Bagaimana memilih developer agar investasi aman dan menguntungkan? Apa saja yang harus dilihat dari sebuah perusahaan developer sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi properti? Kali ini, Finansialku akan membahas hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih developer.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Properti

Investasi merupakan suatu kegiatan yang harus Anda lakukan sebagai suatu bagian dari pelaku ekonomi. Investasi berguna sebagai pencapaian tujuan investasi, dimana tujuan investasi untuk masing-masing orang berbeda, seperti untuk dana pendidikan, dana pensiun atau untuk membeli barang-barang kebutuhan. Investasi juga mencegah penyusutan nilai uang yang Anda miliki atau yang biasa disebut dengan inflasi.

Tentunya banyak cara Anda dapat melakukan investasi, salah satunya adalah dengan investasi properti. Investasi properti berarti Anda membeli sebuah properti dengan harapan bahwa di masa depannya, harga properti tersebut dapat meningkat, dan selama waktu tersebut, properti Anda dapat dimanfaatkan sebagai penghasilan pasif, baik disewakan atau dijadikan tempat bisnis.

Bagaimana Mencapai Finansial Freedom Dari Investasi Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mencapai Finansial Freedom dari Investasi Properti]

 

Maraknya investasi properti sejalan dengan banyaknya perusahaan pengembang properti. Investasi properti bukanlah sebuah investasi dengan modal yang sedikit dan tentunya sebisa mungkin Anda ingin agar investasi Anda berhasil. Banyaknya pilihan properti terkadang membuat investor bingung untuk memilih, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika memilih sebuah developer.

 

Tips Memilih Developer

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika memilih developer untuk investasi properti. Beberapa di antaranya adalah developer tersebut harus memiliki visi yang jelas dan keuangan perusahaan yang stabil. Selain itu, pengembang harus memberikan Anda gambaran mengenai rencana serta skema waktu yang jelas dan telah sukses membangun beberapa proyek sebelumnya.

 

#1 Visioner

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pengembang adalah visi yang dimiliki oleh developer terhadap pembangunan properti tersebut. Beberapa pengembang mungkin memiliki visi yang sederhana terhadap properti mereka, unit tempat tinggal yang banyak dan fasilitas umum seperti gym dan kolam renang.

Tetapi, developer yang memiliki visi yang jelas, mereka akan membangun sebuah hunian berbasis perkotaan, dimana Anda dapat menemukan pusat bisnis, komersial serta rekreasional di dalam suatu area, tentu saja investasi Anda akan lebih menguntungkan karena developer dengan visi ini akan lebih unggul dibandingkan yang lain.

Keunggulannya yang pertama adalah segala sesuatu yang Anda butuhkan sekarang dapat Anda capai hanya dengan berjalan kaki. Kedua, pembangunan dengan basis seperti ini akan membantu revitalisasi area dan meningkatkan nilai dari properti itu sendiri. Yang terakhir, karena reputasi serta nilai dari properti tersebut berkembang, masyarakat pun akan berminat untuk tinggal atau membangun usaha pada lingkungan tersebut.

Developer yang visioner akan membantu investasi Anda untuk berbuah dengan cepat, terutama jika Anda membeli properti khusus sebagai investasi, baik untuk dijual maupun disewakan, Anda tidak akan kesulitan mencari peminatnya. Sebuah developer yang melihat sebuah properti sebagai bagian dari gaya hidup daripada sebuah tempat untuk tidur adalah perusahaan yang berkomitmen kepada properti dan calon residen yang akan menetap.

Bagaimana Memilih Developer agar Investasi Properti Aman dan Menguntungkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati Investasi Properti yang Baru Dibangun atau Cuma Jual Brosur]

 

#2 Stabil Secara Finansial

Sebuah perusahaan developer properti yang tidak mempunyai finansial yang cukup stabil akan memperlambat atau menunda pembangunan atau memilih menggunakan material yang di bawah standar. Tentunya hal ini akan merugikan Anda sebagai investor. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa status keuangan perusahaan tersebut, biasanya Anda dapat melihat laporan keuangan tahunan atau bertanya pada investor saham.

Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu berapa unit yang telah terjual atau keberhasilan developer dalam mengembangkan proyek-proyek sebelumnya. Dengan informasi ini, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih mengenai pendanaan perusahaan tersebut. Jika perusahaan developer tersebut adalah perusahaan gabungan, Anda juga dapat memeriksa status keuangan perusahaan partner-nya.

 

#3 Rencana Serta Skema Waktu yang Jelas

Sebuah developer yang kredibel dan bertanggung jawab adalah developer yang berani memberikan Anda sebuah skema waktu, mulai dari pembangunan, serah terima hingga penyelesaian sebuah properti. Developer tersebut harus mempunyai kalender pembangunan yang pasti dan mempunyai latar belakang finansial yang cukup kuat untuk menyelesaikan proyek mereka dalam beberapa tahun.

Biasanya developer seperti ini akan mencanangkan rencana mereka ke hadapan publik dengan memberikan informasi unit yang telah terjual, total uang yang akan “disuntik” untuk pembangunan proyek tersebut dan perkembangan yang dapat Anda harapkan. Anda dapat mencari informasi seperti ini melalui media, seperti koran dimana faktanya telah dicek terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

3-alasan-mengapa-investasi-properti-sangat-menguntungkan-finansialku

[Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Investasi Properti Sangat Menguntungkan]

 

#4 Sukses pada Proyek Sebelumnya

Penting agar Anda mengetahui proyek-proyek yang pernah dibangun oleh developer tersebut dan keberhasilan proyek tersebut. Periksalah situs resmi perusahaan atau bertanya langsung pada penghuni atau investor lain yang pernah membeli properti dari pengembang tersebut. Opini publik merupakan ukuran yang baik untuk mengetahui nilai dan cara kerja sebuah developer.

Tetapi, Anda juga harus memiliki penilaian yang kritis dan masuk akal, pertimbangkanlah apakah opini yang diberikan hanya sebuah kritikan subjektif atau review bagus yang diberikan terlihat seperti sedang memasarkan perusahaan? Carilah informasi sebanyak mungkin dari sumber yang berbeda agar Anda mempunyai penilaian yang adil.

cermati-4-hal-penting-ini-sebelum-membeli-asuransi-properti-1-finansialku

[Baca Juga: Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

Investasi Properti dengan Cermat

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, Anda harus dengan cermat memilih properti mana yang sebaiknya Anda pilih. Dengan begitu, investasi Anda akan menguntungkan dan uang Anda tidak sia-sia.

 

Sudahkah Anda memilih pengembang properti dengan benar? Apakah Anda yakin bahwa pilihan Anda sudah tepat? Tanyakan diri Anda sendiri mengenai pertanyaan ini. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini bagi teman investor Anda lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Nicole Adarme. 28 Januari 2014. Tips on Choosing A Property Developer. Megaworldatthefort.com – https://goo.gl/2SQZ3w

 

Sumber Gambar:

  • Shake hands – https://goo.gl/Hr2QTy
  • Rumah – https://goo.gl/Rri4u9

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang