Beli mobil dengan harga murah tidak harus hanya yang bekas. Bahkan dengan anggaran terbatas, Anda sudah dapat beli mobil baru yang berkualitas.

Artikel ini akan memberikan Anda tips untuk membeli mobil baru dengan harga yang terjangkau.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang merupakan kebutuhan setiap keluarga. Tetapi, harga mobil terkadang sulit dijangkau.

Biasanya yang harganya murah adalah mobil bekas atau mobil second. Tetapi biaya perawatan untuk mobil bekas cukup mahal, apalagi jika dealer nakal dan memberikan Anda mobil yang rusak parah.

Sebenarnya, Anda dapat membeli mobil baru dengan harga murah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan mobil dengan harga yang terjangkau.

Cara Beli Mobil Baru 02a Beli Mobil 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Perbedaan Mobil Matic dan Mobil Manual, Anda Pilih yang Mana?]

 

#1 Beli Mobil yang Sesuai Dengan Anggaran

Yang paling pertama adalah membeli mobil sesuai dengan anggaran. Murah adalah hal yang relatif, dan harus disesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing.

Anda harus mengetahui kondisi keuangan dan memiliki anggaran yang tepat untuk membeli mobil.

Jangan memaksakan membeli mobil yang di luar kemampuan Anda. Selain harganya mahal, biaya serta pajak yang harus Anda bayarkan pasti akan lebih mahal. Yang kedua, bedakan mana yang keinginan dan kebutuhan.

Jika memang Anda tidak membutuhkan mobil besar, maka Anda dapat membeli mobil ukuran kecil dengan harga yang lebih murah.

Dengan membeli mobil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, Anda akan mendapatkan mobil yang tepat sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Selain itu, Anda pun tidak akan merasakan kesulitan finansial di kemudian hari.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Membeli Mobil di Waktu Tertentu

Biasanya perusahaan mobil akan mengeluarkan produk baru, di waktu yang bersamaan. Produk yang baru dirilis ini akan memiliki harga jual yang lebih tinggi jika Anda membelinya di waktu mobil tersebut baru diproduksi.

Tetapi jika Anda menunggu setengah hingga 1 tahun setelah rilis baru, harga mobil akan lebih murah.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli mobil baru di harga murah, belilah pada waktu yang tepat. Jangan berlomba membeli mobil yang baru dikeluarkan hanya demi gengsi semata.

Cara Beli Mobil Baru 03 Beli Mobil 3 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahukah Anda Tentang Asuransi Mobil Comprehensive? Seperti Apa Asuransinya?]

 

#3 Beli Ketika Ada Penawaran Diskon

Jangan membeli mobil langsung dari lokasi dealer. Biasanya jika Anda membeli mobil langsung dari dealer, harga yang diberikan adalah harga normal.

Belilah mobil dari dealer pada saat pameran karena banyaknya promosi yang ditawarkan pada waktu tersebut.

Setiap perusahaan akan berbondong-bondong mengejar target penjualan. Oleh karena itu, Anda akan ditawarkan manfaat yang berbeda.

Beberapa contohnya adalah cashback, diskon langsung, gratis kaca film atau perawatan oli mobil dan sebagainya.

 

#4 Memilih Dealer yang Memberikan Bunga Cicilan 0%

Jika Anda ingin harga murah, maka Anda harus mencari promosi bunga cicilan 0%. Ini berarti Anda dapat membeli mobil dengan sistem kredit tanpa dikenakan bunga pinjaman. Sistem ini dapat meringankan keuangan Anda karena Anda tidak perlu membayar dengan jumlah yang banyak sekaligus.

Cara Beli Mobil Baru 04 Beli Mobil 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Promo Kredit Mobil Paling Murah Tahun 2018 Agar Anda Untung!]

 

#5 Memilih Dealer Sesuai dengan Lokasinya

Tanpa Anda sadari, lokasi dealer juga menentukan harga mobil.

Salah satu contohnya, untuk ibukota Jakarta, dealer di daerah Jakarta Selatan dengan Jakarta Utara akan memiliki harga yang berbeda sesuai dengan populasi jenis kendaraan pada daerah tersebut.

Di Jakarta Selatan, tipe kendaraan yang lebih banyak adalah sedan, MPV mewah, SUV dan mobil mewah lainnya. Dengan itu, jika Anda ingin mencari potongan harga untuk mobil jenis lain di daerah Jakarta Selatan akan lebih sulit.

Berbeda dengan daerah Jakarta Utara, di mana konsumen lebih banyak mencari low MPV dan family car.

Di daerah Jakarta Utara, Anda akan lebih mudah mendapatkan mobil dengan jenis yang lebih banyak di daerah tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan harga murah, belilah dari dealer yang sesuai.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#6 Memberikan DP (Down Payment) Lebih Tinggi Pada Saat Kredit

Semakin tinggi DP yang diberikan, akan semakin murah pula total harga yang harus Anda bayar. Selain itu, Anda pun akan membayar cicilan yang lebih ringan setiap bulannya dengan DP yang lebih tinggi.

Biasanya DP yang ditetapkan adalah 25% dari harga mobil. Tingkat DP ini telah ditetapkan oleh peraturan BI (Bank Indonesia).

Namun, jika Anda dapat memberikan DP yang lebih besar, misalnya 50% maka Anda akan mendapatkan potongan yang lebih banyak.

 

#7 Membayar dengan Tunai

Harga pembayaran dengan sistem tunai pasti akan lebih murah dibandingkan pembayaran dengan sistem kredit. Jadi, jika Anda berencana untuk membeli mobil, tabunglah dana tersebut sejak dini.

Setelah dana terkumpul, barulah Anda membeli mobil dengan sistem tunai.

Selain harga yang lebih murah, Anda pun tidak perlu pusing memikirkan cicilan bulanan.

Anda dapat lebih fokus untuk biaya lain seperti biaya asuransi mobil, biaya perawatan mobil dan sebagainya.

Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Mudah dan Cepat Menurunkan Premi Asuransi Mobil Anda]

 

#8 Jangan Ragu Untuk Menawar Atau Negosiasi

Untuk mendapatkan harga murah, Anda tidak boleh ragu untuk menawar atau meminta harga spesial. Hal ini sangat penting karena biasanya harga mobil dari dealer telah ditambahkan dengan komisi untuk sales dan marketing perusahaan.

Apalagi jika Anda sering melakukan transaksi dengan dealer tersebut, pasti perusahaan memiliki kebijakan spesial untuk Anda.

Keseriusan Anda juga dapat mempengaruhi harga yang diberikan oleh sales. Biasanya sales akan memberikan harga terbaik jika Anda terlihat serius ingin membeli dibandingkan hanya iseng menanyakan harga.

Salah satu tips lainnya adalah memilih sales yang terlihat lebih senior. Biasanya tenaga penjual yang lebih senior akan lebih leluasa memberikan diskon dibandingkan tenaga penjual pemula.

 

#9 Lakukan Perbandingan

Hal ini harus dilakukan untuk memastikan bahwa harga yang Anda dapatkan adalah yang termurah. Harga sebuah mobil pasti akan berbeda dari 1 dealer ke dealer lainnya, walaupun tidak jauh.

Tetapi, jika Anda dapat menghemat, mengapa tidak Anda lakukan.

Anda pun dapat membeli melalui online dari situs jual beli mobil yang terpercaya. Tidak ada salahnya melakukan survey terlebih dahulu agar Anda dapat membeli mobil baru dengan harga murah.

Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru]

 

Harga Murah tetapi Kualitas Harus Tetap Utama

Jangan membeli mobil murah dengan kualitas buruk, alasannya uang yang akan Anda keluarkan untuk mengganti mobil dan biaya perawatan mobil akan menjadi mahal.

Karena kendaraan adalah aset jangka panjang, Anda harus memilih kendaraan yang awet, tahan lama dan tidak mudah rusak.

 

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memilih mobil baru dengan harga yang terjangkau. Bagikan informasi ini kepada keluarga Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Cara Membeli Mobil Baru Dengan Harga Murah Namun Tetap Berkualitas. Showroommobil.co.id – https://goo.gl/SZdmng
  • Denny Basudewa. 21 Juli 2017. 3 Kunci Dapatkan Diskon Besar Saat Beli Mobil Baru. Mobil123.com – https://goo.gl/aYqCDd

 

Sumber Gambar:

  • Beli Mobil 1 – https://goo.gl/veqDFg
  • Beli Mobil 2 – https://goo.gl/RZ22p2
  • Beli Mobil 3 – https://goo.gl/LY8wux
  • Beli Mobil 4 – https://goo.gl/25mSxF