Buat mimpi jadi kenyataan! Bangun dari mimpi Anda dan segera lakukan berbagai tips praktis untuk menggapai setiap impian Anda melalui rubrik berikut ini.

Selamat membaca dan selamat meraih mimpi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Jangan Cuma Mimpi Aja!

Mungkin Anda pernah mendengar seorang teman yang suka mengutarakan berbagai mimpi dan keinginannya kepada Anda, seperti:

“Saya ingin punya rumah sendiri.”

“Saya nanti mau beli mobil dengan harga…”

“Kalau saya sudah naik jabatan, saya mau…”

“Saya ingin liburan ke Eropa…”

 

Jika Anda telah mendengar berbagai keinginan tersebut, apakah Anda ingin melihat bukti nyata bahwa teman Anda sedang berusaha untuk mencapai apa yang dia inginkan?

Misalnya, jika ia ingin membeli mobil atau rumah. Sudahkah Anda mendengar ceritanya bahwa ia telah menabung secara berkala setiap bulannya untuk keinginannya tersebut?

Jika ia ingin naik jabatan, apakah ia bekerja dengan semaksimal mungkin dan berusaha agar ia masuk dalam jajaran calon pegawai yang mendapat promosi kenaikan jabatan?

Atau sebaliknya, mereka hanya mengutarakan apa yang mereka inginkan dan itu hanya sekadar mimpi tanpa sebuah aksi untuk merealisasikannya?

Sebagai teman yang baik, mungkin Anda perlu memberikan beberapa tips kepada mereka untuk melakukan aksi nyata dalam menggapai impian mereka.

 

#1 Ambil Waktu Tenang Merefleksikan Mimpi Anda

Setiap orang punya keinginan, termasuk Anda. Jika Anda memiliki keinginan dan memang ingin mewujudkannya, coba untuk ambil waktu tenang untuk merefleksikan setiap impian yang ingin Anda raih.

Visualisasikan pada pikiran Anda dan imajinasikan bahwa Anda sudah mengalami dan merasakan apa yang Anda inginkan.

Ini Tips Praktis Supaya Mimpi Jadi Kenyataan! 02 Mahasiswa Karier - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

Misalnya, jika Anda ingin mempunyai mobil.

Gambarkan pada benak Anda, mobil seperti apakah yang ingin Anda beli? Berapa jumlah kursi penumpang yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda? Warna dan mesin seperti apa, hingga merek apa yang Anda impikan? Visualisasikan juga harga yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk menghasilkan mobil tersebut.

Semua berawal dari mimpi, tapi Anda tetap harus bangun dan meraih mimpi itu, bukan diam saja dan membuat mimpi itu hanya menjadi omong kosong atau bualan belaka.

“Your thoughts are like the seeds you plant in your garden. Your beliefs are like the soil in which you plant these seeds.” – Louise Hay

“Pikiran Anda seperti benih yang Anda tanam di kebun Anda. Keyakinan Anda seperti tanah tempat Anda menanam benih ini.”

 

#2 Bangkit dari Kegagalan

Jika Anda pernah mengalami kegagalan dalam meraih mimpi Anda, jadikan kegagalan itu sebagai pembelajaran agar Anda tetap melangkah ke tahap meraih keberhasilan selanjutnya.

Gagal untuk meraih kenaikan jabatan karena banyaknya kompetitor, Anda bisa coba lagi.

Keberhasilan menuntut kerja keras dan pantang menyerah.

Lakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Gunakan cara yang tetap bersih dan jujur untuk memperlihatkan kemurnian diri Anda.

Memang akan sulit mengingat dunia global dan persaingan yang ketat membuat banyak orang jatuh ke dalam usaha menghalalkan segala cara demi meraih imipian mereka.

agar-tidak-mengalami-kegagalan-wirausaha-hindari-8-kesalahan-ini-part-1-2-finansialku

[Baca Juga: Penuhi Kepuasan Pelanggan Dengan Mengenali Karakter Pelanggan Agar Strategi Promosi Berhasil]

 

Namun demikian, integritas Anda sedang dipertaruhkan? Pilihan ada di tangan kita, meraih mimpi namun dengan hati yang kotor dan tidak damai, atau sebaliknya Anda meraih impian Anda dengan kejujuran tanpa mempertaruhkan integritas dan kemurnian Anda.

Banyak orang pintar dan cerdas di dunia ini namun tak banyak yang memiliki hati murni, jujur dan berintegritas. Ketiga hal itu banyak dicari orang! Apakah Anda memilikinya?

Jika Anda sedang merasa trauma atas kesalahan yang Anda buat, ada kalanya kita perlu melupakan dan memaafkan diri sendiri. Anda memang bukan manusia sempurna tapi Anda sedang menjalani kehidupan sempurna yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta.

Oleh sebab itu, segera bangkit dan kejar impian Anda sekarang juga!

“If you dream it, you can do it.” – Walt Disney

“Jika Anda memimpikannya, Anda bisa melakukannya.”

 

#3 Tuliskan Tujuan dari Mimpi Anda

Mimpi bukan berarti hanya berdiam diri. Mau bermimpi artinya mau meraihnya dengan aksi yang nyata.

Setelah Anda memvisualisasikan mimpi yang sesuai dengan kemampuan yang bisa lakukan, selanjutnya Anda perlu menjabarkannya dengan menuliskan setiap tujuan dari impian Anda tersebut.

Sangat disarankan untuk menuliskannya pada sebuah kertas dan Anda perlu menempelkannya pada berbagai tempat yang gampang terlihat oleh Anda setiap waktu. Misalnya, di depan cermin kamar mandi, di meja kantor atau belajar Anda, di pintu lemar pendingin, dan sebagainya.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-1-Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Menabung Usia 20 an yang Ga Bakal Lupa, Pasti Bisa Nabung, Terbukti 99% Berhasil]

 

Anda akan terus “dihantui” oleh tujuan mimpi Anda tersebut setiap hari ketika Anda akan makan, bangun tidur, ketika akan mandi dan gosok gigi.

Jika Anda menjadi lemah dan merasa lelah untuk meraih mimpi Anda atau ketika Anda mulai lupa dan terdistraksi oleh hal lainnya, kertas impian Anda akan mengingatkan kembali kepada tujuan yang Anda ingin raih.

“There is a soul force in the Universe, which if we permit it will flow through us and produce miraculous results.” – Mahatma Gandhi

“Ada kekuatan jiwa di alam semesta, yang jika kita mengizinkannya akan mengalir melalui kita dan menghasilkan hasil yang ajaib.”

 

#4 Motivasi Diri bahwa Anda Bisa Meraihnya

Menggunakan kata-kata positif setiap hari dalam mengingatkan mimpi Anda akan sangat berpengaruh positif bagi Anda.

Ketika melihat kertas impian Anda, gunakan kata motivasi positif bahwa Anda bisa meraihnya.

“Saya adalah seorang yang rajin bekerja dan mampu meraih impian saya (sebutkan impian Anda).”

“Yes, saya akan menabung sebesar… di akhir minggu ini dan semakin dekat dengan impian saya.”

“Saya sudah berinvestasi dan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.”

 

Biarkan telinga Anda mendengar secara jelas setiap kata, frasa dan pemenggalan setiap kata yang dapat membuat Anda yakin akan harapan dan impian Anda akan segera tercapai.

Walaupun Anda merasa bahwa Anda sempat melakukan kesalahan, tetap motivasi diri Anda bahwa Anda bisa belajar dari kesalahan yang telah Anda buat dan Anda akan memperbaikinya.

“Only those who can see the invisible can do the impossible.” – Thomas Jefferson

“Hanya mereka yang bisa melihat yang tidak terlihat dapat melakukan hal yang mustahil.”

 

#5 Miliki Panduan yang Jelas dalam Mewujudkan Impian Anda

Ketika ingin mendapatkan kesempatan naik jabatan, tentu Anda harus tahu setiap prosedur yang harus dilakukan sebagai cara untuk mempersiapkan diri sehingga Anda siap dalam menghadapi tes kenaikan jabatan.

Anda perlu mendapatkan testimoni atau bantuan informasi dan rekan kerja atau mungkin kenalan Anda.

Dapatkan informasi yang jelas dan panduan yang benar. Ada kalanya mungkin kita mendapatkan panduan dan juga panutan yang tidak sesuai.

Atau mungkin panduan yang Anda ikuti kurang relevan dengan pengalaman yang Anda miliki.

Contoh lain, misalnya Anda kurang tepat meletakkan telur di salah satu instrumen investasi sehingga Anda merugi.

Apakah Anda memiliki kenalan atau mentor yang memberikan Anda arahan dalam melakukan investasi dengan cara yang benar?

Ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari kecanggihan internet, namun Anda tetap harus berhati-hati dengan informasi yang tidak sesuai atau bahkan hoax. Anda perlu kejernihan logika dan juga tidak menelan tanpa menyaring setiap informasi yang Anda dapatkan, jika Anda tidak ingin merugi.

“Carefully watch your THOUGHTS, for they become your WORDS. Manage and watch your WORDS, for they will become your ACTIONS. Consider and judge your ACTIONS, for they have become your HABITS. Acknowledge and watch your HABITS, for they shall become your VALUES. Understand and embrace your VALUES, for they become YOUR DESTINY.” – Mahatma Gandhi

“Hati-hati dalam menggunakan PIKIRAN Anda, karena mereka akan menjadi KATA-KATA Anda. Kelola dan awasi KATA-KATA Anda, karena mereka akan menjadi TINDAKAN Anda. Pertimbangkan dan nilai TINDAKAN Anda, karena mereka telah menjadi KEBIASAAN Anda. Akui dan perhatikan KEBIASAAN Anda, karena mereka akan menjadi STANDAR HIDUP Anda. Pahami dan rangkullah STANDAR HIDUP Anda, karena itu menjadi TUJUAN ANDA.”

 

#6 Jangan Lupa Berdoa dan Bersyukur

Pernahkah kita bersyukur untuk setiap proses kehidupan yang telah kita jalani selama ini.

Untung, rugi, sakit sehat, memiliki keluarga, ditinggalkan orang yang kita cintai, mengalami kepahitan, merasa gembira, dan lain sebagainya.

Orang yang sukses lahir batin adalah mereka yang senantiasa bersyukur dalam segala kondisi kehidupan mereka dan merasa berterima kasih atas kesempatan merasakan setiap bagian dalam hidup ini.

Ayo Mengekspresikan Rasa Syukur Seperti 7 Entrepreneur Sukses Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses dan Kunci Keberhasilan Dari Stephen Covey. Mau?]

 

Ketika kita mengalami “kesialan” apakah kita tetap bersyukur atau malahan berkata-kata yang tidak pantas atas ketidakmujuran yang kita alami?

Jika kita mau menerima yang baik dalam hidup ini, kenapa kita tidak bersyukur juga atas lembah kemalangan yang diizinkan ada dalam hidup kita untuk dialami?

Dalam bersyukur, kita memiliki waktu untuk berdiam diri dan meresponi setiap langkah positif yang bisa kita ambil agar kita tidak jatuh pada lubang yang sama.

 

#7 Gunakan 3 Kata Ajaib

Belum tahu 3 kata ajaib itu? Jika Anda sudah tahu, apakah Anda sudah merasakan kehebatan dari 3 kata ajaib tersebut.

Kata Ajaib Pertama: Tolong!

Sebagai makhluk sosial, kita menyadari bahwa kita tidak dapat hidup sendiri. Dalam meraih kesuksesan, ada banyak tangan dan tenaga dan juga pikiran orang lain yang turut andil dalam keberhasilan kita.

Jangan segan untuk meminta bantuan kepada orang lain ketika Anda memerlukannya. Akan selalu ada tangan yang terbuka untuk membantu bagi mereka yang meminta.

Kata Ajaib Kedua: Maaf!

Enggan untuk berkata maaf dapat membuat kita tidak mendapatkan respek dan rasa hormat dari orang lain, terutama ketika memang kita harus mengatakannya namun kita tidak melakukannya.

Orang yang sukses dan mampu meraih mimpi adalah mereka yang dengan rendah hati mau mengutarakan rasa bersalah dengan meminta maaf kepada orang yang perlu mendapatkannya.

8 Cara Memaafkan Kesalahan Diri Sendiri dan Orang Lain - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ini Rahasia dan Strategi Investasi Obligasi Agar Berhasil Mendapatkan Banyak Keuntungan]

 

Kata Ajaib Ketiga: Terima kasih!

Orang yang sukses meraih mimpi akan banyak mengatakan kata ajaib ini atas setiap bantuan yang ia terima dari orang-orang di sekitarnya sehingga ia dapat merasakan keberhasilannya tersebut.

Oleh sebab itu, tak heran jika kita mendengar saat acara Grammy Award atau ajang kompetisi yang memberikan penghargaan kepada para pemenang dan mereka dengan sangat bahagia mengatakan terima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa atas keberhasilan yang ia raih.

“If one advances confidently in the direction of his dreams and endeavors to live a life which he has imagined, he will meet with success unexpected in common hours. He will put some things behind, will pass an invisible boundary.” – Henry David Thoreau   

“Jika seseorang maju dengan percaya diri ke arah setiap impiannya dan berusaha untuk menjalani kehidupan yang dia bayangkan, dia akan bertemu dengan kesuksesan yang tidak diharapkan dalam waktu yang tak terduga. Dia akan meletakkan beberapa hal di belakang, dia akan melewati batas yang tak terlihat.”

 

Sabar Menanti Impian Anda Terealisasi

Ketekunan keuletan dan kesabaran membuat kita menjadi tahan uji dalam menanti realisasi dari mimpi.

Ingat selalu akan motivasi positif yang Anda utarakan setiap hari dan setiap kali Anda sedang merasa “down” atau lemah.

Lihat kertas impian Anda dan yakini atas visualisasi impian Anda adalah kenyataan dan Anda dalam proses meraihnya, tahap demi tahap, langkah demi langkah, semakin dekat dengan impian tersebut.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Michael J. Losier. Juni 2007. Law of Attraction – The Science of Attracting More of What You Want and Less of What You Don’t. New York – Unite State of America
  • Gabrielle Bernstein. 14 Desember 2016. The Five Principles for Manifesting Your Desires, Spirit Junkie Style. Huffingtonpost.com – https://goo.gl/wxwhpi
  • Finer Minds. Turn Your Thoughts Into Reality Through The Movement Of Energy. Finerminds.com – https://goo.gl/VKHWrw
  • Guest Contributor. 5 Oktober 2014 How To Manifest Your Desires With The Power of Thought. The-open-mind.com – https://goo.gl/BiUb7a
  • Todd Werner. Manifesting Reality: How We Make Things Happen. Byregion.byregion.net – https://goo.gl/z5kNsb

 

Sumber Gambar:

  • Mimpi Jadi Kenyataan – https://goo.gl/jQxPxw
  • Membuat Mimpi – https://goo.gl/jbFKJ1

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Summary
Jangan Cuma Mimpi Aja! Ini Tips Praktis Supaya Mimpi Jadi Kenyataan!
Article Name
Jangan Cuma Mimpi Aja! Ini Tips Praktis Supaya Mimpi Jadi Kenyataan!
Description
Buat mimpi jadi kenyataan! Bangun dari mimpi Anda dan segera lakukan berbagai tips praktis untuk menggapai setiap impian Anda.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo