Bagaimana caranya mewujudkan keinginan dan merencanakan keuangan apabila pendapatan hanya sebatas UMR? Tidak perlu khawatir dan berbeban berat karena berikut ini tim Finansial akan memberikan beberapa petunjuk praktis bagi Anda perihal keinginan Anda tersebut. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Finansialku Planner

 

Bingung Mengenai Perencanaan Keuangan?

Setiap orang pasti memiliki keinginan, harapan dan mimpi. Namun seringkali kita sebagai manusia terkendala dengan uang ketika ingin mewujudkan berbagai impian kita.

Walaupun tidak semua hal bisa dibeli dengan uang, namun tetap saja uang diperlukan mengingat fungsinya sebagai alat tukar yang sah di mata negara untuk memperoleh suatu benda yang kita inginkan atau butuhkan.

Mimpi besar tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki isi dompet yang tebal. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena Finansialku datang untuk menolong masalah Anda mengenai persoalan perencanaan keuangan.

Berikut ini beberapa cara mewujudkan berbagai mimpi Anda yang besar walaupun dengan isi dompet yang pas atau gaji Anda sebatas UMR.

 

#1 Daftarkan Setiap Kebutuhan Anda

Mimpi cenderung bersifat samar-samar, tidak jelas dan abstrak seperti contohnya ketika seseorang bermimpi untuk memiliki rumah impian, membeli sebuah perkebunan, berwisata mengelilingi dunia, mengambil pensiun dini, dan sebagainya.

Beberapa hal itu untuk saat ini masih bersifat belum pasti. Mari ambil waktu sejenak untuk mendaftarkan apa saja yang Anda inginkan, usahakan untuk mendaftarkannya secara detail sehingga Anda dapat mengambil langkah berikutnya untuk mewujudkannya menjadi kenyataan, bukan hanya menjadi mimpi belaka.

Setiap hal yang kita inginkan, mimpikan terlebih dahulu kemudian daftarkan dan lakukan langkah berikutnya untuk merealisasikannya.

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga]

 

Langkah berikutnya adalah tanyakan kepada diri sendiri mengenai mimpi Anda tersebut. (Buatlah daftar tersebut dengan lebih detail dan terperinci!)

  • Mimpi mengenai rumah idaman. Seberapa besar rumah idaman Anda? Bagaimanakah rupa dari rumah tersebut? Berapa banyak kamar tidur di dalam rumah itu? Dimanakah kira-kira lokasi rumah idaman Anda tersebut?
  • Mimpi mengenai perkebunan pribadi. Seberapa luas ukuran tanah dari perkebunan Anda? Apakah ada kolam di tengah perkebunan itu? Apakah Anda akan memiliki kandang hewan ternak juga? Apa saja perlengkapan yang harus dimiliki untuk mengusahkan perkebunan tersebut? Berapa banyak pegawai yang Anda miliki untuk mengembangkan perkebunan Anda?
  • Mimpi mengenai liburan keliling dunia. Negara mana yang akan Anda kunjungi dan jelajahi? Berapa lama Anda akan menghabiskan waktu liburan? Dimanakah Anda akan menginap? Apa saja yang akan Anda lakukan di tempat tersebut? Apakah Anda akan membawa seseorang yang akan menemani Anda?
  • Mimpi mengenai pensiun dini. Pada usia berapa Anda akan mengambil masa pensiun? Apa saja kegiatan yang akan Anda lakukan ketika masuk dalam masa pensiun? Dimanakah kira-kira Anda akan tinggal dan menghabiskan waktu pensiun Anda?

Apakah Perlu Perusahaan Memberikan Ilmu Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Karyawannya

[Baca Juga: Bingung Pilih Mengundurkan Diri Atau Pensiun Dini? Cek Jawabannya Sekarang!]

 

#2 Hitung Biaya untuk Merealisasikannya

Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas mengenai hal-hal apa saja yang Anda inginkan dan yang akan Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah kalkulasikan setiap biaya yang perlu dikeluarkan untuk merealisasikan setiap detail dari mimpi Anda tersebut.

Cari informasi sebanyak mungkin, referensi dan sumber-sumber yang terpercaya serta ter-up to date mengenai hal-hal yang Anda butuhkan tersebut.

Lakukan pencarian kepada bagian pemasaran perumahan, cari informasi wisata liburan melalui berbagai website, atau bahkan Anda perlu bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang telah melakukan dan merealisasikan mimpi-mimpi yang mirip atau sama dengan yang Anda impikan.

Mengenai harga, setiap waktu mungkin saja bisa berubah namun langkah ini mungkin dapat menjadi suatu batu loncatan bagi Anda untuk mewujudkan mimpi Anda.

Perencanaan Keuangan Yang Tepat dan Wujudkan Mimpi Anda

[Baca Juga: Intip Rincian Biaya Hidup Rumah Tangga Ala Perencana Keuangan]

 

#3 Tentukan Deadline Realisasi Mimpi Anda

Mimpi besar memerlukan berbagai pengorbanan dan tentu saja erat kaitannya dengan harga yang harus dibayar atau dikeluarkan. Namun, jangan biarkan hal ini membuat Anda takut sehingga mengurungkan setiap mimpi Anda yang berharga.

Tentukan waktu yang dibutuhkan untuk merealisasikan setiap mimpi Anda sehingga Anda dapat mulai untuk melancarkan setiap “serangan” yang dibutuhkan demi terwujudnya mimpi Anda selangkah demi selangkah.

Keluarga Bahagia karena Perencanaan Keuangan

[Baca Juga: Jangan Cuma Mimpi Aja! Ini Tips Praktis Supaya Mimpi Jadi Kenyataan!]

 

#4 Tentukan Besar Tabungan Bulanan

Setelah Anda menuliskan setiap mimpi Anda secara detail dengan setiap kalkulasi dana yang dibutuhkan serta deadline waktunya, langkah berikutnya adalah tentukan besarnya uang yang akan Anda tabung setiap bulannya setelah Anda menerima gaji untuk disimpan demi terealisasinya mimpi Anda.

Mulai perhatikan detail pengeluaran rutin Anda setiap bulan, apakah ada alokasi dana yang dapat diminimalisasi atau bahkan dihilangkan dari daftar pengeluaran.

Pastikan alokasi dana yang Anda potong tidak mempengaruhi kebutuhan pokok Anda sehari-hari. Potong setiap dana “jajan” Anda, walaupun terkadang sulit, namun selalu ingat akan beberapa mimpi Anda yang sudah Anda perinci.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Mimpi besar memerlukan pengorbanan yang besar juga. Beberapa alternatif lain untuk menghemat pengeluaran diantaranya adalah mengejar diskon atau potongan harga dari suatu barang kebutuhan yang akan dibeli.

Hal ini dapat menolong Anda dalam memotong biaya lebih sehingga biaya lebih tersebut dapat disimpan dalam tabungan Anda.

Apakah Anda masih membutuhkan dana tambahan disamping pendapatan rutin Anda per bulan dari tempat Anda bekerja? Anda dapat bertukar pikiran dengan teman-teman dekat Anda, apakah Anda perlu melakukan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan uang dan berbagai alternatif lainnya.

Pentingnya Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan

[Baca Juga:  Komik: Cara Antisipasi Tabungan Ludes yang Bikin Meringis]

 

Bangkitkan Motivasi dalam Diri Anda

Motivasi perlu dibangkitkan untuk mengingatkan diri bahwa impian Anda belum tercapai. Terkadang berbagai hambatan dan cobaan untuk keluar dari trek perencanaan selalu menjadi penghalang yang seringkali membuat down dan acapkali membuat patah semangat untuk meraih impian.

Terkadang diperlukan pengorbanan yang lebih dan media untuk mengingatkan kembali mengenai mimpi Anda yang telah dipaparkan sebelumnya. Buat suatu tulisan tentang mimpi Anda dan letakkan pada dinding yang selalu dapat Anda lihat sehingga mengingatkan Anda akan berbagai mimpi Anda tersebut.

Wujudkan berbagai mimpi Anda walaupun isi dompet Anda tidak begitu tebal. Bijaklah dalam mengatur setiap pengeluaran dan ambil setiap kesempatan yang dapat meningkatkan penghasilan Anda.

 

Sudahkah Anda berhasil merealisasikan satu dari beberapa mimpi besar Anda? Apakah perencanaan Anda telah berhasil membuat mimpi Anda terealisasikan? Bagikan pengalaman pada kolom yang tersedia di bawah ini! Jangan lupa untuk menginformasikan berbagai artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Erin Huffstetler. 9 Maret 2017. How to Fit Big Dreams Into a Small Budget. Thebalance.com – https://goo.gl/DVrt0V

 

Sumber Referensi:

  • Merencanakan Keuangan – https://goo.gl/ElxE4t
  • Keuangan Keluarga – https://goo.gl/uYlhKn

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang