyakit Kritis dengan Asuransi Kesehatan

Asuransi penyakit kritis walaupun terlihat serupa dengan asuransi kesehatan, tetapi sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda.

Ketika seseorang mengalami penyakit kritis, mungkin biaya pengobatan dan perawatannya ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Punya-Asuransi-Penyakit-Kritis-Perlukan-Asuransi-Jiwa-02-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink?]

 

Akan tetapi, terdapat beberapa biaya lain yang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan. Contohnya, penghasilan yang hilang karena tertanggung tidak dapat lagi bekerja.

Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk anggota keluarga yang datang menemani tertanggung.

Seluruh biaya tersebut membutuhkan dana, dan dengan asuransi penyakit kritis, dana tersebut dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Setiap orang berhak memiliki asuransi penyakit kritis, tetapi yang sangat disarankan adalah pencari nafkah atau tulang punggung keluarga.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Premi Asuransi Penyakit Kritis

Premi adalah sejumlah uang yang wajib dibayar oleh tertanggung agar berhak mendapatkan manfaat perlindungan dari produk asuransi tersebut.

Premi ini akan kemudian digunakan untuk menyediakan biaya pengobatan, biaya perawatan atau santunan dana untuk tertanggung.

Apakah Ada Sebuah Produk Asuransi Penyakit Kritis Dengan Premi Murah 2 Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?]

 

Di dalam asuransi penyakit kritis terdapat 3 komponen premi, pertama premi dasar yaitu premi yang dicantumkan pada polis asuransi dan tidak berubah selama tidak ada perubahan pada data.

Kedua adalah premi tambahan karena adanya perubahan pada data dan besar risiko yang terjamin.

Yang terakhir adalah pengurangan premi yang dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti kondisi perekonomian atau faktor internal seperti jangka waktu pertanggungan dan lainnya.

 

Asuransi Penyakit Kritis dengan Premi Murah

Untuk contoh asuransi penyakit kritis dengan premi murah, Finansialku akan mengambil contoh produk asuransi dari perusahaan Allianz.

Allianz menyediakan perlindungan sampai dengan 100 jenis penyakit kritis mulai dari tahap awal penyakit hingga usia 100 tahun.

Terdapat 2 produk dari Allianz yang merupakan rider atau asuransi tambahan dari produk asuransi jiwa unitlink, yaitu:

  1. CI+ yang menanggung 49 penyakit kritis tahap lanjut dengan masa perlindungan hingga usia 70 tahun
  2. CI100 yang memberikan perlindungan hingga 100 penyakit kritis dari tahap awal hingga tahap akhir yang dapat diambil dari usia tertanggung 5 tahun hingga dengan 100 tahun.

 

Dapat dikatakan bahwa CI100 merupakan produk asuransi pengembangan dari CI+.

Seperti yang telah disebutkan di atas, kedua produk ini merupakan rider dari asuransi jiwa. Untuk uang pertanggungan kedua produk di atas, ditetapkan maksimal yaitu 5x dari uang pertanggungan asuransi jiwa.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan uang pertanggungan asuransi penyakit kritis sebanyak Rp1 miliar, maka Anda harus mengambil asuransi jiwa dengan uang pertanggungan minimal Rp200 juta.

Untuk mengambil produk ini, Anda hanya perlu memenuhi 1 syarat, yaitu Anda harus dalam kondisi sehat dan memiliki uang untuk membayar premi.

Untuk preminya sendiri sangat murah, mulai dari Rp300 ribu per bulan, Anda sudah dapat menerima uang pertanggungan asuransi penyakit kritis hingga Rp1 miliar.

Selain itu, jika tertanggung terkena salah satu dari 49 penyakit kritis, tertanggung akan dibebaskan dari kewajiban membayar premi hingga usia 65 tahun.

Premi Per Bulan

Asuransi Penyakit Kritis UP 1M

(+UP Jiwa 200 Juta dengan Fitur Pembebasan Premi) 

Apakah Ada Sebuah Produk Asuransi Penyakit Kritis Dengan Premi Murah 3 Finansialku

Catatan: Tambahan fitur pembebasan premi hanya disarankan sampai usia maksimal 50 tahun, karena masa berlakunya s/d usia 65 tahun.

 

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih asuransi penyakit kritis agar produk yang Anda pilih adalah yang terbaik.

 

#1 Jangan lupa membandingkan beberapa aspek di dalam produk asuransi

Untuk mendapatkan produk asuransi penyakit kritis yang terbaik, Anda harus membandingkan beberapa aspek di dalamnya.

Yang pertama adalah cakupan perlindungan yang diberikan. Semakin besar cakupan yang dilindungi oleh produk asuransi tentu akan lebih baik.

 

 

Kedua, adalah kemudahan proses klaim. Ketika Anda terdiagnosis sebuah penyakit kritis, Anda pasti membutuhkan waktu untuk fokus pada penyembuhan.

Kesulitan dalam mengajukan klaim hanya menambah beban pikiran Anda. Untuk itu, Anda harus memilih produk asuransi dengan proses klaim yang mudah.

 

#2 Jangan memilih uang pertanggungan asuransi yang terlalu sedikit

Salah satu kegunaan asuransi penyakit kritis adalah untuk melindungi finansial Anda dari kerugian yang disebabkan oleh kebutuhan perawatan pada saat penyakit kritis.

Untuk itu, jika Anda mengambil produk asuransi dengan uang pertanggungan yang terlalu sedikit, hal ini tidak akan membantu finansial Anda nantinya.

Perbedaan Asuransi Syariah dengan Konvensional 02 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Harus Beli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness)?]

 

Uang pertanggungan adalah sebuah dana yang jumlahnya telah dicantumkan di dalam perjanjian dan telah disepakati dan akan menjadi hak nasabah jika terjadi sebuah risiko yang sesuai dengan polis kepada tertanggung.

Sesuaikan uang pertanggungan dengan kebutuhan biaya dan jangan melupakan faktor inflasi pada sektor kesehatan.

 

#3 Pilih premi yang sesuai dengan kemampuan Anda

Premi sebuah asuransi pasti akan berbeda dan disesuaikan oleh usia, kebiasaan, gaya hidup dan kondisi kesehatan tertanggung. Karena premi ini merupakan sebuah biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya, Anda harus mencari produk asuransi dengan premi yang terjangkau

Selain premi, terdapat beberapa biaya yang juga harus dipertimbangkan sebelum mengambil produk tersebut. Misalnya biaya akuisisi dan biaya asuransi, yang mana semakin rendah biaya tersebut, maka akan semakin baik.

Selain ketiga hal di atas, terdapat beberapa poin lainnya yang dapat Anda ingat ketika telah membeli asuransi penyakit kritis, yaitu:

  • Mengetahui dengan jelas apa yang tertuang di dalam isi perjanjian.
  • Membayar kewajiban premi dengan tepat waktu.
  • Memenuhi persyaratan pada saat klaim dan mempersiapkan kebutuhan klaim sebelumnya.
  • Berkomunikasi dengan agen asuransi dan memperbarui polis sesuai dengan kondisi terbaru.

 

Lindungi Diri Anda untuk Masa Depan Keluarga yang Lebih Cerah

Asuransi penyakit kritis berguna untuk melindungi keuangan keluarga. Dengan melindungi keuangan keluarga, Anda akan mengamankan masa depan anak-anak Anda pula.

Oleh karena itu, sadari pentingnya memiliki asuransi penyakit kritis sejak dini.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, pasti Anda telah mengetahui pentingnya asuransi penyakit kritis dan hal-hal yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa asuransi Anda memberikan manfaat yang maksimal.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada keluarga dan teman Anda. Selamat memilih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Premi Asuransi Penyakit Kritis. Asuransikeluargaku.com – https://goo.gl/6J1wNQ
  • Cristine Liman. 8 Januari 2017. Termurah, Asuransi Penyakit Kritis 1M Bisa Didapatkan dengan Premi Mulai 300 Ribu Per Bulan. Artikel.allianz.co.id – https://goo.gl/XoWacZ
  • Dede Sulaeman. 18 Desember 2017. Cara Cerdas Memilih Asuransi Penyakit Kritis. Proteksipeghasilan.com – https://goo.gl/hs3QnY

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Penyakit Kritis – https://goo.gl/w8qCPe
  • Asuransi Penyakit Kritis 2 – https://goo.gl/rFfviT