Yuk cari tahu bagaimana strategi menyiapkan dana darurat bagi Anda! Karena nyatanya, semua orang membutuhkan dana darurat.

Namun masih banyak yang salah menggunakannya dan kebingungan mengumpulkannya lagi. Jika Anda juga salah satunya, simak pembahasan mengenai dana darurat berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Mempersiapkan Dana Darurat

Mendengar nama ‘dana darurat’ pasti Anda bisa menebak bahwa dana ini diperuntukkan ketika menghadapi kondisi tertentu yang dinilai darurat dan menjadi komponen wajib dalam rencana keuangan yang solid.

Dana Darurat Keluarga 02 - Finansialku

[Baca Juga: TTS: Jumlah Dana Darurat & Penempatan Dana Darurat yang Aman]

 

Dana darurat dirancang khusus untuk mengatasi keadaan darurat yang membutuhkan cadangan finansial sekaligus sebagai tindakan pencegahan kegagalan finansial saat Anda sedang membutuhkan dana cepat.

 

Kategori Dana Darurat

Dana darurat dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Short-Term Emergency Fund

Short-term emergency fund atau dana darurat jangka pendek adalah dana yang tersedia untuk keadaan darurat yang dibutuhkan segera sehingga harus mudah diakses.

Tujuannya untuk keadaan darurat yang lebih kecil, misalnya saat mobil mogok dan membutuhkan reparasi, atau kebocoran di langit-langit rumah.

 

#2 Long-Term Emergency Fund

Long-term emergency fund atau dana darurat jangka panjang memungkinkan Anda untuk menabung demi keadaan darurat dalam skala besar atau ekstrim, seperti Putus Hubungan Kerja (PHK) atau bencana alam seperti gempa bumi dan banjir.

 

Strategi Menyiapkan Dana Darurat, Ikuti Langkahnya!

Melihat pentingnya dana darurat, seringkali tidak sejalan dengan keseriusan untuk mempersiapkannya. Nah, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini sebagai strategi menyiapkan dana darurat yang telah dirangkum Finansialku:

 

#1 Menerapkan Tujuan Dana Darurat

Pola pikir dalam menentukan tujuan dana darurat adalah hal yang harus Anda lakukan. Tentukan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai jumlah dana darurat yang dituju berdasarkan kemampuan finansial Anda.

Oia, selama menaati tujuan tersebut, jangan mengubah tujuan di tengah-tengah. Jika hal itu terjadi, kemungkinan Anda akan memanfaatkan dana darurat untuk kebutuhan lain lagi.

 

#2 Membuat Rekening Khusus Dana Darurat

Dana darurat sebaiknya disimpan terpisah dari rekening gaji, rekening kebutuhan sehari-hari atau pun tabungan jangka pendek lainnya.

Membuat akun bank tabungan dana darurat yang terpisah, maka Anda akan lebih matang karena bank identik dengan tempat penyimpanan uang yang sangat aman.

 

#3 Otomasikan Prosesnya

Fitur auto debet atau otomatisasi proses bisa mengatasi mereka yang seringkali lupa untuk memenuhi kewajiban dana darurat.

Oia, atur juga keuangan dengan sistem yang terotomasi. Dengan aplikasi Finansialku,

Anda bisa mulai mencatat pengeluaran dan pemasukan, membuat anggaran, dan sebagainya. Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store.

 

#4 Tambah Pemasukan/Kurangi Pengeluaran

Jika Anda merasa tidak bisa menghemat lebih banyak lagi, maka tandanya Anda harus memulai mencari alternatif lain, yaitu mencari pemasukan lebih.

Bagi Anda yang ingin mencari pemasukan tambahan, bisa dicoba mendaftar ke website penyalur jasa freelance dan mulai belajar berinvestasi. Selain itu, imbangi dengan pengurangan pengeluaran ya.

 

#5 Gunakan “Wasted Money”

Sebuah studi menunjukkan hampir setiap rumah tangga menyia-nyiakan sedikitnya 10% dari penghasilannya setiap bulan. Anda bisa menemukan wasted money ini dengan mengecek kesesuaian anggaran dengan realisasinya.

Eliminasi aktivitas-aktivitas yang hanya menyia-nyiakan uang dan manfaatkan uangnya untuk menyicil dana darurat Anda.

 

#6 Dana Darurat Harus Bebas Risiko

Dana ini harus selalu ada dan jumlahnya tidak boleh berkurang. Sehingga tidak disarankan untuk menaruhnya dalam instrumen investasi yang berisiko mengalami kerugian seperti investasi saham, reksa dana, dan lainnya.

 

#7 Belajar Berinvestasi

Investasi memang memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan menabung, namun high risk high return ternyata benar adanya.

Dengan berlatih setiap hari mengecek kondisi pasar, lama kelamaan Anda akan mengerti cara mainnya dan mulai memahami pergerakan pasar.

Dalam pengelolaan dana darurat, hindari mencari keuntungan tinggi. Namun pertimbangan unsur keamanan dan kemudahan pencairannya.

 

#8 Penyimpanan Tidak Harus Berbentuk Uang

Penyimpanan dana darurat bukan berarti selalu berbentuk uang. Anda bisa mempertimbangkan opsi penyimpanan lain, misalnya dalam bentuk logam mulia.

Emas mudah dicairkan kapan saja dimana saja. Ditambah lagi emas tidak mudah tergerus inflasi.

 

Yuk, Persiapkan Dana Darurat Sekarang Juga!

Pasti banyak kebutuhan yang harus Anda dipenuhi, tapi di sinilah Anda harus pintar memilah dan memilih, manakah yang lebih penting dan yang bisa ditunda atau dibatalkan.

Jumlah Dana Darurat 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Melindungi Dana Darurat Supaya Hidup Aman Terkendali]

 

Jangan menyepelekan dana darurat, karena Anda tidak akan perah tahu kapan kondisi darurat itu datang. Tunggu apalagi? Manfaatkan strategi di atas untuk mempersiapkan dana darurat Anda. Selamat mencoba!

 

Jika Anda sudah mulai mempersiapkan dana darurat, bagikan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.  

 

Sumber Referensi:

  • Jr Planner. 10 Oktober 2012. Dana Darurat: Definisi Dan Aspek Penting. Catatankeluargamuda.com – https://goo.gl/1uiJJg
  • Miranda Marquit. How to Start & Build Up Your Emergency Fund in Savings. Moneycrashers.com – https://goo.gl/KRkaEz
  • Admin. Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik dan Benar. Simulasikredit.com – https://goo.gl/vqR5Um
  • Shirley Christie. 21 November 2012. 4 Tips Efektif Mengumpulkan Dana Darurat. Liveolive.com – https://goo.gl/SBKjsi

 

Sumber Gambar:

  • Mempersiapkan Dana Darurat – https://goo.gl/jPyqzX
  • Tabungan – https://goo.gl/jzgyrV
  • Emergency Fund – https://goo.gl/HCQKda
  • Dana Darurat – https://goo.gl/qFaFnb
  • Wasted Money – https://goo.gl/64iJwQ
  • Pengeluaran – https://goo.gl/9vHAcG
  • Investasi – https://goo.gl/E7KUrs
  • Saving – https://goo.gl/SmRDuM